• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

15 Tips dan Cara Memutihkan Ketiak Hitam, Pakai Bahan Alami!

13 January 2023

Share

15 Tips dan Cara Memutihkan Ketiak Hitam, Pakai Bahan Alami!

Kurang percaya diri karena memiliki ketiak hitam? Ketahui cara memutihkan ketiak yang efektif dengan bahan alami berikut ini!


Cara Memutihkan Ketiak Hitam – Sering merasa kurang percaya diri menggunakan atau tank-top karena kulit ketiak yang hitam? Kulit ketiak hitam seringkali menjadi masalah bagi sebagian besar orang, terutama bagi kaum hawa yang dianggap dapat mengganggu penampilan sehari-hari.

Kulit ketiak yang hitam muncul akibat adanya penumpukan sel kulit mati atau karena kondisi ketiak kamu yang selalu berkeringat, sehingga menjadi tempat yang cocok untuk tempat tinggalnya bakteri di kulit.

Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa lakukan tips dan cara memutihkan ketiak yang hitam dengan bahan-bahan yang alami dan mudah ditemukan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Cara Jitu Menghilangkan Mata Panda Secara Alami!

Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

Cara Memutihkan Ketiak Hitam, Pakai Bahan Alami!

Sumber Gambar: eMedi Health

Memutihkan ketiak dapat dilakukan dengan melakukan perawatan secara rutin di dokter kecantikan. Namun, cara ini cukup menguras biaya karena biaya yang tidak murah.

Bagi kamu yang ingin memutihkan ketiak yang hitam dengan harga yang ramah di kantong, bisa coba menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Ini dia beberapa cara memutihkan ketiak secara alami yang bisa kamu coba: 

1. Mentimun 

Mentimun

Sumber Gambar: Freepik

Selain sering digunakan sebagai pelengkap makanan, ternyata mentimun juga bisa digunakan untuk memutihkan kulit ketiak, lho. Mentimun mengandung antioksidan yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan memicu pembentukan sel kulit yang baru. 

Kamu bisa menggunakan mentimun dengan cara mengirisnya tipis-tipis atau menggilingnya hingga mendapatkan sarinya. Oleskan potongan atau sari mentimun tersebut pada ketiak dan biarkan hingga kering selama kurang lebih 60 menit, kemudian bilas ketiak dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil yang lebih optimal, gunakan bersamaan dengan lemon.

2. Minyak Zaitun 

Minyak Zaitun

Sumber Gambar: Pexels

Minyak zaitun mengandung vitamin E alami yang tinggi dan berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Minyak satu ini dapat menjaga kelembaban kulit dan membantu mengangkat sel kulit mati, serta mempercepat proses regenerasi kulit.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk memutihkan ketiak sangatlah mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada ketiak dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih. Ulangi langkah ini setiap hari setelah mandi.

3. Bengkoang

Bengkoang

Sumber Gambar: Freepik

Buah khas Indonesia ini sudah terbukti khasiatnya untuk memutihkan kulit tubuh dan wajah. Berbagai produk perawatan kulit yang mengandung sari bengkoang sudah banyak beredar di pasaran, tetapi ada baiknya kalau kamu menggunakan bengkoang asli untuk kulitmu. 

Bengkoang mengandung zat dan vitamin yang telah terbukti dapat memutihkan kulit termasuk kulit ketiak. Cara menggunakan bengkoang untuk memutihkan kulit ketiak yaitu:

  • Ambil 1 buah bengkoang, kupas kulitnya.
  • Parut bengkoang hingga halus.
  • Gosokkan pada kulit ketiak yang hitam.
  • Biarkan menempel selama 15 menit, setelah kering bilas hingga bersih.
  • Ulangi langkah ini secara teratur setiap habis mandi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk

Sumber Gambar: Unsplash/@kaitlynraeann

Kulit jeruk bisa digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada ketiak. Karena kulit jeruk memiliki butiran-butiran yang cukup kasar dan mengandung asam yang cukup tinggi untuk mempermudah pengelupasan kulit. Cara scrub kulit ketiak menggunakan kulit jeruk yaitu:

  • Ambil 1 buah jeruk dan pisahkan kulit dari daging buahnya.
  • Jemur kulit jeruk langsung di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.
  • Haluskan kulit jeruk dengan blender atau penghancur makanan lainnya.
  • Tambahkan sedikit air atau susu murni sehingga kulit jeruk sedikit lembab dan mudah menempel.
  • Gosokkan pada ketiak yang hitam selama kurang lebih 10 menit hingga tampak kulit mati yang terkelupas.
  • Bilas dengan menggunakan air dingin.

5. Lemon

Lemon

Sumber Gambar: Pexels

Lemon merupakan salah satu buah yang sudah banyak diteliti dan terbukti bisa membantu dalam mencerahkan kulit ketiak secara alami. Lemon mengandung vitamin C yang bisa memutihkan kulit ketiak.

Selain itu, kandungan asam dari buah tersebut dapat melawan bakteri yang menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Cara menggunakannya mudah, yaitu:

  1. Ambil 1 buah lemon kemudian cuci bersih.
  2. Iris buah tersebut dengan ketebalan kurang lebih 5mm.
  3. Gosokkan irisan tadi pada area ketiak yang berwarna hitam selama 3-5 menit
  4. Setelah selesai, bilas dengan air bersih.
  5. Lakukan cara ini secara rutin setiap 2 hari sekali untuk mendapatkan hasil kulit ketiak yang putih dan cerah.
Baca Juga: Manfaat Saffron untuk Wajah, Kulit Cerah dan Glowing!

6. Baking Soda

Baking Soda

Sumber Gambar: Freepik

Bahan alami untuk memutihkan ketiak yang hitam adalah dengan menggunakan baking soda. Meski tidak memiliki efek pemutih, bahan satu ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

Meski dapat mencerahkan ketiak, penggunaan baking soda tetap perlu berhati-hati. Sebab, baking soda bersifat abrasif dan bahan ini tidak boleh digunakan pada kulit sensitif. Berikut adalah cara memutihkan ketiak dengan baking soda.

  • Campurkan 2 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan air. Atau sesuaikan jumlah air hingga adonan berbentuk pasta. 
  • Oleskan campuran tersebut ke ketiak dan pijat sebentar. Biarkan selama 25-30 menit. 
  • Bilas dengan air hangat. Lakukan 2 kali seminggu.

7. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Sumber Gambar: Pixabay

Tidak hanya lemon, jeruk nipis juga dianggap menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi kulit ketiak yang hitam. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua ketiak hitam bisa diatasi dengan jeruk nipis.

Ketiak hitam dengan kondisi medis tertentu tidak bisa diatasi dengan jeruk nipis, seperti diabetes, obesitas, iritasi, atau infeksi tertentu. 

Cara memutihkan ketiak dengan jeruk nipis cukup dengan memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Kemudian, peras dan oleskan airnya pada bagian ketiak yang hitam. Diamkan selama 10 menit dan bola dengan air sampai bersih. Jangan lupa untuk memberi pelembab setelahnya.

8. Pasta Gigi

Pasta Gigi

Sumber Gambar: Pexels

Tak hanya berguna untuk menjaga kesehatan gigi, ternyata pasta gigi juga bisa kamu manfaat untuk memutihkan ketiak yang menghitam.

Cara memutihkan ketiak dengan pasta gigi juga cukup mudah dan praktis. Oleskan pasta gigi pada bagian ketiak yang hitam. Lalu, pijat perlahan selama 5 menit hingga pasta gigi mengering. Bilas dengan air hangat sampai bersih.

Kamu bisa lakukan cara satu ini minimal 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

9. Kunyit

Kunyit

Sumber Gambar: Pixabay

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah mencerahkan ketiak yang gelap. Kunyit juga memiliki sifat antibakteri yang dapat menghilangkan bau pada ketiak.

Caranya pun cukup mudah, campurkan kunyit dengan 2 sendok makan jus lemon segar. Aduk hingga menjadi pasta, oleskan secara merata pada ketiak. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

10. Tea Tree Oil 

Tea Tree Oil

Sumber Gambar: iStock

Cara memutihkan ketiak hitam berikutnya adalah dengan menggunakan tea tree oil. Cukup dengan mencampurkan beberapa tetes tea tree oil dengan air. Kemudian, oleskan pada permukaan kulit yang hitam.

Jika dengan cara ini tidak efektif dan menyebabkan iritasi dan memicu reaksi alergi, seperti alergi, merah, dan bengkak, segera periksakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Manfaat Masker Tomat untuk Wajah: Lembab & Mulus!

11. Kentang 

Kentang

Sumber Gambar: Freepik

Jenis umbi-umbian satu ini bermanfaat sebagai pemutih alami untuk ketiak yang gelap. Selain itu, sifat anti-inflamasi di dalam kentang juga dapat mengurangi rasa gatal akibat mencukur.

Parut kentang dan peras air yang keluar dari kentang tersebut. Kemudian, oleskan air kentang tersebut pada area ketiak. Setelah 10 menit bilas menggunakan air dingin.

12. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Sumber Gambar: Pixabay

Lidah buaya dapat bekerja guna menghambat pembentukan enzim yang menyebabkan pigmentasi kulit. Dengan itu, dapat membantu mencerahkan ketiak yang menghitam.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung antibakteri dan dapat menenangkan kulit akibat iritasi. Cukup dengan mengoleskan lidah buaya pada ketiak, kemudian diamkan hingga 15 menit. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air dingin. 

13. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Sumber Gambar: Freepik

Tak hanya minyak zaitun, minyak kelapa juga dapat memutihkan ketiak yang menghitam. Cara penggunaannya dengan mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa pada ketiak dan pijat dengan pelat. Setelah 15 menit, bilas dengan menggunakan air hangat dan sabun. Gunakan cara ini dua hingga tiga kali sehari. 

14. Air Mawar

Air Mawar

Sumber Gambar: iStock

Berikutnya adalah dengan cara memanfaatkan air mawar untuk mencerahkan, menenangkan, dan melembabkan kulit ketiak yang hitam. Semua kandungan ini sangat dibutuhkan untuk memutihkan ketiak yang gelap.

Caranya cukup mudah, cukup membasahi ketiak dengan air mawar. Lalu, diamkan selama 5-7 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

15. Cuka Apel 

Cuka Apel

Sumber Gambar: Freepik

Cuka apel mengandung asam ringan yang dapat dimanfaatkan untuk mengankat sel kulit mati. Kamu bisa menggunakan cara memutihkan ketiak hitam dengan cuka apel 3 kali sehari dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh cuka apel dan soda kue. Kemudian oleskan pada area ketiak dan diamkan selama 10 menit hingga mengering. Setelahnya, bilas dengan air dingin.

Baca Juga: Manfaat Masker Putih Telur: Mudah dan Efisien


Sel kulit mati yang menumpuk dan seringnya mencukur bulu ketiak bisa membuat kulit ketiak menghitam. Tapi, dengan sering mengoleskan masker dan scrub kulit ketiak dengan bahan-bahan alami diatas kamu bisa mendapatkan kulit ketiak yang bersih, cerah, dan bebas hitam dan bakteri, sehingga lebih percaya diri untuk menggunakan berbagai jenis pakaian favoritmu.

Tertarik untuk mencoba bahan-bahan alami ini untuk memutihkan ketiak, Toppers?

© 2009-2024, PT Tokopedia