10 Tips Ampuh agar Tidak Ngantuk saat Puasa di Tengah-tengah Aktivitas

135
tips agar tidak ngantuk saat puasa, tips agar puasa tidak ngantuk, tips anti ngantuk saat puasa

Tubuh lemas dan mengantuk saat menjalankan aktivitas sehari-hari di bulan Ramadan? Simak tips agar tidak ngantuk saat puasa berikut ini!


Tips Ngantuk Puasa – Saat bulan Ramadan datang yang sering menjadi masalah adalah tubuh terasa lemas dan mengantuk. Karena pada saat, puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama berjam-jam maka timbul lah situasi tersebut.

Apalagi pada jam jam kerja yang di mana rasa mengantuk ini sangat sering terjadi. Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan agar kamu bisa mengatasi rasa mengantuk saat puasa.

Yuk, simak selengkapnya tips ampuh agar tidak ngantuk saat puasa, Toppers!

Ramadan Ekstra

Baca Juga: 7 Pilihan Olahraga saat Puasa yang Ringan dan Bantu Berat Badan Ideal

Tips agar Tidak Ngantuk saat Puasa

1. Perbanyak Berdiskusi

tips agar tidak ngantuk saat puasa, tips agar puasa tidak ngantuk
Sumber Gambar: Engine of Impact

Ini adalah cara terbaik jika kamu sedang melakukan kegiatan yang konstan seperti bekerja atau di kampus. Mengobrol akan meningkatkan tingkat kewaspadaan serta kemampuan berkonsentrasi.

Namun, jika terlalu banyak mengobrol tentu akan membuat mulutmu akan semakin kering, Toppers! Jadi, imbangi kegiatan kamu dengan mengobrol ya!

2. Cukupi Kebutuhan Tidur Kamu

tips agar tidak ngantuk saat puasa, tips agar puasa tidak ngantuk
Sumber Gambar: Saatva Mattress

Tidur adalah hal yang sering diabaikan saat puasa. Padahal tidur sangat erat hubungannya dengan energi kamu dalam menjalankan aktivitas di siang hari. Kurang tidur di waktu malam akan membuat kamu kekurangan tenaga dan bisa saja membuat kamu tidak bangun saat sahur.

Apalagi kebanyakan dari kita, bulan puasa ini dijadikan  sebagai ajang untuk lebih sering menjalankan aktivitas di malam hari alias begadang.

3. Ganti Pemandangan

tips agar tidak ngantuk saat puasa, tips agar puasa tidak ngantuk
Sumber Gambar: Dissolve

Bila seharian menghadap layar komputer terus, mata akan terasa lelah sehingga kamu jadi cepat mengantuk. Untuk itu, usahakan untuk mengganti pemandangan ketika kantuk menyerang.

Alihkan pandangan kamu dari layar selama 20 detik. Ulangi terus setiap 20 menit. Hal ini akan membuat mata jadi lebih rileks dan segar.

4. Minum Air yang Cukup pada Saat Sahur

tips agar tidak ngantuk saat puasa, tips agar puasa tidak ngantuk
Sumber Gambar: Wise Bread

Minumlah air 2 gelas saat berbuka, 4 gelas sepanjang malam dan 2 gelas pada saat sahur. Kekurangan air minum menjadi salah satu penyebab badan lemas saat berpuasa.

Dengan menggunakan jurus 2-4-2, kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan agar bisa tetap segar ketika siang hari.

5. Hindari Makanan yang Membuat Perut Mulas

tips agar tidak ngantuk saat puasa, tips agar puasa tidak ngantuk
Sumber Gambar: South Beach Diet

Jika kamu adalah pecinta makanan pedas, sebaiknya kamu kurangi makan pedas selama bulan puasa. Hal ini untuk mencegah perut sakit dan diare. Jika diare, tentu saja kamu akan mengalami dehidrasi yang bisa membuat kamu letih, lelah dan lesu selama puasa.

Selain itu, jika kamu sampai sakit perut, maka hal ini dapat membuat puasa kamu terganggu, Toppers!

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Baca Juga: 15 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Tahu!

6. Melemaskan Badan atau Jalan Kaki

tips anti ngantuk saat puasa
Sumber Gambar: Dissolve

Sebuah survei terhadap ratusan orang di Amerika Serikat menguak bahwa jalan kaki selama 10 menit bisa meningkatkan energi kamu hingga dua jam ke depan. Pasalnya, jalan-jalan mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot.

Sedangkan rasa ngantuk di siang hari biasanya muncul karena otak kekurangan pasokan oksigen.

7. Meditasi Sejenak

tips anti ngantuk saat puasa
Sumber Gambar: Yoga Journal

Selain dapat membuat tubuhmu lebih rileks, meditasi ternyata bisa membuat tubuhmu segar juga lho. Saat kamu didera rasa kantuk pas berpuasa bisa lakukan meditasi sederhana dengan melakukan beberapa latihan pernapasan yang efeknya nanti tubuhmu akan terasa lebih segar.

Kemudian mendengarkan musik-musik dengan ritme yang membuatmu lebih termotivasi.

8. Cari Sinar Matahari

tips anti ngantuk saat puasa
Sumber Gambar: Smith Debnam

Rasa kantuk juga bisa muncul mengikuti pencahayaan yang diterima mata kamu. Bila cahaya meredup, mata menangkapnya sebagai sinyal untuk beristirahat sehingga kamu jadi mengantuk.

Untuk itu, nyalakan lampu ruangan atau carilah sinar matahari langsung, misalnya di luar ruangan atau cari kaca yang terpapar langsung cahaya sang surya.

9. Kurangi Minum Kopi dan Teh

tips anti ngantuk saat puasa
Sumber Gambar: Medical News Today

Jika kamu adalah pecinta teh dan kopi, sebaiknya kurangi konsumsi minuman tersebut secara berlebihan. Karena bisa mempercepat dehidrasi bagi tubuh.

Selain itu, kafein dalam teh dan kopi bisa membuat kamu sulit tidur yang tentunya akan berdampak pada tubuh di siang hari.

10. Tetap Berolahraga

tips anti ngantuk saat puasa
Sumber Gambar: TrekEarth

Jangan berpikir bahwa aktivitas seperti olahraga bisa membuat badan lemas saat puasa. Dengan olahraga secara teratur, tubuh kamu malah akan lebih kuat untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.

Kamu tidak perlu melakukan olahraga berat seperti latihan cardio. Cukup olahraga ringan seperti lari kecil atau jalan kaki saja di pagi hari.

Baca Juga: 11 Jenis-jenis Puasa dalam Islam yang Perlu Kamu Ketahui selain Ramadan

Itulah tips ampuh agar tidak ngantuk saat puasa sepanjang hari, Toppers! Coba terapkan untuk kegiatan puasa kamu supaya tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Dan, jangan lupa lengkapi kebutuhan tubuh dengan vitamin dan nutrisi terjamin di Tokopedia!

ramadan ekstra 2019

Bagikan Artikel