Tips Traveling yang Harus Diperhatikan agar Liburan Maksimal

547

Tips Traveling – Hai, Toppers! Sudah merencakan liburan, tapi masih bingung harus mempersiapkan dan berbuat apa? Tenang saja! Berikut ini ada tips traveling yang harus diperhatikan agar liburan kamu lebih maksimal.

BACA JUGA: 9 TIPS PACKING MUDIK EFISIEN AGAR MUDIK LEBIH NYAMAN

Tips Traveling agar Liburan Maksimal

Kesabaran Itu Penting

tips traveling - kesabaran
Sumber gambar: Pexels

Ketika kita liburan, selain mendapatkan pengalaman menyenangkan tentunya kadang kita mendapatkan pengalaman buruk seperti tertinggal bus, kemeja rusak ataupun laptop hilang. Tips traveling pertama adalah cobalah agar tetap sabar. Jangan sampai momen tersebut merusak liburan. Dengan begitu kamu dapat liburan dengan maksimal.

Bangun Lebih Pagi

Tips traveling - bangun lebih pagi
Sumber gambar: Pexels

Tips traveling kedua adalah bangun lebih pagi. Pagi merupakan waktu yang tepat untuk traveling karena selain menghindari keramaian, cahaya matahari pagi juga sangat bagus untuk foto. Waktu pagi juga waktu yang tepat untuk berinteraksi dengan penduduk lokal dan cenderung lebih aman.

Selalu Menyiapkan Uang Tunai Darurat

tips traveling - menyiapkan uang darurat
Sumber gambar: Pexels

Uang tunai merupakan hal yang sangat penting terutama dalam keadaan darurat. Tips traveling ketiga adalah selalu menyiapkan uang tunai darurat. Uang tunai darurat tidak dimasukkan ke dalam dompet, namun diselipkan di sepatu, kaos kaki ataupun di tas. Hal ini sangat membantu jika dompetmu hilang ataupun di tempat yang tidak ada ATM.

Bertemu Orang Lokal

tips liburan - bertemu orang lokal
Sumber gambar: Pexels

Orang yang lebih mengerti tentang tujuan wisata traveling kita adalah orang lokal itu sendiri. Oleh karena itu, tips traveling keempat adalah bertemu orang lokal. Janganlah ragu untuk mulai percakapan dengan orang lokal. Dengan bertemu penduduk setempat, kamu dapat mengetahui kebiasaan serta tempat-tempat baru yang masih jarang orang lain tahu.

Mengamati Keadaan Sekitar

tips liburan - mengamati keadaan sekitar
Sumber gambar: Pexels

Yang kelima adalah mengamati keadaan sekitar. Jika kamu ingin merasakan suasana suatu tempat, cobalah untuk duduk di pusat kota dan mengamati keadaan sekitar. Fokus kepada detail di sekitarmu. Ingatlah baunya, warnanya serta suaranya. Dengan hal tersebut, kamu bisa lebih merasakan suasana sekitar.

Selalu Menyiapkan Cadangan

Ketika kita traveling, tentunya kita membawa barang-barang serta dokumen-dokumen penting. Tips traveling keenam adalah selalu menyiapkan cadangan dokumen-dokumen seperti paspor, KTP, file dalam kamera serta file dalam laptop. Kita tidak akan tahu apakah kita akan terkena musibah. Oleh karena itu, selalu siapkan cadangan dalam keadaan darurat. Untuk keamanan ekstra, lakukan juga penyimpanan data penting secara online.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Ambil Banyak Foto

tips liburan - ambil banyak foto
Sumber gambar: Pexels

Tips traveling ketujuh adalah mengambil foto sebanyak-banyaknya. Kamu tidak akan tahu kapan lagi kamu akan traveling ke tempat tersebut. Bisa saja saat kamu ke tempat itu lagi, objek yang kamu suka sudah hilang. Karena itulah tidak ada ruginya untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya. Ketahuilah bahwa foto adalah suvenir paling berharga ketika traveling. Untuk menjepret foto berkualitas, kamu bisa memanfaatkan kamera smartphonekamera DLSR maupun kamera mirrorless.

Makan Makanan Lokal

tips liburan - makan makanan lokal
Sumber gambar: Pexels

Untuk apa traveling jauh-jauh jika kita hanya memakan itu-itu saja? Tips traveling kedelapan adalah mencoba makanan lokal. Selalu coba makanan lokal untuk mencoba sensasi rasa baru di lidah. Mintalah rekomendasi dari orang lokal. Jangan pernah takut sebelum mencoba.

Mencatat Kenangan Baik

tips liburan - mencatat kenangan baik
Sumber gambar: Pexels

Memori manusia tidak terlalu bagus. Kadang kita lupa akan suatu kenangan padahal kenangan tersebut menyenangkan. Tips traveling kesembilan adalah mencatat kenangan baik. Catatlah semua informasi yang berkesan seperti nama orang yang ditemui saat traveling, percakapan dengan orang lokal saat traveling, ataupun bau dari sebuah kota. Dengan mencatat hal ini, ketika kita membacanya, otak kita akan otomatis menampilkan informasi yang disebutkan tadi sehingga kita bisa menikmati perasaan senang traveling sekali lagi.

Berkemas Secukupnya

tips liburan - berkemas secukupnya
Sumber gambar: Pexels

Memang ketika kita traveling, kita pasti memikirkan hal terburuk yang kemungkinan terjadi. Tips traveling terakhir adalah berkemas secukupnya. Berkemaslah sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu ragu untuk membawa sebuah barang, maka kamu tidak membutuhkannya. Kamu juga bisa membeli barang-barang di tempat tujuan traveling jika suatu saat kamu membutuhkannya.

Itulah tips traveling yang harus diperhatikan agar liburan maksimal. Jadi sudah siap liburan? Eits, sebelumnya jangan lupa untuk membeli tiket kereta api yang sudah bisa kamu dapatkan tanpa antre di Tokopedia!

tiket kereta api

Bagikan Artikel