7 Oleh-Oleh Khas Jember paling Terkenal

0
3246
Oleh-oleh khas Jember
Sumber gambar: Pemkab Jember

Oleh-Oleh Khas Jember – Berada di sisi timur Pulau Jawa, Kabupaten Jember menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup diminati takkala berlibut ke Jawa Timur. Apalagi, setelah “Jember Fashion Festival” dikenal masyarakat luas wisatawan mulai tertarik untuk menjadikan Jember sebagai tujuan traveling.

Punya rencana traveling ke Jember? Nggak cuma berbagai tujuan wisatanya, hal menarik dari Kabupaten ini adalah ragam oleh-oleh khas Jember yang populer. Tentunya, perjalananmu takkan lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh khas Jember favorit berikut:

Baca juga: Kenali Lebih Dekat Kopi Asli Indonesia

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jember Terbaik

1. Prol Tape

Prol Tape Makanan Khas Jember
Sumber gambar: Tribunnews

Jember terkenal akan olahan tape. Salah satunya adalah Prol tape yang sangat populer diuntuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Jember. Memiliki tekstur lembut layaknya bolu, buang tangan khas Jember ini kini telah memiliki berbagai modifikasi rasa mulai dari rasa coklat, kismis, keju, dan orisinal.

2. Pia Tape

Makanan Khas Jember
Sumber gambar: IDN Times

Selain prol tape, oleh-oleh khas Jember yang terbuat dari tape lainnya adalah Pia tape. Hampir seluruh daerah di Jawa memiliki oleh-oleh pia, namun tentunya pia tape khas Jember akan berikan Toppers cita rasa yang berbeda. Seperti Prol Tape, Pia Tape juga memiliki varian rasa mulai dari keju, strawberry, coklat, pisang, dan berbagai rasa lainnya.

3. Berbagai Olahan Kopi dan Kakao

perbedaan kopi robusta dan arabika, perbedaan kopi arabika dan robusta

Tak cuma berbagai olahan tape. berkunjung ke Jember, Toppers juga bisa menemukan berbagai olahan coklat dan kopi dengan mudah. Jadi, untuk para penggemar kopi atau coklat, olahan produk kopi dan coklat khas Jember bisa jadi pilihan oleh-oleh saat berkunjung ke Jember.

4. Batik Jember

Oleh-oleh khas Jember
Sumber gambar: Pemkab Jember

Sebagai salah satu budaya yang lahir di Jawa, hampir setiap wilayah di Jawa memiliki Batik khas-nya masing-masing, termasuk juga di Jember. Salah satu ke-khas-an dari batik Jember adalah motif daun tembakau yang memang menjadi salah satu produksi andalan Jember.

5. Cerutu

Sebagai salah satu daerah penghasil tembakau di Indonesia, cerutu menjadi produk olahan tembakau yang sangat mudah di temukan di Jember. Bahkan, kualitas dari cerutu dan tembakau di Jember memiliki popularitas kelas dunia, lho.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Suwar-Suwir

Makanan Khas Jember - Suwar-Suwir
Sumber gambar: Kaskus

Alternatif oleh-oleh khas Jember selanjutnya adalah Suwir-suwir, makanan khas yang cukup populer di Jember. Jajanan atau makanan ringan yang juga berbahan dasar tape ini memiliki tekstur renyah yang agak keras dengan berbagai varian rasa mulai dari susu, kacang, coklat, dan berbagai rasa buah-buahan.

7. Jenang Waluh

Makanan Khas Jember
Sumber gambar: Katalog Kuliner

Makanan tradisional selanjutnya yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari Jember adalah Jenang Waluh. Terbuat dari labu kuning yang diolah bersama ketan dan kelapa tua, buah tangan asal Jember ini memiliki citasa rasa manis dibalut tekstur lembut dan kenyal.

Baca juga: 12 Macam-macam Sambal Khas Indonesia yang Bikin Makanan Tambah Nikma

Tak sulit bukan temukan berbagai oleh-oleh khas Jember yang unik dan menarik untuk dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Jember? Segera siapkan tiket kereta atau tiket pesawat-mu dan mulai perburuan oleh-oleh khas Jember-mu.

Tiba-tiba kangen dengan berbagai oleh-oleh khas Jember? Nggak perlu khawatir karena kamu bisa temukan berbagai oleh-oleh khas Jember tersebut dengan mudah di Tokopedia!

tiket kereta api