Apa itu Digital Payment dan Keuntungannya

0
3493
apa itu digital payment

Toppers, apakah kamu masih sering direpotkan oleh metode pembayaran cash alias tunia dan harus ke ATM untuk mentransfer ke rekening penjual saat membeli barang? Jika ya, mungkin Toppers harus mencoba menggunakan Digital Payment atau metode pembayaran digital yang praktis dan super cepat ini.

Digital Payment atau E-Payment merupakan pembayaran elektronik melalui sms, atau online service seperti internet online banking. Sistem ini mengotomatisasikan beberapa sub-sistem dimana pembayaran yang meliputi cicilan rumah, kartu kredit, berbagai pinjaman nasabah dipermudah dengan adanya transaksi pembayaran secara online dan internet yang merupakan salah satu interface media pembayaran.

Jadi, kini Toppers enggak perlu keluar rumah untuk melakukan pembayaran jika sudah menggunakan metode Digital Payment ini. Wah, enak banget kan? Nah, kamu mau tahu apa aja keuntungan Digital Payment selain dari sisi praktis dan cepatnya? Yuk, simak beberapa keuntungan menggunakan Digital Payment berikut ini:

Apa itu digital Payment

Sumber gambar: Pixabay

Keuntungan Pembayaran Digital / Digital Payment

Meningkatkan Keamanan Pembayaran

Kamu enggak perlu khawatir karena sebuah situs e-banking diwajibkan untuk menggunakan standar keamanan yang sangat ketat untuk menjamin bahwa setiap layanan yang mereka sediakan hanya dimanfaatkan oleh mereka yang memang betul-betul berhak. Salah satu teknik pengamanan yang sering digunakan dalam e-banking adalah melalui SSL (Secure Socket Layer) maupun lewat protokol HTTPS (Secure HTTP). Wah, terjamin banget ya?

Memberikan Keamanan Bertransakasi yang Lebih Dibandingkan Cash

Digital Payment, seperti Internet Banking atau Mobile Banking menjadi produk jasa keuangan unggulan dalam perpindahan transaksi uang fisik menjadi transaksi uang digital. Hal ini karena bertransaksi menggunakan digital payment lebih aman dan terjamin karena dilengkapi dengan pin dimana hanya kamu yang tahu untuk mengaksesnya.

Hal ini juga mencegah terjadinya kehilangan uang tunai karena uang yang dikirim dan diterima akan ditambahkan ke saldo kamu secara otomatis. Apalagi, ketika Toppers mau melakukan pembayaran dengan nominal yang besar, enggak perlu lagi menyediakan uang tunai ditangan yang banyak sehingga takut hilang nantinya karena tinggal mentransfernya dengan internet banking di gadget-mu.

Baca juga: 10 Negara dengan Sistem Pembayaran dan Uang Digital Terbaik

Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Waktu

Di seluruh dunia, adopsi mobilitas sudah melebihi Internet dan semua metode lainnya di perbankan. Kini, pengalaman pelanggan terutama ditentukan oleh kemudahan, kecepatan, kapan-di mana saja-perangkat perbankan di akses, keamanan dan akses digital banking yang mudah.  Jadi, ‘hubungan pelanggan’ itu akan mendapat pengalaman yang berbeda jika dilayani dengan teknologi yang multi channel. Digital Banking berkembang  mengikuti perkembangan  kebutuhan pelanggan dan secara proaktif memberikan teknologi terbaru kepada nasabah untuk meningkatkan efektivitas dan menghemat waktu.

Memberikan Kemudahan Pembayaran Dimanapun

Bagi kamu yang bekerja di kantor atau sedang kuliah, adanya aplikasi dan layanan Digital Payment lewat Internet Banking pastinya sangat membantu. Dengan memanfaatkan aplikasi Internet Banking, apapun aktivitas yang berhubungan dengan layanan perbankan dapat dilakukan dari meja kamu dan enggak perlu lagi meninggalkan ruangan. Biaya transportasi juga bisa lebih hemat karena enggak perlu mencari atm, kan?

Pilihan Produk Layanan Bisa Terus Ditingkatkan

Layanan yang ada pada aplikasi Internet Banking memiliki berbagai macam fitur yang disediakan oleh instansi perbankan, seperti layanan transfer uang atau dana antar bank, pembayaran telepon, internet, cek saldo, PDAM, TV Kabel, pembelian token listrik hingga pembayaran untuk pembelian tiket pesawat. Layanan-layanan ini bisa terus ditingkatkan setiap saat sehingga mempermudah proses transaksi untuk semua kebutuhanmu.

Baca juga: Bermacam Cara Investasi untuk Masa Depan

Banyak banget kan keuntungan Digital Payment ? Toppers enggak perlu repot lagi saat berada di rumah, di kampus, atau di kantor, dan di manapun karena sekarang bisa menggunakan gadget untuk transaksi jual belimu. Prosesnya juga lebih aman sehingga kamu enggak perlu khawatir akan rekening dan tabunganmu. Dan, salah satu uang digital yang kini tengah dikembangkan oleh Tokopedia adalah Tokocash. Dengan adanya proses perizinan dari uang digital ini, tentu transaksi jual beli online akan jauh lebih mudah, praktis, dan tentunya aman!

Bagikan Artikel