• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

7 Tips ‘Work From Home’ Sambil Menjalankan Bisnis Online di Rumah

Share

7 Tips ‘Work From Home’ Sambil Menjalankan Bisnis Online di Rumah

Menjalankan bisnis online bersamaan dengan kerja di rumah, bisa membuat kita bingung dalam mengelola waktu. Simak tips WFH sambil bisnis online berikut ini!


Tips WFH – Dalam kondisi yang tengah kita lalui saat ini, kalimat WFH atau work from home sudah tidak lagi menjadi hal yang aneh. Banyak bisnis dan perusahaan yang telah menerapkan sistem kerja dari rumah bagi para karyawannya untuk melindungi kesehatannya.

Seiring berkembangnya teknologi, sistem bekerja WFH ini pun dapat dilakukan dengan lebih mudah. Hadirnya aplikasi virtual meeting dan media kerja virtual seperti Google Docs, Sheets, dan Slides, memungkinkan para pekerja untuk tetap terhubung dengan tim dan supervisor-nya.

Tidak sedikit, seorang pekerja kantoran memiliki usaha lain seperti membuka bisnis online untuk meningkatkan pendapatannya. Namun, beberapa orang pemilik bisnis online tersebut, pasti merasakan kesulitan tersendiri ketika berjualan sambil kerja di rumah.

Untuk itu, bagi para pekerja keras diluar sana, berikut adalah tips untuk menjalankan bisnis online sekaligus menjalani sistem WFH dengan baik:

BACA JUGA: 8 Cara Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home

Tips WFH Sambil Bisnis Online di Rumah

1. Atur Schedule Bekerja dan Berbisnis

Atur Schedule Bekerja dan Berbisnis
Sumber: Unsplash

Sistem kerja dari rumah ini, mungkin bisa membuat beberapa orang terkejut dan membuat mereka terlalu santai dalam menyelesaikan pekerjaannya. Ketika berada di rumah, tentu orang-orang akan merasa nyaman dengan suasana rumah.

Untuk itu, kamu perlu mengurangi rasa santai tersebut dengan cara membuat jadwal atau membentuk rutinitas ketika bekerja. Cari tahu jam produktif kamu dalam satu hari, dan maksimalkan waktu kerjamu pada waktu tersebut.

Cobalah untuk melakukan kebiasaan ketika kamu masih kerja dari kantor, seperti tidak begadang, bangun pagi, dan siap-siap. Catat pekerjaan-pekerjaan yang perlu diselesaikan di handphone agar dapat teringat menyelesaikan pekerjaan yang kamu miliki.

Maksimalkan waktu bekerja sebaik mungkin, dan gunakan waktu luang ketika kerjaan sudah selesai untuk mengurus bisnis milikmu. 

2. Lakukan Kebiasaan Baik di Pagi Hari

Lakukan Kebiasaan Baik di Pagi Hari
Sumber: pixabay

Jika biasanya ketika bangun pagi kamu langsung melihat handphone dan email, cobalah untuk menghindari hal tersebut ketika kerja di rumah. Dengan masih menjaga kebiasaan bangun pagi, cobalah untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang bisa membuat diri lebih semangat seperti lari pagi atau yoga.

Semisal alasan kamu bangun pagi adalah karena membutuhkan waktu untuk bersiap-siap dan pergi ke kantor, kamu bisa menggunakan waktu yang biasanya habis di jalan tersebut untuk olahraga pagi yang dapat membantu menciptakan pikiran yang lebih segar.

Kebiasaan baik ini, jika kamu lakukan dengan rutin, bisa meningkatkan fokus ketika bekerja dan dapat menyelesaikan pekerjaan secara maksimal. Sehingga, kamu dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu tanpa melupakan bisnis online yang kamu miliki.

Dengan pikiran yang segar, kamu tetap bisa fokus terhadap masing-masing kepentingan yang kamu miliki.

3. Buat Meja Kerja yang Kondusif

Buat Meja Kerja yang Kondusif
Sumber: Unsplash

Sebisa mungkin, cobalah untuk menghindari bekerja di atas kasur, terlebih dengan posisi rebahan. Hal tersebut dapat memberikan kebingungan pada alam bawah sadar kita sehingga mengaburkan fokus antara bekerja dan beristirahat.

Cobalah untuk menyediakan ruangan khusus untuk bekerja, atau sediakan jarak antar kasur dan meja kerja. Atur meja kerja senyaman mungkin, agar kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih nyaman.

Pastikan juga sisi pencahayaan pada meja kerja terjaga dengan baik, bisa menggunakan sinar matahari dari jendela atau menambahkan lampu meja agar mata tidak lelah. Kamu juga bisa menambahkan tanaman hias di atas meja untuk membuat ruang lingkup bekerja semakin asri.

BACA JUGA: 5 TIPS ‘WORK FROM HOME’ PRODUKTIF ALA TOKOPEDIA

4. Ingat Bekerja, Ingat Beristirahat

Kerja & istirahat
Sumber: Picjumbo.com

Selain dapat membuat badan terasa lelah, duduk secara terus-menerus juga bisa membuat mental terasa lelah. Biasanya, ketika badan dan pikiran sudah mentok, pikiran akan terasa kabur dan sulit fokus, ditambah rasa pegal-pegal.

Kamu bisa melakukan gerakan ringan seperti stretching, jalan-jalan keliling rumah, mencari udara segar sebentar, dan tidak tertinggal memenuhi asupan gizi. Fokus dalam bekerja merupakan hal yang baik, tetapi jangan lupa untuk selalu mengistirahatkan badan dan pikiran.

Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan suasana hati kembali juga meningkatkan produktivitas dan kreativitas yang tadinya sudah mentok. Pastikan untuk menyeimbangkan waktu bekerja dan waktu beristirahat agar tidak berat sebelah.

5. Teknologi Memudahkan Semuanya

Teknologi Memudahkan Semuanya
Sumber: Unslash

Selain dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan mudah, perkembangan teknologi juga dapat membantu bisnis kamu tetap berjalan. Meski sedang sibuk menyelesaikan pekerjaan, pelanggan yang datang belanja dapat tetap dimanjakan.

Jika kamu memiliki toko di Tokopedia, kamu bisa memanfaatkan fitur pesan otomatis yang memungkinkan pelanggan untuk menerima balasan secara langsung. Bentuk pesan tersebut juga dapat kamu atur sendiri sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Dengan memanfaatkan teknologi seperti di atas, kamu bisa tetap fokus dalam menyelesaikan pekerjaan dan juga menjalankan bisnis secara bersamaan.

6. Pastikan Bisnismu Memiliki Informasi yang Mencukupi

Pastikan Bisnismu Memiliki Informasi yang Mencukupi
Sumber: Unsplash

Bagi para pebisnis online, pasti pertanyaan-pertanyaan seperti “Apakah barang ready?”, “Ada ukuran …?”, dan lain sebagainya sudah tidak asing lagi dan sering didapatkan dari para calon pelanggan yang mungkin berminat pada produk yang kamu tawarkan.

Seringkali, mendapatkan notifikasi di handphone menjadi distraksi ketika sedang menyelesaikan pekerjaan yang ada. Jika notifikasi tersebut merupakan pertanyaan-pertanyaan seperti di atas, tentunya hanya akan memakan waktu kamu saja.

Untuk itu, kamu bisa menyiapkannya dengan melengkapi informasi-informasi dasar untuk produk dari bisnis online yang kamu pasarkan. Informasi penting seperti warna, rasa, dan ukuran dapat kamu pajang pada halaman produk untuk memudahkan pengguna mencari tahu ketersediaan barang yang diinginkan.

Dengan begitu, kamu dapat lebih fokus dalam bekerja juga ketika mendapat pertanyaan dari pelanggan, bukan lagi pertanyaan-pertanyaan mendasar seperti pada di atas.

7. Sewa Jasa Admin

Sewa Jasa Admin
Sumber: Unsplash

Jika bisnis online milikmu sudah berkembang menjadi bisnis sedang-tinggi, mungkin akan jauh lebih baik untuk menyewa jasa admin agar dapat membantu kamu mengelolanya.

Tentunya, semakin berkembangnya bisnis yang kamu miliki, juga bisa meningkatkan intensitas masuknya pesanan juga chat yang diajukan oleh pembeli. Hal tersebut, selain dapat menjadi distraksi, juga bisa memalingkan pandanganmu dari pekerjaan-pekerjaan penting yang seharusnya kamu selesaikan terlebih dahulu.

Terlebih lagi, jika kamu memiliki budget berlebih, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan tambahan dalam mengelola usaha milikmu. Dengan adanya admin, pesanan-pesanan yang masuk dapat ditangani dengan lebih baik lagi.

BACA JUGA: 5 Tips Produktif Saat Work from Home dari Nakama Tokopedia


Itu dia tips bekerja dengan sistem WFH dan menjalankan bisnis online secara bersamaan yang dapat kamu terapkan, Toppers! Jangan lupa untuk menyelesaikan pekerjaan berdasarkan urutan terpenting terlebih dahulu, ya!

Ingat selalu untuk menjaga kesehatan tubuh dan rajin cuci tangan menggunakan sabun agar tidak mudah terserang penyakit. Tidak lupa untuk selalu menjaga kebersihan ruangan menggunakan cairan pembersih lantai antibakteri, agar kuman tidak berkembang ya, Toppers!

perlengkapan pembersih laptop
Jaga kebersihan laptop agar debu tidak masuk dan bikin lemot!

Penulis: Lazuardi

Share

Pritania AviraPritania Avira

Related Articles

21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Maret 2024
Top List
21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Maret 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia