15 Pilihan Oleh-Oleh Asal Cirebon yang Unik & Menarik

0
122
Oleh-oleh khas Cirebon
Sumber gambar: Bumbu Kuliner

Oleh-oleh Khas Cirebon – Berada di pesisir Jawa, tepatnya Jawa Barat, Cirebon merupakan salah satu kota yang khas akan produk udang-nya. Namun, ternyata ada banyak sekali pernak-pernik khas Cirebon lainnya yang cocok untuk Toppers jadikan buah tangan saat berkunjung kota Udang ini.

Untuk Toppers yang tengah bingung mencari oleh-oleh khas Cirebon untuk diberikan ke kerabat terdekat, intip rekomendasi berbagai hal khas Cirebon yang bisa dijadikan oleh-oleh yang pas saat berkunjung ke Cirebon!

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Majalengka, Surga Tersembunyi Jawa Barat

Oleh-Oleh Khas Cirebon

1. Sirup Tjampolay

Oleh-oleh khas Cirebon
Sumber gambar: Tokopedia

Telah ada sejak tahun 1936, Sirup Tjampolay adalah salah satu oleh-oleh khas Cirebon yang melegenda. Memiliki cita rasa manis yang khas, Sirup Tjampolay memiliki banyak sekalian varian rasa dan kerap digunakan untuk melengkapi berbagai sajian minuman mulai di warung-warung makan hingga restaurant dan hotel, lho.

Dengan harga yang cukup terjangkau, tak heran banyak yang menjadikan Sirup Tjampolay sebagai salah satu oleh-oleh asal Cirebon favorit kala berkunjung ke Cirebon.

2. Terasi Udang Cirebon

Terkenal sebagai Kota Udang, jelas di Cirebon Toppers bisa menemukan banyak sekali olahan dari udang yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, salah satunya adalah terasi udang Cirebon.

Terbuat dari udang rebon, terasi udang asal Cirebon terkenal sebagai salah satu terasi dengan cita rasa khas yang sangat lezat untuk melengkapi bumbu masak di dapur rumahmu!

3. Kue Gapit

Oleh-oleh khas Cirebon
Sumber gambar: Bumbu Kuliner

Meskipun memiliki nama “Kue Gapit”, camilan khas Cirebon satu ini justru lebih mirip kerupuk karena bentuknya yang tipis dan teksturnya yang sangat renyah. Sekilas bentuk dari Kue Gapit mirip seperti waffle namun lebih tipis.

Dengan banyaknya varian rasa dari Kue Gapit mulai dari rasa keju, bawang, hingga kencur dan original, Toppers bisa menjadikan camilan tradisional asal Cirebon ini sebagai oleh-oleh saat ke Cirebon.

4. Jambal Roti

Oleh-oleh khas Cirebon
Sumber gambar: Tokopedia

Tak cuma udang, salah satu hasil laut asal Cirebon yang tak kalah populer adalah Jambal Roti, sejenis ikan asin khas Cirebon yang terbuat dari bahan baku ikan Manyung. Diolah melalui proses yang panjang, oleh-oleh khas Cirebon satu ini mungkin memiliki harga yang cukup tinggi. Namun, rasanya yang lezat tentu sebanding dan sangat layak untuk Toppers jadikan sebagai buah tangan dari Cirebon.

5. Serabi

Satu lagi olahan panganan tradisional di Cirebon yang cukup terkenal sebagai oleh-oleh adalah Serabi. Meskipun ada banyak daerah lainnya dimana Toppers bisa menemukan kuliner ini, namun tentu Serabi khas Cirebon tetap menarik untuk dipilih sebagai buah tangan saat berkunjung ke Cirebon.

6. Kerupuk Rambak

Oleh-oleh khas Cirebon
Sumber gambar: Akurat

Untuk Toppers penggemar kuliner kerupuk kulit, maka oleh-oleh khas Cirebon selanjutnya ini mungkin bisa jadi pilihan yang pas untukmu. Kerupuk Rambak adalah olahan kerupuk kulit khas Cirebon yang kerap disajikan bersama makanan khas Cirebon, empal gentong. Namun, Toppers juga bisa menemukan Kerupuk Rambak yang dijual terpisah untuk dijadikan sebagai oleh-oleh dari Cirebon.

7. Keripik Tempe Sagu

Oleh-oleh khas Cirebon
Sumber gambar: Tokopedia

Alternatif panganan renyah yang khas dari Cirebon selain Kerupuk Rambak adalah Keripik Tempe Sagu. Sesuai dengan namanya, yang membuat oleh-oleh khas Cirebon satu ini berbeda dengan keripik tempe lainnya adalah adonan sagu yang digunakan untuk membuat keripik ini.

Untuk Toppers yang tertarik menjadikan keripik tempe sagu sebagai oleh-oleh dari Cirebon, ada banyak pilihan rasa yang bisa dipilih mulai dari keju, pedas, hingga rasa sapi panggang.

8. Kerupuk Udang

Olahan udang di Cirebon tak terbatas hanya terasi saja, lho. Di Cirebon Toppers juga bisa dengan mudah menemukan kerupuk udang khas Cirebon. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah menjadikannya cukup digemari sebagai salah satu oleh-oleh khas Cirebon.

9. Petis Cirebon

Petis merupakan bumbu dapur tradisional yang cukup populer. Di Cirebon, Toppers bisa menemukan bumbu Petis khas yang mungkin sulit ditemukan di daerah lain, yakni Petis Udang khas Cirebon. Bumbu dapur ini memberikan sensasi rasa manis, pedas, dan gurihnya udang pada lidahmu. Kekhasan inilah yang menjadikan Petis Udang Cirebon cukup banyak diburu sebagai oleh-oleh dari Cirebon

10. Batik Cirebon

Motif Batik

Oleh-oleh khas Cirebon tak melulu makanan. Di Cirebon Toppers bisa menemukan kain batik khas Cirebon yang tak kalah menarik untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Berbeda dengan kawasan lainnya, Cirebon yang berada di kawasan pesisir memiliki motif batik yang cukup khas dan terkenal akan penggunaan warna-warna yang cerah. Salah satu motif batik khas Cirebon yang cukup terkenal adalah batik mega mendung.

11. Rengginang

Oleh-Oleh Khas Solo
Sumber gambar: Pemerintah Kota Surakarta

Berbahan dasar beras ketan, rengginang merupakan salah satu camilan tradisional yang cukup mudah ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Namun, di Cirebon Toppers bisa menemukan olahan Rengginang yang rasanya telah dimodifikasi dengan cita rasa Cirebon seperti Rengginang rasa terasi, udang, keju, dan berbagai varian rengginang lainnya.

12. Emping Khas Cirebon

Alternatif oleh-oleh khas Cirebon yang cukup praktis adalah Emping. Panganan yang terbuat dari melinjo ini memang hampir ada di seluruh daerah di Indonesia. Namun, di Cirebon Toppers bisa menemukan emping dengan varian rasa yang sangat bervariasi. Mulai dari emping rasa rumput laut, emping rasa udang, dan berbagai varian rasa emping lainnya.

13. Jeniper

Nama Jeniner merupakan singkatan dari “Jeruk Nipis Peras”. Belakangan minuman yang memiliki cita rasa manis dan asam yang menyegarkan ini cukup populer sebagai oleh-oleh khas Cirebon. Tak hanya menyegarkan, oleh-oleh khas Cirebon ini juga baik untuk kesehatan Toppers, lho.

14. Tape Ketan

Oleh-oleh khas Cirebon
Sumber gambar: Dictio

Rekomendasi oleh-oleh khas Cirebon selanjutnya adalah Tape Ketan. Olahan beras ketan yang difermentasi dan dibungkus daun pisang ini memiliki perpaduan rasa manis dan asam yang sangat khas. Mudah ditemui di pasar-pasar tradisional, Tape Ketan bisa jadi salah satu pilihan buah tangan yang khas dari Cirebon.

15. Cirebon Sultana

Oleh-oleh khas Cirebon
Sumber gambar: Tokopedia

Jika Toppers ingin oleh-oleh yang lebih kekinian, maka Cirebon Sultana bisa jadi pilihan yang tepat. Olahan kue bolu dengan berbagai varian rasa ini menjadi salah satu alternatif oleh-oleh khas Cirebon yang lebih modern.

Baca juga: 5 Tarian Daerah Jawa Barat yang Harus Dilestarikan

Banyak sekali bukan pilihan oleh-oleh khas Cirebon yang menarik sebagai buah tangan untuk kerabat ataupun keluarga. Agar, liburan ke Cirebon makin maksimal, gunakan aplikasi Tokopedia untuk dapatkan tiket kereta dengan harga terbaik dan berbagai perlengkapan traveling paling lengkap!

Yuk, mulai perburuan oleh-oleh khas Cirebon-mu!

Bagikan Artikel