• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

9 Manfaat Lidah Mertua: Tangkal Polusi, Radiasi dan Bawa Hoki

Share

9 Manfaat Lidah Mertua: Tangkal Polusi, Radiasi dan Bawa Hoki

Tak hanya sebagai tanaman hias, manfaat lidah mertua terbilang ajaib. Tangkal polusi, radiasi, hingga membawa keberuntungan.


Fungsi tanaman yang bisa ditempatkan di dalam ruangan rumah, kantor dan sebagainya. Sejatinya hanya berguna untuk menambah estetika.

Tapi bagaimana, jika ada tanaman yang mampu memberi keasrian sekaligus menghindari kita dari berbagai zat yang bisa memberi dampak negatif bagi tubuh? Yang bahkan tidak kita sadari.

Salah satu tanaman hias yang mampu melakukan hal ajaib seperti itu adalah lidah mertua. Sebelum membahas mengenai manfaatnya, simak beberapa fakta menarik mengenai lidah mertua:

  • Lidah mertua memiliki banyak nama unik, termasuk penamaan bagi masyarakat Indonesia. Ia juga dikenal dengan nama snake plant, devil’s tongue, bowstring hemp hingga lucky plant.
  • Termasuk sebagai sukulen, tanaman lidah mertua sangat mudah dirawat. Karena dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya Matahari.
  • Dianggap sebagai tanaman keberuntungan jika ditempatkan di dalam rumah, asal kita merawatnya dengan baik.
  • Karena mampu menyimpan air di dalam daun, mereka bisa bertahan lama tanpa air.
  • Meski jarang, lidah mertua bisa berbunga kuning kecil yang memberikan aroma manis.

Baca Juga: Macam-macam Tanaman Sri Rejeki, Si Pembawa Hoki!

Manfaat Tanaman Lidah Mertua

manfaat lidah mertua
Sumber Gambar: Wikipedia

Berbicara mengenai manfaatnya, lidah mertuat memberikan banyak dampak positif bagi lingkungan. Studi telah membuktikan bahwa tanaman ini berjasa menyumbang oksigen, menangkal polusi udara hingga menyaring racun dan radiasi. Berikut manfaat lengkapnya:

1. Penghasil Oksigen

Publikasi penelitian dalam American Geophysical Union dari Harvard University menyebutkan bahwa lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias penghasil oksigen paling banyak. Studi ini

Dengan begitu, cadangan oksigen di lingkungan rumah bisa bertambah dan memberikan dampak positif bagi kesehatan.

2. Mengatasi Polusi Udara

Salah satu manfaat kesehatan snake plant yang paling ampuh adalah untuk menghilangkan polutan udara beracun di lingkungan tempat ia diletakkan.

Selain karbon dioksida (CO2), lidah mertua juga mampu menyerap polutan penyebab kanker. Seperti benzena, formaldehida, xilena, dan toluena.

Hal ini juga terbukti dalam sebuah eksperimen yang dilakukan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada 1989. Di mana tanaman dalam ruangan dengan luas permukaan daun lebih besar mampu melakukan pemurnian udara lebih baik, termasuk lidah mertua.

3. Efektif Menyerap Karbon Dioksida

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives menemukan bahwa CO2 memiliki dampak nyata terhadap manusia.

Orang yang menghirup lebih banyak karbon dioksida di rumah, tempat kerja dan lainnya cenderung terpengaruh terhadap penurunan keterampilan kognitif dan produktivitas, serta sering merasa pusing dan mual.

Sebanyak empat sampai lima tanaman lidah mertua setinggi 60-80 centimeter (cm) bisa mengurangi kadar CO2 secara signifikan.

4. Membasmi Gas Buang Berbahaya

Formaldehida merupakan senyawa kimia berbentuk gas yang ditemukan berasal dari hasil gas buang aktivitas memasak, merokok, kosmetik, cat hingga furnitur. Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga memperingatkan kadar zat ini dalam kualitas udara ruangan.

Nah, lidah mertua juga diketahui efektif dalam membasmi zat hasil dari gas buang yang membahayakan kesehatan. Bahkan, jadi salah satu yang terbaik dibanding tanaman lain.

Dalam ujicoba yang dilakukan NASA, satu tanaman lidah mertua mampu menghilangkan sekitar 31.000 mikrogram zat formaldehida selama sehari penuh.

Jual Pupuk Organik Tanaman
Biar tumbuhan jadi subur, gunakan dan campurka Pupuk Organik ke dalam lahan tanaman yang akan diolah. Beli disini!

Baca Juga: Jenis-jenis Tanaman Hias Gantung dengan Bunga Tercantik

5. Menangkal Alergi

Tanaman yang melepaskan oksigen, mengurangi CO2 dan menyerap senyawa organik yang mudah menguap yang berbahaya pasti dapat mengurangi kemungkinan alergi di udara. Hal ini juga berlaku pada lidah mertua.

Jika kamu telah menggunakan purifier, cobalah gunakan juga tanaman ini di ruangan agar lebih baik lagi dalam menangkal alergi.

6. Mengatasi Bau Tak Sedap

Selain menangkal polusi, lidah mertua juga ampuh dalam mengatasi bau tak sedap dalam ruangan. Agar lebih efektif, coba potong daun lidah mertua dan letakkan di dekat sumber bau.

7. Mengurangi Trauma Gedung

Beberapa orang kerap mengalami trauma gedung saat berada di dalam ruangan yang tidak sehat, seperti karena penggunaan pendingin udara berlebihan hingga polusi asap rokok. Gunakan lidah mertua untuk mengatasi hal ini.

8. Meminimalisir Radiasi

Rumah pada umumnya pasti terdapat peralatan elektronik. Di mana perangkat ini akan memancarkan radiasi yang dalam jangka panjang mampu mempengaruhi tubuh kita.

Meski tidak terasa langsung dampaknya, kita perlu meminimalisir hal ini. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan tanaman lidah mertua. Karena tumbuhan ini mampu mereduksi gelombang radiasi yang dihasilkan peralatan elektronik.

9. Energi Pelindung

Snake plant dipercaya mampu membawa energi pelindung dan pemurnian ke tempat di mana ia diletakkan. Asal ditempatkan secara tepat dan ideal.

Dalam feng shui, lidah mertua dianggap sangat baik dalam melawan energi negatif. Sebaiknya, tempatkan tanaman lidah mertua di area yang jarang orang berlalu-lalang. Seperti di sudut Tenggara, Selatan dan Timur.

Baca Juga: Pilihan Tanaman Hias Daun untuk Hunian yang Lebih Segar

Manfaat lidah mertua dalam menangkal polusi, bau hingga radiasi ternyata bukanlah rumor semata. Karena telah terbukti dalam beberapa penelitian. Apalagi, tanaman ini juga mampu memberikan energi positif dalam kehidupan. Tertarik, Toppers?

Lampu Taman Minimalis
Tingkatkan estetika taman dengan lampu berdesain minimalis berikut!
© 2009-2024, PT Tokopedia