• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

15 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Ampuh!

21 June 2021
Share
15 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Ampuh!

Kembali percaya diri dengan mempraktikan 15 cara menghilangkan bau ketiak ini. Mudah, murah, dan ampuh atasi bau badan!


Cara Menghilangkan Bau Ketiak – Bau badan memang sangat membuat tidak nyaman bagi diri sendiri dan orang sekitar. Hal ini juga bisa membuatmu tidak percaya diri saat bersama dengan orang lain, apalagi gebetan, Toppers!

Nah, jika kamu sudah menyadari kondisi ini artinya sudah termasuk adalah langkah awal yang baik. Kini saatnya untuk mengatasinya!

Tips & Cara Menghilangkan Bau Badan

Tips Menghilangkan Bau Badan
Sumber Gambar: Pexels

Mungkin pernah terbesit di pikiranmu untuk menggunakan parfum sebanyak-banyaknya agar bisa menghilangkan bau badan. Sayangnya, bukan itu solusinya, Toppers! Langsung simak saja cara-cara menghilangkan bau badan di bawah ini:

baca juga: 15 Tips dan Cara Memutihkan Ketiak Hitam, Pakai Bahan Alami!

1. Mandi Secara Teratur

Mandi Secara Teratur
Sumber Gambar: Pexels

Mandi teratur adalah hal yang paling utama untuk menghilangkan bau badan. Minimal kamu mandi dua kali sehari. Namun, jika dirasa dibutuhkan, kamu dapat mandi lagi saat telah melakukan aktivitas berat seperti olahraga.

2. Gunakan Sabun Antibakteri

Gunakan Sabun Antibakteri
Sumber Gambar: Unsplash

Sumber utama dari bau badan adalah bakteri yang berkembang biak pada tubuh. Kamu dapat menggunakan sabun antibakteri agar menghilangkan bakteri secara optimal.

3. Keringkan Badan dengan Baik

Keringkan Badan dengan Baik
Sumber Gambar: Pexels

Salah satu sumber masalah bau badan adalah kelembaban berlebih. Oleh karena itu, kamu harus mengeringkan badan dengan benar. Untuk hasil badan kering yang maksimal, kamu dapat menggunakan bedak tabur.

4. Pilih Pakaian Sejuk

Pilih Pakaian Sejuk
Sumber Gambar: Pexels

Setelah melakukan kiat-kiat di atas, tentunya akan lebih efektif jika kamu memilih untuk menggunakan pakaian berbahan sejuk. Pakaian sejuk yang memiliki sirkulasi udara yang baik akan mengurangi kadar keringat tubuh sehingga menghilangkan bau badan.

5. Ganti Baju Secara Teratur

Ganti Baju Secara Teratur
Sumber Gambar: Pexels

Jika kamu memiliki bau badan, sangat tidak dianjurkan untuk memakai ulang pakaian yang telah kamu pakai di hari sebelumnya. Pastikan kamu memiliki stok pakaian yang cukup dan jadwal mencuci baju agar pakaian bersih selalu tersedia setiap hari.

baca juga: Review Scarlett Whitening Body Lotion, Cerahkan Kulit!

6. Hindari Pemakaian Deodoran Berlebih

Hindari Pemakaian Deodoran Berlebih
Sumber Gambar: Unsplash

Deodoran memang seringkali efektif untuk menghilangkan bau badan. Namun, jika penggunaannya berlebihan, efeknya justru akan jadi sebaliknya.

Pemakaian deodoran berlebih akan menyebabkan bau badan semakin jelas dan meninggalkan cap basah di sekitar pakaianmu. Kamu juga bisa pastikan deodoran yang telah kamu oleskan sudah kering sebelum kamu mengenakan baju.

7. Gunakan Antiperspirant

Gunakan Antiperspirant
Sumber Gambar: Pixabay

Selain deodoran, kamu juga bisa menggunakan antiperspirant. Seringkali keduanya dianggap sama, namun tentu saja berbeda, Toppers!

Antiperspirant dapat menahan keringat berlebih sehingga ketiak tidak basah. Sedangkan deodorant adalah produk yang kamu gunakan untuk menghilangkan bau. Antiperspirant perlu kamu gunakan juga mengingat kelembaban adalah sumber utama bakteri dan bau.

8. Gunakan Daun Sirih

Gunakan Daun Sirih
Sumber Gambar: The Sentinel Assam

Nah, jika kamu ingin tahu cara menghilangkan bau badan secara alami, menggunakan daun sirih adalah salah satu caranya. Daun sirih memiliki kandungan antibakteri alami yang dapat menghilangkan bau badan.

Caranya, cukup siapkan air rebusan daun sirih kemudian basuhkan pada kulit saat mandi.

9. Gunakan Cuka Apel

Gunakan Cuka Apel
Sumber Gambar: Freepik

Sama dengan penggunaan sirih, cuka apel dapat kamu gunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Kandungan antibakteri dalam cuka apel dapat membantu mengurangi bau badan.

Caranya cukup oles cuka apel pada bagian badan yang mudah bau. Namun kamu perlu berhati-hati karena sifat asamnya dapat menyebabkan iritasi.

10. Gunakan Baking Soda

Gunakan Baking Soda
Sumber Gambar: Pexels

Cara alami lain untuk mengurangi bau badan adalah dengan menggunakan baking soda. Sifat baking soda yang mampu mengurangi kelembaban dapat dimanfaatkan jadi deodoran alami. Baking soda akan menyerap keringat sehingga meminimalisir bau.

baca juga: 8 Cara Memutihkan Gigi Yang Wajib Kamu Coba!

11. Gunakan Jus Lemon

Gunakan Jus Lemon
Sumber Gambar: Pexels

Selain nikmat dikonsumsi, jus lemon juga berfungsi sebagai cara menghilangkan bau ketiak. Sifatnya yang asam efektif membunuh bakteri penyebab bau badan sehingga mengubah level pH kulit yang akan membuat bakteri bau badan sulit bertahan hidup.

12. Witch Hazel

Witch Hazel
Sumber Gambar: Unsplash

Apa itu witch hazel? Witch hazel adalah ekstrak daun pohon witch hazel yang memiliki sifat astringent yang dapat mengecilkan pori-pori di ketiak. Dengan begitu, bahan alami ini dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan berlebih.

13. Bunga Kecombrang

Bunga Kecombrang
Sumber Gambar: Indonesia.go.id

Cara menghilangkan bau ketiak selanjutnya adalah menggunakan bunga kecombrang. Bahan alami yang satu ini juga memiliki kandungan antibakteri sehingga dapat mengurangi bau badan.

Caranya, hancurkan kasar batang dan bunga kecombrang kemudian gunakan pada tubuh sebagai sabun ketika mandi.

14. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil
Sumber Gambar: Pexels

Tea Tree Oil adalah unsur ajaib yang dapat menyelesaikan berbagai masalah kulit, termasuk bau badan. Jika dipakai teratur, kandungan anti-bakteri yang terdapat dalam tea tree oil akan menghilangkan bau badan.

Caranya cukup campurkan air dan tea tree oil pada botol spray dan semprotkan ke daerah ketiak. Selain itu, tea tree oil juga memiliki aroma khas yang dapat menyejukkan dan meredam bau badan.

15. Konsumsi Makanan Pendukung

Konsumsi Makanan Pendukung
Sumber Gambar: Pexels

Tak hanya dari luar, kamu juga harus mengurangi bau badan dari dalam. Ada beberapa makanan yang mendukung tumbuhnya bakteri sehingga menghasilkan bau badan misalnya saat kamu mengonsumsi minyak dan bawang berlebih.

Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayuran, makanan kaya klorofil, dan minum air yang cukup agar kulit mendapat hidrasi dari luar dalam.

baca juga: 10 Manfaat Saffron untuk Wajah, Kulit Cerah dan Glowing!


Nah, itulah 15 cara sederhana yang dapat kamu upayakan untuk mengurangi bau ketiak. Tak perlu tergesa-gesa atau frustasi karena satu-satunya cara menghilangkan bau badan permanen adalah dengan menjaga kebersihan setiap hari dan menjauhkan diri dari kelembaban berlebih.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk memaksimalkan upaya mengurangi bau badan. Temukan bahan alami pilihan untuk mengatasi bau ketiak di Tokopedia sekarang!

jual produk perawatan tubuh
Manjakan diri dengan berbagai produk perawatan tubuh terbaik di sini!
© 2009-2023, PT Tokopedia