• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Kenali 5 Ukuran Kertas Poster Sebelum Mencetak & Memilih!

Share

Kenali 5 Ukuran Kertas Poster Sebelum Mencetak & Memilih!

Penggunaan poster masih sering dilakukan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan usaha miliknya. Simak 5 ukuran kertas poster dan cara memilihnya berikut ini!


Ukuran Poster – Poster memiliki peran dalam menyampaikan pesan secara efektif. Telah digunakan sebagai salah satu media komunikasi sejak ratusan tahun silam, kertas promosi ini memiliki kandungan teks dan gambar yang bertujuan menyampaikan pesan tertentu.

Biasanya, fungsi poster banyak digunakan untuk mempromosikan produk, acara, ataupun kampanye tertentu. Umumnya, media komunikasi satu ini dapat ditemukan dimana-mana, baik secara fisik ataupun secara digital.

Bagi yang menggunakan media promosi ini, biasanya akan menentukan ukuran kertas poster yang menyesuaikan dengan kebutuhannya. Ukuran kertas poster yang variatif, tentunya bisa membuat orang-orang yang baru menggunakan media ini merasa bingung dalam memilihnya.

Untuk itu, kenali 5 ukuran kertas poster berikut ini serta cara memilih ukuran poster yang tepat dan sesuai untuk kamu:

BACA juga: Macam-macam Ukuran Kertas HVS yang Harus Dipahami Sesuai Kebutuhan

Ukuran Kertas Poster

Ukuran Kertas A

Ukuran Kertas Poster
Sumber: Papersize

Sama seperti produk print lainnya, ukuran kertas poster pun variatif. Terdapat beberapa kertas standar, seperti ukuran kertas A, yang dapat kamu pilih untuk kepentingan pembuatan poster milikmu.

Untuk ukuran kertas A pun terdapat beberapa ukuran standar yang dapat digunakan untuk hal bisnis maupun dekoratif, seperti:

1. Ukuran Kertas Poster A4 (21 cm x 29,7 cm)

Ukuran kertas poster paling kecil adalah ukuran kertas A4. Dengan bentuknya yang kecil, desain dari poster pun harus diperhatikan, gambar dan teks yang menjadi konten harus terlihat jelas agar dapat dilihat dengan jelas.

Selain itu, penggunaan headline yang menarik juga harus disertakan ketika menggunakan kertas A4 ini. Dalam menggunakan ukuran kertas A4, poster yang kamu buat harus berisikan poin-poin penting agar maksud dan tujuan dapat tersampaikan dengan baik.

2. Ukuran Kertas Poster A3 (29,7 x 42 cm)

Dua kali lebih besar dari kertas A5, ukuran kertas poster satu ini dapat menampung informasi lebih banyak. Meski begitu, agar media promosi yang dibuat tidak terkesan berantakan, pastikan kamu menyertakan informasi-informasi penting saja didalamnya.

3. Ukuran Kertas Poster A2 (42 x 59,4 cm)

Jika ukuran A3 masih kurang besar, kamu bisa menggunakan ukuran kertas poster A2 yang dua kali lebih besar. Poster yang menggunakan ukuran kertas A2 ini akan cocok untuk digunakan sebagai media promosi ataupun sebagai poster dekorasi.

4. Ukuran Kertas Poster A1 (59,4 cm x 84,1 cm)

Merupakan ukuran kertas yang paling efektif untuk menarik perhatian dengan area desain yang besar dan dapat dilihat dari jarak yang cukup jauh. Dengan menggunakan ukuran kertas poster A1, kamu bisa membuat desain yang menarik agar dapat menarik perhatian orang-orang.

baca juga: 8 Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Poster Online


Ukuran Kertas Poster B

Ukuran Kertas Poster B
Sumber: Wikipedia

Selain ukuran poster seri A, terdapat juga ukuran kertas poster yang menggunakan seri B yang tidak kalah populer, diantaranya:

1. Ukuran Kertas Poster B2 (50 x 70,7 cm)

Ukuran B2 atau disebut juga dengan ukuran film bioskop, seringkali digunakan untuk poster film yang ditampilkan di bioskop. Namun, ukuran kertas poster B2 juga seringkali digunakan sebagai promosi bisnis di pameran dagang atau mall.

Tokopedia Print - Kebutuhan Marketing
Cetak kebutuhan marketing di Tokopedia Print! Tempat percetakan online berkualitas untuk cetak berbagai kebutuhan marketing online.

Cara Memilih Ukuran Poster yang Tepat

Cara Memilih Ukuran Poster yang Tepat
Sumber: Freepik

Setelah mengetahui ukuran-ukuran kertas poster di atas, kini kamu perlu menentukan ukuran yang akan digunakan. Dari ukuran-ukuran di atas, kamu bisa mencocokannya dengan media pemasangan poster yang kamu pilih.

Untuk pemasangan media promosi di sekitar trotoar, kamu bisa menggunakan ukuran kertas poster A4 atau A3. Ukuran yang tidak terlalu besar dan dapat dengan mudah terlihat dan dibaca oleh orang-orang yang melewati poster yang kamu tempelkan.

Jika kamu memilih untuk memasang poster di Mall, maka kamu bisa menggunakan poster besar berukuran A2, B2 ataupun A1. Penggunaan poster yang besar di tempat indoor seperti Mall, bisa memudahkan iklan yang kamu tampilkan dapat terbaca dan menarik perhatian orang.

Selain untuk promosi atau iklan, poster juga dapat kamu gunakan sebagai media dekorasi ataupun kampanye. Untuk itu, kamu bisa menggunakan poster A4, A3, A2 atau B2 dengan menyesuaikan desain yang telah kamu buat sebelumnya.

baca juga: 8 Pilihan Bahan Kertas Poster Terbaik untuk Cetak Poster

Pilihan ukuran kertas poster A3 merupakan pilihan yang paling standar, dengan ukuran yang tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Dengan menggunakan media promosi satu ini, kamu juga bisa menghemat pengeluaran untuk mengiklankan bisnis atau usaha milikmu.


Nah, itu dia Toppers, ukuran-ukuran kertas poster dan juga cara memilih ukurannya yang dapat membantu kamu! Dengan pilihan ukuran dan juga cara memilihnya di atas, pastinya kamu sudah memiliki referensi untuk ukuran poster yang akan kamu gunakan bukan?

Jika kamu sudah mempunyai desain yang akan digunakan, segera cetak poster kamu dengan mudah di Tokopedia Print! Kamu bisa cetak poster promosi ataupun poster dekorasi yang sudah kamu buat dengan mudah dan hemat! 

jasa printing online
Mau bikin acara, peralatan kantor hingga kebutuhan jualan, tapi bingung print undangan di mana? Print di Tokopedia aja!

Penulis: Lazuardi

© 2009-2024, PT Tokopedia