Review Samsung Galaxy A71: Midrange Bongsor nan Gahar

0
212
samsung a71 review

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Samsung Galaxy A71. Smartphone midrange bongsor dengan fitur ala flagship.


Persaingan dunia ponsel di ranah midrange semakin sengit dengan bergabungnya Samsung. Beberapa tahun silam, smartphone menengah milik perusahaan teknologi asal Korea ini berada jauh dibawah saingan-saingannya di pasaran.

Setelah merilis seri A perdana dengan nama Samsung Galaxy Alpha dengan spesifikasi dan harga flagship, salah satu perusahaan handphone terbesar ini memutuskan untuk membuat lini tersebut menjadi varian ponsel menengah.

Sukses dengan varian A series di tahun 2015 sampai 2017, Samsung pun melakukan reboot di tahun 2019 untuk ponsel menengahnya ini. Pada 2020, seri A7 kembali mendapatkan peningkatan dan dirilis dengan nama Samsung Galaxy A71.

Penasaran tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki ponsel midrange satu ini? Simak review Samsung Galaxy A71 berikut untuk lebih lengkapnya!

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A51: Hal yang Bikin Laris Manis

Kelebihan Samsung Galaxy A71

Ramainya pasar smartphone kelas menengah sudah pasti mengharuskan Samsung untuk menyematkan fitur-fitur unggulan di seri A-nya ini. Selain menjadi pembeda, hal tersebut juga bisa memikat banyak orang untuk memilih Samsung Galaxy A71.

Berikut adalah beberapa kelebihan Samsung Galaxy A71:

1. Layar Cantik Super Lega

samsung a71 review
Sumber Gambar: Samsung

Mengusung desain layar Infinity O berukuran 6,7 inci, Samsung Galaxy A71 ini nyaman untuk dipakai menonton acara favoritmu. Tidak hanya layar yang luas dengan bezel yang minim, panel yang digunakan juga sudah menggunakan Super AMOLED Plus.

Seperti yang kita ketahui, panel Super AMOLED Plus milik Samsung merupakan salah satu layar terbaik untuk smartphone. Selain memiliki kecerahan yang tinggi, panel ini juga menawarkan tingkat keakuratan warna dan kontras rasio yang tinggi.

2. Baterai Jumbo untuk Aktivitas Seharian

kelebihan dan kekurangan samsung a71
Sumber Gambar: Samsung

Memiliki kapasitas baterai yang besar, 4.500 mAh, Samsung Galaxy A71 ini dapat menemani kamu dalam beraktivitas seharian. Tidak hanya itu, pengisian daya ponsel ini juga sudah fast charging 25 W yang mampu mengisi baterai dengan cepat.

Bagi yang hobi gaming di ponsel, Samsung Galaxy A71 ini dapat menemani waktu bermain kamu sampai seharian. Atau untuk yang gemar scrolling media sosial saja, daya ponsel ini dapat bertahan sampai dua harian.

3. Performa Tangguh Snapdragon 730G

kelebihan dan kekurangan samsung a71
Sumber Gambar: Samsung

Selain fungsi utamanya sebagai alat komunikasi, smartphone juga dapat menjalankan berbagai games sebagai sarana hiburan. Untuk menjalankannya, diperlukan chipset yang mumpuni agar pengalaman gaming menjadi lancar dan smooth.

Samsung Galaxy A71 ini dibekali otak Snapdragon 730G yang memiliki skor Antutu hingga 279.961. Tentunya dengan chipset yang dipakai tersebut, kamu bisa menjalankan berbagai game 3D tanpa patah-patah atau lemot.

Selain untuk gaming, chipset ini juga memiliki peran penting dalam berbagai hal penting lainnya, seperti pada performa baterai, user experience, sampai penangkapan gambar dan video.

4. In-Display Fingerprint dan NFC

kelebihan dan kekurangan samsung a71
Sumber Gambar: Samsung

Bila saingan-saingan di kelasnya masih menyematkan fingerprint di bagian belakang, Samsung Galaxy A71 ini sudah memiliki sensor sidik jari yang tertanam di dalam layar. Selain itu, beberapa ponsel sekelas juga masih belum memiliki NFC yang kini mulai sering digunakan.

Dengan menyematkan sensor fingerprint di dalam layar, desain bagian belakang smartphone ini dapat tetap terlihat clean. Tidak hanya itu, kamu juga bisa merasakan sensasi menggunakan smartphone flagship dengan harga yang terjangkau.

5. Sistem Quad-Camera yang Gahar

samsung a71 harga dan spesifikasi
Sumber Gambar: Samsung

Memiliki konfigurasi lensa utama 64 MP, lensa wide 12 MP, serta makro dan depth 5 MP, kamera Samsung Galaxy A71 ini mampu memberikan hasil yang baik. Kamera jumbo tersebut akan mengambil foto berukuran 16 MP berkat hadirnya fitur Quad Bayer.

Tangkapan lensa utama smartphone ini, memiliki hasil dengan detail dan dynamic range yang baik. Begitupun dengan lensa ultra wide yang dimiliki ponsel ini, dengan meningkatnya dari 8 MP ke 12 MP, hasilnya pun akan terlihat lebih detail dan tajam.

tukar tambah hp bekas
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: Review Oppo Reno 5: Lebih Lengkap, Kamera Cakap

6. Warna Pastel yang Kalem dan Elegan

Berbeda dengan lini flagship S series dan Note series, biasanya Samsung akan menyematkan desain serupa untuk varian menengahnya. Seperti pada Samsung Galaxy A71 ini, desain yang digunakan serupa dengan varian A51 namun sedikit lebih besar.

Memiliki bagian belakang yang melengkung, Samsung Galaxy A71 ini akan tetap terasa nyaman meskipun ukurannya yang jumbo. Dengan finishing glossy, ponsel ini juga memiliki pattern berbentuk berlian bila terkena sinar matahari yang membuatnya terlihat elegan.

7. Rekam Video Lebih Tajam dan Stabil

Selain tangkapan gambar yang baik, pengambilan video di Samsung Galaxy A71 juga tergolong baik. Dilengkapi dengan kapabilitas perekaman mencapai resolusi 4K dan fitur Super Steady untuk resolusi 1080p, ponsel menengah ini mampu memberikan hasil video yang ciamik.

Dalam mode 4K dan 1080p-nya, video yang ditangkap Samsung Galaxy A71 memiliki detail yang cukup dengan dynamic range yang baik. Bagian kontras dan warna pun tergolong bagus untuk sistem perekaman di kelasnya.

Untuk perekaman lensa ultra wide, fitur Super Steady juga bisa tetap dijalankan untuk hasil video ala action camera. Hadirnya lensa depth 5 MP juga memungkinkan kamu untuk mengambil foto dan video dengan background blur, atau dinamai Samsung sebagai fitur Live Focus.

8. Selfie Lebih Tajam dengan Kamera 32 MP

Bagi pengguna sosialita, kualitas kamera depan pasti menjadi salah satu sektor yang penting dalam smartphone yang digunakannya. Beruntung, Samsung Galaxy A71 ini memiliki kamera selfie berukuran 32 MP untuk hasil yang lebih tajam dan detail.

Dalam kondisi pencahayaan yang baik, hasil tangkapan selfie dapat terlihat bagus dengan detail dan warna yang baik. Sensor kamera depan ponsel ini juga menggunakan teknologi Quad Bayer yang mengubah penangkapan gambar 32 MP menjadi 12 MP yang membuatnya lebih tajam.

Adapun untuk hasil yang lebih menarik, Samsung menyematkan fitur AI untuk pengambilan selfie bokeh dengan bagian belakang yang blurry. Pastinya bagi kaum sosialita, ponsel ini merupakan pilihan yang cocok dengan berbagai fitur kamera yang mumpuni.

Kekurangan Samsung Galaxy A71

Ada pun sedikit kekurangan dari Samsung Galaxy A71 yang mungkin tidak begitu signifikan tapi tetap penting untuk diperhatikan, sebagai berikut:

9. Lensa Makro yang Kurang Terpakai?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Samsung Galaxy A71 menggunakan konfigurasi empat kamera dimana salah satunya merupakan lensa makro. Dalam pemakaian sehari-hari, rasanya lensa makro ini masih kurang terpakai oleh sebagian besar pengguna.

Dibandingkan dengan lensa makro, penggunaan lensa tele masih dianggap jauh lebih berguna. Dengan kemampuannya untuk mengambil gambar atau video jarak jauh tanpa perlu mendekati objek ataupun menggunakan zoom digital yang mampu mengurangi ketajaman.

10. Bodi Masih Menggunakan Material Plastik

Semakin banyaknya persaingan di pasar smartphone kelas menengah, membuat banyaknya ponsel yang telah mengusung desain glass sandwich. Namun, ditengah persaingan tersebut, Samsung Galaxy A71 ini masih menggunakan material “glasstic.”

Tentunya hal tersebut bukanlah hal yang terlalu signifikan karena build quality yang dimiliki ponsel ini masih tergolong kokoh. Namun bagi sebagian orang, penggunaan material satu ini akan menjadi kekurangan yang signifikan.

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: Review Xiaomi Mi 10T: HP dengan Snapdragon 865 Termurah?

Spesifikasi Samsung Galaxy A71

  • Nama: Samsung Galaxy A71
  • Rilis: 17 Januari 2020
  • Berat: 179 gram (g)
  • Material: Bagian depan kaca Gorilla Glass 3, bagian belakang plastik, dan frame plastik
  • Jenis dan Ukuran Layar: Super Amoled Plus 6,7 inci (Rasio layar ke bodi ~87.2%)
  • Resolusi Layar: 1.080 x 2.400 piksel (Full HD+)
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 730G
  • Prosesor: Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold dan 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Kamera Belakang: 64 MP (f/1.8, lensa wide 26 mm, PDAF) + 12 MP (f/2.2, lensa ultra wide 123 derajat) + 5 MP (f/2.4, lensa makro) + 5 MP (f/2.2, lensa depth)
  • Kamera Depan: 32 MP (f/2.2, lensa wide 26 mm, HDR) 
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • USB: USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor: Fingerprint (Under display, optical) accelerometer, gyro, proximity, compass, dan ANT+
  • Baterai: 4.500 mAh (fast charging 25 W)
  • Harga: Harga mulai dari Rp 5.020.000 (cek harga Samsung Galaxy A71 selengkapnya)

Baca Juga: Review iPhone XR: Device iOS dengan Harga Terbaik

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, Samsung Galaxy A71 dapat membuat kamu merasa seperti menggunakan smartphone flagship. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, ponsel pintar ini cocok untuk kamu yang ingin upgrade dari ponsel entry level ke kelas menengah.

Bagi yang ingin upgrade ke Samsung Galaxy A71 atau ponsel Samsung lainnya, sekarang kamu bisa mendapatkannya dengan mudah dan hemat dengan banyak penawaran menarik di Tokopedia!

jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Penulis: Lazuardi