15 Destinasi Wisata Tanjung Pinang, Bintan, Terbaik

201
Sumber gambar: About Bintan Island

Destinasi Wisata Tanjung Pinang, Bintan – Hai, Toppers! Ketika pikiran sudah mulai terasa penat dan lelah akibat rutinitas sehari-hari, pilihan yang paling tepat untuk refreshing adalah pergi berlibur. Tidak perlu jauh-jauh liburan ke luar negeri, karena Indonesia memiliki beraneka ragam potensi wisata yang tersebar di berbagai daerah. Salah satunya adalah Tanjung Pinang, Pulau Bintan.

Ibukota dari Provinsi Kepulauan Riau ini bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman atau keluarga, karena kota ini menyimpan daya tarik di berbagai objek wisatanya. Di artikel ini, Tokopedia akan merekomendasikan 15 destinasi wisata Tanjung Pinang, Bintan yang wajib kamu kunjungi. Penasaran, kan? Yuk, simak terus daftarnya di bawah ini!

Baca juga: 11 Rekomendasi Wisata Kuliner di Batam Favorit

Destinasi Wisata Tanjung Pinang Terbaik

1. Pantai Trikora

Sumber gambar: MerahPutih

Beberapa objek wisata pantai terbaik di Kepulauan Riau dapat dijumpai di Pulau Bintan, dan salah satunya adalah Pantai Trikora. Pantai yang terletak agak jauh dari Kota Tanjung Pinang ini memiliki hamparan pasir, kumpulan batu granit, dan laut biru yang dijamin akan menyegarkan mata dan pikiranmu, Toppers.

2. Pulau Penyengat

Sumber gambar: Kemendikbud

Tertarik mempelajari sejarah Bahasa Melayu yang menjadi cikal dari Bahasa Indonesia? Datanglah ke Pulau Penyengat yang berjarak 2 km dari pusat kota Tanjung Pinang. Untuk mencapai objek wisata kepulauan Riau ini, Toppers dapat menyebrang dengan kapal hanya dengan merogoh kocek sejumlah 7 ribu rupiah.

3. Bukit Kursi Pulau Penyengat

Objek wisata Tanjung Pinang yang berupa benteng peninggalan Kerajaan Melayu ini masih terletak di kawasan Pulau Penyengat. Di bukit ini, Toppers bisa berfoto-foto dengan peninggalan meriam di bentengnya, atau sekadar menikmati pemandangan laut lepas.

4. Masjid Raya Sultan Riau

Masih berlokasi di area Pulau Penyengat, Masjid Raya Sultan Riau adalah salah satu peninggalan dari masa kesultanan Islam di Riau, yang konon juga merupakan masjid tertua di Indonesia. Uniknya, salah satu material yang digunakan untuk membangun masjid ini adalah putih telur, lho.

5. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Sumber gambar: About Bintan Island

Vihara yang memiliki nama lain Vihara Seribu Wajah ini menjadi tujuan wisata religi Tanjung Pinang lainnya. Tempat ibadah umat Buddha ini dibangun pada tahun 2010. Apabila memasuki area vihara ini, Toppers akan merasa berada di tengah-tengah setting film kolosal Tiongkok.

6. Pantai Impian

Rasanya tidak ada habisnya apabila membicarakan pantai yang indah di Tanjung Pinang. Pantai Impian merupakan destinasi wisata Tanjung Pinang yang menawarkan pemandangan laut biru lepas dengan ombak yang tidak terlalu besar, dilengkapi dengan hamparan pasir putih yang cantik. Tidak jauh dari wilayah Pantai Impian juga terdapat beberapa hotel dan resort berbintang.

7. Gurun Pasir Busung

Sumber gambar: Liputan 6

Ingin merasakan sensasi berwisata ke padang pasir layaknya di Timur Tengah? Maka kamu tidak boleh melewatkan destinasi wisata Tanjung Pinang yang satu ini, yaitu Gurun Pasir Busung. Wilayah yang merupakan bekas penambangan bauksit ini telah berubah menjadi wisata gurun pasir yang cantik, dan pastinya sangat instagrammable.

Tips Pintar Mengemas Barang Bawaan Saat Traveling

8. Masjid Raya Dompak

Sumber gambar: Kementrian Agama

Satu lagi tujuan wisata Tanjung Pinang yang bernuansa religi, yaitu sebuah masjid megah yang berdiri di Pulau Dompak. Yang menjadi daya tariknya, Masjid Raya Dompak terlihat seperti sebuah oase di tengah padang pasir karena dibangun di atas Pulau Dompak yang gersang.

9. Tepi Laut

Dari namanya, tentu Toppers bisa menebak kalau tempat ini berada di tepi laut. Kawasan pantai ini terbentang mulai dari Jalan H. Agus Salim menuju Jalan Hang Tuah hingga ke Jalan Samudera. Kamu dapat menjumpai beraneka ragam wisata kuliner dan resort, atau sekadar berhenti di pinggir jalan dan menikmati pemandangan Samudera Hindia.

10. Tugu Pensil

Sebagai simbol keberhasilan Kepulauan Riau dalam memberantas buta huruf pada tahun 1960-an, maka dibangunlah sebuah monumen yang dikenal sebagai Tugu Pensil. Di tempat ini, kamu dapat bersantai sambil menikmati udara sore Kota Tanjung Pinang dan melihat sunset dengan latar belakang Pulau Penyengat.

11. Treasure Bay Bintan

Sumber gambar: MLD Spot

Treasure Bay Bintan merupakan kompleks resort mewah yang dijamin akan membuatmu betah berlama-lama di sini. Terdapat berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan di resort ini, seperti glamping atau berkemah dengan tenda ala hotel berbintang, bermain di pantai buatan, atau menguji adrenalin dengan bermain water sport.

12. TRC Wisata Mangrove

Destinasi wisata Tanjung Pinang yang satu ini terletak sedikit jauh dari pusat kota. Lokasinya yang berada di pinggir pantai berpasir putih cocok untuk bersantai sambil menikmati semilir angin laut. Kamu juga dapat menjelajahi area hutan bakau dengan menyusuri jalan setapak yang ada.

13. Tasik Divers Bintan

Untuk pecinta kehidupan di bawah laut, Toppers wajib menjajal kegiatan snorkeling di Tasik Divers Bintan. Dengan merogoh kocek mulai dari 250 ribu, kamu dapat menikmati pemandangan deretan terumbu karang yang mempesona dan hewan-hewan laut yang berwarna-warni.

14. Jembatan Dompak

Ini dia Jembatan Dompak yang menjadi penghubung antara Tanjung Pinang dengan Pulau Dompak. Mirip dengan Jembatan Suramadu, jembatan yang diresmikan oleh Pemerintah Kepulauan Riau pada tahun 2017 ini menjadi ikon baru kebanggaan masyarakat Kota Tanjung Pinang. Kamu bisa berfoto-foto di atas jembatan ini dengan latar belakang laut lepas.

15. Danau Biru Bintan

Danau buatan yang berlokasi di area pertambangan Pulau Bintan ini memiliki pemandangan yang luar biasa menawan karena airnya yang berwarna biru terang dilengkapi dengan bukit-bukit pasir putih di sekelilingnya. Tidak perlu memungut biaya sepeser pun untuk datang ke danau ini, karena hingga saat ini Danau Biru Bintan belum dikomersilkan menjadi tempat wisata.

Baca juga: 12 Wisata Kuliner Tanjung Pinang Terlezat

Itu tadi 15 destinasi wisata di Tanjung Pinang, Bintan versi Tokopedia. Dijamin, liburanmu ke Tanjung Pinang akan terasa lebih menyenangkan dan seru apabila kamu memasukkan daftar destinasi wisata di atas ke bucket list kamu. Sebelum mempersiapkan liburan ke Tanjung Pinang, jangan lupa lengkapi keperluan travelling kamu, Toppers. Pastikan juga kamu membeli tiket pesawat ke Tanjung Pinang lewat Tokopedia, karena kamu berkesempatan menikmati berbagai promo menarik, lho.

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!

Bagikan Artikel