Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Bijak Menggunakan Uang Insentif Prakerja

07 January 2021
Share
Cara Bijak Menggunakan Uang Insentif Prakerja

Dana insentif Prakerja sebaiknya digunakan untuk keperluan yang penting. Berikut ini adalah cara paling bijak untuk menggunakannya.


Bagi kamu yang berhasil lolos seleksi kartu Prakerja tentunya sudah tidak asing dengan istilah dana insentif Prakerja.

Ya, insentif sebesar Rp 600.000 ini diberikan selama 4 bulan setelah menyelesaikan minimal satu program pelatihan.

Tentunya akan sangat disayangkan jika kamu tidak menggunakan kesempatan ini melakukan hal yang bermanfaat dan menghasilkan.

Berikut ini tips menggunakan dana insentif Prakerja agar nanti tidak menyesal karena habis sia-sia.

BACA JUGA: Cara Mendapatkan & Mencairkan Insentif Prakerja Gelombang Terbaru

1. Gunakan untuk Modal Buka Usaha

Tidak hanya digunakan untuk modal pelatihan, dana insentif dari Prakerja juga bisa kamu kelola agar menguntungkan, lho. Salah satunya dengan membuka usaha. Mungkin kamu masih berpikir buka usaha memerlukan modal yang besar untuk membeli bahan baku dan sewa  tempat berjualan.

Jangan khawatir Toppers, di era serba digital sekarang semuanya serba mudah. Kamu bisa mulai berjualan dengan membuka toko online.

Selain praktis dan mudah, trend berbelanja online saat ini sedang ramai-ramainya, ditambah dengan situasi pandemi yang membuat masyarakat terbatas bepergian keluar rumah.

Kamu bisa menyalurkan keahlian kamu memasak, menjahit, atau membuat berbagai kerajinan tangan unik yang memiliki nilai jual dengan berjualan.

Salah satu tips memulai usaha online adalah pastikan kamu pilih marketplace terpercaya dan menjamin barang kamu dapat ditemukan dengan mudah oleh pembeli seperti di Tokopedia.

2. Modal untuk Menjadi Reseller

Selain berjualan produk buatan sendiri kamu juga bisa menjadi reseller dengan cara membeli barang dalam jumlah besar dan dijual kembali dengan harga jual lebih tinggi.

Selain mudah keuntungan lainnya menjadi reseller adalah kamu tidak perlu modal besar sekaligus bisa melakukan tes pasar sebelum akhirnya membuka usaha dengan produk sendiri.

Tertarik menjadi mitra Tokopedia? Yuk pelajari syarat dan ketentuannya dengan download aplikasi Mitra Tokopedia atau kunjungi website https://www.tokopedia.com/mitra/.

3. Gunakan untuk Membayar Tagihan Bulanan

Toppers, jangan sampai uang intensif Prakerja malah habis untuk hal-hal yang tidak penting ya. Agar bermanfaat, kamu bisa gunakan dana insentif ini untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari seperti bayar atau beli token listrik, BPJS, pulsa dan masih banyak lainnya.

Sekarang kegiatan pembelian kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan cepat di Tokopedia.

Selain itu bayar tagihan di Tokopedia juga bisa dapat cashback berupa poin atau voucher yang tentunya semakin menguntungkan untuk kamu.

BACA JUGA: Panduan dan Cara Mengisi Survei Prakerja yang Benar

4. Pakai untuk Investasi Reksadana

Cara bijak lainnya menggunakan dana insentif Prakerja adalah dengan berinvestasi melalui instrumen reksadana.

Tentunya uang kamu ini dapat menjadi tabungan jangka panjang yang menguntungkan dengan risiko kecil.

Jika kamu adalah seorang pemula Tokopedia reksadana dapat menjadi wadah aman untuk memulai investasi mu karena proses pendaftarannya sangat mudah.

Keuntungan yang kamu dapatkan jika bergabung dengan program ini adalah pencairan dana dapat dilakukan cepat dan instan tanpa biaya admin, memperoleh keuntungan hingga 6,5% per tahun, serta jual beli kapanpun 24 jam di Tokopedia reksadana.

tokopedia reksa dana
Investasi mudah dan menguntungkan, mulai dari Rp 10 ribu! Tunggu apa lagi?

5. Beli Berbagai Perlengkapan untuk Jadi Content Creator

Trend menjadi Youtuber saat ini masih sangat diminati. Jika kamu adalah orang dengan kreatifitas tinggi dan selalu mengikuti perkembangan terkini tidak ada salahnya mencoba peruntungan kamu untuk menjadi seorang content creator di Youtube.

Selain ide kreatif kamu juga perlu dibantu dengan alat-alat pelengkap seperti stabilizer kamera atau stabilizer handphone, ring light atau light untuk menambah pencahayaan, serta berbagai aksesoris lainnya seperti kamera, komputer atau laptop.

Semua perlengkapan ini tentunya bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah di Tokopedia!

BACA JUGA: Cara Daftar Kartu Prakerja Batch 1 Tahun 2021

Itu dia Toppers 5 tips menggunakan dana insentif Prakerja dengan bijak. Semoga informasi diiatas dapat bermanfaat dan menginspirasi kamu dalam membuka usaha atau mencoba kegiatan baru yang mendatangkan keuntungan.

kartu pra kerja tokopedia
Temukan berbagai macam pelatihan Kartu Prakerja yang bermanfaat di Tokopedia dan dapatkan sertifikatnya dengan mudah!

Penulis: Andina Apriliani

TAGS
Share
TokopediaTokopedia

Related Articles

Final FA Cup 2023 Man United vs Man City: Prediksi Skor, Line-up, Formasi, dan H2H
Topik Seru Lainnya
Final FA Cup 2023 Man United vs Man City: Prediksi Skor, Line-up, Formasi, dan H2H
© 2009-2023, PT Tokopedia