7 Tips Mencegah Dehidrasi saat Ibadah Umroh dan Naik Haji

0
149
tips mencegah dehidrasi saat umroh, cara mengatasi dehidrasi di tanah suci

Cuaca panas di Tanah Suci bisa jadi pemicu dehidrasi. Untuk menghindarinya, yuk simak tips mencegah dehidrasi saat umroh dan naik haji!


Tips Mencegah Dehidrasi di Tanah Suci – Umat muslim memiliki kewajiban untuk beribadah haji atau umrah sebagai pelengkap dan penyempurna ibadah. Rukun Islam kelima ini diwajibkan untuk yang mampu. Kedua hal sama, namun dalam kurun waktu yang berbeda.

Dengan ibadah ke Mekkah dan Madinah ini, diperlukan persiapan secara jasmani dan rohani yang harus dijaga selama ibadah. Salah satunya adalah dengan menjaga tubuh kita agar terus terhidrasi.

Bagaimana pun, pasti kita semua ingin menjalani ibadah dengan maksimal dan khusyuk, maka dari itu, bagaimana caranya agar tubuh terus terhindar dari dehidrasi?

Simak di bawah ini tips untuk menjaga tubuh dari dehidrasi, ya, Toppers!

Baca Juga: Rekomendasi 10 Tempat Wisata Belanja di Tanah Suci Terpopuler

Tips Mencegah Dehidrasi di Mekkah

1. Selalu Sedia Botol Minum

Ini adalah opsi yang paling jelas dan perlu diingatkan terus, karena tidak semua orang memiliki kebiasaan membawa sebotol air. 60% kandungan dari tubuh kita adalah air, maka dari itu penting untuk mengonsumsi sebanyak 3-4 liter air setiap harinya.

Bahkan, dalam kehidupan sehari-hari, berguna untuk membawa botol air minum sendiri untuk memastikan kamu minum lebih banyak di siang hari.

Apalagi dengan ritual haji mengharuskan peziarah untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Maka dari itu, selalu lebih baik untuk membawa botol air minum sendiri.

Jangan bergantung pada sumber daya yang mungkin tersedia di sekitar kamu atau bergantung pada orang lain.

2. Konsumsi Glukosa yang Cukup

Agar selalu terhidrasi, bawalah beberapa paket glukosa bersama kamu saat kamu membutuhkan dorongan ekstra hidrasi. Kerumunan peziarah dan ritual dapat melelahkan keadaan fisik, maka dari itu, lebih baik untuk mempersiapkannya.

Di saat kamu merasa dehidrasi atau pusing, air biasa yang tidak akan membantu kamu. Sementara itu, gunakan glukosa yang akan memberi kamu dorongan energi ekstra saat kamu membutuhkannya.

3. Perbanyak Buah dan Sayuran

Kebutuhan air pada tubuh bukan hanya berasal dari air putih saja, tapi juga dari makanan yang kamu konsumsi. Sekitar 20 persen asupan air bisa diperoleh dari makanan, khususnya buah-buahan dan sayuran.

Pastikan kamu jaga pola makan kamu dan perbanyak serat yang dapat menghidrasi tubuh kamu. Nah, buah-buahan dan sayuran yang dapat menghindari kamu dari dehidrasi adalah timun, selada, seledri, semangka, stroberi, belimbing, jeruk, hingga blewah.

4. Bawa Masker dan Payung

Untuk menghindari paparan sinar matahari yang terik, diperlukan neungan yang dapat melindungi kamu dari sinar ultravoilet (UV) yang ‘jahat.’ Sinar matahari juga mudah memberikan kamu dehidrasi sehingga akhirnya panas dalam dan jatuh sakit.

Nah, maka dari itu, sebagian besar kelompok haji akan memberikan peziarah payung, jadi gunakanlah untuk kebutuhan hidrasi tubuh kamu. Pada puncak hari, tidak ada tempat untuk bersembunyi dari matahari.

Pilihan terbaik untuk kamu adalah membawa naungan kamu sendiri berupa masker dan payung.

botol minum lock n lock
Hindari dehidrasi dengan selalu sedia air minum dalam botol Lock & Lock di mana pun!

Baca Juga: Kaya Rasa, Inilah 12 Makanan Khas Arab Saudi Terpopuler

5. Jaga Kesehatan dan Rutin Berolahraga

Olahraga dan gaya hidup yang sehat akan menambah daya tahan tubuh dan imun kamu. Maka, penting untuk kamu yang ingin ziarah ke Mekkah dan Madinah dengan mempersiapkan fisik kamu terlebih dahulu.

Menurut sebuah artikel di Times, David Nieman, profesor kesehatan publik dan direktur dari Human Performance Lab di Appalachian State University, melakukan penelitian untuk menemukan hal terbaik dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk menjauhi diri dari penyakit adalah dengan olahraga secara reguler.

Berolahraga yang tepat untuk meningkatkan sel imun tubuh adalah dengan jogging atau berjalan selama 30 menit setiap hari nya. Makanya, yuk, olahraga!

6. Manfaatkan Air Zam-zam

Jika kamu mengambil botol kamu sendiri, isilah dengan air zam-zam kapan pun kamu bisa. Apabila kamu berada di masjid atau di mana pun, di mana zam-zam tersedia, jadikan hal ini sebagai manfaat.

Ini adalah satu-satunya tempat dan waktu di mana kamu memiliki akses gratis ke sana, dan zam-zam memberikan energi yang tidak dimiliki air normal. Air ini akan benar-benar mengisi kembali energi kamu yang habis dan bersemangat lagi untuk terus menjalankan ibadah ziarah.

7. Hindari Kafein

Jika kamu terbiasa dengan secangkir teh atau kopi biasa, kamu mungkin ingin melepaskan diri dari kebiasaan itu sesegera mungkin. Minuman itu tidak tersedia secara bebas untuk kamu saat umrah atau naik haji, dan tentunya juga tidak baik untuk kamu ketika kamu berada dalam situasi itu.

Sebagian besar tempat di Mina memiliki air es dan jus yang dapat diakses dengan bebas, dan mengonsumsi minuman ini lebih baik daripada kafein yang berupa minuman diuretik.

Yaitu dapat menyebabkan pengosongan kandung kemih lebih sering, sehingga membuat kamu dehidrasi.

Baca Juga: Setelah Umroh, Kunjungi 10 Tempat Wisata di Mekkah Berikut Ini!

Itulah tadi tips-tips untuk menjaga tubuhmu agar tetap terhidrasi dan sehat selama ibadah haji atau umrah. Pastikan kamu jalankan ibadah dengan maksimal, dan salah satu caranya adalah dengan menjaga kesehatan tubuh.

Agar ibadahmu lebih afdal, persiapkan semua kebutuhan umroh dan haji dari sekarang dengan menggunakan Tokopedia Salam. Nikmati hemat juga berkahnya berbelanja di Tokopedia!

buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

Bagikan Artikel