• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Daun Alpukat: Ampuh Atasi Darah Tinggi

Share

11 Manfaat Daun Alpukat: Ampuh Atasi Darah Tinggi

Manfaat daun alpukat untuk kesehatan tubuh. Kaya vitamin dan mineral, atasi darah tinggi, hingga redakan nyeri punggung.


Alpukat mungkin adalah salah satu buah favorit Toppers. Tapi, tahukah kamu bahwa selain buahnya yang lezat, bagian daun dari tanaman ini juga bisa diolah menjadi obat herbal yang bermanfaat bagi kesehatan?

Masih banyak orang yang mengira daun alpukat tidak boleh dikonsumsi. Padahal, seringkali diolah menjadi minuman untuk pengobatan tradisional. Bahkan, daun dari buah berbiji bulat ini mempunyai kandungan nutrisi yang lebih besar dibandingkan buahnya, lho.

Kandungan di dalam daun alpukat memiliki banyak fungsi dalam mencegah dan mengatasi berbagai penyakit berbahaya yang bisa mengancam kapan saja. Lalu, apa saja kandungan dan khasiatnya?

Kandungan Daun Alpukat

manfaat daun alpukat
Sumber Gambar: Freepik/azerbaijan-stockers

Walaupun rasanya pahit, daun alpukat memiliki kandungan yang kaya akan manfaat, lho, Toppers! Berikut adalah kandungan yang terdapat pada daun alpukat: 

  • Alkaloid
  • Antioksidan
  • Flavonoid
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Mangan
  • Natrium
  • Polifenol
  • Saponin

Selain itu, daun dari tanaman dengan buah yang baik untuk diet ini juga mengandung mineral lain seperti selenium, zinc dan zat besi. Serta zat penting lain, yakni serotonin, tanin, terpene dan quercetin.

Baca Juga:

Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan

manfaat daun alpukat
Sumber Gambar: Pixabay/sushihue

Sejak dahulu kala, daun alpukat sudah dipercaya dalam dunia kesehatan. Ini dianggap sebagai daun spesial yang mampu membasmi berbagai penyakit. Lantas, apa saja manfaat daun alpukat untuk kesehatan? Berikut uraian lengkapnya:

1. Antioksidan (Pembasmi Radikal Bebas)

Faktanya, daun alpukat mengandung konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan buahnya itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan daun alpukat mempunyai senyawa bernama quercetin dan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menghilangkan radikal bebas.

Apa sih yang dimaksud dengan radikal bebas? Radikal bebas adalah produk degenerasi akibat oksigenasi yang berlangsung secara alami di dalam tubuh. Dengan adanya antioksidan, radikal bebas dapat diperlambat ataupun dicegah, sehingga tubuh kamu menjadi lebih sehat, Toppers. 

2. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Bagi kamu, yang memiliki tekanan darah tinggi alias hipertensi, kamu juga bisa mencoba untuk konsumsi daun alpukat ya, Toppers!

Daun alpukat mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah. Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu bisa menyeduh teh alpukat 3 kali atau lebih setiap minggunya.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan flavonoid, saponin, dan tanin yang ada di dalam daun alpukat berperan untuk memberi keseimbangan pada asam lambung. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi daun alpukat, kamu bisa terbebas dari bisul akibat stres parah dan mengobati penyakit maag.

Tidak hanya itu, ekstrak daun alpukat juga dipercaya sebagai obat diare dalam memerangi berbagai virus dan bakteri yang ada di saluran pencernaan, lho, Toppers. Perlu dicatat pula, akan lebih baik apabila ekstrak daun alpukat dikonsumsi setelah perut telah terisi.

4. Menurunkan Glukosa Darah

Kadar gula darah (glukosa) yang tinggi pada jangka waktu yang lama bisa memicu penyakit diabetes. Penyakit satu ini cukup ditakutkan, sebab bisa mengancam jiwa seseorang.

Oleh karena itu, bagi kamu yang mempunyai kadar gula darah yang tinggi, kamu bisa mengonsumsi daun alpukat, ya! Sebab, kandungan antioksidan dan fitokimia yang ada di dalam daun alpukat dipercaya mampu menurunkan glukosa dan lemak tubuh.

5. Mengurangi Kejang

Umumya, kejang diakibatkan oleh berbagai keadaan dan ditandai dengan gerakan tubuh yang tidak bisa dikendalikan. Dengan mengonsumsi daun alpukat, kamu bisa mengurangi kondisi kejang tersebut.

Hal ini dikarenakan ekstrak daun alpukat yang terkandung bermanfaat untuk meningkatkan transmisi gamma aminobutyric acid (GABA), sehingga membuat senyawa neurotransmitter lebih tenang.

Baca Juga:

jual teh daun insulin
Salah satu obat herbal terbaik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Cek produk teh daun insulin di sini!

6. Meredakan Sakit Punggung

Kondisi nyeri pada punggung sudah menjadi masalah kesehatan umum yang dapat dialami oleh siapa saja terutama bagi kamu yang berusia lanjut. Namun, Toppers tidak perlu khawatir jika mengalami sakit punggung.

Hal tersebut dikarenakan daun alpukat mengandung efek anti inflamasi dan analgesik yang bermanfaat untuk mengurangi nyeri pada beberapa bagian tubuh terutama bagian punggung. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba mengonsumsi teh daun alpukat, ya, Toppers! 

7. Mengobati Sariawan

Toppers pasti sudah familiar dengan penyakit sariawan. Pada dasarnya, sariawan memang bukanlah penyakit membahayakan. Akan tetapi, penyakit radang mulut satu ini cukup mengganggu kamu untuk melakukan aktivitas makan dan bicara.

Dengan kandungan zat antijamur yang terdapat dalam daun alpukat, Toppers tidak perlu khawatir lagi. Sebab, kandungan tersebut bermanfaat untuk mengobati ataupun menghilangkan sariawan.

Lantas, bagaimana caranya? Kamu bisa mengunyah daun alpukat hingga halus, kemudian diamkan di dalam mulut. Terakhir, kamu dapat menggosokkan daun alpukat selama 5 hingga 10 menit.

8. Menghentikan Diare

Manfaat kesehatan daun alpukat lainnya adalah sebagai pengobatan diare. Diare adalah gangguan pencernaan yang terjadi karena infeksi bakteri terutama bakteri Escherichia coli.

Kandungan saponin dalam daun alpukat inilah yang dipercaya mampu mengurangi infeksi bakteri dan menghentikan diare.

9. Menghindari Asma

Selanjutnya, kandungan fitokimia dalam daun alpukat juga dapat memberi ketenangan dan relaksasi di tubuh dan pikiran kamu, Toppers. Bahkan, terbukti mampu mengurangi kaku pada otot pernapasan penyebab asma.

Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari sakit kepala berlebihan, nyeri otot, dan asma, lho. Cara mengonsumsinya cukup mudah, kamu hanya perlu mengolahnya menjadi teh dan diminum secara rutin sebelum tidur malam, ya, Toppers!

10. Mengurangi Batu Ginjal

Terdapat penelitian yang menemukan bahwa minum 2 cangkir teh daun alpukat mampu mengurangi ataupun menghilangkan batu ginjal, lho, Toppers. Biasanya, hasil akan terlihat setelah mengonsumsi selama sepuluh hari.

Mengapa demikian? Karena zat-zat yang terkandung dalam teh alpukat seperti alkaloid, flavonoid, dan saponin dipercaya mampu membantu memecah batu ginjal. 

11. Menangkal Kanker

Kanker adalah penyakit yang disebabkan akibat mutasi sel DNA yang bersifat ganas dan tidak terkendali. Penyakit satu ini mungkin menjadi mimpi buruk bagi banyak orang.

Mutasi DNA terjadi karena efek radikal bebas yang merusak jaringan tubuh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, alpukat memiliki kandungan efek antioksidan yang kuat.

Antioksidan inilah yang dipercaya mampu mengurangi efek radikal bebas dan melindungi kerusakan sel.

Baca Juga:

Cara Mengolah Daun Alpukat

manfaat daun alpukat
Sumber Gambar: Pixabay/myriams-fotos

Bila kamu ingin mencoba mengonsumsi daun alpukat, kamu bisa mengolahnya sendiri di rumah, lho, Toppers. Caranya juga sangat mudah! Berikut adalah langkah-langkahnya: 

  • Siapkan 5 helai daun alpukat segar.
  • Rebus daun alpukat tersebut dengan 2 gelas air.
  • Tunggu hingga mendidih dan air rebusan tersisa setengah dari sebelumnya.
  • Tiriskan air rebusan daun alpukat di dalam 1 gelas.
  • Teh daun alpukat siap disajikan! Minumlah selama masih hangat ya, Toppers!

Itu dia kandungan, manfaat daun alpukat dan cara mengolahnya. Jangan lupa untuk mencoba teh daun alpukat ya, Toppers sebagai pertolongan alternatif untuk beberapa penyakit yang telah disebut di atas.

Untuk menghindari efek samping, cobalah berkonsultasi dahulu dengan dokter guna mendapatkan takaran minum yang tepat dan meminimalkan dampak obat.

Dan, jangan lupa untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan obat herbal dan tradisional lainnya secara mudah di Tokopedia!


Jamu turun kolesterol
Turunkan kolesterol secara tepat dengan jamu terbaik di sini!

Penulis: Oeren Lee

© 2009-2024, PT Tokopedia