• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Tips Melahirkan Normal agar Persalinan Berjalan Lancar

Share

Tips Melahirkan Normal agar Persalinan Berjalan Lancar

Tips Melahirkan Normal – Mengandung seorang anak dan melahirkan dengan normal merupakan hal yang diinginkan oleh semua wanita di dunia. Salah satu keuntungan melahirkan tanpa operasi adalah tidak adanya luka bekas jahitan di perut. Meski begitu, proses melahirkan bukan lah hal mudah, harus membutuhkan berbagai persiapan agar semuanya berjalan dengan lancar.

Bagi yang pertama kali mengalami ini, tentu akan merasa sangat khawatir dan bertanya-tanya, apakah melahirkan normal sulit dan menyakitkan? Kondisi ini tentu akan selalu meninggalkan rasa sakit, yang terpenting adalah lancar atau tidaknya proses persalinan.

Untuk membantu mempersiapkan diri para calon ibu sebelum persalinan, perhatikan dengan saksama tips melahirkan normal berikut ini agar proses persalinan lancar dan tidak menyakitkan bagi para calon bunda.

Baca Juga: 9 Merk Sampo dan Sabun Bayi yang Aman

Tips Melahirkan Normal dan Lancar

Menjaga Berat Badan selama Hamil

Tips Melahirkan Normal
Sumber Gambar: Pixabay

Bidan dan dokter merekomendasikan setiap ibu yang ingin melahirkan dengan normal untuk menjaga berat badan selama masa kehamilan. Obesitas atau kelebihan berat badan akan menghambat proses persalinan, karena timbunan lemak. Selain itu, obesitas juga berdampak pada kandungan, dimana anak bisa terlilit tali pusar.

Memilih Rumah Sakit

Pilih lah rumah sakit dengan tenaga ahli dan bidan yang memiliki reputasi tinggi melakukan penanganan persalinan. Sesuaikan fasilitas kamar dan kebutuhan kamu. Misalnya, membutuhkan ruangan yang lebih luas untuk mempermudah pernapasan, carilah rumah sakit yang memiliki ruang bersalin luas.

Berendam Air Hangat

Tips melahirkan normal selanjutkan adalah dengan berendam di air hangat. Rasa nyeri saat proses persalinan tidak dapat dihindari, namun dapat diminimalisir dengan cara merendamkan diri di air hangat, terutama pada bagian punggung.

Baca Juga: Bunda Wajib Tahu! 3 Langkah Mengganti Popok Bayi yang Baik dan Benar

Ikut Kelas Senam Hamil

Tips Melahirkan Normal
Sumber Gambar: Pixabay

Selain membuat tubuh tetap bugar selama mengandung, senam kehamilan akan melatih kamu mengatur pernapasan saat melahirkan nanti. Dengan teknik pernapasan yang tepat, rasa sakit akan berkurang dan persalinan menjadi lebih lancar.

Konsumsi Makanan Ringan

Sangat disarankan bagi ibu yang akan menjalankan persalinan untuk makan camilan sehat atau makanan ringan, karena melahirkan normal memakan banyak tenaga. Sehingga kalori dalam tubuh harus mencukupi. Hindari mengonsumsi makanan berat dan berlemak, karena dapat mempersulit dan menghambat proses persalinan.

Pijatan Lembut

Cara termudah mengurangi nyeri selain berendam air panas adalah dengan memijat bagian tubuh seperti punggung dan pinggul yang akan sangat terasa nyeri ketika proses persalinan berlangsung. Minta bantuan pada tenaga medis atau anggota keluarga yang menemani persalinan untuk memijat lembut bagian tubuh kamu.

Baca Juga: 7 Panduan Puasa Sehat dan Aman untuk Ibu Hamil

Toppers, itulah tips melahirkan normal yang harus diperhatikan oleh para calon ibu. Persalinan normal juga akan berjalan lancar apabila disertai dengan mental dan pikiran positif. Temukan pula berbagai kebutuhan untuk bayi kamu yang terlengkap dan dengan harga termurah hanya di Tokopedia!

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

13 Merk Susu Terbaik untuk Ibu Hamil, Dukung Pertumbuhan Janin
Kids and Parenting
13 Merk Susu Terbaik untuk Ibu Hamil, Dukung Pertumbuhan Janin
© 2009-2024, PT Tokopedia