Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

9 Makanan untuk Penderita Vertigo, Redakan Gejala

20 January 2022
Share icon
Share
9 Makanan untuk Penderita Vertigo, Redakan Gejala

Pilihan makanan yang baik untuk penderita vertigo. Disarankan dikonsumsi guna bantu redakan gejala menyiksa.


Dilansir dari Medical News Today, vertigo adalah sensasi pusing berputar, seolah-olah ruangan atau lingkungan sekitarnya berputar-putar di sekitar orang tersebut. Kondisinya bisa terasa mirip dengan mabuk perjalanan, namun tidak sama dengan pusing.

Vertigo merupakan gejala dari berbagai kondisi. Itu bisa terjadi ketika ada masalah dengan telinga bagian dalam, otak, atau jalur saraf sensorik. Pusing, termasuk vertigo, dapat dialami pada semua usia, namun lebih sering terjadi pada seseorang berusia 65 tahun atau lebih.

Makanan dengan kandungan gula atau garam yang tinggi dapat memicu vertigo. Oleh karena itu, penderita vertigo perlu menghindari jenis makanan ini. Sebaliknya, ada pun beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi guna meringankan gejala.

Baca Juga: Vertigo: Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

Pilihan Makanan yang Baik untuk Penderita Vertigo

Dilansir dari Cleveland Clinic, vertigo dibedakan menjadi dua, yaitu Peripheral Vertigo yang terjadi karena terdapat masalah dengan telinga bagian dalam dan Central Vertigo yang terjadi karena terdapat masalah dengan otak.

Berdasarkan WebMD, penyebab vertigo secara garis besar dibedakan ke dalam tiga kelompok, yaitu yang disebabkan oleh Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV), Meniere’s Disease, dan Vestibular Neuritis atau Labyrinthitis. Kamu perlu tahu penyebab vertigo yang kamu alami karena ketiga penyebab vertigo memiliki anjuran makanan yang berbeda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup dan pola makan dapat membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan serangan vertigo. Berikut daftar makanan untuk penderita vertigo berdasarkan laporan dari Neuro Equilibrium dan Healthline:

1. Buah-buahan

article

Mengonsumsi buah-buahan menjadi salah satu menu makanan untuk penderita vertigo. Buah-buahan segar yang mengandung banyak vitamin, seperti alpukat, kiwi, manggis, pisang, dan tomat dapat menjadi pilihan yang baik:

  • Alpukat yang mengandung vitamin B6.
  • Kiwi yang mengandung protein, serat, dan vitamin C.
  • Manggis mengandung vitamin A, B6, B12, dan C yang baik untuk menunjang asupan gizi para pengidap vertigo.
  • Pisang yang mengandung karbohidrat untuk menambah energi.
  • Tomat yang kaya kalium membantu mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh dan dapat menjadi pengobatan vertigo atau pusing terbaik.

Namun, berdasarkan laporan pada Healthline, pada vertigo yang disebabkan oleh vestibular, buah tomat dan jeruk harus dihindari.

Beli Buah-buahan Segar di Sini

2. Sayuran

article

Sayuran segar juga menjadi makanan untuk penderita vertigo. Sebagian besar sayuran baik dikonsumsi bagi penderita vertigo, seperti bayam, wortel, buncis, ubi jalar, kacang-kacangan, dan lentil.

Kacang-kacangan kaya akan antioksidan, mikronutrien, dan anti-inflamasi. Kacang dianggap sebagai salah satu makanan untuk penderita vertigo terbaik karena kaya akan vitamin.

Kacang meningkatkan sirkulasi darah di tubuh dan telinga bagian dalam. Sehingga mengurangi penumpukan tekanan telinga bagian dalam karena kelebihan cairan.

Namun, pada vertigo yang disebabkan oleh vestibular, bawang bombay, kacang-kacangan, dan lentil harus dihindari.

Beli Sayuran Segar di Sini

3. Biji-bijian

article

Biji-bijian utuh menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk penderita vertigo. Biji-bijian utuh mengandung banyak nutrisi, seperti tinggi zat besi, magnesium, mangan, fosfor, selenium, vitamin B, dan serat makanan.

Biji-bijian utuh yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita vertigo, seperti beras, quinoa, couscous, oat, dan lain-lain.

Kamu dapat mengonsumsi beras merah sebagai salah satu bentuk biji-bijian utuh. Beras merah merupakan salah satu makanan dengan kadar gula kompleks yang tinggi yang baik dikonsumsi oleh penderita vertigo.

Beli Biji-bijian Fresh di Sini

4. Daging Sapi & Domba

article

Berdasarkan laman Healthline, penyakit vertigo yang disebabkan oleh Meniere’s Disease dan vestibular dianjurkan mengonsumsi makanan yang secara alami rendah natrium, seperti buah dan sayuran segar, biji-bijian utuh, termasuk daging segar, unggas dan ikan.

Daging sapi dan domba tanpa lemak menjadi dua pilihan makanan untuk penderita vertigo yang dianjurkan. Kandungan protein dan zat besi yang terdapat pada daging baik untuk dikonsumsi penderita vertigo.

Beli Daging Sapi Segar di Sini

Baca Juga: Obat Vertigo Alami, Ramuan Tradisional Ampuh

5. Daging Ayam

article

Daging ayam termasuk ke dalam kelompok sumber protein hewani. Berbagai jenis ayam, seperti ayam broiler, ayam kampung, ayam petelur, ayam organik, atau ayam kalkun bisa dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita vertigo.

Sebagai sumber protein hewani, tiap 100 gram daging ayam mengandung 20 gram protein. Untuk menciptakan gizi makanan yang seimbang, selain mengonsumsi buah, sayur, dan biji-bijian, protein hewani dari daging ayam juga menjadi opsi yang baik bagi penderita vertigo.

Beli Daging Ayam Segar di Sini

6. Ikan

article

Ikan juga dapat menjadi sumber protein pada makanan. Untuk penderita vertigo, ikan yang disarankan untuk dikonsumsi, seperti ikan air tawar dan ikan tuna.

Ikan air tawar tidak mengandung banyak garam yang dapat memicu vertigo. Sedangkan, ikan tuna mengandung vitamin B6 yang baik untuk penderita vertigo.

Beli Ikan Segar di Sini

7. Telur

article

Salah satu penyebab vertigo adalah kurangnya asupan vitamin D di dalam tubuh. Selain daging, ayam, dan ikan, makanan untuk penderita vertigo yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai sumber protein adalah telur.

Kuning telur menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk mencukupi asupan vitamin D. Asupan vitamin D yang cukup dapat mengurangi gejala pusing berputar yang dirasakan penderita vertigo.

Beli Telur Fresh di Sini

8. Lemak Sehat

article

Sebuah studi menemukan bahwa penderita vertigo dianjurkan untuk mengurangi konsumsi lemak dan karbohidrat, serta meningkatkan konsumsi serat untuk mengontrol kadar trigliserida.

Namun, dilansir dari Healthline, lemak sehat, seperti zaitun, biji rami, dan minyak kelapa dapat dikonsumsi oleh penderita vertigo. Lemak yang perlu dihindari adalah lemak pada daging sapi dan daging domba yang tidak dianjurkan bagi penderita vertigo.

Beli Minyak Zaitun Murni di Sini

9. Rempah-rempah dan Bumbu

article

Kamu juga dapat mengonsumsi rempah-rempah dan menambahkan bumbu pada makanan untuk penderita vertigo. Salah satu yang dianjurkan adalah jahe.

Jahe dapat meredakan gejala terkait vertigo, seperti mual, pusing, dan muntah. Akar jahe dianggap sebagai makanan terbaik untuk vertigo. Minum teh jahe setiap hari cukup efektif dalam mengobati vertigo.

Namun, pada penderita vertigo yang juga memiliki diabetes dan sedang mengonsumsi obat pengencer darah, jahe tidak dianjurkan untuk pasien ini. Selain itu, produk bumbu makanan yang perlu dihindari untuk penderita vertigo ada saus instan dalam kemasan botol atau sachet.

Beli Rempah-rempah Berkualitas di Sini

Baca Juga: Obat Vertigo yang Ampuh dan Tersedia di Apotik

Selain mengonsumsi berbagai makanan di atas, kamu disarankan untuk meminum air mineral yang cukup untuk menghindari dehidrasi, sebagai salah satu pemicu sakit kepala hingga vertigo.

Saat ini berbagai makanan segar, mulai dari buah dan sayur, kebutuhan protein, makanan siap olah, makanan jadi, hingga obat-obatan bisa bisa kamu dapatkan di Tokopedia. Yuk, mulai gaya hidup sehat dan penuhi segala kebutuhanmu!

Referensi:

Penulis: Nabila Zahra Apriliani

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

12 Obat Asam Urat di Apotek, Ampuh Redakan Nyeri Sendi
Kesehatan
12 Obat Asam Urat di Apotek, Ampuh Redakan Nyeri Sendi
Editor Picks
Rekomendasi Investasi Jangka Panjang Paling Menguntungkan di Tahun 2022
Rekomendasi Investasi Jangka Panjang Paling Menguntungkan di Tahun 2022
Popular Category
    © 2009-2022, PT Tokopedia