• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Manfaat Akar Bajakah: Ampuh untuk Atasi Kanker?

Share

10 Manfaat Akar Bajakah: Ampuh untuk Atasi Kanker?

Manfaat akar bajakah untuk kesehatan tubuh. Tanaman asal Dayak yang ampuh redakan pegal, kaya antioksidan hingga cegah kanker.


Sejak dulu, Indonesia dikenal memiliki banyak sekali jenis tumbuhan dan tanaman tradisional yang berkhasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah akar bajakah yang sempat heboh dan banyak diburu pembeli terkait manfaatnya untuk pengobatan kanker. 

Akar bajakah sendiri merupakan tanaman asal pedalaman provinsi Kalimantan Tengah yang sudah sejak lama digunakan oleh suku Dayak sebagai obat herbal.

Berdasarkan hasil penelitian oleh tiga siswa SMAN 2 Palangkaraya yang menjuarai sebuah kompetisi di Korea Selatan, menyatakan bahwa kayu bajakah dapat mengobati kanker pada tikus putih.

Hal itu bisa terjadi karena akar bajakah mengandung senyawa alami bernama flavonoid dan saponin yang memiliki sifat antikanker. Lalu, apa kandungan hingga khasiat lainnya dari tanaman ini?

baca juga: Manfaat Jengkol: Bau Khas, Basmi Radikal Bebas

Kandungan Akar Bajakah

manfaat akar bajakah
Sumber Gambar: Canal Midi

Tanaman akar bajakah belum pernah dibudidayakan karena masih belum begitu banyak orang yang tahu akan kegunaannya. Oleh sebab itu, penelitian atau studi mengenai akar bajakah masih cukup terbatas.

Karena hasil penelitian yang masih terbatas, sampai saat ini belum ada penelitian yang jelas terkait dengan kandungan nutrisi yang ada di dalam akar bajakah.

Namun, berdasarkan hasil penelitian yang terbatas. Akar bajakah mengandung zat seperti terpenoid, steroid, tannin, alkonoid, fenolik, dan saponin.

Baca Juga: Manfaat Kapulaga: Tangkal Kanker hingga Atasi Bau Mulut

Manfaat/Khasiat Akar Bajakah untuk Kesehatan

khasiat akar bajakah
Sumber Gambar: Drone Fest

Meski belum banyak penelitian guna mengungkap khasiat dari akar bajakah, berikut ini beberapa manfaat yang telah diketahui untuk kesehatan:

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Akar bajakah diketahui mengandung metabolit sekunder seperti flavonoid, saponin, terpenoid, tannin, fenol, dan steroid yang kemudian diolah menjadi salep untuk dioleskan pada luka.

Salep yang mengandung 10% ekstrak akar bajakah terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka. Meski begitu, akar bajakah belum bisa dijadikan sebagai obat paten untuk penyembuhan penyakit kulit dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

2. Menangkal Radikal Bebas

Diketahui bahwa radikal bebas dapat dicegah apabila adanya aktivitas aktioksidan di dalam tubuh. Akar bajakah diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat berkat kandungan senyawa fenolik di dalamnya.

Antioksidan ini berperan untuk menangkal radikal bebas, serta pencegahan penyakit degeneratif seperti diabetes, kerusakan hati, penyakit kardiovaskuler, dan kanker.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seseorang dengan kekebalan tubuh yang rendah akan berakibat mudah terserang penyakit. Manfaat akar bajakah berikutnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Adanya antioksidan yang tinggi berperan penting untuk meningkatkan kekebalan dan mencegah berbagai macam penyakit. Kamu bisa mendapatkan manfaat satu ini dengan cara menyeduh ekstrak akar bajakah secara rutin dan teratur.

4. Mencegah Diabetes

Diabetes melitus adalah penyakit atau gangguan metabolisme kronis yang terjadi karena tingginya kadar gula darah. Penderita akan mengalami beberapa gangguan organ tubuh, serta dapat membahayakan nyawa apabila tidak segera diatasi.

Kamu bisa menggunakan manfaat akar bajakah untuk mengatasi penyakit diabtes. Senyawa fenolik di dalamnya juga dianggap efektif untuk mencegah radikal bebas penyebab diabetes.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal di dalam tubuh sehingga memicu terjadi kerusakan sel normal di bagian tubuh lainnya.

Jenis kanker yang paling banyak dialami adalah kanker prostat. Di Indonesia sendiri, sudah tercatat mencapai lebih dari lima ribu jiwa angka kematian akibat kanker prostat.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan tiga orang siswa memang menunjukkan bahwa sel tumor dapat hilang dalam waktu 2 minggu. Meski begitu, khasiat akar bajakah satu ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya.

jual teh daun insulin
Salah satu obat herbal terbaik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Cek produk teh daun insulin di sini!

baca juga: Manfaat Kangkung: Sayur Pelengkap, Kaya Guna

6. Mengurangi Rasa Pegal

Sudah sejak lama masyarakat Kalimantan, terutama suku Dayak percaya bahwa akar bajakah berkhasiat untuk meringankan rasa pegal.

Biasanya rasa pegal muncul akibat aktivitas di lapangan maupun kegiatan lainnya yang cukup menguras tenaga. Kamu disarankan meminum air rebusan atau olahan teh dari akar bajakah untuk mengurangi rasa pegal.

7. Memiliki Sifat Antibakteri

Berdasarkan sebuah penelitian, akar bajakah diketahui memiliki sifat antibaketri alami.

Akar bajakah mengandung flavonoid, saponin, dan tannin yang dapat menghadang hingga menghancurkan bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh. Maka, ia dianggap memiliki potensi untuk mencegah terjadinya infeksi.

8. Mengobati Disentri

Selanjutnya, akar bajakah berkhasiat untuk meredakan penyakit disentri. Masyarakat setempat percaya bahwa tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat alami disentri atau infeksi usus yang menyebabkan diare.

Hal ini berkat adanya sifat antibakteri pada akar bajakah yang dinilai akan lebih cepat mengatasi kondisi tersebut.

9. Mencegah Penuaan Dini

Seperti yang diketahui bahwa akar bajakah mengandung zat antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh dengan kuantitas yang cukup tinggi. Maka dengan begitu, asupan antioksidan yang tinggi dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan halus pada wajah.

Selain itu, antioksidan ini dapat memicu produksi kolagen dalam tubuh sehingga kulit akan terasa lebih kencang dan halus.

10. Kaya Antioksidan

Menurut penelitian yang telah dilakukan, akar bajakah ditemukan memiliki kandungan antioksidan melimpah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Jenis antioksidan yang terkandung dalam akar bajakah berperan dalam melindungi tubuh dari serangan penyakit berbahaya.

Baca Juga: Manfaat Kayu Secang: Bahan Minuman Herbal Terkenal

Cara Mengonsumsi Akar Bajakah

manfaat akar bajakah untuk kesehatan
Sumber Gambar: Vaya.in

Agar mendapatkan manfaat dari akar bajakah ini, maka kamu harus bagaimana cara pengolahan yang benar. Akar bajakah ini sering diolah menjadi minum sebagai obat herbal.

Berikut cara merebus akar bajakah untuk dijadikan minuman herbal:

  • Potong-potong batang kayu bajakah hingga berukuran kecil.
  • Jemur pada tempat yang terkena sinar matahari langsung hingga benar-benar kering.
  • Tumbuk akar bajakah hingga halus sampai menjadi bubuk. Kemudian simpan ke dalam wadah kering dan tertutup.
  • Kemudian, seduh bubuk kayu bajakah dengan air panas dengan perbandingan 1 gram (g) bubuk akar bajakah dilarutkan dalam 500 mililiter (ml) air.
  • Setelah diseduh, minuman akar bajakah siap dikonsumsi.

Baca Juga: Manfaat Daun Kemangi: Daun Wangi, Anti-inflamasi

Nah, itulah beberapa manfaat akar bajakah untuk kesehatan tubuh. Meski dinilai memiliki potensi untuk kesehatan tubuh, namun perlu dilakukan penelitian atau uji lebih lanjut demi keamanan saat dikonsumsi.

Jika kamu memiliki riwayat penyakit berat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya guna menghindari risiko dan efek samping yang ditimbulkan.

Sekarang kamu bisa temukan produk kesehatan seperti obat-obatan dengan mudah di Tokopedia!


bumbu masak
Masakan lebih nikmat dan gurih dengan bumbu masak terlengkap di sini!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono

© 2009-2024, PT Tokopedia