Liburan Naik Kereta? Ikuti 7 Tips Persiapan Naik Kereta Ini!

62

Persiapan Naik Kereta Api – Untuk Toppers yang baru pertama kali melakukan perjalanan menggunakan kereta, traveling naik kereta mungkin bisa jadi pengalaman yang menyenangkan. Namun, tentu ada sedikit rasa khawatir dan bingung akan persiapan naik kereta apa saja yang kira-kira perlu diketahui sebelum memulai perjalanan dengan kereta api.

Padahal, sebenarnya persiapan untuk naik kereta api sebenarnya tidaklah terlalu merepotkan. Tapi dengan melakukan persiapan naik kereta yang baik dan benar tentu bisa bantu perjalanan naik kereta api jadi lebih aman dan nyaman. Biar persiapan perjalanan dengan kereta jadi lebih sempurna, simak tips persiapan naik kereta api yang praktis berikut:

Baca juga: Tips Packing Untuk Para Pecinta Traveling!

Tips Persiapan Naik Kereta Api

1. Pastikan Kamu Bawa Semua Dokumen Penting yang Dibutuhkan

barang yang wajib ada di tas
Sumber foto: Smartertravel.com

Saat hendak memulai perjalanan dengan kereta, persiapan pertama yang harus Toppers lakukan adalah kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Umumnya, selain struk dan tiket kereta, Toppers juga perlu membawa identitas berupa KTP ataupun SIM. Jika, Toppers belum memiliki KTP, kartu pelajar bisa menjadi pengganti identitas.

Meskipun terdengar sederhana dan sepele, tanpa mempersiapkan dokumen-dokumen ini bisa-bisa Toppers nggak bisa memasuki gerbong bahkan area tunggu stasiun, lho.

Setelah memasuki gerbong, simpan juga dokumen-dokumen tersebut di tempat yang aman namun mudah dijangkau karena sangat mungkin akan dilakukan pemeriksaan tiket kembali ditengah-tengah perjalanan.

2. Untuk Perjalanan Jauh, Pertimbangkan Makanan dan Minuman untuk Menemani Perjalanan

Makanan Ringan

Makanan dan minuman sering dianggap persiapan wajib untuk membuat perjalanan naik kereta lebih nyaman. Untuk perjalanan tidak terlalu jauh, camilan dan makanan ringan mungkin sudah cukup. Namun, untuk perjalanan jauh, Toppers mungkin perlu mempertimbangkan makanan-makanan berat untuk mengganjal perut agar nggak kelaparan ditengah perjalanan. Untuk minuman, menyiapkan air mineral sudah wajib

Nggak sempat melakukan persiapan naik kereta satu ini? Nggak perlu khawatir karena Toppers bisa menemukan banyak tempat membeli makanan di stasiun. Di kereta-pun akan ada penjaga yang menjajakan makanan di tengah perjalanan.

3. Bekali Diri dengan Hiburan agar Perjalanan Nggak Membosankan

gamepadTips persiapan naik kereta api selanjutnya adalah mempersiapkan hiburan agar perjalananmu nggak membosankan. Toppers bisa membawa buku atau novel favorit, hingga game console mobile yang bisa mengisi waktu kosong sepanjang perjalanan naik kereta.

Atau, cara paling sederhana adalah menyiapkan kuota internet di smartphone yang bisa Toppers gunakan untuk bermain game online sepanjang perjalanan. Mendengarkan musik di smartphone juga bisa jadi pilihan simple yang praktis untuk menemani perjalanan di kereta api. Tapi, pastikan selalu siap sedia power bank atau charger agar gadgetmu nggak low-bat ya.

4. Pastikan Packing Barang-Barangmu agar Mudah Dibawa dan Dijaga

tips mengemas barang
Sumber foto: Lexuedao.cn

Salah satu keuntungan naik kereta api adalah tidak ada batasan bagasi seperti jika Toppers naik pesawat. Namun, tentu kamu tetap harus memastikan bagasi yang dibawa tetap dalam ukuran dan packing yang mudah dibawa dan paling penting mudah dijaga selama berada di dalam gerbong kereta.

Hindari membawa terlalu banyak tas, gunakan cukup satu tas besar untuk menampung semua barang-barangmu, dan satu tas tangan atau tas kecil untuk kebutuhan penting seperti dompet, tiket kereta, handphone, dan sejenisnya.

Baca juga: 7 Cara Backpacking Hemat Naik Kereta Keliling Jawa

5. Bawalah Uang Saku Tunai Secukupnya

Cara Menghitung Keuangan Rumah Tangga Mudah dan PraktisSaat naik kereta, apakah perlu menyiapkan uang tunai? Tentu saja perlu. Diperjalanan mungkin saja Toppers perlu membeli air minum tambahan ataupun keperluan mendesak dan mendadak lainnya. Jadi tips persiapan naik kereta api satu ini jangan sampai terlewatkan, ya.

Tapi, hindari juga membawa uang tunai berlebihan dan terlalu banyak untuk tetap menjaga keamananmu. Bawalah uang tunai sewajarnya saja dan pastikan semua keperluan wajibmu sudah masuk daftar persiapan naik kereta-mu sehingga kamu bisa meminimalisir kemungkinan membeli kebutuhan lainnya ditengah perjalanan.

6.  Lebih Nyaman dengan Pakaian dan Perlengkapan untuk Perjalanan Panjang

bermain dengan teman dan keluarga di dalam kereta api mudik
Sumber foto: News.nwpu.edu.cn

Untuk perjalanan kereta yang jauh, Toppers mungkin akan menghabiskan waktu berjam-jam duduk di dalam gerbong. Agar tetap nyaman, sudah seharusnya Toppers menggunakan pakaian yang nyaman yang memudahkanmu untuk bergerak bebas dan beristirahat dengan nyaman di dalam kereta.

Diluar itu, kamu juga bisa membawa perlengkapan lainnya yang bisa buat perjalanan naik kereta jadi lebih nyaman seperti bantal leher, penutup mata, bahkan selimut kecil untuk kamu yang berencana tidur saat perjalanan kereta malam.

7. Biar Nggak Mati Gaya, Pastikan Kuota Internet dan Pulsa Milikmu Memadai

bermain hp saat di jalan mudik kereta api
Sumber foto: Heherotales.com

Nah, terkadang persiapan naik kereta satu ini seringkali terlewatkan. Berbeda dengan perjalanan naik pesawat, perjalanan naik kereta api memungkinkanmu untuk menggunakan gadget ditengah perjalanan.

Tapi, tanpa kuota internet dan pulsa, tentu gadget milikmu menjadi tak terlalu berguna dan bisa-bisa buat Toppers mati gaya sepanjang perjalanan. Jadi, selalu pastikan gadget milikmu sudah dibekali pulsa dan kuota internet yang memadai, ya.

Jika mendesak, Toppers juga bisa melakukan isi pulsa dan beli kuota internet dengan mudah secara online di Tokopedia. Jadi, pulsa habis dan kuota internet kosong sudah nggak jadi masalah lagi.

Baca juga: Tips Naik Kereta Api Bersama Bayi

Kini, dengan tips persiapan traveling dengan kereta api ini, tentu perjalanan Toppers akan lebih nyaman. Nggak perlu ragu lagi naik kereta api karena persiapan naik kereta api yang praktis dan perjalanan yang aman serta nyaman.

Yuk, mulai perjalanan kereta api pertamamu bersama Tokopedia. Mulai dari melengkapi keperluan traveling seperti tas traveling dan stop kontak traveling hingga pesan tiket kereta api bisa Toppers lakukan dengan mudah di Aplikasi Tokopedia!

tiket kereta api