7 Kreasi Resep Ayam Goreng Terlezat nan Praktis

0
3831
resep ayam goreng

Kreasi Resep Ayam Goreng – Siapa yang bisa menolak nikmatnya kulit ayam goreng bertekstur renyah yang disajikan dalam kondisi masih hangat? Tidak hanya digoreng krispi, ada berbagai kreasi resep ayam goreng nikmat dan praktis, yang dijamin tidak kalah nikmat dari resep ayam goreng krispi klasik seperti yang dijual di restoran cepat saji.

Baca juga: 5 Resep Spaghetti Mudah dan Lezat

Inspirasi Resep Ayam Goreng

1. Resep ayam goreng: Triple Dipped Fried Chicken

resep ayam goreng
Sumber gambar: KitchMe

Rasakan sensasi krispi yang lebih intens dengan rasa pedas nan gurih. Triple Dipped Fried Chicken adalah resep ayam goreng dimana daging ayam dilapisi dengan tepung dan bumbu ayam goreng selama tiga kali proses untuk mendapatkan cita rasa yang lebih nikmat.

Cara membuat resep ayam goreng Triple Dipped Fried Chicken

  1. Campurkan 3 cup tepung, bawang putih bubuk, 1 sendok makan lada hitam, perisa paprika dan kari ayam ke dalam sebuah wadah mangkuk. Pada wadah lainnya, campuran 1 1/3 cup tepung, garam, 1/4 sendok teh lada, dan kuning telur.
  2. Panaskan minyak goreng pada suhu 350 derajat. Oleskan ayam pada kedua adonan dalam wadah mangkuk terpisah.
  3. Masukan daging ayam yang telah dibumbui pada penggorengan minyak yang sudah panas selama 15 hingga 18 menit. Tiriskan pada kertas minyak atau kertas filter setelah ayam goreng diangkat.

2. Ayam Goreng Bawang

resep ayam goreng
Sumber gambar: Rock Recipes

Tidak sekadar asin, resep ayam goreng bawang membawa kenikmatan sajian ayam goreng ke tingkat yang jauh lebih tinggi. Gurihnya bawang ditambah pedasnya bubuk lada hitam serta irisan paprika yang dirisam campuran madu dan bawang putih dijamin bikin siapa saja ketagihan.

Cara membuat Ayam Goreng Bawang:

  1. Sediakan wadah berupa mangkuk besar. Campurkan tepung maizena, garam, gula pasir, dan telur. Aduk adonan hingga merata dan mengental. Masukan ayam dan oleskan semua bagian daging hingga tertutup adonan secara merata. Simpan ayam yang sudah ditepungi dalam lemari es selama 30 menit hingga bumbu teresap ke dalam daging.
  2. Sediakan wajan dan panaskan minyak goreng.
  3. Masukkan bawang putih dan goreng bawang putih hingga matang dan crispy, angkat dan tiriskan. Sisihkan minyaknya untuk menggoreng ayam.
  4. Goreng ayam hingga seluruh permukaannya terendam minyak dan ayam berwarna coklat keemasan, bolak-balik agar matangnya merata. Goreng secara bertahap, jangan langsung masuk sekaligus.
  5. Angkat ayam goreng yang sudah matang, kemudian tiriskan dan campurkan bawang putih siung hingga merata.

3. Crunchy Chicken Finger

resep ayam goreng
Sumber gambar: Pixabay

Selain paha, bagian terlezat dari ayam adalah sayap. Resep ayam goreng Crunchy Chicken Finger memanfaatkan sayap ayam yang dibumbui tepung dan remah roti, kemudian digoreng hingga renyah.

Cara membuat Crunchy Chicken Finger:

  1. Panaskan oven hingga 400 derajat Fahrenheit.
  2. Campur telur dan susu dalam sebuah wadah mangkuk, kemudian letakan keripik kentang yang sudah dihancurkan pada wadah berbeda. Celupkan daging ayam pada adonan telur dan susu terlebih dahulu, kemudian celupkan pada serpihan keripik kentang.
  3. Panggang daging pada oven selama 10 menit. Kemudian balikan posisi daging dan panaskan lagi selama 10 menit.

[tkp_ads id=”resep-ayam-goreng-2″ class=”ta-inventory” template=”blog-detail” ep=”product” item=”4″ src=”blog” device=”desktop” dep_id=”1159″]

4. Ayam goreng oriental

resep ayam goreng
Sumber gambar: Pixabay

Ayam goreng identik dengan makanan barat, namun ada yang mengadaptasikan resep ayam goreng oriental dengan cita rasa khas Asia Timur, lengkap dengan kecap asin dan saus tiram serta taburan biji wijen kering.

Cara membuat ayam goreng oriental:

  1. Rendam ayam di dalam bumbu perendam yang terbuat dari campuran kecap asin dan saus tiram. Istirahatkan selama 20 menit hingga bumbu meresap.
  2. Di dalam wadah, campur rata tepung terigu, maizena, dan kaldu bubuk rasa ayam
  3. Balurkan campuran tepung hingga seluruh permukaan ayam tersalut rata
  4. Goreng dalam minyak panas hingga ayam matang dan berwarna keemasan. Angkat, tiriskan.

Baca juga: Resep Banana Nugget alias Nugget Pisang Praktis

5. Friend Chicken Fillet

resep ayam goreng
Sumber gambar: Pixabay

Ayam bisa diolah menjadi makanan mewah lho. Resep Chicken Fillet Goreng sangat cocok untuk kamu yang ingin mencicipi olahan ayam goreng mewah dengan budget terbatas, karena chicken fillet bisa kamu buat sendiri di rumah.

Cara membuat Chicken Fillet Goreng:

  1. Bersihkan ayam fillet dengan air bersih.
  2. Sediakan tepung bumbu siap saji, tuangkan ke dalam wadah.
  3. Pecahkan telur dan kocok hingga merata di dalam satu wadah berbeda.
  4. Celupkan fillet ayam ke dalam adonan berisi telur kocok, kemudian masukan ke dalam adonan tepung, dan masukan ke dalam adonan berisi telur kocok lagi. Semakin sering diulang, maka tekstur setelah digoreng lebih renyah.
  5. Panaskan minyak goreng.
  6. Masukan fillet ayam ke dalam wajan berisi minyak goreng panas, goreng hingga berwarna kecoklatan.

6. Baked Popcorn Chicken

resep ayam goreng
Sumber gambar: Delish.com

Resep ayam goreng yang satu ini sangat disukai anak-anak. Daging ayam dicincang menjadi bagian-bagian kecil seperti popcorn, dibumbui remah roti dan minyak bawang. Tambahan saos mayonaise memberikan cita rasa gurih yang lebih intens.

Cara membuat Baked Popcorn Chicken:

  1. Potong kecil-kecil daging ayam sesuai selera, tambahkan tepung terigu, lada, garam, penyedap rasa, baking powder, bawang putih bubuk, paprika bubuk, dan telur. Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata.
  2. Panaskan minyak. Baluri potongan daging ayam ke dalam tepung roti, lalu goreng hingga kecoklatan.

7. Fried Chicken Steak

resep ayam goreng
Sumber gambar: Pixabay

Ayam memang ajaib. Daging ayam bisa diolah menjadi berbagai menu, dan yang satu ini adalah resep ayam goreng Fried Chicken Steak. Tidak kalah menarik dari steak daging sapi asap, bukan begitu?

Cara membuat Fried Chicken Steak:

  1. Baluri fillet ayam dengan bawang putih, merica dan garam hingga rata.
  2. Celupkan fillet ayam dalam adonan yang sudah dicampur.
  3. Goreng dalam minyak panas di atas api sedang hingga kuning keemasan dan matang.
  4. Angkat dan tiriskan daging ayam fillet yang sudah matang.

Saus:

  1. Tumis bawang bombay hingga layu.
  2. Masukkan saus BBQ, merica dan garam, aduk hingga mendidih lalu angkat.
  3. Sajikan steak dengan Saus dan Pelengkapnya.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Sate Taichan di Rumah


Banyak sekali bukan cara dan kreasi dari resep ayam goreng yang bisa bantu kamu menyajikan varian hidangan dengan bahan dasar daging ayam yang nggak ngebosenin. Dari tujuh menu resep ayam goreng di atas, mana yang menjadi favorit kamu, Toppers?