• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

12 Menu Lebaran yang Tak Boleh Ketinggalan di Hari Raya

12 April 2023
Share
12 Menu Lebaran yang Tak Boleh Ketinggalan di Hari Raya

Menu Lebaran Idul Fitri apa yang jadi favoritmu? Yuk, ketahui apa saja aneka makanan Lebaran yang lezat dan menggiurkan di Hari Raya ini!


 Hari Raya Idulfitri identik dengan momen kebahagiaan saling memaafkan dan bercengkrama menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat terdekat. Namun, momen Hari Raya Idul Fitri biasanya akan terasa kurang lengkap tanpa adanya menu Lebaran yang istimewa saat jamuan makan bersama keluarga. 

Setiap keluarga muslim di Indonesia memiliki menu Lebaran favoritnya masing-masing, beberapa mungkin akan menghidangkan menu Lebaran sederhana dan beberapa lagi akan menghidangkan menu lebaran komplit.

Aneka Macam Menu Lebaran Idul Fitri

Ada berbagai hidangan khas yang dijadikan menulebaran favorit banyak orang mulai dari ketupat, rendang, sambal goreng hati dan kentang, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, yuk simak aneka menu Lebaran favorit berikut ini!

Baca Juga: Beragam Ide Hampers Lebaran Unik untuk Tingkatkan Silaturahmi

1. Ketupat

Ketupat

Sumber Gambar: Rukita

Ketupat atau kupat merupakan salah satu menu Lebaran yang wajib ada saat di momen Hari Raya. Ketupat adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar beras yang dibungkus menggunakan anyaman daun kelapa muda membentuk belah ketupat. 

Biasanya, ketupat akan disantap bersama hidangan khas Lebaran lainnya, seperti rendang, opor ayam, semur daging, sate ayam, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Gurih, Empuk, dan Tahan Lama

2. Opor Ayam

Opor Ayam

Sumber Gambar: Masak Apa Hari Ini

Opor ayam adalah masakan sejenis kari ayam yang dibuat menggunakan campuran santan dan rempah-rempah khas Indonesia lainnya, seperti kencur dan serai. Hidangan ini merupakan salah satu menu hari Lebaran favorit banyak orang saat sedang merayakan Hari Raya Idulfitri. 

Orang-orang biasanya akan menikmati opor ayam bersama dengan ketupat yang telah dipotong-potong dan taburan bawang goreng yang gurih.

Baca Juga: Resep Opor Ayam Bumbu Kuning, Sederhana tapi Nikmat

3. Rendang Daging

Rendang Daging

Sumber Gambar: Perfect 10 Cooking

Ketupat dan opor ayam rasanya belum lengkap tanpa kehadiran masakan terenak di dunia yang satu ini, rendang daging. Menjelang Hari Raya Idulfitri biasanya ibu-ibu akan pergi ke pasar untuk membeli sejumlah daging sapi yang kemudian akan dimasak menjadi rendang daging yang nikmat. 

Rendang sendiri merupakan masakan daging khas Minangkabau, Sumatera Barat, yang dibuat  menggunakan rempah-rempah khas dan campuran santan yang gurih.

Baca Juga: Resep Rendang Khas Minang, Daging Empuk & Bumbu Meresap

4. Sambal Goreng Hati dan Kentang

Sambal Goreng Hati dan Kentang

Sumber Gambar: Tokopedia

Menu Lebaran berikutnya adalah sambal goreng hati atau yang juga dikenal dengan sebutan sambal goreng ati. Hidangan ini umumnya terbuat dari bahan dasar hati dan ampela ayam, bumbu sambal, serta potongan kentang. Namun kamu juga bisa mengganti hati dan ampela ayam menggunakan hati sapi. 

Selain dihidangkan pada saat momen Lebaran, sambal goreng hati juga sering dihidangkan untuk berbagai acara lainnya, seperti pesta pernikahan dan acara arisan.

Baca Juga: Resep Sambal Goreng Ati Praktis untuk Hidangan Pelengkap Lebaran

5. Semur Daging

Semur Daging

Sumber Gambar: Resep Koki

Menu Lebaran yang terbuat dari bahan baku daging lainnya adalah semur daging. Biasanya masakan ini dibuat oleh keluarga yang tidak menghidangkan rendang. Namun, beberapa keluarga juga menghidangkan rendang daging dan semur daging secara bersamaan sebagai menu Lebaran komplit.

 Semur daging sendiri merupakan masakan daging rebus yang diolah dengan kecap manis dan rempah-rempah khas Indonesia lainnya. Jadi jangan heran kalau rasa semur daging identik dengan rasa manis ya Toppers.

tokopedia salam

Temukan semua kebutuhan umat muslim, mulai dari perlengkapan ibadah hingga zakat, hanya di Tokopedia Salam!

Baca Juga: Resep Semur Daging Sapi Spesial, Rasanya Khas!

6. Lontong Sayur

Lontong Sayur

Sumber Gambar: Opit Petrok

Lontong sayur biasanya dapat ditemui dengan mudah saat pagi hari di akhir pekan ketika banyak keluarga memutuskan untuk pergi sarapan bersama di luar rumah. Namun, lontong sayur ternyata juga sering dijadikan menu Lebaran favorit banyak orang di Hari Raya Idulfitri. 

Masakan lontong sayur sendiri merupakan hidangan khas Minangkabau yang identik dengan kuah santan dan bumbu khas masakan Minang.

Baca Juga: Cara Membuat Lontong untuk Pelengkap Masakan Lebaran, Praktis!

7. Sayur Pepaya

Sayur Pepaya

Sumber Gambar: Resep Koki

Menu Lebaran berikutnya adalah sayur pepaya muda dengan kuah merah. Sayur pepaya sendiri merupakan masakan yang terbuat dari olahan pepaya muda yang disajikan menggunakan kuah merah. 

Masakan ini hampir mirip dengan sayur labu siam, yakni memiliki tekstur potongan sayur nan lembut dengan kombinasi bumbu kuah merah yang khas. Sayur pepaya biasanya paling nikmat ketika dihidangkan bersama dengan potongan ketupat saat Lebaran.

Baca Juga: Macam-macam Kue Kering Lebaran yang Wajib Ada di Rumahmu!

8. Kentang Mustofa

Kentang Mustofa

Sumber Gambar: Masak Apa Hari Ini?

Selain makanan berkuah dan bersantan, ada juga menu Lebaran yang kriuk dan gurih yang menjadi favorit banyak orang di hari Lebaran, yaitu kentang mustofa. Kentang mustofa merupakan masakan yang terbuat dari parutan kentang yang digoreng dan kemudian dilumuri dengan bumbu balado yang nikmat. 

Hidangan ini memiliki tekstur yang renyah dengan cita rasa yang menggugah. Jadi, tidak heran kalau kentang mustofa menjadi salah menu Lebaran favorit saat Hari Raya.

Baca Juga: Resep Kue Bawang Renyah, Mudah Dibuat dan Bikin Nagih!

9. Sate Ayam

Sate Ayam

Sumber Gambar: Raja Kuliner

Sate ayam merupakan salah satu hidangan yang biasanya disajikan untuk menu Lebaran komplit. Hidangan ini terbuat dari bahan dasar potongan ayam yang dibakar menggunakan bumbu kecap dan dilumuri dengan saus kacang yang gurih dan manis. 

Sebenarnya, sate ayam tidak hanya menjadi menu favorit saat momen Lebaran saja. Hidangan yang satu ini juga sering dijadikan menu andalan untuk berbagai acara dan perayaan lainnya.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Sate Kambing Empuk Berbagai Bumbu

10. Pempek Palembang

Pempek Palembang

Sumber Gambar: Lima Kaki

Selain menu hidangan utama, ada juga menu hidangan pelengkap yang menjadi favorit banyak orang saat Hari Raya, yaitu pempek Palembang. Pempek Palembang merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan tenggiri yang digiling lembut dan dicampurkan dengan tepung sagu atau tepung kanji. 

Biasanya pempek akan disajikan dengan kuah cuka yang asam, manis, dan pedas. Kombinasi rasa pempek dan kuah cuka yang nikmat menjadikan pempek sebagai hidangan pelengkap favorit banyak orang.

Baca Juga: Resep Pempek Ikan Tenggiri Mudah dan Praktis

11. Bakso

menu wajib lebaran bakso kuah

Sumber Gambar: Masak Apa Hari Ini?

Siapa yang tidak suka bakso? Menu makanan yang segar ini pasti jadi menu favorit keluarga saat Hari Raya Idulfitri. Makanan berkuah yang lezat satu ini memang sangat pas dimakan bersama-sama saat Lebaran. 

Kamu bisa membuat bakso dari jauh-jauh hari sebelum Lebaran dengan bahan daging sapi atau ayam. Kemudian masukkan ke kulkas. Nah, saat Lebaran tiba, kamu tinggal merebus baksonya bersama campuran bahan makanan lain seperti mie dan sayurannya.

Baca Juga: Kreasi Resep Bakso Daging Sapi Kenyal Tanpa Pengawet Buatan

12. Tekwan

menu wajib lebaran tekwan

Sumber Gambar: Fimela

Bagi orang Sumatra, tekwan jadi hidangan andalan yang wajib ada saat lebaran. Buat kamu yang belum tahu, tekwan adalah jenis makanan olahan ikan yang mirip dengan pempek. Kedua jenis makanan tersebut sama-sama menggunakan sagu dalam pengolahannya. 

Bedanya, pempek digoreng dan dimakan dengan cuka, sedangkan tekwan direbus dengan kuah yang sudah diberi bumbu dan biasanya dilengkapi bihun.

Baca Juga: Intip Berbagai Ide Dekorasi Lebaran di Rumah, Bikin Suasana Hangat!

Gimana Toppers, apakah ada menu Lebaran di atas yang menjadi menu favoritmu di Hari Raya Idulfitri? Selain menu lebaran di atas, kamu juga dapat menghidangkan kue kering khas Lebaran, seperti nastar, putri salju, atau kue kacang, agar momen Lebaranmu terasa semakin lengkap. Nah, untuk kamu yang ingin membeli berbagai kebutuhan Lebaran, seperti kue kering, bumbu masakan, hingga amplop Lebaran, sekarang kamu bisa beli semuanya dengan mudah di Tokopedia!

peralatan dapur tokopedia

Temukan berbagai peralatan dapur modern terlengkap dengan harga termurah di sini!

Penulis: Nyimas Pamela & Rizfa Putri Khainayya

© 2009-2023, PT Tokopedia