Hobi Menggambar Ilustrasi? Simak Hal-hal dan Cara yang Perlu Kamu Ketahui!

0
382
Menggambar Ilustrasi

Kamu suka menggambar ilustrasi? Yuk, ketahui alat, bahan, dan cara menggambar ilustrasi berikut ini!


Menggambar Ilustrasi – Menggambar ilustrasi merupakan kegiatan karya seni rupa berupa menggambar dengan tujuan untuk memperjelas ide cerita atau narasi. Ilustrasi tersebut nantinya akan berfungsi untuk memperkuat, memperjelas, mempertegas, dan memperindah suatu cerita.

Sebenarnya kata ilustrasi ini berasal dari bahasa Latin “Illustrare”, yang artinya menjelaskan atau menerangkan. Untuk itu, gambar ilustrasi sering kali diartikan sebagai gambar yang dapat menerangkan suatu peristiwa.

Gambar ilustrasi sendiri dibagi menjadi lima jenis, yaitu ilustrasi karya sastra, vignette, kartun, komik, dan karikatur. Teknik dan alat yang digunakan pun berbeda-beda. Untuk selengkapnya, yuk simak alat, bahan, dan langkah-langkah menggambar ilustrasi berikut ini!

Baca Juga: Kenali 5 Ukuran Kertas Poster Sebelum Mencetak & Pilihan Mana yang Tepat!

Alat dan Bahan Menggambar Ilustrasi

Alat dan Bahan Menggambar Ilustrasi
Sumber: Pexels

Untuk menggambar ilustrasi, kamu bisa menggunakan dua teknik menggambar yang berbeda, yaitu teknik kering dan teknik basah. Namun menggambar dengan teknik kering dan teknik basah memiliki alat dan bahan yang berbeda. 

Kamu perlu menyesuaikan peralatan menggambar kamu dengan teknik yang akan kamu gunakan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak penjelasan tentang kedua teknik menggambar berikut ini:

Menggambar dengan Teknik Kering

Teknik Kering
Sumber: lcpshop

Menggambar ilustrasi dengan teknik kering dilakukan dengan peralatan menggambar kering, di mana kamu tidak membutuhkan air atau minyak untuk mengencerkan media pewarna. Alat dan bahan untuk menggambar ilustrasi dengan teknik kering adalah pensil, penghapus, kertas, pensil warna, dan krayon

1. Kertas

Kertas adalah bahan utama yang kamu butuhkan. Ini karena kertas merupakan media utama untuk menggambar ilustrasi. Kamu bisa menyesuaikan ketebalan kertas dengan kebutuhan menggambar kamu, usahakan jangan terlalu tipis dan tidak memiliki tekstur. 

Ada beberapa jenis ukuran kertas yang bisa kamu gunakan untuk menggambar ilustrasi, seperti A4, A3, dan kuarto. Selain menggunakan kertas putih pada umumnya, kamu juga bisa menggunakan kertas buram saat latihan menggambar.

2. Pensil

Pensil yang digunakan untuk menggambar ilustrasi adalah pensil berukuran 2H, 2B, dan HB. Jenis dan ketebalan pensil bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan menggambar kamu. Pensil 2H biasanya memiliki tekstur yang lebih lebih keras, 2B memiliki tekstur lunak, sedangkan HB memiliki tekstur sedang.

3. Penghapus

Saat menggambar ilustrasi, kamu membutuhkan penghapus untuk membantu menghapus kesalahan yang terjadi saat menggambar. Sebaiknya kamu menggunakan penghapus yang lentur dan lunak untuk mengurangi kertas gambar menjadi rusak saat sedang menghapus.

4. Pensil Warna

Apabila kamu menggambar ilustrasi yang berwarna, pensil warna bisa jadi pilihan yang tepat untuk menggambar. Kamu bisa menggunakannya dengan cara mengarsir atau memblok warna.

Selain itu, kamu juga bisa memengaruhi ketajaman warna dengan cara menekan saat menggunakan pensil warna. Tekanan ini akan memberikan efek ketajaman yang berbeda-beda. 

5. Krayon

Krayon bisa kamu gunakan untuk menggambar dan mewarnai ilustrasi. Bahan krayon sendiri terbagi menjadi dua, yaitu krayon kapur dan minyak atau lilin. Kamu bisa menyesuaikan krayon yang kamu gunakan dengan gaya dan cara menggambar kamu. 

Baca Juga: Tips Membuat Desain Undangan Pernikahan Digital

Menggambar dengan Teknik Basah

Teknik Basah
Sumber: Pexels

Untuk menggambar teknik basah, alat dan bahan yang digunakan masih tidak jauh berbeda dengan alat dan bahan yang digunakan dalam teknik kering, seperti pensil dan penghapus. Namun yang membedakan adalah biasanya teknik ini akan menggunakan cat minyak, cat air, tinta, dan media lainnya yang membutuhkan minyak atau air untuk mengencerkan warna.

Selain itu, media yang digunakan untuk menggunakan teknik basah ini berbeda, kamu tidak bisa menggunakan kertas HVS biasa. Ini karena kertas hvs biasa biasanya memiliki tekstur yang tipis dan tidak bisa menampung air atau minyak dengan baik.

Untuk itu kamu membutuhkan kertas khusus seperti kertas rough, hot-pressed (HP) dan cold-pressed. Kertas rough memiliki tekstur yang paling kasar, sedangkan kertas HP memiliki tekstur halus, dan kertas cold-pressed memiliki tekstur yang tidak terlalu kasar namun tidak terlalu halus.

Baca Juga: 6 Macam Jenis Kertas yang Cocok untuk Undangan & Kartu Ucapan

Cara/Langkah Menggambar Ilustrasi

Cara Langkah Menggambar Ilustrasi
Sumber: Pexels

Saat menggambar ilustrasi, kamu perlu mempertimbangkan beberapa aspek agar terbentuk gambar ilustrasi yang sesuai. Berikut dijelaskan langkah-langkah menggambar ilustrasi:

1. Menentukan Tema Gambar

Tahapan pertama dalam menggambar ilustrasi adalah menentukan tema gambar. Apa tema dari cerita atau peristiwa yang akan kamu gambar dan siapa target yang akan kamu tuju. Aspek-aspek ini akan menentukan seperti apa gambar ilustrasi yang akan kamu hasilkan.

2. Menentukan Jenis Ilustrasi 

Setelah menentukan tema, kamu perlu menentukan jenis ilustrasi yang akan kamu gambar. Apakah itu ilustrasi karya sastra, komik, karikatur, vignette, atau kartun. 

3. Menentukan komposisi, proposisi, keseimbangan, dan kesatuan objek gambar

Aspek-aspek ini sangat penting dan perlu diperhatikan saat menggambar ilustrasi. Kamu bisa membuat outline atau garis-garis patokan yang akan membantu membuat gambar ilustrasi mu menjadi harmonis dan menarik untuk dipandang dalam satu kesatuan.

4. Menggambar Sketsa Global

Sketsa global ini merupakan coretan dari bentuk dasar elemen yang akan kamu gambar. Ini biasanya berupa coretan cepat yang tidak terperinci. Fungsinya adalah untuk membantu kamu menunjukkan bentuk global dari gambar ilustrasi yang akan kamu buat.

5. Melakukan Finishing

Finishing atau penyelesaian gambar biasanya dilakukan dengan membuat arsiran atau memberikan efek shading berupa gelap-terang pada gambar ilustrasi. Pada tahap ini kamu juga bisa menambahkan detail-detail untuk menyempurnakan gambar ilustrasi kamu.

Baca Juga: Mau Bikin Kerajinan Kayu DIY? Pastikan Punya 9 Alat Wajib Ini!


Itu dia Toppers beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang menggambar ilustrasi. Semoga dengan mengetahui hal-hal di atas kamu jadi semakin bisa mengasah hobi menggambar ilustrasi kamu ya!

Sekarang kamu juga bisa beli peralatan menggambar, seperti buku gambar, drawing pen, dan spidol warna yang semuanya ada di Tokopedia! Jadi lebih mudah dan hemat!

Jual Lego Brick

Penulis: Nyimas Pamela