• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Mulus & Bercahaya!

06 July 2021
Share
10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Mulus & Bercahaya!

Ini dia manfaat jeruk nipis untuk wajah. Efektif hempaskan jerawat, bebas noda hitam, dan bercahaya. Simak selengkapnya berikut ini!


Manfaat Jeruk Nipis untuk WajahJeruk nipis memang dikenal sebagai bahan pelengkap makanan atau masakan. Biasanya dijadikan sebagai pelengkap sekaligus penambah cita rasa pada soto dan mie kocok. Bahkan, aroma dan rasanya yang asam serta segar, menjadikan air perasan jeruk nipis sering dijadikan penghilang bau amis pada ikan. 

Tak hanya berguna untuk pelengkap masakan, jeruk nipis juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat jeruk nipis untuk wajah berasal dari ragam nutrisi di dalamnya. Mulai dari berbagai macam vitamin serta antioksidan yang sangat baik untuk kulit wajah.

Lantas, dari semua nutrisi yang terkandung dalam jeruk nipis, manfaat apa sajakah yang bisa kamu dapatkan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

baca juga: Manfaat Saffron untuk Wajah, Kulit Cerah dan Glowing!

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah
Sumber Gambar: Freepik

Walaupun bentuknya yang kecil nan mungil, jeruk nipis kaya akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B, dan vitamin E, serta antioksidan yang memiliki beragam manfaat untuk kulit wajah. Berkat kandungan-kandungan tersebut di dalamnya, berikut sederet manfaat jeruk nipis untuk wajah yang bisa kamu dapatkan: 

1. Menyamarkan Flek Hitam

Manfaat jeruk nipis untuk wajah flek hitam didapatkan dari zat pemutih alami di dalam jeruk nipis, yang dianggap memiliki sifat pencerah kulit alami dan dapat menyamarkan flek hitam.

Kamu hanya perlu mengoleskannya ke wajah, terutama pada area kulit wajah yang tidak merata dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas bersih dengan air mengalir. Namun sebelum itu, pastikan kamu terhindar dari paparan langsung sinar matahari.

Sebab, jeruk nipis akan membuat wajah kamu lebih sensitif terhadap sinar matahari. Kamu juga disarankan untuk memakai sunscreen sebelum keluar rumah. Jeruk nipis juga bisa kamu gunakan untuk mencerahkan ketiak yang gelap.

2. Mengatasi dan Mencegah Jerawat

Mengatasi dan Mencegah Jerawat
Sumber Gambar: Pexels

Jerawat dan noda-noda di wajah disebabkan karena menumpuknya kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Kondisi ini merupakan masalah umum yang sering terjadi pada para wanita.

Oleh karena itu, manfaat jeruk nipis untuk wajah berjerawat dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, sifat asam yang dimiliki jeruk nipis juga membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah.

3. Melembabkan Wajah

Tidak hanya ampuh untuk mengatasi jerawat, jeruk nipis juga mampu menghidrasi kulit secara maksimal dengan adanya kandungan vitamin C di dalamnya.

Oleskan air perasan jeruk nipis secara rutin sebagai masker pada kulit wajah, maka kelembaban akan terjada dan bebas dari masalah kulit kering. Kamu bisa menggunakannya setidaknya seminggu sekali.

4. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini
Sumber Gambar: Pexels

Seperti yang diketahui bahwa jeruk nipis kaya akan antioksidan. Dengan adanya senyawa ini akan membantu mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Terlebih kandungan vitamin C yang tinggi juga dipercaya dapat menjaga sel-sel kulit dari bahaya radikal bebas. Mengonsumsi jeruk nipis juga dapat meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit wajah agar tetap kencang, sehingga tanda-tanda penuaan dapat terhindarkan.

5. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Penumpukan sel-sel kulit mati menjadi salah satu penyebab wajah menjadi kusam. Maka dari itu, perlu dilakukan eksfoliasi agar terhindar dari penyumbatan pori-pori dan mencegah kemunculan jerawat maupun noda bekas jerawat.

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dianggap dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah, sehingga wajah tampak lebih cerah dan bercahaya.

baca juga: Manfaat Masker Tomat untuk Wajah: Lembab & Mulus!

6. Memperbaiki Struktur Kulit

Memperbaiki Struktur Kulit
Sumber Gambar: Freepik

Menurut sebuah penelitian, kandungan antioksidan pada jeruk nipis mampu mengembalikan lapisan kulit yang sehat. Artinya, jeruk nipis akan membantu meremajakan kulit dan melindungi kulit dari infeksi.

Agar kulit sehat dan bercahaya, kamu hanya perlu meminum segelas air hangat dengan sedikit madu dan perasan jeruk nipis di pagi hari secara teratur.

7. Mengencangkan Pori-pori Kulit

Tak banyak orang tahu bahwa jeruk nipis bermanfaat untuk mengencangkan pori-pori kulit. Adanya zat yang bersifat astringen berfungsi untuk mengencengkan pori-pori, dan mengontrol produksi minyak pada wajah. Dengan begitu, kulit akan tampak lebih mulus, bersih, dan cerah.

8. Mengurangi Bau Badan

Mengurangi Bau Badan
Sumber Gambar: Freepik

Berkat adanya kandungan vitamin C dan flavonoid di dalam perasan air jeruk nipis, ternyata juga dapat membantu mengurangi bau badan dan keringat. Kamu bisa mendapatkan manfaat jeruk nipis satu ini dengan membuat ramuan. Cukup campurkan air jeruk nipis ke dalam air mandi untuk mengurangi bau badan sekaligus membuat tubuh lebih rileks.

9. Mengatasi Kulit Kepala Berminyak

Kulit kepala yang berminyak akan membuat rambut terlihat lengket, berminyak, dan kusam. Dengan sifat menyerap minyak yang dimiliki jeruk nipis, akan membersihkan kulit kepala dari minyak berlebih.

Caranya hanya dengan menggosok-gosokkan jeruk nipis yang sudah dibelah menjadi dua ke kulit kepala selama beberapa menit. Sebagai alternatif, kamu bisa tambahkan 1 sampai 2 sendok makan air jeruk nipis ke dalam air yang akan digunakan untuk membilas rambut.

10. Mengatasi Ketombe

Mengatasi Ketombe
Sumber Gambar: Skinkraft

Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang paling umum, biasanya ditandai dengan pengelupasan kulit kepala yang berlebihan.

Adanya kandungan asam sitrat pada jeruk nipis terbukti efektif dalam mengatasi masalah ketombe. Caranya, gosokkan irisan jeruk nipis langsung ke kulit kepala. Lalu, bilas rambut dengan campuran air bersih dengan jeruk nipis untuk membantu menghilangkan ketombe.

baca juga: 7 Cara Menghilangkan Milia di Wajah yang Aman dan Efektif


Itu dia sederet manfaat masker madu untuk wajah dan rambut yang bisa kamu dapatkan. Tentunya, manfaat diatas bisa kamu dapat secara bertahap dan harus digunakan secara rutin.

Selain itu, kamu juga perlu memakai produk perawatan wajah lainnya untuk mendukung kesehatan kulit kamu agar tetap bersih dan bercahaya ya, Toppers!

jual produk kecantikan
Temukan berbagai kebutuhan perlengkapan kecantikan dari brand-brand terpercaya dan produk berkualitas terbaik di sini!
© 2009-2023, PT Tokopedia