12 Manfaat Chia Seed, Superfood Kaya Serat dan Protein Tinggi

0
236
manfaat chia seed, khasiat chia seed

Termasuk superfood karena kandungannya luar biasa. Berikut manfaat chia seed, bantu turunkan berat badan, cegah kanker hingga sehatkan jantung!


Manfaat Chia Seed – Biji chia atau Chia seed merupakan salah satu jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman Salvia hispanica. Biji-bijian ini populer untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang menjalani pola hidup sehat.

Chia seed sendiri termasuk dalam kategori superfood karena mengandung serat, vitamin, antioksidan, omega 3, protein yang tinggi.

Makanan yang mirip dengan biji selasih ini, punya segudang manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak khasiat chia seed untuk kesehatan berikut ini!

Baca Juga: 12 Manfaat Cincau Hijau dan Hitam yang Segar dan Menyehatkan

Manfaat / Khasiat Chia Seed

1. Bantu Turunkan Berat Badan

manfaat chia seed, khasiat chia seed
Sumber Gambar: Healthline

Walaupun tidak berperan langsung untuk menurunkan berat badan, namun kandungan seratnya yang tinggi dapat melancarkan pencernaan yang dapat membuat berat badan cepat turun.

Sebuah penelitian di Brazil menemukan bahwa biji-bijan ini juga membantu mengurangi lemak dan proteinnya yang tinggi dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Jadi chia seed, cocok banget buat kamu yang menjaga pola makan dan sedang diet nih, Toppers.

2. Atasi Kolesterol

Chia seed memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan kolesterol. Asam lemak omega 3 mengandung lemak monounsaturated yang terbukti dapat menurunkan kolesterol.

Hal ini juga telah dibuktikan dengan beberapa studi yang menyatakan bahwa dengan menambah chia seed ke makanan dapat menjaga kolesterol sehingga tidak menyebabkan gemuk atau lemak jahat. 

3. Tambah Energi

manfaat chia seed, khasiat chia seed
Sumber Gambar: Food to Live

Jika kamu punya aktivitas yang padat, berat atau suka berolahraga, makanan sehat ini wajib banget untuk kamu konsumsi. Karena chia seed mengandung vitamin B, zat besi, dan magnesium yang dapat meningkatkan energi dan metabolisme tubuh.

Setelah kamu berolahraga dan meminum minuman dengan chia seed, maka energi dalam tubuh semakin bertambah.

4. Kaya Antioksidan

Antioksidan pada chia seed jumlahnya sangat tinggi. Antioksidan terkenal bermanfaat untuk kulit menangkal radikal bebas sehingga  dapat menghambat penuaan pada kulit.

Dengan mengkonsumsi chia seed, kulit menjadi halus dan tidak keriput. Selain itu, chia seed juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan dapat mencegah peradangan kulit akibat terpapar sinar matahari.

5. Baik untuk Tulang dan Gigi

manfaat chia seed, khasiat chia seed
Sumber Gambar: Empowered Doctor

Chia seed kaya akan kalsium dan mangan, keduanya sangat baik untuk memperbaiki kesehatan tulang dan gigi agar tetap kuat.

Nggak cuma itu saja, makanan sehat itu kaya akan mineral yang juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. 

6. Percepat Pertumbuhan Rambut

Jika kamu mempunyai masalah rambut rontok, sebaiknya konsumsi chia seed. Makanan ini mengandung vitamin E yang tinggi, kandungan ini berfungsi sebagai stimulan yang dapat meningkatkan aliran darah tubuh, termasuk ke kulit kepala.

Jika darah pada bagian kulit sirkulasinya meningkat, maka pertumbuhan rambut juga lebih cepat.

kacang sehat
Ingin ngemil yang sehat? Ini solusinya!

Baca Juga: 15 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

7. Jaga Kesehatan Jantung

manfaat chia seed, khasiat chia seed
Sumber Gambar: The List

Chia seed mengandung asam lemak omega 3 dari chia seed dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung.

Omega 3 juga dapat mengurangi produksi trigliserida, menurunkan tekanan darah, serta mengurangi resiko detak jantung tidak teratur. 

8. Cegah Pertumbuhan Sel Kanker

Chia seed memiliki kandungan asam alpha-linoleat yang baik dan dapat mencegah kanker, terutama kanker payudara. Minyak biji chia juga mengandung sifat anti kanker, serta dapat mengurangi pertumbuhan tumor dan menghambat tumbuhnya sel kanker.

9. Kontrol Gula Darah

manfaat chia seed, khasiat chia seed
Sumber Gambar: Fino Westchester

Kandungan serat yang tinggi pada chia seed sangat baik untuk mengontrol gula darah. Chia seed dapat bekerja mengurangi masalah resistensi insulin dalam tubuh. Tentunya hal ini sangat penting untuk mengatasi dan menghindari penyakit diabetes. 

10. Bikin Tidur Nyenyak

Chia seed memiliki kandungan triptofan yang tinggi, kandungan ini dapat membantu tidur menjadi lebih rileks.

Biji-bijian sehat ini juga mengandung omega 3 yang dapat mengurangi stres pada tubuh. Sehingga jika mengkonsumsi chia seed, maka kamu tidak akan mengalami susah tidur. 

11. Cegah Hipotiroid

manfaat chia seed, khasiat chia seed
Sumber Gambar: Health Central

Hipotiroid terjadi ketika tubuh kekurangan kadar hormon tiroid. Hormon ini sangat penting karena berpengaruh pada seluruh organ dan sel-sel dalam tubuh.

Chia seed dipercaya mampu menambah kadar hormon tiroid secara alami karena kandungan omega 3-nya.

12. Sumber Protein

Biji chia mengandung protein sebanyak 19%, dengan tingginya protein ini dapat menghindari perut dari rasa lapar dan mempertahankan rasa kenyang.

Protein pada chia seed juga berkualitas tinggi ditambah dengan asam amino yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: 10 Manfaat Susu Almond, Tingkatkan ASI hingga Perkuat Imun

Bagaimana Toppers? Banyak banget kan khasiat chia seed untuk kesehatan? Yuk jangan ragu konsumsi biji chia. Kamu dapat menambahkan biji-bijian ini pada buah, yoghurt, serta minuman favorit kamu.

Yuk segera temukan chia seed, buah-buahan, serta biji-bijian dan makanan sehat lainnya hanya di Tokopedia!

Snack Diet
Diet tapi ingin tetap ngemil? Ini solusinya!

Bagikan Artikel