Review Samsung Galaxy A51: Hal yang Bikin Laris Manis

0
274
samsung a51 review

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Samsung Galaxy A51. Smartphone terlaris yang sangat ‘aman’ untuk direkomendasikan.


Saat ini telah banyak smartphone kelas mid-range yang telah menawarkan berbagai fitur canggih dengan harga yang terjangkau. Salah satunya adalah produk keluaran Samsung, yakni Galaxy A51.

Berdasarkan hasil penelitian Strategy Analytics pada kuartal pertama 2020, Samsung Galaxy A51 adalah smartphone Android terlaris nomor satu di dunia. Pabrikan asal Korea ini berhasil menjual sekitar 6 juta unit model ini secara global, dan menguasai pangsa pasar sebesar 2 persen!

Dengan tagline-nya “The Awesome Galaxy A51” apakah ponsel ini benar-benar menawarkan fitur-fitur dan pengalaman yang awesome bagi penggunannya?

Baca Juga: Review Oppo Reno 5: Lebih Lengkap, Kamera Cakap

Kelebihan Samsung Galaxy A51

Memang bukan sembarang jika Samsung menjulukinya sebagai ponsel yang awesome, karena banyak orang secara umum yang bisa menggunakannya sebagai andalan sehari-hari karena beberapa kelebihannya berikut ini:

1. Layar Besar dengan Harga Terjangkau

samsung a51 review
Sumber Gambar: Samsung

Saat ini ukuran layar menjadi salah satu poin penting dalam memilih smartphone. Ukuran layar yang besar akan memberikan pengalaman terbaik untuk berselancar, menonton hingga bermain game.

Berbeda dengan pendahulunya, Samsung Galaxy A50 dan A50s yang masih menggunakan Infinity U-display. Samsung membawakan tampilan Infinity-O yang mengoptimalkan visualisasi dari Galaxy A51.

Selain itu, Samsung Galaxy A51 juga menyuguhkan layar lebar Full HD berukuran 6,5 inci yang didukung dengan teknologi Super AMOLED yang sangat canggih.

2. Fitur Lengkap dan Desain Sleek

samsung a51 review
Sumber Gambar: Samsung

Untuk handphone dengan kapasitas baterai yang besar, yakni 4.000 mAh, Samsung Galaxy A51 ini terhitung memiliki bodi yang tipis.

Selain bodi yang tipis, ponsel pintar ini juga menawarkan berbagai fitur canggih yang cukup lengkap. Seperti, headphone jack, NFC, USB type-C, serta penggunaan sim slot dengan tipe triple slot.

Model yang ditawarkan dari ponsel ini juga terasa mewah, bagian depan ponsel ini terlihat mirip dengan Samsung Note 10, sedangkan bagian belakangnya terlihat mirip dengan Galaxy S20.

3. Awesome Quad Camera

samsung a51 review
Sumber Gambar: Samsung

Galaxy A51 bukanlah smartphone Samsung pertama yang menawarkan quad camera atau empat kamera. Pendahulunya Galaxy A9 juga menyuguhkan fitur yang sama, namun dengan harga yang jauh lebih mahal.

Untuk itu, quad camera yang ditawarkan oleh Galaxy A51 menjadi salah satu keunggulan dari ponsel pintar ini.

Samsung Galaxy A51 memiliki kamera utama/belakang 48 MP untuk menghasilkan foto yang jernih dan tajam, kamera ultra wide 12 MP dengan lensa 123 derajat, kamera makro 5 MP, dan depth 5 MP.

4. Chipset yang Powerful

kelebihan dan kekurangan samsung a51
Sumber Gambar: Samsung

Meski bukan yang tercanggih, tapi Galaxy A51 dibekali dengan chipset andal dalam seri Exynos 9000, yakni Exynos 9611. Di mana ia memiliki clockspeed kencang hingga 2,3 GHz dan tetap hemat daya berkat fabrikasi 10 nm.

5. Sistem Operasi yang Fungsional

kelebihan dan kekurangan samsung a51
Sumber Gambar: Samsung

Berbeda dengan smartphone Samsung pendahulunya, Galaxy A51 sudah menggunakan sistem operasi One UI 2.0 Android 10.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu One UI, ini adalah user interface atau sistem antarmuka yang dikeluarkan oleh Samsung.  Tampilan dari sistem One UI 2.0 tidak terlalu berbeda dengan tampilan milik saudaranya.

Namun ini menawarkan sejumlah fitur baru, seperti screen recorder built-in, tampilan Digital wellbeing dan kamera yang lebih simpel, serta fitur focus mode yang akan menonaktifkan notifikasi aplikasi yang tidak terlalu penting.

tukar tambah hp bekas
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: Review Xiaomi Mi 10T: HP dengan Snapdragon 865 Termurah?

6. Dukungan Game Booster

kelebihan dan kekurangan samsung a51
Sumber Gambar: Samsung

Fitur game booster yang disuguhkan Samsung ini dapat memaksimalkan kinerja A51 saat sedang kamu gunakan untuk bermain game. Ini juga dapat mengoptimalkan baterai, suhu, serta memori ponsel pintar kamu.

Bagi kamu yang suka bermain PUBG, kamu bisa bermain di mode smooth extreme yang menyentuh angka 50 FPS dengan menggunakan Samsung Galaxy A51 ini.

Dengan performa tersebut, kamu juga bisa mengandalkan smartphone ini untuk bermain game favorit kamu lainnya.

7. Sensor Sidik Jari di Bawah Layar

kelebihan dan kekurangan samsung a51
Sumber Gambar: Samsung

Mungkin hal ini bukanlah hal baru di masa sekarang, akan tetapi in-display fingerprint melambangkan sebuah fitur yang tersemat pada smartphone premium. Terima kasih kepada panel Super AMOLED yang memungkinkannya memiliki sensor sidik jari di bawah layar.

Bahkan, beberapa pesaingnya di rentang harga yang sama tidak semua memiliki teknologi sensor sidik jari terbaru ini.

Kekurangan Samsung Galaxy A51

Meski memiliki sederet keunggulan sebagai sebuah ponsel yang luar biasa dan aman direkomendasikan untuk berbagai kalangan. A51 tetaplah bukan produk paling sempurna dengan beberapa kekurangannya:

8. Umpan Balik Haptic yang Terlalu Kuat

spesifikasi samsung a51
Sumber Gambar: Samsung

Umpan balik haptic adalah sentuhan getaran yang berasal dari ketukan di layar ponsel pintar kamu. Bagi kamu pengguna Android, kamu pasti sudah tidak asing dengan getaran ini.

Kualitas getaran umpan balik haptic yang ada di Samsung Galaxy A51 terasa terlalu kencang, ini mirip dengan kualitas umpan balik haptic di handphone bujet.

Getaran haptic A51 terasa berbeda dengan getaran haptic yang ada di ponsel pintar premium, yang biasanya lebih padat atau tidak menimbulkan getaran yang terlalu kuat.

9. Bodi yang Terbuat dari Plastik

spesifikasi samsung a51
Sumber Gambar: Samsung

Samsung Galaxy A51 memang menawarkan kemewahan dengan harga yang terjangkau. Namun ini membuat Samsung harus menekan bujet yang dikeluarkan untuk memproduksi ponsel pintar ini.

Salah satunya adalah dengan penggunaan material plastik Polycarbonate pada bodi Galaxy A51.

Ini memang bukan hal yang aneh bagi smartphone Android mid-range. Namun bodi yang terbuat dari plastik dapat membuat ponsel kamu menjadi lebih mudah panas dan lebih mudah tergores.

10. Night Mode Kamera yang Biasa Saja

spesifikasi samsung a51
Sumber Gambar: Samsung

Fitur low light yang ada di kamera Samsung Galaxy A51 ini terkesan biasa saja, tidak lebih baik dibandingkan dengan ponsel pintar lain dengan kelas harga yang sama.

Tidak ada perubahan signifikan dari fitur low light kamera smartphone Galaxy pendahulunya, yaitu Galaxy A50S dan A50.

Padahal kini banyak mid-range smartphone yang telah mengeluarkan kamera dengan fitur low light dengan kualitas fotografi yang bagus.

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: Review Vivo X50: Salah Satu Smartphone Premium Terbaik Vivo

Spesifikasi Samsung Galaxy A51

  • Nama: Samsung Galaxy A51
  • Rilis: 16 Desember 2019
  • Berat: 172 gram (g)
  • Material: Kaca depan Gorilla Glass 3, bagian belakang plastik, bingkai plastik
  • Jenis dan Ukuran Layar: Super AMOLED 6,5 inci (rasio layar ke bodi ~87,4%)
  • Resolusi Layar: 1.080 x 2.400 piksel (~405 piksel per inci)
  • Chipset: Exynos 9611 (10 nm)
  • Prosesor: Octa-core (4×2,3 GHz Cortex-A73 & 4×1,7 GHz Cortex-A53)
  • RAM: 6 GB atau GB
  • Memori Internal: 128 GB atau 256 GB
  • Kamera Belakang: 48 MP (f/2.0, lensa wide 26mm, 1/2.0″, 0.8µm, PDAF) + 12 MP (f/2.2, ultrawide 123 derajat) + 5 MP (f/2.4, lensa makro) + 5 MP (f/2.2, depth)
  • Kamera Depan: 32 MP (f/2.2, lensa wide 26 mm), 1/2.8″, 0.8µm)
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • USB: USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor: Fingerprint (di bawah layar, optik), accelerometer, gyro, proximity, compass ANT+
  • Baterai: Li-Po 4.000 mAh (fast charging 15W)
  • Harga: Kini mulai dari Rp3.789.000 (cek harga Samsung Galaxy A51 selengkapnya)

Baca Juga: Review Redmi Note 9: Siap Jadi Penerus HP Terlaris Sedunia?

Samsung Galaxy A51 menyuguhkan inovasi sejati untuk semua orang. Dengan fiturnya yang lengkap dan harga pas, smartphone ini cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan pengalaman terbaik dalam sebuah ponsel pintar namun dengan harga cukup terjangkau.

Sekarang kamu bisa beli Galaxy A51 dan handphone Samsung lainnya secara online dengan mudah di Tokopedia!


jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Penulis: Nyimas Pamela Anisa Dewi