• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

12 Tips Menghemat Uang untuk Anak Kost-an

Share

12 Tips Menghemat Uang untuk Anak Kost-an

Kehidupan kost memang terasa bagai naik roller-coaster. apa lagi kalau kamu ingin menghemat uang. Jadi, bagaimana sih kiat menghemat uang untuk anak kost-an? Apakah menghemat selagi tinggal di kost itu mungkin? Tengok saja langsung 12 tips di bawah ini.

hemat uang anak kost
Sumber gambar: Pixabay

Kurangi makan di luar

Membeli makanan dari luar kost atau bahkan menggunakan jasa GO-FOOD jelas sering terlintas di pikiran anak kost yang bosan makan mie setiap hari. Boleh saja sesekali, tapi demi sukses menghemat uang, kurangi aktivitas makan di luar. Keluarkan uang untuk membeli bahan makanan untuk dimasak di kost bisa dicoba.

Banyak berjalan

Pasti pernah ada diantara kamu manusia-manusia mager naik ojek hanya untuk ke minimart atau ke kost sebelah? Selain gak ramah lingkungan, menggunakan kendaraan bermotor saat gak perlu-perlu banget juga bisa membakar kantong. Jadi, sebagai kiat menghemat uang, perbanyak berjalan untuk tujuan dekat. Toh, berjalan menyehatkanmu juga.

Hemat air & listrik

Berlama-lama di shower setelah hari panjang memang nikmat, tapi jangan lupa pikirkan berapa tagihan air akhir bulan nanti. Menghemat pengeluaran air dan listrik setiap bulannya berpotensi mengurangi pengeluaranmu secara signifikan, lho!

hemat uang anak kostSumber gambar: Pixabay

Ambil kerja paruh waktu

Kalau memungkinkan, gak ada salahnya lho anak kost mengambil kerja paruh waktu. Selain bermanfaat untuk pengalaman, kamu juga mendapatkan upah sebagai uang tambahan. Menghemat uang pastinya akan lebih mudah dengan adanya penghasilan sampingan.

Jaga kesehatan

Sakit itu mahal! Karena itu, seperti poin 1 dan 2 jelaskan, jaga kesehatanmu sebagai anak kost dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga ringan seperti berjalan. Misi menghemat uang-mu bisa jadi kacau balau akibat datangnya sakit tidak terduga, akhirnya uang tabungan ludes membayar tagihan rumah sakit. Wah, repot ya!

Baca juga: Bermacam Cara Investasi untuk Masa Depan

Hindari pembelian dadakan

Apa yang akan kamu lakukan jika umpamanya lagi santai-santai sembari buka Instagram dan tiba-tiba olshop favoritmu menggelar flash sale? Setiap jemarimu rasanya langsung ingin mengetik alamat situs olshop tersebut dan berbelanja. Eits, ingat, kamu sedang menghemat. Pembelian dadakan, walaupun dalam jumlah kecil, bisa menjebloskan anak kost ke sesi pengeluaran uang yang lebih besar lagi. Jadi, lanjut scroll ke bawah tanpa menggubris iklan flash sale itu, ya!

Lihat dan bandingkan sebelum membeli sesuatu

Mau sekuat apapun kamu menahan diri, gak dipungkiri lagi kalau kebutuhan pasti akan muncul dan kamu akan harus membeli sesuatu. Agar misi menghemat-mu sukses, selalu lihat dan bandingkan barang sebelum membeli. Kalau bisa beli barang sama dengan harga yang lebih rendah, kenapa tidak?

Manfaatkan promo

Walaupun kejadiannya selangka melihat platipus di jalanan Jakarta, olshop tertentu biasanya suka menggelar promo yang bisa menghemat uangmu. Contohnya, promo gratis ongkir dari Tokopedia yang berlaku hingga akhir bulan September. Lumayan ‘kan kalau barang pesananmu dikirim secara cuma-cuma?

Ambil uang dari ATM secara berkala

Boleh-boleh saja ambil uang dari ATM, tapi untuk mencegah diri kita termakan godaan membeli barang gak dibutuhkan, gunakan ATM sekali seminggu saja dengan cara mengambil sejumlah uang tertentu dan targetkan pakai ATM lagi minggu depan. Dengan ini, proses menghemat uang-mu akan jadi lebih mudah. Jadi, kalau ATM di depan kost memanggil-manggil namamu, cuekin aja!

cari wifiSumber gambar: PIxabay

Jadi fakir Wi-Fi

Duh, Wi-Fi itu sepertinya sudah jadi kebutuhan primer kehidupan anak kost. Mungkin bagi penghuni kost beruntung, kamar kost sudah dilengkapi fasilitas satu ini, tapi bagi yang tidak, mau gak mau harus jadi fakir Wi-Fi demi menghemat uang. Nah, maka dari itu, ayo isi paket data dari situs Tokopedia agar gak mengemis Wi-Fi sama teman!

Khusus mahasiswa, hindari banyak fotokopi!

Berjuang menghemat demi pendidikan sebagai anak kost memang bukan hal mudah, lebih-lebih untuk mahasiswa yang kerap harus fotokopi material kelas demi mendapatkan nilai A. Fotokopi per lembar memang terdengar murah dengan harga Rp.100, tapi gimana kalau kamu harus fotokopi buku 300 halaman? Maka dari itu, manfaatkan “koneksi”-mu dengan memanfaatkan catatan dari teman atau dari senior. Menghemat itu bisa dilakukan karena bantuan orang sekitar kita, lho.

Isi perut sebelum berpergian

Menghemat bukan berarti kamu gak boleh gaul. Betapa girangnya anak kost disaat diajak ke cafe oleh teman yang lebih tebal dompetnya. Tapi, kamu tahu sendiri ‘kan makanan di cafe itu bagai makanan kucing, porsinya nanggung-nanggung banget. Jadi, daripada mengeluarkan uang Rp.50.000 hanya untuk sepiring calamari, lebih baik kenyangkan diri sebelum jalan ke cafe untuk menghindari pengeluaran berlebih.

Baca juga: Buat Anak Kos: 10 Barang Ini Wajib Ada di Kamar Kos Kamu

Dengan 12 poin ini, berhemat sebagai anak kost gak kedengaran berat lagi ‘kan? Selama niat menghemat tidak goyah, pasti Toppers gak akan mengalami kesulitan menjalani tips-tips di atas. Jadi, ayo mulai hidup berhemat! Apa Toppers punya tips hidup hemat lainnya? Jangan lupa untuk share bersama kita!

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Cara Mendapatkan EFIN Pajak dan Mengaktifkannya, Bisa Online!
Keuangan
Cara Mendapatkan EFIN Pajak dan Mengaktifkannya, Bisa Online!
© 2009-2024, PT Tokopedia