Review Samsung Galaxy Tab S6: Era Tablet Android Belum Berakhir

0
207
review samsung galaxy tab s6, kelebihan dan kekurangan samsung galaxy tab s6, spesifikasi samsung galaxy tab s6

Hadir memukau, bisa kah kembalikan kepercayaan pengguna terhadap tablet? Simak kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6!


Review Samsung Galaxy Tab S6 – Perlahan, pasar tablet menurun dan diperkirakan tak akan lagi mengalami kenaikan. Namun, bukan berarti pabrikan perangkat gadget seperti Samsung menyereah begitu saja pada sektor ini. Samsung Galaxy Tab S6 membuat harapan tablet Android bisa ‘bernapas’ lebih panjang di pasar gawai.

Galaxy Tab S6 bisa dibilang sebagai salah satu tablet paling berkelas yang pernah dibuat Samsung. Pasalnya, perangkat ini dilengkapi berbagai keunikan yang belum pernah ada di seri tablet keluaran pabrikan asal Korea Selatan ini sebelumnya.

Tablet yang yang hadir sebagai pesaing seri iPad besutan Apple ini benar-benar menggoda lewat desain, sederet fitur, serta spesifikasinya yang ganas. Nah, bagi kalian yang penasaran, simak review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik yang Andal untuk Desainer

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S6

1. Performa Lebih Tangguh

review samsung galaxy tab s6
Sumber Gambar: Tech Radar

Secara garis besar, Galaxy Tab S6 memang semakin ganas untuk urusan spesifikasi seukuran tablet. Bagaimana tidak, tablet ini dibekali dengan prosesor Snapdragon 855 buatan Qualcomm. Chipset ini merupakan salah satu ‘otak’ perangkat mobile terbaru dan tercepat yang ada di pasar saat ini.

Kamu tidak perlu cemas lagi untuk memainkan game, menonton video, dan melakukan banyak pekerjaan tanpa adanya lagging.

2. Kapasitas Baterai Lebih Besar

review samsung galaxy tab s6
Sumber Gambar: Trusted Reviews

Galaxy Tab S6 memiliki kapasitas baterai 7.040 mAh. sangat cocok untuk digunakan berbagai macam aktivitas termasuk bermain game dan bekerja. Galaxy Tab S6 ini juga  dapat bertahan hampir dua hari.

Tablet ini juga didukung dengan fitur pengisian cepat. Artinya dengan adanya fast charging, kamu tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya baterai device milikmu.

Kamu juga dapat menggunakan Galaxy Tab S6 untuk jangka waktu yang lama tanpa harus mengisi ulang sepenuhnya.

3. S Pen Makin Canggih

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy tab s6
Sumber Gambar: Gadget Match

Kali ini dalam pembelian Galaxy Tab S6, Samsung S-Pen sudah termasuk didalam box, lho, Toppers! S-Pen juga mengalami sedikit pendesainan ulang dengan desainnya yang lebih miring pada ujung pen-nya dan beberapa fungsi baru.

Fitur Air Actions juga membawa motion baru terhadap pena untuk mengambil foto, mengubah mode kamera, dan bahkan memperbesar kamera tanpa menyentuh layar ponsel.

Tidak hanya itu, aplikasi AR Doodles juga hadir yang memungkinkan kamu menggambar dengan latar live di dunia nyata. Tentu hal ini dapat menambah kreasi kamu untuk mendekorasi objek sesuka hati.

4. Tampilan Cantik yang Memikat

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy tab s6
Sumber Gambar: Gizmodo

Samsung Galaxy Tab S6 memiliki layar Super AMOLED 10,5 inci, yang membuat warna-warnanya semakin kaya, lebih cerah dan menawarkan warna hitam yang lebih pekat.

Layar Super AMOLED ini memungkinkan kamu untuk menampilkan hasil jepretan dengan kualitas tinggi dan ditampilkan dengan kualitas yang tinggi pula. Jenis layar ini juga memungkinkan penggunaan energi baterai menjadi lebih hemat.

5. Kamera Lebih Powerful

spesifikasi samsung galaxy tab s6
Sumber Gambar: Lifewire

Samsung Galaxy Tab S6 memiliki rancangan dua kamera yang powerful. Salah satunya termasuk sensor 13 MP dan juga memiliki sensor 5 MP dengan lensa ultra-wide-angle

Bagian depan Galaxy Tab S6 juga dilengkapi dengan kamera selfie 8 MP yang dapat memanjakan kamu untuk tetap update foto terbaik di platform media sosial kamu, Toppers!

jual pen tablet, adonit stylus
Cari pen tablet yang bisa jadi andalan dengan fitur fungsional dan harga terjangkau? Cek Adonit Snap di sini!

Baca Juga: Review Samsung Galaxy Tab A 7.0: Tablet Kokoh yang Ramah untuk Anak

6. Rancangan Audio Berkualitas

Galaxy Tab S6 dilengkapi dengan speaker quad AKG. Hal ini membuat pengalaman mendengarkan musik jauh lebih mendalam daripada tablet lainnya.

Kemudian untuk memanjakan telinga user saat mendengarkan musik, tablet ini juga dibekali dengan Dolby Atmos Sound yang bisa membuat suara terdengar di segala sisi tablet.

7. Dukungan MicroSD Slot hingga 1 TB

Walaupun sudah memiliki dukungan kapasitas memori internal yang cukup besar, Samsung Galaxy Tab S6 ini dapat memikul beratnya data hingga 1TB. Bayangkan saja, kamu bisa banyak memasang aplikasi dan game tanpa perlu mikir dua kali, mana saja aplikasi yang harus dihapus dan disimpan.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6

8. Absennya Data Service

Samsung meluncurkan Wi-Fi service only dari Tab S6 saat awal mula dirilis. Versi data atau LTE service tidak akan tersedia hingga akhir tahun ini. Hal ini membuat pengguna khususnya di Indonesia, kesulitan dalam menggunakan tablet ini.

9. Tidak Hadirnya Headphone Jack

Tidak seperti tablet Galaxy sebelumnya, Samsung memutuskan untuk melepaskan jack headphone 3.5mm pada tablet terbarunya ini. Hal ini sangat disayangkan mengingat hanya orang tertentu yang dapat menikmati fitur tersebut, karena mau tidak mau pengguna harus menggunakan wireless Bluetooth audio.

10. Masih Menggunakan Fitur Keamanan Terdahulu

Setelah sekian banyaknya kelebihan, sensor biometrik sidik jarinya terlalu lambat dalam merespons. Samsung masih menggunakan teknologi optical fingerprint yang berfungsi sebagai sensor keamanan untuk membuka kunci layar.

Padahal, akan lebih baik jika tablet premium ini disematkan fitur keamanan ultrasonic fingerprint seperti yang digunakan oleh Samsung Galaxy S10.

Meski begitu, Galaxy Tab S6 bisa dibilang merupakan salah satu tablet pertama yang mengusung teknologi sidik jari di balik layar.

Ini Dia 8 Tips Merawat Tab Supaya Awet Muda - Tablet Leather Case
Tablet lebih awet dengan leather case terbaik dan termurah di sini!

Baca Juga: Review Nintendo Switch Lite: Handled Console Idaman Terbaik

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6

  • Nama: Samsung Galaxy Tab S6
  • Rilis: Agustus 2019
  • Berat: 420 g
  • Material: kaca (depan), aluminium (bodi)
  • Jenis dan Ukuran Layar: Super AMOLED 10,5 inci
  • Resolusi Layar: 1.600 x 2.560 pixels, rasio 16:10
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 855 (7 nm)
  • Prosesor: Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)
  • RAM: 6GB/8GB
  • Memori Internal: 128 GB/512 GB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 1 TB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 13 MP (f/2.0, 26mm (wide), AF) + 5 MP (f/2.2, 12mm (ultrawide))
  • Kamera Depan: 8 MP (f/2.0, 26mm)
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • USB: 3.1, Type-C 1.0
  • Sensor: Fingerprint (under display (optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: 7.040 mAh (15 W)
  • Harga: Harga resmi Rp 11.999.000

Baca Juga: Review Lenovo Ideapad 330 (14AST): Laptop Murah Berkualitas Andalan

Nah, itu dia keunggulan dan kekurangan, serta spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6, Toppers. Gimana? Apakah tablet ini menjadi salah satu incaranmu?

Pokoknya buat kamu yang banyak sekali aktivitas, nggak ada salahnya untuk upgrade tablet kamu yang sekarang jadi Samsung Galaxy Tab S6. Yuk, tunggu apa lagi? Segera cek penawaran tablet terbaru dengan harga terbaik di Tokopedia!

jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Bagikan Artikel