9 Hewan Peliharaan Lucu yang Mudah dipelihara untuk Pemula

22617

Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara – Memelihara hewan unik dan lucu memang mengasyikkan dan bisa menjadi alternatif obat kejenuhan. Kadang ketika bosan menyerang, melihat tingkah laku si lucu ini bisa membuat stress kita seketika hilang. Namun untuk memutuskan memelihara hewan peliharaan tentunya bukan merupakan hal mudah. Toppers harus mampu berkomitmen dan memiliki tanggung jawab untuk merawat binatang. Oleh karena itu, jika kamu masih pemula dalam urusan merawat hewan peliharaan. Simak beberapa rekomendasi hewan peliharaan yang mudah dipelihara berikut ini.

Baca juga: Asyiknya Makan Sambil Main dengan Kucing di 2 Cat Cafe Jakarta Ini

Pilihan Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara

1. Sugar Glider

sugar glyder hewan peliharaan yang mudah dipeliharaSumber gambar: Wikimedia

Hewan peliharaan satu ini sangat mudah dibawa kemana-mana, bisa dibawa ke kantong baju atau pundakmu. Sugar glider merupakan binatang kecil yang berupa seperti tupai terbang, dan termasuk ke dalam anggota marsupial sebangsa dengan mamalia koala juga memiliki kantung seperti kangguru. Sesuai dengan namanya Sugar Glider, hewan ini tergolong omnivora dan menyukai makanan manis seperti lebah yang menyukai nektar atau madu, dan ia juga suka meluncur oleh karena itu disebut glider. Si imut ini ternyata lebih friendly dari pada kucing lho, karena dia memiliki kemampuan untuk membuat sebuah bonding dengan pemiliknya. Cocok untuk kamu yang ingin punya teman penghilang bosan.

2. Hamster

hamster hewan peliharaan yang mudah dipeliharaSumber gambar: Wikimedia

Binatang imut satu ini sangat mirip dengan hewan pengerat tikus. Namun hamster ini lebih kecil dan imut tampilanya dibanding tikus, cocok untuk di jadikan hewan peliharaan. Apalagi perawatannya juga mudah dan tergolong simple, karena kamu hanya butuh menyediakan makanan dan kandang hamster untuk si kecil ini. Yang perlu diperhatikan adalah kebersihan kandangnya, karena hamster akan cepat mudah stress jika tempat yang ia tinggali kotor. Jadi wajib membersihkan kandang setidaknya dua kali sehari. Selain itu untuk bisa melihat tingkah lucu dari si imut, kamu harus melihatnya di malam hari, karena hamster termasuk hewan nokturnal, aktif di malam hari dan tidur di siang hari, seperti kelalawar ya.

3. Reptil

gecko hewan peliharaan yang mudah dipeliharaSumber gambar: Maxpiksel

Pasti yang pertama di bayangkan saat mendengar kata reptil adalah hewan melata berdarah dingin yang seram. Namun, jangan salah binatang peliharaan satu ini sebenarnya cukup populer lho sama seperti teman-temannya bunglon dan kadal dan termasuk hewan peliharaan yang mudah dipelihara karena merawat binatang satu ini juga terbilang tidak sulit, bahkan lebih mudah dari pada merawat anjing dan kucing. Tampilannya yang terkesan ekstrim dengan warna corak kulit unik dan cerah, membuatnya menarik dan anti-mainstream.

4. Burung

love birds hewan peliharaan yang mudah dipeliharaSumber gambar: Flickr

Banyak jenis burung yang bisa dipelihara dengan perawatannya yang tergolong mudah, seperti burung parkit, kakak tua, merpati, beo, dan masih banyak lagi. Tugasmu untuk memelihara burung adalah cukup memberinya makan, minum, dan rajin membersihkan sangkarnya, kamu bisa lakukan semua itu tanpa ribet dan tidak menyita waktu. Suara kicauannya yang merdu di pagi dan sore hari serta indahnya warna-warni bulu mereka, bisa membuatmu merasa rileks dari beban segudang rutinitas harian. Kalau lagi libur senggang, ajak burung peliharaanmu bermain ya!

5. Ikan

ikan mas hewan peliharaan yang mudah dipeliharaSumber gambar: Maxpiksel

Nah, kalo kamu tipe orang yang selalu sibuk setiap harinya, hewan peliharan yang mudah dipelihara satu ini bisa jadi pilihan. Ikan hias cenderung mudah perawatannya, cukup membeli akuarium dan ganti airnya sekaligus di bersihkan sekali seminggu saja. Oh iya, ikan yang dibahas disini adalah ikan air tawar ya, seperti ikan mas, ikan tetra, hingga ikan guppy. Karena perawatan yang dibutuhkan untuk ikan laut berbeda lagi caranya dan akan lebih rumit.

Baca juga: 12 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara untuk Pemula

6. Anjing

anjing hewan peliharaan yang mudah dipeliharaSumber gambar: Pixabay

Hewan peliharaan yang mudah dipelihara selanjutnya adalah anjing. Anjing memang merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang paling populer dipelihara manusia, karena sifat dan karakteristiknya yang sangat setia, membuatnya dikenal sebagai sahabat manusia. Beberapa jenis anjing yang friendly dan sesuai untuk pemula adalah jenis anjing Siberian Husky hingga Golden Retriever. Yang perlu kamu perhatikan dalam merawat anjing yaitu aktivitas dan perhatian yang di butuhkan hewan ini. Mereka biasanya sangat aktif dan tidak bisa tinggal diam dirumah saja. Jadi, cocok buat kamu yang suka jogging pagi untuk memelihara hewan peliharaan satu ini.

7. Kucing

anak kucing hewan peliharaan yang mudah dipeliharaSumber gambar: Pixabay

Feed me now Hooman!” kata-kata yang sering muncul pada situs komedi. Kucing memang dikenal dengan sifatnya yang manja, ia juga memiliki nafsu makan yang besar. Maka tidak aneh jika kucing akan selalu meminta makan, tapi kalau selalu dituruti bahaya juga lho, kucing bisa obesitas. So, biasakan memberi kucing makan cukup dua kali sehari. Nah, kedua untuk pencegahan kucing terkena segala macam penyakit, wajib diberi vaksin. Jika dibanding hewan mamalia lainnya, kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang mudah perawatannya.

8. Landak

landak mini hewan peliharaan yang mudah dipeliharaSumber gambar: Pixabay

Ketika mendengar landak mungkin kamu akan berpikir ulang untuk memelihara hewan satu ini. Bagi sebagian orang landak adalah hewan yang seram dan memiliki racun berduri. Namun, sebenarnya landak mini ini berbeda dengan saudaranya landak hutan, perangainya yang manis dan lucu cocok buat dijadikan peliharaan idaman. Merawatnya juga cukup sederhana, cukup mandikan dan rajin membersihkan kandangnya secara berkala, ajak landak main ketika kamu sedang senggang.

9. Kura-kura

kura-kura hewan peliharaan yang mudah dipeliharaSumber gambar: Pixabay

Hewan peliharaan yang mudah dipelihara lainnya adalah kura-kura yang memiliki bahasa latin Trrapine Carolina. Hewan lucu ini hidup di daerah subtropis maupun tropis. Karakternya yang lemah lembut dengan gerakannya yang sangat lambat bikin kamu jatuh hati pada pandangan pertama. Cangkangnya yang indah membuat tampilannya lucu nan unik. Perawatan mereka juga tergolong mudah, dengan cukup memberinya makan. Kura-kura juga memiliki usia yang cukup panjang bisa mencapai 30-40 tahun lamanya, yang pastinya akan selalu setia menemanimu.

Baca juga: Hati-Hati! Jangan Beri Kucing 7 Makanan Berbahaya Ini

Itulah beberapa hewan peliharaan yang mudah dipelihara dan menggemaskan yang bisa dipelihara untuk mengatasi stress dan kejenuhan. Sudah menemukan hewan peliharaan yang cocok untukmu Toppers? Jika sudah, jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan hewan peliharaanmu ya! Berbagai macam aksesoris hewan seperti baju kucing, kalung anti kutu, dan pakan untuk hewan peliharaan semua bisa kamu temukan di Tokopedia lho!

makanan anjing

Bagikan Artikel