• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

15 Objek Wisata Wonosobo Favorit Pelancong

Share

15 Objek Wisata Wonosobo Favorit Pelancong

Tempat Wisata Wonosobo

Oleh-Oleh Khas Wonosobo

Makanan Khas Wonosobo


Objek Wisata Wonosobo – Terletak persis di tengah-tengah provinsi Jawa Tengah, Kota Wonosobo menyimpan segudang objek wisata yang siap memikat hati setiap pengunjungnya.

Dengan lansekap aebagian besar adalah daerah pegunungan, Toppers bisa menikmati udara sejuk dari berbagai tempat wisata Wonosobo yang menarik. Penasaran dengan berbagai keindahan tujuan rekreasi Wonosobo yang disuguhkan? Yuk, simak rekomendasi objek wisata di Wonosobo yang jadi favorit para pelancong berikut ini!

Baca juga: 12 Makanan Khas Malang yang Menggoda Lidah

Pilihan Objek Wisata Terfavorit di Wonosobo

1. Dieng

Wisata Wonosobo
Sumber gambar: Tribunnews

Kurang lengkap ke Wonosobo tanpa menyambangi Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. Destinasi wisata Kabupaten Wonosobo satu ini telah menjadi ikon pariwisata Wonosobo dan hits di kalangan wisatawan.

Terletak di antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, dan berjarak sekitar 30 km dari Kota Wonosobo. Ada banyak banget objek wisata yang pastinya nggak boleh terlewatkan untuk dikunjungi.

Mulai dari Telaga Warna, Kawah Sikidang, Gunung Prau, Bukit Sikunir, Candi Dieng hingga Telaga Menjer. Pastinya, satu hari nggak akan cukup untuk menjelajahi kawasan wisata di Wonosobo ini.

Selain itu, ada satu acara keren yang dihelat setiap tahunnya di dieng, yaitu Dieng Culture Festival, sebuah festival yang menggabungkan unsur musik, budaya dan wisata jadi satu.

Buat Toppers yang ingin menghabiskan waktu liburan disini, jangan lupa untuk pakai jaket, ya, karena suhu udara di tempat ini bisa mencapai 15 sampai 20 derajat celcius, lho! Hal ini disebabkan oleh letak geografis Wonosobo yang berada pada ketinggian 2.093 mdpl.

Lokasi: Bakal Buntu, Bakal, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap Hari 08:00 – 17:00
Tiket Masuk: Rp 10.000,- dengan biaya tiket masuk bervariasi di setiap objek wisata

2. Agrowisata Tambi

Wisata Wonosobo
Sumber gambar: Kompas

Apabila Toppers ingin beristirahat sejenak dan menjauh dari hiruk-pikuk kota besar dengan segala hingar-bingarnya, objek wisata Wonosobo yang satu ini bisa menjadi pilihan.

Agrowisata Tambi menyuguhkan hamparan perkebunan teh yang bisa memanjakan mata. Terletak tepat di kaki Gunung Sindoro, destinasi wisata ini menawarkan udara sejuk dengan suhu berkisar 15 – 24 derajat celcius.

Nggak hanya sekedar menikmati pemandangan sekitar perkebunan, di kawasan wisata Wonosobo ini Toppers juga bisa melakukan banyak aktivitas, mulai dari bersantai di pondok wisata, memancing, bermain tenis, serta mengunjungi pabrik teh dan melihat langsung proses pengolahan teh Tambi.

Lokasi: Tegalrejo, Tambi, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 27.500,- – Rp 55.000,-

3. Waduk Wadaslintang

Wisata Wonosobo
Sumber gambar: Wikimedia

Waduk yang memiliki luas sampai dengan 2.626 hektar ini layak masuk ke dalam daftar objek wisata di Wonosobo yang harus Toppers kunjungi. Pasalnya, waduk ini dikelilingi dan dihiasi panorama Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang indah nan eksotis.

Toppers dapat menikmati keindahan sekitar tempat wisata alam Wonosobo ini dengan berkeliling menggunakan perahu mesin atau perahu dayung yang tersedia.

Lokasi: Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 4.000,- (dewasa) dan Rp 3.000,- (anak di bawah 5 tahun)

stop kontak traveling

4. Pemandian Air Hangat Kalianget

Ingin beristirahat sejenak dan melepas lelah yang ada di tubuh? Berendam di pemandian air hangat dapat menjadi salah satu caranya. Wonosobo, yang merupakan daerah vulkanik aktif, memiliki beberapa titik sumber air panas, antara lain di Kalianget.

Air hangat yang mengandung belerang terasa sangat menyegarkan di tengah udara dingin yang menyelimuti Wonosobo. Selain itu, objek wisata Wonosobo ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, lho. Nggak hanya itu, Toppers juga dapat memanfaatkan berbagai fasilitas lainnya disini, seperti lapangan tenis, lapangan bola, taman bermain, dan hutan kota.

Lokasi: Jalan Raya Wonosobo-Dieng Km. 3, Wonosobo, Indonesia
Jam Operasional: Setiap Hari 7:00 – 19:00
Tiket Masuk: Rp 3.000,-

Baca juga: 5 Destinasi Pemandian Air Panas di Bogor dan Sekitarnya

5. Alun-Alun Kota Wonosobo

Wisata Wonosobo
Sumber gambar: Wonosobo Zone

Beranjak ke jantung kota Wonosobo, Toppers dapat menghabiskan waktu senggang di alun-alun yang menjadi tempat warga kota Wonosobo bersantai dan beraktivitas. Banyak hal yang dapat dijumpai disini, mulai dari berbagai pilihan kuliner tradisional seperti batagor, mie ongklok, siomay, dan sebagainya, hingga acara-acara yang menjadi selebrasi pemerintah kota.

Ditambah lagi, ruang publik ini disulap menjadi destinasi wisata belanja di Wonosobo ketika hari Minggu pagi tiba. Jangan lupa ajak keluargamu ya, Toppers, untuk berjalan-jalan disini seraya menikmati suasana asri kota Wonosobo.

Lokasi: Jalan Pemuda No. 2, Wonosobo Timur, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56311
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Curug Sikarim

Wisata Wonosobo
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Bagi Toppers yang punya jiwa petualang dan suka tantangan, Air Terjun Sikarim atau yang biasa dikenal dengan Curug Sikarim, dapat menjadi tempat wisata Wonosobo yang tepat untuk menguji adrenalin.

Perjalanan menuju ke objek wisata Kabupaten Wonosobo ini nggak bisa dibilang mudah. Pengunjung harus terlebih dahulu menyusuri jalan yang berliku dan rusak, sehingga akan menjadi perjalanan yang cukup panjang. Sepanjang perjalanan, Toppers akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dari barisan perbukitan yang membentang serta ladang pertanian yang menghampar.

Di sekeliling tempat wisata di Kabupaten Wonosobo ini, masih terdapat hutan rimbun yang menambah keindahan dan berpadu dengan air jernih yang mengalir deras di Curug Sikarim. Meskipun hanya memiliki ketinggian sekitar 100 meter, hal ini nggak sama sekali mengurangi keelokan air terjun ini.

Lokasi: Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 6.000,-

7. Lubang Sewu

Wisata Wonosobo
Sumber gambar: Kompasiana

Objek wisata Wonosobo yang terletak di desa Erorejo ini masih terbilang baru karena baru diresmikan pada tahun 2015, sehingga belum seterkenal objek wisata lainnya di Wonosobo. Namun ini nggak berarti antusiasme wisatawan rendah, lho.

Malah, ketika musim liburan, tempat ini cukup disesaki wisatawan yang berlomba-lomba selfie dengan latar puluhan batu karang yang tersebar mengelilingi Waduk Wadaslintang. Waktu terbaik untuk mengunjungi Lubang Sewu adalah ketika musim kemarau, karena ketika musim penghujan datang, bebatuan yang menjadi ikon destinasi wisata ini kerap tenggelam.

Toppers yang memiliki hobi memancing dapat melakukannya disini. Selain itu, tempat ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Terdengar asyik, kan?

Lokasi: Jurutengah, Erorejo, Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56365
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 10.000,-

perlengkapan traveling

8. Curug Winong Kaliwiro

Banyuwangi menyimpan banyak pesona alam yang masih terjaga keasriannya, salah satunya Curug (Air Terjun) Kaliwiro ini. Batu hitam yang dialiri air jernih menjadikan tempat ini layaknya mutiara tersembunyi. Ditambah lagi dengan bukit-bukit hijau tinggi dan hutan pinus yang meliputi daerah curug.

Lokasi: Satu, Winongsari, Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56364
Jam Operasional: 07:00 – 20:00
Tiket Masuk: Rp 2.000,- (Senin – Jumat), Rp 3.000,- (akhir pekan)

9. Telaga Menjer

Wisata Wonosobo
Sumber gambar: Wikipedia

Asal mula adanya telaga ini adalah karena letusan Gunung Pakuwaja yang dulu pernah aktif. Awalnya, tempat wisata di Wonosobo ini hanyalah sumber air mata kecil, yang meluas setelah terjadinya letusan. Sekarang, tempat ini menjadi salah satu objek wisata yang nggak boleh dilewatkan di Wonosobo.

Terletak di rute yang sama menuju Dieng, Toppers bisa sejenak mampir untuk merasakan jernihnya air telaga dan sejuknya udara khas pegunungan. Sama seperti objek wisata air lainnya di Wonosobo, Toppers juga dapat memancing, lho, dengan jenis ikan yang beragam yang hidup di telaga.

Bagi yang hanya ingin bersantai melihat-lihat pemandangan objek wisata Wonosobo satu ini, ada juga perahu yang siap mengantar berkeliling Telaga Menjer selama 30 menit. Dijamin, deh, lanskap Gunung Sindoro yang membentang di sekitar telaga akan membuat Toppers berdecak kagum!

Lapar setelah lelah seharian menjelajah? Toppers nggak perlu khawatir karena ada restoran di sekitar wilayah wisata Wonosobo ini. Uniknya, restoran yang disediakan adalah restoran apung, lho! Alias, ada di tengah-tengah telaga. Unik, ya?

Lokasi: Maron, Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 5.000,-

10. Curug Sirawe

Objek Wisata Wonosobo
Sumber gambar: Wikipedia

Bicara soal objek wisata air terjun di Wonosobo memang nggak akan ada habisnya. Setelah sebelumnya membahas soal Curug Sikarim dan Curug Winong Kaliwiro, kali ini akan dibahas keindahan lainnya di Wonosobo yang belum banyak terekspos, Curug Sirawe.

Nama tempar wisata Wonosobo ini diambil dari kata rawe yang berarti suwiran. Hal ini karena ada tiga air terjun yang lokasinya berdekatan, dengan dua air terjun bersuhu panas dan satu air terjun yang bersuhu dingin.

Curug ini masih tertutup rapat dengan hutan, jadi buat Toppers yang ingin merasakan keasrian alam Wonosobo, jangan lupa sempatkan waktu kesini, ya! Perjalanan ke objek wisata Wonosobo yang satu ini cukup melelahkan, jadi pastikan untuk membawa bekal makanan dan air minum yang cukup.

Lokasi: Bitingan, Kepakisan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 5.000,-

tas gunung

11. Agrowisata Tanjungsari

Selain Tambi, Wonosobo ternyata juga punya perkebunan teh lainnya yang dijadikan objek wisata favorit si Wonosobo, lho. Namanya Kebun Teh Tanjungsari. Lokasinya yang strategis membuat tempat ini kerap ramai didatangi para pelancong.

Selain itu, Toppers juga dapat melepas penat dengan berpetualang di taman air atau water park yang disediakan. Berbagai fasilitas outdoor lainnya juga wajib untuk dicoba, nih, seperti hiking dan outbound. Nggak suka aktivitas yang melelahkan? Jangan khawatir. Toppers juga bisa, lho, berkeliling sekitar perkebunan teh dengan bus yang siap mengantar.

Lokasi: Jalan Raya Wonosobo – Purworejo Km 14, Sapuran, Wonosobo.
Jam Operasional: 08:00 – 22:00
Tiket Masuk: Rp 6.000,-

12. Kolam Renang Mangli

Ingin merasakan segarnya air yang diambil langsung dari mata air pegunungan? Kalau iya, Toppers harus banget, nih, berkunjung ke Kolam Renang Mangli. Oh ya, sumber air kolam renang ini juga menjadi sumber air produk air minum kemasan ternama di Indonesia, lho.

Lokasi: Kenteng, Kejiwan, Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56311
Jam Operasional: 05:00 – 17:00
Tiket Masuk: Rp 3.000,-

13. Gua Jaran

Sumber gambar: Kompas

Sebagian masyarakat masih percaya bahwa gua memiliki unsur magis, dan dipercaya sebagai tempat untuk bermeditasi. Sesuai namanya, jaran yang berarti kuda, objek wisata Wonosobo ini pada masa lalu pernah disinggahi seekor kuda yang berteduh dari hujan.

Setelah keluar dari gua, kuda tersebut dalam keadaan hamil. Memang, Gua Jaran dianggap sebagai lambang kesuburan. Hal ini dapat dilihat dari patung perempuan yang sedang membawa bunga, yang dapat dijumpai di pintu masuk.

Terlepas dari segala mitos yang ada, Gua Jaran tetaplah menjadi objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari bentuknya yang unik, sampai pemandangan Dieng di sekitar gua yang menakjubkan. Toppers juga bisa menjelajah di sekitar kompleks wisata Telaga Warna yang letaknya berdekatan.

Lokasi: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 7.000,-

Baca juga: 24 Candi Hindu-Buddha di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

14. Candi Dieng

Wisata Candi Dieng di Wonosobo
Sumber gambar: Bintang

Objek wisata Wonosobo yang merupakan bekas peninggalan sejarah ini terdiri dari beberapa candi yang membentuk satu kompleks. Menempati lahan seluas 800 meter dan berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, Candi Dieng wajib masuk daftar destinasi wisata Toppers, nih.

Karena candi ini terbagi menjadi tiga blok yang berisi beberapa bangunan candi megah, di antaranya Kelompok Arjuna, Kelompok Gatutkaca, Kelompok Dwarawati, dan Candi Bima. Masing-masing candi punya keunikannya masing-masing, lho.

Contohnya Candi Bima yang atapnya berbentuk bujur sangkar. Bentuk ini sangat berbeda dengan kebanyakan candi yang ditemukan di Pulau Jawa. Menarik, kan? Jadi bisa jalan-jalan sambil belajar sejarah, deh!

Lokasi: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam
Tiket Masuk: Rp 15.000,-

15. Dieng Plateau Theater

Objek Wisata Wonosobo Terbaru
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Bosan dengan film yang biasa diputar di bioskop? Kalau Toppers kebetulan berkunjung ke Wonosobo terutama daerah Dieng, berarti harus mampir kesini. Dengan kapasitas sebanyak 400 orang, pengunjung akan diajak menyelami lebih dalam semua hal tentang Dataran Tinggi Dieng, mulai dari sejarahnya, kondisi geografisnya, budayanya, dan masih banyak lagi. Semua ini dibungkus secara ciamik dalam sebuah film.

Disarankan banget, nih, untuk mengunjungi objek wisata Wonosobo satu ini terlebih dahulu sebelum menjelajah kawasan Dieng agar Toppers punya bekal pengetahuan yang cukup.

Lokasi: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
Jam Operasional: 07:00 – 18:00
Tiket Masuk: Rp 4.000,-

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Outbond Terbaik di Pulau Jawa

Nah, itu dia 15 objek wisata di Wonosobo rekomendasi Tokopedia. Kira-kira destinasi wisata Wonosobo mana yang jadi favorit dan ingin Toppers kunjungi kalau berkesempatan ke Wonosobo?

Ke mana pun tujuannya, jangan lupa untuk lengkapi keperluan traveling-mu, ya! Toppers juga dapat memesan tiket kereta atau tiket pesawat dengan mudah dan harga termurah hanya di Tokopedia!

tiket kereta api
© 2009-2024, PT Tokopedia