• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Makanan untuk Diare: Baik Dikonsumsi, Tetap Enak

Share

11 Makanan untuk Diare: Baik Dikonsumsi, Tetap Enak

Daftar makanan untuk diare yang baik dikonsumsi. Tetap enak dimakan, kembalikan cairan yang hilang dan isi kembali nutrisi.


Diare merupakan penyakit di mana si penderita menjadi buang air besar terus menerus, dan kondisi fesesnya tidak padat. Diare bisa disebabkan oleh asupan makanan atau minuman yang sudah terpapar oleh parasit, virus atau bakteri.

Saat sedang diare, Toppers tidak boleh sembarangan memilih makanan. Ada beberapa makanan yang harus dipantang, dan ada beberapa makanan yang lebih cocok untuk dikonsumsi ketika kondisi badan sedang terkena diare.

Tenang, makanannya enak-enak kok. Simak daftar makanan yang baik dikonsumsi saat diare berikut ini!

Daftar Makanan untuk Orang Diare

1. Kaldu Tulang

makanan untuk diare
Sumber Gambar: Pexels

Diare dapat menyebabkan kamu kehilangan banyak cairan dan natrium. Kaldu tulang dapat turut menggantikan cairan dan natrium yang kamu butuhkan.

Glutamin, salah satu asam amino, dapat membantu meredakan diare. Kaldu tulang bisa menjadi makanan saat diare yang tepat.

Selain itu, cairan yang panas seperti kaldu dapat membantu pergerakan usus kamu.

2. Sup

makanan untuk diare
Sumber Gambar: Pixabay

Selain mengonsumsi kaldu tulang, mengonsumsi sup juga bisa membantu kamu untuk mengembalikan cairan yang hilang karena diare, Toppers.

Dibandingkan dengan makanan padat, sup juga dapat lebih mudah dicerna, menjadikan sup pilihan makanan yang cocok di saat sedang diare.

3. Buah Pisang

makanan untuk diare
Sumber Gambar: Pexels

Ketika mengalami diare, tubuh akan kehilangan banyak nutrisi. Mengonsumsi pisang bisa menjadi salah satu cara untuk mengembalilkan nutrisi dalam tubuh kamu.

Pisang pun kaya akan potasium, lho. Yang banyak memberikan manfaat penting bagi kesehatan.

4. Nasi Putih

makanan untuk diare
Sumber Gambar: Pexels

Yang satu ini adalah makanan kebangsaan orang Indonesia, nasi putih. Sangat mudah ditemukan, nasi putih ternyata makanan yang cocok untuk dimakan di kala diare.

Sebab, nasi putih mudah dicerna, sehingga dapat membantu memadatkan feses. Di samping itu, nasi putih pun memiliki kandungan serat yang rendah. Sehingga membantu mengurangi pergerakan usus.

5. Kentang Rebus

makanan untuk diare
Sumber Gambar: Pexels

Karbohidrat selain nasi putih yang dapat kamu konsumsi saat diare adalah kentang rebus. Kentang memiliki pati resisten yang baik untuk pencernaan.

Kentang rebus juga mudah dicerna dan memiliki tekstur yang lembut.

Baca Juga: Obat Diare Terbaik: Ampuh dan Manjur, Tersedia di Apotik

makanan sehat
Ingin ngemil tapi tetap sehat? Ini solusinya, Toppers!

6. Oatmeal

makanan untuk orang diare
Sumber Gambar: Pexels

Kaya akan serat larut, mengonsumsi oatmeal bisa membantu mengeraskan feses. Toppers pun bisa menambahkan pisang di hidangan oatmeal, salah satu buah yang juga cocok untuk dimakan kala diare.

7. Buah Apel

makanan untuk orang diare
Sumber Gambar: Pexels

Selain pisang, buah-buahan yang dapat kamu makan saat diare adalah apel. Buah apel mengandung kandungan pektin yang dapat membantu memadatkan feses. Selain itu, feses pun bisa keluar secara lebih teratur.

Ada senyawa kimia yang terkandung pada apel yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab diare. Untuk mengatasi diare, lebih baik konsumsilah apel tanpa diolah.

8. Air Kelapa

makanan saat diare
Sumber Gambar: Pexels

Dehidrasi merupakan salah satu efek dari diare. Elektrolit yang terkandung di air kelapa dapat membantu kamu mengatasi dehidrasi akibat diare, Toppers.

9. Buah Semangka

makanan saat diare
Sumber Gambar: Pexels

Seperti yang Toppers sudah tahu, semangka merupakan buah yang mengandung banyak air. Sebagian besar dari semangka adalah air. Saat diare, cairan di dalam tubuh berkurang banyak, sehingga membutuhkan asupan cairan yang juga banyak.

Karena kemampuannya untuk menghidrasi, semangka memang pas banget untuk jadi buah yang dapat dimakan ketika diare. Sampai dengan 30% dari kebutuhan cairan kamu per hari dapat dipenuhi dengan memakan beberapa potong semangka segar.

10. Roti Tawar Putih

makanan yang baik untuk diare
Sumber Gambar: Pexels

Makanan yang rendah serat adalah makanan yang cocok untuk dimakan selagi diare. Salah satunya adalah makanan sarapan yang sangat mudah ditemui, yaitu roti putih.

11. Buah Blueberry

makanan yang baik untuk diare
Sumber Gambar: Pexels

Selain enak, buah blueberry juga dapat menjadi pilihan buah untuk dikonsumsi selama diare. Tidak hanya memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri, blueberry juga mengandung serat yang mudah larut.

Baca Juga: Obat Diare Alami: Manjur dan Bahan Mudah Ditemukan

Itu dia, Toppers, makanan yang baik untuk dikonsumsi selama diare. Untuk mendapatkannya, kamu bisa membelinya dengan sangat mudah di Tokopedia. Toko makanannya hanya sedekat genggaman tangan!

produk kesehatan
Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Penulis: Talitha Rucira Gati

© 2009-2024, PT Tokopedia