• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Obat Diare Alami: Manjur dan Bahan Mudah Ditemukan

16 March 2021
Share
11 Obat Diare Alami: Manjur dan Bahan Mudah Ditemukan

Bahan-bahan yang bisa dijadikan obat diare alami untuk pertolongan pertama. Mudah ditemukan, karena ada dalam keseharian.


Diare adalah salah satu masalah pencernaan yang ditandai dengan intensitas buang air besar cukup sering dan berair. Kondisi ini akan terasa tidak nyaman bagi penderitanya karena harus bolak-balik ke kamar mandi.

Diare bisa berlangsung selama beberapa jam atau bahkan berhari-hari. Gangguan pencernaan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi virus, infeksi bakteri, keracunan makanan, dan masih banyak lagi.

Gejala umumnya biasanya ditandai dengan sering buang air besar berair, perut kembung, hingga kram perut. Untuk pertolongan pertama, tidak ada salahnya kamu menggunakan obat diare alami dengan bahan-bahan yang sudah kamu miliki di rumah.

Baca Juga: Manfaat Buah Parijoto: Cegah Kanker hingga Dukung Kehamilan

Obat Diare Alami yang Ampuh

Pengobatan diare secara alami lebih sering dicari karena dipercaya memiliki efek samping yang lebih sedikit dibanding obat kimia. Selain itu, obat alami diare berikut ini menggunakan bahan-bahan yang mudah kamu temukan di rumah, lho:

1. Air Putih

obat diare alami
Sumber Gambar: Pexels

Kita tahu bahwa kebutuhan air putih di dalam tubuh manusia bisa hingga 80%. Air putih memiliki khasiat sebagai obat diare dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Dehidrasi saat diare bisa berakibat fatal baik bagi anak kecil ataupun orang dewasa. Kamu bisa mulai tingkatkan porsi cairan yang kamu minum setidaknya 1 liter per jam selama 1-2 jam.

Menurut salah satu studi penelitian, alkohol, susu, soda, minuman berkarbonasi atau berkafein tidak boleh digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Justru akan semakin memperburuk gejala dan kondisi kamu.

2. Buah Pisang

obat diare alami
Sumber Gambar: Pexels

Saat diare sangat dianjurkan untuk lebih memperhatikan pola makan. Mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu meringankan gejala diare, misalnya pisang.

Pisang bisa menjadi obat diare alami karena pisang kaya akan kalium yang dapat membantu menggantikan elektrolit dari tubuh akibat diare.

Selain itu, pisang mengandung pektin dan serat rendah yang dapat menyerap cairan dalam usus sehingga kotoran yang dikeluarkan akan lebih padat dan tidak berair. 

3. Gandum

obat diare alami
Sumber Gambar: Pexels

Obat diare secara alami selanjutnya adalah makanan olahan gandum seperti roti dan pasta. Olahan gandum memiliki serat yang rendah, sehingga dapat mudah dicerna dalam usus dan memadatkan feses.

Pastikan kamu tidak menambahkan mentega, madu, selai pada roti atau krim susu serta saus pedas pada olahan pasta.

4. Yogurt

obat diare alami
Sumber Gambar: Pixabay

Probiotik adalah bakteri hidup yang ada dalam makanan tertentu dan bekerja di saluran usus untuk menciptakan lingkungan usus yang sehat.

Bakteri baik ini memiliki peran penting dalam melindungi usus kamu dari infeksi dan sangat diperlukan untuk sistem pencernaan yang normal.

Yoghurt adalah salah satu olahan yang mengandung probiotik dan dapat membantu diare dengan mengembalikan keseimbangan bakteri di usus. Contoh bakteri baik yang ada dalam yoghurt adalah Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

5. Jahe

obat diare alami
Sumber Gambar: Pexels

Sejak zaman dulu, jahe dipercaya sebagai obat herbal atau obat alami untuk berbagai penyakit, salah satunya diare. Jahe digunakan sebagai ramuan tradisional yang dapat menghangatkan perut karena efek pedasnya.

Jahe memiliki sifat anti radang, analgesik atau anti nyeri dan anti bakteri yang membantu mengobati masalah sistem pencernaan. Kamu cukup merebus irisan jahe dan diminum selagi hangat.

jahe merah
Hangatkan dan hilangkan gatal di tenggorokan dengan jahe merah alami berkhasiat!

Baca Juga: Manfaat Jahe untuk Kesehatan: Perkuat Imun hingga Obati Batuk

6. Nasi

obat alami diare
Sumber Gambar: Pixabay

Makanan rendah serat diketahui dapat mengatasi diare. Nasi termasuk ke dalam golongan makanan dengan kandungan serat yang rendah, sehingga sangat cocok sebagai obat diare alami.

Namun, perlu diketahui bahwa pengobatan ini tidak dianjurkan dilakukan terus-menerus setelah diare berhenti. Setelahnya, kamu dianjurkan mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi seperti daging, sayuran, dan juga buah-buahan.

7. Dark Chocolate

obat alami diare
Sumber Gambar: Pixabay

Siapa diantara kamu yang penggemar cokelat? Ternyata selain dipercaya dapat membantu memperbaiki suasana hati, dark chocolate juga dapat mengatasi masalah diare.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan flavonoid yang terdapat pada biji coklat dapat membantu mencegah penyerapan cairan berlebih di usus halus yang berhubungan dengan masalah sistem pencernaan seperti diare.

8. Chamomile

obat alami diare
Sumber Gambar: Pixabay

Chamomile bisa digunakan sebagai obat diare alami yang dapat meredakan peradangan dan memperbaiki kerusakan pada usus. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai teh chamomile.

Teh chamomile memiliki sifat antidiare dan anti radang yang berguna menjaga kesehatan pada usus. Namun, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk memastikan keampuhan teh chamomile sebagai obat diare alami. 

9. Kimchi

obat diare secara alami
Sumber Gambar: Pixabay

Bagi penggemar korea pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Yap, kimchi atau makanan fermentasi populer ini memiliki kandungan probiotik yang baik untuk sistem pencernaan.

Sehingga tak heran jika kimchi termasuk di dalam daftar obat diare alami. Meskipun begitu, kamu tetap harus perhatikan porsinya. Menurut peneliti Colorado State University, kamu bisa mengonsumsi 100 gram kimchi per hari dan dilengkapi dengan serat dari makanan lainnya. 

10. Wortel

obat diare secara alami
Sumber Gambar: Pexels

Sama seperti pisang, wortel juga mengandung pektin yang dapat membantu penyerapan cairan khusus yang berlebih sehingga kotoran yang dikeluarkan lebih padat.

Kamu bisa memasaknya dengan membuat menjadi bubur. Tumbuk atau blender wortel dengan air hingga halus. Cukup mudah bukan?

11. Tempe

obat diare secara alami
Sumber Gambar: Pixabay

Untuk yang satu ini siapapun pasti sudah tahu. Tempe memiliki kadar protein yang tinggi dan mudah dicerna.

Tempat memiliki kandungan bakteri yang baik untuk membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare. Tempe juga mengandung antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab diare, seperti Salmonella typhi, Escherichia coli, dan Shigella flexneri.

Baca Juga: Manfaat Sambiloto: Daun Pahit tapi Khasiat Selangit

Itu dia, Toppers, beberapa obat diare alami yang dapat dengan mudah kamu temukan di rumah. Mari mulai menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit yang merugikan tubuh. Kamu bisa temukan obat-obat diare alami secara mudah hanya di Tokopedia!

teh oolong
Temani pagi dan antap camilan sore secara lebih nikmat dengan teh oolong berkualitas di sini!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono

© 2009-2023, PT Tokopedia