Review iPhone XR: Device iOS dengan Harga Terbaik

0
223
review iphone xr

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi iPhone XR. Desain dan chipset setara flagship, harga lebih menggiurkan.


Sama seperti produk gadget lain yang ada di pasaran, harga smartphone Apple tentunya akan mengalami penurunan ketika model terbaru dikeluarkan. Yang membuat ponsel asal California ini berbeda adalah penurunan harga yang cukup stabil dan tidak terlalu parah.

Setelah perilisan iPhone 12 miliknya beberapa bulan lalu, harga iPhone XR pun mengalami penurunan yang cukup drastis. Karena memang, smartphone terjangkau milik Apple tersebut sudah tertinggal dua generasi di belakang si adik.

Meski begitu, iPhone XR masih tetap layak untuk kamu beli dan pakai di tahun 2021 ini. Selain harganya yang telah turun, ponsel terjangkau dari Apple ini memiliki fitur-fitur yang berkecukupan dan mampu memenuhi kebutuhan penggunanya.

Untuk lebih lengkapnya, simak review iPhone XR berikut ini!

Baca Juga: Perbandingan iPhone XS dan iPhone XR, serta iPhone XS Max

Kelebihan iPhone XR

Walaupun sudah tertinggal dua generasi, iPhone XR tetap mampu memenuhi kebutuhan yang dimiliki penggunanya. Tentunya bagi yang ingin mencoba atau beralih ke ekosistem Apple, hal tersebut merupakan sebuah kelebihan iPhone XR yang memiliki harga terjangkau saat ini.

Berikut adalah kelebihan iPhone XR yang membuatnya masih layak untuk dibeli di tahun 2021 ini:

1. Warna-warna yang Cantik

review iphone xr
Sumber Gambar: Unsplash

Untuk memenuhi kebutuhan akan tampilan yang ingin dipakai, iPhone XR ini hadir dengan enam pilihan warna cantik. Kamu bisa menemukan warna Product Red, kuning, koral, biru, dan warna netral hitam dan putih.

Hadirnya banyak opsi tersebut tentunya bisa membantu kamu untuk memilih warna mana yang sesuai dengan gaya kamu. Berbagai varian yang dimilikinya tersebut juga tidak terlalu mencolok dan tetap enak untuk dipandang.

2. Face ID untuk Keamanan yang Mumpuni

review iphone xr
Sumber Gambar: Unsplash

Seperti yang kita ketahui, Apple telah beralih dari sistem keamanan Touch ID kepada Face ID yang lebih mengutamakan keamanan melalui wajah penggunanya. Dengan bantuan sensor infrared, teknologi yang dimilikinya ini mampu memudahkan kamu dalam membuka kunci smartphone.

Dengan penggunaan sinar infra merah yang disematkan pada poni bagian depan, keamanan dari iPhone XR tentunya akan sulit untuk dikibuli. Ponsel yang kamu gunakan ini, tidak akan dengan mudah dibuka menggunakan foto wajah ataupun ketika kamu tidur.

3. Chipset Powerful, Libas Semua Game

kelebihan dan kekurangan iphone xr
Sumber Gambar: Apple

Sama seperti kakaknya iPhone X series, chipset yang disematkan pada ponsel terjangkau Apple ini adalah A12 Bionic. Dengan fabrikasi 7 nm nya, otak dari smartphone ini tidak hanya powerful tetapi juga awet daya.

Paduan Apple A12 Bionic dengan Apple GPU di dalamnya, mampu melibas game-game 3D dengan lancar. Jika kamu bukan tipikal orang yang hobi main game di handphone, performanya juga bisa membuat kegiatan scrolling sosial media dan web surfing menjadi lebih lancar.

4. Kamera Andal

kelebihan dan kekurangan iphone xr
Sumber Gambar: Unsplash

Dengan konfigurasi single camera, salah satu keluarga X series ini memiliki skor 104 untuk foto dan 96 di DxOMark. Untuk pengambilan foto, iPhone XR mampu memberikan hasil gambar dengan eksposur, warna, dan detail yang mendekati flagship-nya kala itu, iPhone XS.

Dalam pengambilan video, lensa tunggal yang dimiliki ponsel ini juga mampu menghasilkan tangkapan dengan dynamic range yang baik di segala kondisi cahaya. Tidak hanya itu, hasil video yang diambil pun tidak goyang-goyang berkat stabilisasi gambar yang mumpuni.

5. Baterai Tahan Lama

kelebihan dan kekurangan iphone xr
Sumber Gambar: Unsplash

Satu hal yang membuat smartphone terjangkau Apple ini lebih mencolok dari para flagship-nya, adalah battery life yang dimilikinya. Bahkan, dari pernyataan Apple sendiri, iPhone XR mampu bertahan 90 menit lebih lama dari iPhone 8 Plus yang memiliki ketahanan daya 14-15 jam.

Meskipun harganya lebih terjangkau dari seri lainnya, Apple tetap menyematkan fitur wireless charging pada ponsel ini. Jikapun kamu perlu mengisi daya menggunakan kabel, kamu bisa mengisi daya smartphone ini dengan kecepatan 15 Watt.

produk apple pilihan
Temukan produk Apple pilihan dengan penawaran menggiurkan di sini!

Baca Juga: Perbedaan iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max

6. Aman dari Air dan Debu

Bagi yang hobi membawa smartphone ke kamar mandi, berenang, ataupun ke tempat lain yang basah, iPhone XR ini sudah mengantongi sertifikasi IP67. Sertifikasi tersebut, berguna sebagai bukti bahwa sebuah device dapat tahan dari air sampai debu.

Untuk ponsel satu ini, sertifikasi tersebut mampu membuatnya tahan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Tidak hanya itu, smartphone juga dapat terhindar dari debu agar tidak ada kotoran yang dapat memasuki device ini.

7. iPhone Resmi Termurah Saat Ini

spesifikasi iphone xr
Sumber Gambar: Unsplash

Bagi yang ingin merasakan ekosistem Apple ataupun ingin mengupgrade dari seri-seri sebelumnya, iPhone XR ini merupakan ponsel besutan Apple termurah yang sudah menggunakan desain yang serupa dengan flagshipnya.

Harga iPhone XR ini mulai dari Rp 7 jutaan saja dan sudah mengantongi fitur-fitur mumpuni dengan desain yang cantik. Bila dibandingkan dengan iPhone SE 2020, ponsel satu ini masih bisa mengunggulinya dari ketahanan baterai dan performa yang masih kuat.

Kekurangan iPhone XR

Ada pun kekurangan dari iPhone XR yang bisa dibilang tidak begitu signifikan, yaitu sebagai berikut:

8. Absennya Lensa Ultra Wide

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ponsel terjangkau dari Apple ini hanya menggunakan konfigurasi single camera saja. Meski hasil tangkapannya sudah mumpuni, tetap saja absennya lensa ultra wide ini termasuk dalam kekurangan.

Terlebih lagi, jika kita membandingkannya dengan smartphone Android di harga yang sama, rata-rata konfigurasi kamera yang digunakan bisa mencapai 4-5 lensa. Namun semua kembali lagi, satu lensa yang digunakan oleh ponsel ini sudah sangat mencukupi untuk pengambilan foto dan video.

9. Absennya Charger dalam Penjualan

spesifikasi iphone xr
Sumber Gambar: Unsplash

Setelah perilisan ponsel terbarunya, Apple juga mengumumkan untuk pembaruan pada paket penjualan smartphone lamanya. iPhone XR merupakan salah satu device yang termasuk dalam pembaruan yang disebutkan oleh perusahaan teknologi asal California tersebut.

Serupa dengan flagship terbarunya, Apple menjual iPhone XR beserta beberapa ponsel lainnya tanpa menyediakan charger bawaan. Hal ini tentunya adalah hal yang besar, terlebih Apple menyediakan kabel dengan ujung USB type-C ke USB lighting yang jarang dipakai banyak orang.

10. Masih Menggunakan Panel LCD

Bila dibandingkan dengan ponsel flagship-nya atau Android di range harga yang sama, layar dari iPhone XR ini masih menggunakan panel LCD. Kekurangan iPhone XR tersebut, pastinya akan berdampak bagi beberapa orang yang memang sudah pernah menggunakan panel yang lebih baik.

Selain kualitas gambar yang memang masih berada di bawah panel LED, penggunaan LCD juga menyebabkan bagian bezel yang tebal. Karena sifatnya yang kaku, layar pun akan sulit dilipat di bagian sisi-sisi iPhone XR yang menyebabkan bezel harus lebih tebal.

tukar tambah hp bekas
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: Review iPhone 12: Alasan Sempurna untuk Upgrade?

Spesifikasi iPhone XR

  • Nama: Apple iPhone XR
  • Rilis: 26 Oktober 2018
  • Berat: 194 g
  • Material: Bagian depan dan belakang menggunakan kaca Gorilla Glass, dan bagian frame menggunakan aluminium 7000 series.
  • Jenis dan Ukuran Layar: Liquid Retina IPS LCD, 6.1 inci (Rasio layar ke bodi ~79,0%)
  • Resolusi Layar: 828 x 1792 piksel
  • Chipset: Apple A12 Bionic (7 nm)
  • Prosesor: Hexa-core (2×2.5 GHz Vortex + 4×1.6 GHz Tempest)
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 64 GB dan 128 GB
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/1.8, lensa wide 26mm, PDAF, OIS, Quad-LED dual-tone flash, HDR)
  • Kamera Depan: 7 MP (f/2.2, SL 3D depth/biometric sensor, HDR)
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • USB: Lighting, USB 2.0
  • Sensor: Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, dan Siri natural language commands and dictation
  • Baterai: 2.942 mAh (fast charging 15 W)
  • Harga: Harga resmi mulai dari Rp 7.999.000 (cek harga Apple iPhone XR selengkapnya)

Baca Juga: Apa Itu Refurbished? Amankah HP Android atau iPhone Rekondisi?

Bagi yang ingin transisi atau mencoba ekosistem Apple, iPhone XR ini merupakan pilihan yang tepat. Selain memiliki desain dan fitur yang mumpuni, ponsel Apple satu ini juga memiliki harga yang terjangkau dan membuatnya masih layak untuk digunakan di tahun 2021 ini.

Itu dia review iPhone XR yang masih layak untuk menjadi ponsel pilihan kamu di tahun ini. Apakah kamu tertarik untuk memilikinya?


jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Penulis: Lazuardi