11 Jenis Monstera: Tanaman Eksotis Berharga Fantastis

0
2715
monstera, janda bolong
Sumber Gambar: Food52

Jenis monstera alias tanaman bunga janda bolong yang memiliki daun unik dan cantik untuk memperindah hunian. Tak heran harganya fantastis!


Monstera alias janda bolong merupakan jenis tanaman hias tropis yang sering digunakan sebagai hiasan interior rumah bergaya Skandinavia atau minimalis.

Keunikan tanaman ini adalah memiliki daun mengilap lebar berwarna hijau pekat berpola seperti bentuk hati. Selain itu, yang membuat tanaman ini semakin mahal adalah lubang atau belahan pada daun menjadi ciri khas monstera.

Lubang-lubang ini terbentuk karena adanya mutasi gen pada tanaman, sehingga monstera tumbuh secara abnormal.

Baca Juga: Jenis Tanaman Hias Daun: Rumah Jadi Lebih Anggun

Jenis Tanaman Bunga Monstera/Janda Bolong

Monstera termasuk kedalam jenis tumbuhan merambat, akar pada batangnya memungkinkan tumbuhan ini untuk menempel pada pohon disekitarnya. Sejauh ini telah ditemukan sekitar 45 varietas monstera, beberapa diantaranya memiliki nilai jual tinggi.

Berikut ini jenis-jenis janda bolong yang cocok dijadikan hiasan rumah atau menambah koleksi tanaman hias kamu:

1. Monstera Adansonii

monstera, janda bolong

Salah satu varietas tumbuhan paling unik adalah Monstera Adansonii atau biasa dikenal juga dengan sebutan monstera topeng monyet. Adansonii merupakan tanaman merambat yang dapat tumbuh mencapai 6 meter.

Untuk perawatanya, hindari tumbuhan pada kondisi lingkungan berangin atau terlalu kering. Jenis ini juga tidak terlalu menyukai terpaan matahari langsung.

Kamu bisa menyimpan Adansonii di luar ruangan yang tertutupi kanopi. Menyemprotkan uap air juga dapat membantu daun cepat berkembang.

2. Monstera Borsigiana

monstera, janda bolong

Monstera Borsigiana adalah jenis yang paling banyak digunakan sebagai hiasan dan mungkin sering kamu temui di sebuah hunian.

Janda bolong jenis ini memiliki lubang yang lebih sedikit. Ukuran batangnya juga lebih kecil dan berbentuk bulat. Ia sangat memungkinkan untuk diletakkan di dalam pot tanaman.

Satu lagi yang perlu diingat, hindari tanaman dengan paparan sinar matahari langsung, kamu bisa meletakkannya sebagai dekorasi area indoor.

3. Monstera Deliciosa Variegata

monstera, janda bolong

Dibandingkan dengan jenis monstera lainnya. Varietas deliciosa merupakan tanaman yang mudah kamu temui di pasaran.

Jika deliciosa umumnya berwarna hijau, jenis yang satu ini justru memiliki penampakan daun berwarna putih mencolok.

Warna ini membuat tanamanan agak sulit menyerap sinar matahari sehingga hindari menyimpannya di ruangan gelap atau kurang cahaya matahari.

Untuk perawatannya, tidak berbeda dengan monstera deliciosa normalnya. Yaitu siram tanaman ketika kering dan beri dukungan tempat atau objek agar tumbuh ke atas dengan cantik.

4. Monstera Karstenianum

tanaman monstera

Ingin menggunakan Monster sebagai dekorasi meja, jenis ini mungkin akan kamu sukai. Monstera karstenianum atau bisa juga dikenal sebagai monstera Peru sekilas terlihat seperti daun sirih.

Tetapi jangan salah Toppers, rupanya ini adalah salah satu tanaman hias unik yang harganya sedikit lebih murah dibandingkan jenis lainnya.

Monstera Peru terbiasa hidup di lingkungan dengan kelembaban tinggi, oleh sebab itu sangat penting untuk rutin menyemprot daun secara teratur.

5. Monstera Obliqua

tanaman monstera

Masih satu jenis dengan Monstera adansonii, obliqua merupakan versi unik dan termasuk langka dipasaran.

Memiliki bentuk daun menyerupai Monstera adansonii, obliqua mempunya daun dengan lubang sangat besar dan disatukan dengan filamen kecil. Batangnya sangat tipis membuat tanaman ini hampir mustahil untuk di kirim.

Itu sebabnya kamu tidak akan menemukan jenis tanaman ini secara online. Fakta lainnya yang membuat tanaman ini spesial adalah hanya ada 17 spesimen liar bunga monstera obliqua yang pernah ditemukan!

Baca Juga: Jenis Tanaman Hias Bunga: Cantik untuk Indoor dan Outdoor

Jual Pupuk Organik Tanaman
Biar tumbuhan jadi subur, gunakan dan campurka Pupuk Organik ke dalam lahan tanaman yang akan diolah. Beli disini!

6. Monstera Acuminata

tanaman monstera

Monstera acuminata tumbuh secara horizontal dan berkecambah di atas tanah. Saat masih muda daun acuminata memiliki bentuk bundar seperti hati dengan daun tebal dan berukuran kecil.

Sedangkan pada saat tua, daun acuminata nampak seperti deliciosa. Tumbuhan rambat ini menggunakan akar penahan ageotropic, batang pohonnya dapat tumbuh hingga 20 meter.

7. Monstera Minima

bunga monstera

Si mungil hijau yang cantik ini memang terlihat seperti miniatur monstera. Tanaman hias ini meskipun bentuknya menyerupai tetapi sebenarnya termasuk jenis Rhaphidophora tetrasperma.

Di alam liar, Monstera minima dapat tumbuh pesat hingga ketinggian lima meter. Merawat tanaman ini sangat mudah karena mereka kuat hidup di berbagai kondisi.

Agar mendapati daun yang cantik sebaiknya letakan Monstera minima ditempat lembap atau di jendela rumah kamu.

8. Monstera Dubia

bunga monstera
Sumber Gambar: 99.com

Monstera langka lainnya yang mungkin bisa menjadi koleksi menarik tanaman hias kamu adalah Monstera dubia.

Sekilas tanaman ini mirip seperti Satin photos, memiliki penampilan daun yang lebar dengan batang yang menempel kokoh di pohon lainnya melindungi daun daun dari terpaan angin kencang.

Saat masih muda bentuk daun terlihat utuh, akan tetapi ketika sudah tua Monstera obliqua akan berkembang lebih besar dan membelah.

9. Monstera Standleyana

bunga monstera

Jika biasanya kita menemukan lubang pada daun Monstera, jenis yang satu ini memang tampak seperti Satin photos tanpa bolong. Daun ini juga lebih murah dibandingkan dengan monstera lainnya.

Tetapi jika kamu suka dengan warna daun keperakan yang mencolok ini sebaiknya rawat dengan benar. Monstera Standleyana rentan dihinggapi kutu putih.

10. Monstera Epipremnoides

jenis monstera

Karena memiliki bentuk daun yang besar dengan rongga menyerupai keju swiss, Monstera epipremnoides juga dikenal dengan sebutan Swiss Chesee Plant.

Bukan termasuk jenis monstera langka, tanaman ini dapat kamu jumpai di pasaran dengan mudah. Saat memasuki usia tua, lubang daun mulai menghilang dan berubah menghasilkan bentuk daun yang menyirip.

Tumbuhan ini dapat berkembang hingga setinggi 13 kaki atau sekitar tiga meter.

11. Monstera Punctulata

jenis monstera
Sumber Gambar: Pexels

Spesies tanaman ini mudah ditemukan di Amerika Tengah dan bagian selatan Meksiko. Tanaman ini memiliki batang muda berbentuk pipih yang saat tua berubah kecokelatan.

Monstera punctulata dapat tumbuh hingga 15 meter di alam liar. Kamu dapat membuat taman kamu terlihat hijau dan rimbun.

Baca Juga: Manfaat Lidah Mertua: Tangkal Polusi, Radiasi dan Bawa Hoki

Monstera menyukai tempat yang lembap dengan keadaan tanah kering. Pastikan untuk menjauhi tanaman ini dari sinar matahari langsung. Semprot daun dengan air secukupnya agar menghasilkan tampilan yang cantik.

Sebelum membeli monstera memiliki harga yang fantastis, pastikan kamu mengetahui jenis tanaman tersebut agar tidak tertipu. Atau kamu juga bisa dengan mudah menemukannya secara online di Tokopedia!

Lampu Taman Minimalis
Tingkatkan estetika taman dengan lampu berdesain minimalis berikut!

Penulis: Andina Naza Apriliani