20 Cara Mencegah Stroke di Usia Muda agar Tidak Terlambat!

1571
cara mencegah stroke

Penyakit stroke bisa datang kapan saja dan menyerang siapa pun. Untuk itu, bagi kaum muda yuk perhatikan cara mencegah stroke berikut ini!


Cara Mencegah Stroke – “Masa muda, masa yang berapi-api. Yang maunya menang sendiri. Walau salah tak perduli.” Kutipan dari lagu Rhoma Irama berjudul Darah Muda telah menggambarkan secara gamblang bagaimana lifestyle dari anak-anak muda.

Masa muda memang masa keemasan dalam hidup seseorang, tapi apa kamu mau masa mudamu harus di rusak oleh penyakit? Sebaiknya kamu menikmati masa mudamu dengan gaya hidup yang baik demi kesehatan di masa mendatang.

Kalau tadi sudah diingatkan sama Bang Rhoma, sekarang Tokopedia mau ngingetin kamu juga nih soal kesehatan, bagaimana cara mencegah stroke sejak usia muda.

Silakan kamu simak 20 cara mencegah stroke selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 10 Gejala Penyakit Jantung yang Tidak Boleh Dianggap Sepele

Cara Mencegah Stroke di Usia Muda

1. Olahraga Teratur

cara mencegah stroke
Sumber Gambar: Pexels

Satu ini sudah mutlak, olahraga sepertinya ada disetiap artikel kesehatan tentang pencegahan penyakit. Karena menang terbukti, olahraga menjadi kegiatan yang penting bagi kesehatan tubuh kamu.

Olahraga berguna untuk menjaga berat badanmu, selain itu olahraga juga dapat membakar lemak dan kalori tubuh agar tidak terjadi penyumbatan pada pembuluh darah.

2. Hindari Rokok

cara mencegah stroke
Sumber Gambar: Pexels

Kita tahu bahwa rokok dapat menyebabkan banyak penyakit, salah satunya adalah stroke. Merokok mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan darah dan oksigen tidak teraliri dengan baik.

Kemudian, darah dapat menggumpal dan tekanan darah pun akan meningkat. Maksut dari menghindari rokok di atas adalah bukan hanya untuk kamu perokok aktif, namun juga perokok pasif.

3. Batasi Minum Alkohol

cara mencegah stroke
Sumber Gambar: Pexels

Kenapa sub judul ini bukan “hindari alkohol”? Karena studi menunjukan bahwa alkohol justru dapat mengurangi risiko terkena stroke. Tapi ingat! Kamu hanya boleh minum satu gelas untuk sehari.

Sebagai catatan, mengenai konsumsi alkohol juga harus mengikuti ajaran dalam kepercayaan masing-masing ya dan jangan dilanggar, Toppers!

4. Hindari NAPZA

cara mencegah stroke
Sumber Gambar: Pexels

Jenis narkoba seperti methaphamine dan cocaine merupakan contoh dari banyaknya narkoba yang membawa kamu ke penjara, kematian, dan tentunya stroke.

Narkoba tersebut dapat menyebabkan penyempitan pada arteri, sehingga aliran darah tidak bagus.

5. Perhatikan Jam Makan

cara mencegah stroke
Sumber Gambar: Pexels

Untuk menghindari stroke kamu perlu memerhatikan jam makan kamu. Ada baiknya kamu mengikuti pola enam kali makan setiap hari. Enam kali makan itu terdiri dari tiga kali porsi besar, dan tiga kali cemilan.

makanan sehat
Ingin ngemil tapi tetap sehat? Ini solusinya, Toppers!

Baca Juga: 7 Cara Diet Cepat Tepat Tanpa Harus Menyiksa Diri, Coba Yuk!

6. Perhatikan Jenis Makanan

cara mencegah penyakit stroke
Sumber Gambar: Pexels

Setelah memperhatikan pola jam makan, kamu juga perlu memerhatikan apa yang kamu makan. Untuk menghindari stroke kamu perlu memakan-makanan rendah lemak, rendah kalori dan hindari pula goreng-gorengan.

Kamu dapat mengonsumsi makanan seperti sayur, buah, biji-bijian, dan daging yang rendah lemak, dan makanan lainnya yang kaya dengan protein, vitamin dan memiliki serat tinggi.

7. Sesuaikan Jumlah Makanan

cara mencegah penyakit stroke
Sumber Gambar: Pexels

Jumlah makanan yang kamu konsumsi juga perlu kamu perhatikan gizinya dan sesuaikan dengan jumlah kalori dan ativitas harianmu. Atur sebaik mungkin takaran tiap-tiap makan yang kamu asup.

Karena segala yang berlebihan itu tidak baik, kamu bisa terjangkit diabetes, obesitas dan tekanan darah tinggi adalah pintu menuju stroke.

8. Perhatikan Berat Badan

cara mencegah penyakit stroke
Sumber Gambar: Pexels

Seperti yang sudah disebutkan di atas, obesitas akan membawa kamu pada stroke. Dengan berolahraga dan mengatur pola makan dengan benar kamu sudah dapat mengendalikan berat badanmu.

Lakukan lah diet jika itu memang perlu, kamu dapat melakukan diet dengan memakan-makanan rendah lemak.

9. Konsumsi Buah dan Sayuran

cara mencegah penyakit stroke
Sumber Gambar: Pexels

Mengonsumsi buah dan sayuran memang penting, namun terdapat beberapa buah yang wajib kamu konsumsi jika ingin tidak terserang stroke.

Buah-buahan itu adalah apel yang mengandung zat quercetin yang dapat menangani pengerasan pembuluh darah, pisang yang tinggi kalium, alpukat yang kaya dengan lemak tak jenuh dan tentunya sayuran hijau.

10. Olah Batin

cara mencegah penyakit stroke
Sumber Gambar: Pexels

Selain olahraga, kamu juga perlu melakukan olah batin untuk mencegah stroke. Olah batin dapat kamu lakukan dengan beberapa cara, misalnya seperti yoga dan bermeditasi.

Yoga dan bermeditasi dapat membuat pikiran dan hati menjadi rileks. Dalam kondisi seperti ini lah tekanan darah kita akan stabil.

Papan Kesehatan
Terapi sehat dengan cara lebih praktis dan waktu singkat di mana pun!

Baca Juga: 10 Jenis Yoga dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran

11. Kendalikan Emosi Diri

cara mencegah stroke di usia muda
Sumber Gambar: Pexels

Nah, untuk kamu yang suka marah-marah dan sering menumpuk pikiran-pikiran negatif, sebaiknya buang jauh-jauh kebiasaan ini. Karena ketika kamu sedang marah dan stres, otot di kepalamu menegang, dan jantung berdebar lebih kencang.

Kondisi seperti ini lah yang akan mengakibatkan kamu lebih cepat terkena stroke.

12. Mencukupi Cairan Tubuh

cara mencegah stroke di usia muda
Sumber Gambar: Pexels

Jangan malas untuk meminum air putih ya Toppers. Kamu perlu mencukupi cairan di tubuhmu setiap hari, sehingga tidak dehidrasi. Ketika kamu mengalami dehidrasi, aliran darah dan oksigen tidak berjalan dengan baik.

Mudah kan? Dengan meminum air putih secara rutin saja kamu sudah dapat mencegah terjadinya stroke.

13. Tidur Teratur

cara mencegah stroke di usia muda
Sumber Gambar: Pexels

Selanjutnya, kamu perlu mengatur jam tidurmu. Usahakan untuk tidur 7-9 jam sehari, dan waktu yang ideal adalah jam 10 malam hingga jam 6 pagi.

Terlalu banyak tidur justru akan meningkatkan risiko terjangkit stroke. Jadi, mulai sekarang jangan bangun cuma untuk matikan alarm dan tidur lagi, Toppers.

14. Kontrol Gula Darah

cara mencegah stroke di usia muda
Sumber Gambar: Pexels

Kamu harus tahu, jika kadar gula darah berlebih dan terlalu lama di dalam tubuh dapat mengakibatkan penyumbatan pada dinding pembuluh darah dan akhirnya menyumbat jalannya darah ke otak.

Dengan gaya hidup sehat seperti yang sudah dijabarkan pada nomor-nomor sebelumnya, kamu sudah dapat menjaga gula darahmu tetap normal.

15. Perhatikan Kadar Kolesterol

cara mencegah stroke di usia muda
Sumber Gambar: Pexels

Cara selanjutnya untuk mencegah kamu dari stroke adalah memerhatikan kadar kolesterolmu dengan mengeceknya ke dokter. Sebaiknya kamu melakukan pengecekan rutin dan mencatatan kadar kolesterolmu.

Pencatatan ini dapat kamu lakukan dalam rentang waktu 3 hingga 6 bulan.

alat kesehatan
Penuhi alat kesehatan wajib di rumah untuk pertolongan pertama di sini!

Baca Juga: 7 Makanan Penurun Kolesterol Paling Ampuh

16. Perhatikan Tekanan Darah

cara mencegah gejala stroke
Sumber Gambar: Pexels

Tekanan dasar merupakan faktor krusial pada langkah kamu dalam mencegah stroke. Pasalnya, tekanan darah yang tinggi dapat mempercepat kamu, pria maupun wanita, untuk terserang stroke.

Tekanan darah yang normal berada pada angka 135/85. Mengurangi konsumsi garam, junk food, dan rokok sudah dapat menjaga tekanan darahmu.

17. Periksa Detak Jantung

cara mencegah gejala stroke
Sumber Gambar: Pexels

Cek pula detak jantungmu, Toppers. Jantung yang berdetak tidak teratur, lima kali lebih besar kesempatannya untuk terserang stroke. Kembali lagi ke nomor satu, berolahraga dapat membantu kamu dalam menstabilkan detak jantung yang tidak stabil.

18. Konsultasi dengan Dokter

cara mencegah gejala stroke
Sumber Gambar: Pexels

Rutin melakukan medical check-up dan konsultasi ke dokter mengenai kesehatanmu adalah langkah yang baik untuk mencegah stroke. Dengan kamu melakukan konsultasi ke dokter, kamu dapat mengetahui apa-apa saja yang perlu kamu lakukan demi mencegah datangnya stroke.

19. Perkaya Informasi

cara mencegah gejala stroke
Sumber Gambar: Pexels

Beruntung lah kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini, karena tanpa sadar kamu pun sedang berusaha dalam mencegah stroke. Kamu dapat mencari informasi yang ada di buku-buku kesehatan atau di internet mengenai penyakit ini dan bagaimana cara mencegahnya.

20. Capai Kebahagiaan

cara mencegah gejala stroke
Sumber Gambar: Pexels

Yang terakhir adalah meraih kebahagiaan. Cara terakhir ini seolah merangkum cara-cara yang sudah dijabarkan sebelumnya. Dengan tidak stres, hidup sehat, dan jadi orang yang santai, dapat membantu kamu dalam mencegah stroke, Toppers.

Satu lagi, jangan lupa untuk tersenyum! Karena, dengan tersenyum otot-otot di kepala kamu akan menjadi lebih rileks.

Baca Juga: 22 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan, dari Kepala hingga Ujung Kaki

Nah, itu dia 20 cara untuk mencegah stroke di usia mudamu, Toppers! Jangan cuma dibaca lho, ya! Kamu juga harus menerapkannya di kehidupanmu mulai sekarang, daripada masa tuamu hanya kamu habiskan di kursi roda.

Untuk itu, yuk dukung jaga kesehatanmu dengan membeli produk kesehatan terbaik dan penuhi perlengkapan olahraga dengan harga terbaik hanya di Tokopedia!

jual peralatan olahraga
Yuk, lebih aktif dengan perlengkapan olahraga terbaik dan termurah di sini!

Bagikan Artikel