• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Daun Dewa: Si ‘Penyambung Nyawa’ Kaya Guna

Share

11 Manfaat Daun Dewa: Si ‘Penyambung Nyawa’ Kaya Guna

Manfaat daun dewa untuk kesehatan tubuh. Tanaman ‘penyambung nyawa’ yang ampuh redakan batuk, atasi rematik hingga cegah diabetes.


Daun dewa atau yang biasa dikenal dengan daun sambung nyawa ini adalah sejenis tanaman obat herbal asal China yang banyak dikembangkan di Asia Tenggara dan Afrika. Termasuk keluarga Compositae, ia dapat tumbuh di ketinggian 200-800 mdpl.

Sebagai tanaman herbal, daun dewa memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh seperti flavonoid, steroid, polifenol, dan vitamin K. Berkat inilah daun dewa memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Pengolahan daun dewa dapat dengan daun segar yang disajikan langsung. Atau bisa juga dengan merebusnya untuk diminum. Lantas, apa saja khasiat daun dewa yang bisa kamu dapatkan dan apa saja kandungannya? Simak selengkapnya.

baca juga: Manfaat Akar Bajakah: Ampuh untuk Atasi Kanker?

Kandungan Daun Dewa

manfaat daun dewa untuk kesehatan
Sumber Gambar: Pinterest

Memiliki nama lain daun sambung nyawa sudah cukup menggambarkan bahwa tanaman satu ini memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Namun, agak disayangkan informasi terkait kandungan daun dewa masih cukup terbatas dikarenakan minimnya penelitian yang pernah dilakukan.

Dikutip dari sebuah penelitian yang menyatakan bahwa daun dewa terbukti mengandung beberapa senyawa aktif, di antaranya:

  • Flavonoid
  • Sterol tak jenuh
  • Triterpenoid
  • Polifenol
  • Saponin
  • Steroid
  • Asam klorogenat
  • Asam kafeat
  • Asam vanilat
  • Asam para kumarat
  • Asam para hidroksi benzoat
  • Minyak atsiri

Manfaat/Khasiat Daun Dewa untuk Kesehatan

khasiat daun dewa, kegunaan daun dewa
Sumber Gambar: 2021 Iplantz

Tidak ada salahnya untuk menjadikan daun dewa sebagai obat herbal di rumah. Berikut berbagai macam manfaat yang bisa kamu dapatkan:

1. Mengobati Stroke

Stroke merupakan masalah kesehatan yang disebabkan karena adanya kerusakan jaringan otak akibat pembuluh darah ateri yang bertanggung jawab atas aliran darah ke otak.

Diperlukan penanganan sesegera mungkin untuk mencegah hal-hal buruk terjadi. Manfaat daun dewa yang pertama ialah dapat membantu mengobati stroke.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara merebus daun dewa dengan air panas mendidih, dan diminum secara teratur dua kali sehari.

2. Mengobati Diabetes

Diabetes adalah salah satu masalah kesehatan yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah di dalam tubuh.

Penyakit ini dibedakan berdasarkan beberapa kategori, diantaranya diabetes tipe 1, tipe 2, diabetes gestasional, diabetes steroid, dan lain-lain.

Untuk mencegah naiknya gula darah di dalam tubuh, kamu bisa mencoba konsumsi air rebusan daun dewa secara rutin 1 kali sehari.

Ekstrak daun dewa dipercaya dapat mengobati sekaligus mencegah terjadinya penyakit diabetes.

3. Mengatasi Rematik

Rematik merupakan gangguan kesehatan yang memengaruhi sendi tulang yang disebabkan oleh adanya peradangan pada persendian.

Bentuk pencegahannya bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, rendah lemak, dan protein tingkat sedang.

Cara lain untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi daun dewa. Kegunaan daun dewa ini bisa kamu dapatkan dengan cara merebus daunnya, kemudian campur air rebusan tersebut dengan jahe agar semakin efektif khasiatnya.

Perlu diketahui juga bahwa cara ini hanya bersifat sebagai penunjang dari pengobatan medis.

4. Mencegah Kanker

Daun dewa diketahui mengandung senyawa aktif yang berperan penting dalam menghambat pertumbuhan dan perkembang sel kanker.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa protein yang terdapat di dalam daun dewa dapat bekerja sebagai penghambat lajur pertumbuhan sel kanker payudara.

Karena itulah, daun dewa dipercaya memiliki potensi sebagai pilihan pengobatan untuk kanker payudara.

5. Mengobati Luka Memar

Kandungan flavonoid di dalam daun dewa terbukti dapat mencegah pembekuan darah. Dengan begitu, senyawa flavonoid ini dapat meleburkan gumpalan darah untuk mengurangi pembekakan.

Dapatkan khasiat daun dewa satu ini dengan cara mencampurkan beberapa helai daun dewa yang telah dihaluskan dengan beberapa daun tanaman jarak.

Setelah itu, letakkan campuran tersebut pada bagian yang memar.

jual teh daun insulin
Salah satu obat herbal terbaik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Cek produk teh daun insulin di sini!

baca juga: Manfaat Kapulaga: Tangkal Kanker hingga Atasi Bau Mulut

6. Mengobati Keseleo

Keseleo merupakan suatu kondisi yang umum terjadi, terutama bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan atau rajin berolahraga. Bagian yang paling sering mengalami kondisi ini adalah di pergelangan kaki.

Cara mengatasinya bisa dengan mengonsumsi obat atau dipijat. Namun, tak banyak orang yang tahu bahwa keseleo bisa diobati dengan daun dewa.

Kamu cukup mengonsumsi air rebusan daun dewa sebanyak dua kali sehari.

7. Mengatasi Gangguan Menstruasi

Umumnya, setiap wanita akan mengalami masa menstruasi setiap bulannya. Akan tetapi, tidak semua wanita memiliki siklus yang lancar.

Sebagian dari wanita pernah mengalami gangguan menstruasi seperti siklus menstruasi yang tidak teratur, pendarahan hebat, dan lain-lain.

Masalah ini bisa kamu atasi dengan mengonsumsi air rebusan dewa saat hangat untuk memberikan efek menenangkan.

Namun, apabila kondisi tidak kunjung membaik setelah mengonsumsi ramuan herbal tersebut, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

8. Mengobati Batuk Darah

Batuk merupakan gangguan kesehatan yang umum terjadi pada seseorang. Kondisi dapat dikatakan berbahaya ketika saat batuk seraya mengeluarkan darah.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan daun dewa sebagai ramuan herbal untuk membantu pengobatan.

Rebus daun dewa dan konsumsi air rebusan tersebut sebanyak tiga kali sehari secara rutin dengan takaran setengah gelas.

9. Mencegah Serangan Jantung

Serangan jantung adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Ada banyak faktor yang menyebabkan serangan jantung, diantaranya merokok, mengonsumsi alkohol, obesitas, kurang olahraga, dan kurang istirahat.

Cara alami untuk menekan risiko serangan jantung adalah dengan mengonsumsi daun dewa secara rutin. Cukup menghaluskan daun dewa dan merebusnya di dalam air mendidih.

10. Mengobati Wasir

Pernahkah kamu mendengar penyakit wasir? Wasir adalah pembengkakan pada pembuluh darah di bagian anus dan rektum bawah. Daun dewa ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat wasir, lho.

Kamu hanya perlu mengonsumsi air rebusan daun dewa yang telah dicampur dengan lidah buaya dan madu secukupnya.

Apabila kondisi wasir semakin parah, kamu cukup mengambil beberapa lembar daun dewa, lalu peras untuk mengeluarkan getahnya. Setelah itu, masukkan ke dalam anus.

11. Meningkatkan Fungsi Seksual dan Reproduksi

Manfaat daun dewa untuk kesehatan berikutnya adalah dapat meningkatkan fungsi seksul dan reproduksi.

Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa tanaman herbal ini dapat mengobati kemandulan.

Daun dewa berkhasiat meningkatkan fungsi reproduksi pada pria diabetes yang tidak subur, yang meliputi peningkatan jumlah, kualitas, dan motilitas sperma.

Baca Juga: Manfaat Daun Kemangi: Daun Wangi, Anti-inflamasi

Cara Konsumsi Daun Dewa

daun dewa
Sumber Gambar: Freepik

Meski masih terdengar asing saat mendengar nama tanaman herbal satu ini, ternyata sejak dahulu sudah banyak yang memanfaatkan daun dewa sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit.

Jika kamu juga tertarik untuk menjadikan daun dewa sebagai ramuan herbal di rumah, ikut langkah-langkah berikut ini:

  • Ambil 5 lembar daun dewa. Pilih daun dari tanaman yang kira-kira telah berusia sekitar 8 bulan, kemudian cuci bersih.
  • Rebus daun dewa tersebut dengan 3 gelas air pada panci yang bukan berbahan stainless.
  • Biarkan beberapa saat hingga air rebusan sedikit menyusut.
  • Kemudian, tuangkan ke dalam gelas.
  • Air rebusan daun dewa siap untuk diminum. Sisa rebusan juga masih dapat dibuat satu kali ramuan lagi.

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong: Tanaman Rambat, Khasiat Dahsyat

Dengan kandungan dan segudang manfaat yang tersimpan di dalam daun dewa, tak heran apabila tanaman herbal ini sering disebut sebagai tanaman sambung nyawa.

Sebab, berkhasiat dalam mengatasi berbagai kondisi masalah kesehatan.

Sekarang kamu tak perlu kerepotan lagi, karena bisa dapatkan daun dewa dan jenis tanaman herbal lainnya dengan mudah di Tokopedia!


produk kesehatan
Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono

© 2009-2024, PT Tokopedia