• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Work Life Balance, Penting kah Bagi Karyawan?

Share

Work Life Balance, Penting kah Bagi Karyawan?

Sibuk bekerja memang kadang jadi tuntutan hidup. Namun, penting juga untuk menerapkan work life balance. Simak penjelasannya!


Work Life Balance – Sebagai karyawan di sebuah perusahaan, pastinya punya tanggung jawab sendiri untuk menyelesaikan berbagai tugas. Mengejar deadline, mengerjakan revisi dari klien, dan hal lainnya terkadang membuat kita lupa waktu. Seperti contohnya waktu untuk beristirahat dan juga mengembangkan kemampuan diri.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu pasti sudah sering mendengar istilah work life balance, bukan? Apa itu work life balance? Istilah work life balance adalah sebuah kondisi atau keadaan dimana seorang karyawan bisa mengatur dan membagi waktu serta pikiran kepada pekerjaan, kesehatan, keluarga, pengembangan diri, dan tanggung jawab lainnya. Dengan adanya definisi tersebut, membuat adanya istilah work life balance adalah hal yang penting untuk dimiliki.

Kondisi tersebut membuat kita dapat terhindar dari berbagai konflik, mulai dari konflik hubungan keluarga dan juga profesionalisme pekerjaan. Bisa juga dikatakan, work life balance adalah kondisi dimana seorang karyawan bisa membagi waktu dan energi yang seimbang untuk berbagai aspek.

Work life balance dinilai penting untuk kehidupan seseorang, karyawan dinilai menjadi bisa lebih produktif dan lebih mudah untuk menemukan ide-ide baru.

baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Usia Produktif?

Manfaat dan Pentingnya Work Life Balance

Melihat pengertian dari work life balance dapat memberikan manfaat baik pada seorang karyawan, simak pentingnya work life balance secara lengkap untuk kehidupanmu.

1. Terhindar dari Stres

Terhindar dari Stress
Sumber Gambar: Workingmother

Stres merupakan pemicu utama dari berbagai kejadian yang tak mengenakkan. Salah satunya adalah mood yang tak beraturan dan kondisi kesehatan yang melemah atau menurun. Dengan menerapkan work life balance pada kehidupanmu, kamu akan terhindar dari stres berlebih yang dapat memicu timbulnya berbagai masalah baru.

Mengapa demikian? Dengan kehidupan yang seimbang antara urusan personal dan pekerjaan, membuat kamu lebih mudah dan ringan menjalani hari. Seperti kamu masih bisa bertukar pikiran bersama keluarga dan kerabat dekat, masih memiliki waktu untuk membuat acara bersama orang-orang terdekat, bahkan liburan. Sehingga sekaligus dapat menghilangkan rasa jenuh dan penat akibat pekerjaan atau rutinitas yang monoton.

2. Hidup Jadi Lebih Sehat

Hidup lebih sehat
Sumber Gambar: Pexels

Dengan mencapai work life balance, kamu bisa menciptakan kehidupan yang lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Mulai dari darah tinggi, vertigo, dan penyakit lainnya. Dengan menyeimbangkan waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, kamu pun memiliki waktu untuk beristirahat dan menjalani hidup yang lebih teratur dan sehat.

Seperti mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, jam makan yang teratur, olahraga secara rutin, tidur dengan waktu yang cukup, dan lain sebagainya. Dengan work life balance, membuat kehidupan seseorang jadi lebih bahagia. Tentunya, kebahagiaan seseorang sangat berpengaruh kepada kesehatan diri.

3. Lebih Produktif

Produktif
Sumber Gambar: Pexels

Memiliki kondisi fisik dan mental yang baik, pastinya menambahkan tingkat kefokusan seseorang. Kamu akan bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas dan lebih berfikir jernih. Bahkan, kamu pun juga bisa menemukan ide dan inovasi baru yang pastinya bermanfaat bagi perusahaan. Performa menjadi lebih baik dan juga hasil yang diberikan pun lebih optimal.

4. Fokus dalam Mengerjakan Tugas

Lebih fokus
Sumber Gambar: Pexels

Menumpuknya pekerjaan dan kurangnya istirahat, terkadang membuat pikiran jadi kesana kemari. Membuat jadi kurang fokus dan tidak teliti dalam menjalankan dan menyelesaikan tugas. Untuk itu, dibutuhkannya kamu untuk beristirahat sejenak dan fokus kepada kebahagiaan dan kesehatan diri.

Dengan menerapkan work life balance ini tentunya membuat kamu jadi lebih fokus saat kembali bekerja. Pikiran kembalil fresh dan juga terhindar dari stres!

baca juga: Simak Pengertian Problem Solving dan Contohnya!

Temukan Berbagai Kebutuhan Tulis dan Menggambar di Tokopedia! Dapatkan juga Bebas Ongkir Sepuasnya!

Faktor yang Mempengaruhi Work Life Balance

Faktor yang mempengaruhi Work life balance
Sumber: Picjumbo

Selain pengertian dan juga manfaatnya, kamu juga perlu mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi work life balance. Ini dia penjelasannya!

1. Karakteristik Kepribadian Seseorang

Karakter Diri
Sumber Gambar: HappiMatters

Setiap individu pastinya mempunyai karakteristik atau cara tersendiri dalam menanggapi berbagai hal. Mulai dari bagaimana cara memecahkan masalah, menenangkan diri, dan lain sebagainya. Kepribadian ini sangat berpengaruh dalam kehidupan kerja dan diluar pekerjaan.

Seseorang yang sejak kecil sudah memiliki kehidupan yang baik, cenderung lebih mudah untuk menemukan work life balance dalam kehidupannya.

2. Karaktersitik Keluarga

Karakter Keluarga
Sumber Gambar: Pexels

Ini adalah salah satu hal penting. Karakteristik keluarga sangat menentukan adanya konflik antara hubungan keluarga dengan pekerjaan. Contohnya, konflik peran dan waktu yang sering terjadi diantara pekerjaan dan keluarga. Tentu, hal ini sangat mempengaruhi work life balance.

3. Sikap

Sikap juga bisa jadi salah satu faktor utama seseorang. Bagaimana seseorang menanggapi dan menjalani hubungan sosial dengan individu lain. Bagaimana setiap orang melakukan evaluasi terhadap diri sendiri dan periwstiwa yang terjadi terhadap dirinya.

4. Pekerjaan

Faktor yang mempengaruhi Work life balance
Sumber Gambar: Pexels

Jenis pekerjaan sangat mempengaruhi work life balance. Seberapa besar tanggung jawab seseorang dalam pekerjaan, seberapa berat bobot pekerjaannya dan berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Segala faktor pekerjaan tersebut tentunya sangat berpengaruh besar terhadap work life balance seseorang.

baca juga: 6 Tanda Lingkungan Kerja yang Baik: Tingkatkan Produktivitas


Setelah mengetahui apa manfaat dan faktor apa saja yang mempengaruhi work life balance seseorang, pastinya kamu bertanya-tanya, sampai manakah keadaan seseorang saat dinyatakan memiliki work life balance?

Berikut ini adalah beberapa indikator atau tolak ukur bagi seseorang yang dinyatakan memiliki work life balance:

Indikator Work life balance
Sumber Gambar: Pexels
  1. Terpenuhinya urusan pribadi, keluarga dan pekerjaan. Segala sesuatu berjalan dengan baik, memiliki porsi dan waktunya masing-masing, dan tidak terjadi konflik.
  2. Memiliki waktu tidur yang cukup. Dengan waktu tidur yang cukup, membuat kamu terhindar dari stres dan kondisi fisik yang menurun. Hidup jadi lebih sehat dan pastinya lebih teratur.
  3. Adanya aktivitas atau kesibukan lain. Hal ini berkaitan dengan self-develompment atau waktu untuk mengembangkan diri. Seperti melakukan berbagai hobi, salah satunya adalah menulis artikel, melukis, atau bahkan hangout bersama teman.
  4. Memiliki hubungan personal dengan individu lain. Jika seseorang belum mencapai work life balance, cenderung sulit untuk memiliki hubungan erat dengan individu lain. Hal ini disebabkan karena orang tersebut masih memilki prioritas lain dibandingkan dengan hubungan.

baca juga: Pengertian Etos Kerja dan Kategori / Karakter Pemiliknya


Itu dia Toppers beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui tentang work life balance. Tidak ada salahnya kamu memulai dari sekarang untuk menciptakan work life balance pada kehidupanmu.

kartu pra kerja tokopedia
Temukan berbagai macam pelatihan Kartu Prakerja yang bermanfaat di Tokopedia dan dapatkan sertifikatnya dengan mudah!

Share

Pritania AviraPritania Avira

Related Articles

21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Maret 2024
Top List
21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Maret 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia