15 Manfaat Jeruk Nipis, Rasa dan Khasiat Sama-sama Bikin Segar

0
2852
manfaat jeruk nipis
Sumber Gambar: Dr. Axe

Tak hanya rasanya yang menyegarkan makanan maupun minuman, manfaat jeruk nipis pun bikin tubuh segar dan bugar.


Meski termasuk sebagai buah-buahan, jeruk nipis memang tidak nikmat jika dikonsumsi secara langsung. Akan tetapi, jeruk nipis akan memberi kesegaran luar biasa bagi makanan maupun minuman berkat rasa asamnya yang khas.

Umumnya, jeruk nipis dimanfaatkan sebagai bahan pelezat makanan, sebut saja soto, sambal dan sebagainya. Selain itu, jeruk nipis juga sangat nikmat jika diolah menjadi minuman dingin yang menyegarkan untuk diminum saat Matahari sedang terik-teriknya.

Buah dalam suku jeruk-jerukan ini juga dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit peradangan dan andalan dalam meredakan batuk. Membuatnya pun mudah, hanya dengan memanfaatkan air perasannya menjadi ramuan.

Sebelum membahas manfaat jeruk nipis lebih lanjut, berikut beberapa fakta menarik yang perlu diketahui:

  • Jeruk nipis merupakan tanaman yang dipercaya berasal dari Indonesia.
  • Meski awalnya berasal dari Asia Tenggara. India, Meksiko dan China adalah negara penghasil jeruk nipis terbesar.
  • Jeruk nipis biasa digunakan sebagai pengganti jeruk limun (lemon), karena keduanya memiliki rasa dan kandungan serupa.
  • Pelaut biasa mengandalkan minuman jeruk nipis untuk menghindari sakit kudis karena terlalu lama di laut.
  • Jeruk nipis biasa digunakan dalam memasak dan meracik minuman. Serta dimanfaatkan dalam industri parfum hingga aromaterapi.

Baca Juga: Manfaat Tomat, Buah Setia dengan Khasiat Tak Terkira

Kandungan Jeruk Nipis

manfaat jeruk nipis untuk kesehatan
Sumber Gambar: Preppy Kitchen

Jeruk nipis diandalkan untuk berbagai keperluan, terutama untuk kesehatan, karena kandungan vitamin dan mineral yang begitu melimpah. Lime adalah sumber dari vitamin C, vitamin A, kalsium, hingga zat besi.

Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam setiap jeruk nipis berukuran sedang:

  • Kalori: 20
  • Karbohidrat: 7 gram (g)
  • Protein: 0,5 g
  • Lemak: 0,1 g
  • Serat: 1,9 g
  • Vitamin C: 22% dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Zat besi: 2% AKG
  • Kalsium: 2% AKG
  • Vitamin B6: 2% AKG
  • Thiamin: 2% AKG
  • Potasium: 1% AKG
  • Riboflavin
  • Niacin
  • Folat
  • Fosfor
  • Magnesium

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

manfaat minum jeruk nipis
Sumber Gambar: Alternative Daily

Sangat banyak sekali bukan kandungan nutrisi dari jeruk nipis, Toppers? Tak heran, jika jeruk nipis sangat diandalkan dalam membuat ramuan obat tradisional. Lalu, manfaat apa saja yang bisa kita nikmati dari kandungan yang terdapat pada jeruk nipis?

Mulai dari meningkatkan imun, menghindari penyakit jantung hingga mencegah kencing batu. Berikut ini daftar khasiat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh kita:

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat jeruk nipis yang paling terasa adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jeruk nipis memiliki banyak kandungan vitamin C alami yang mampu mendukung daya tahan tubuh dalam menangkal penyakit.

Dengan rutin mengonsumsi air jeruk nipis, tubuh akan lebih sehat dan bugar setiap hari, serta terhindar dari penyakit yang kapan saja mengancam kesehatan tubuh.

2. Menangkal Kanker

Ternyata jeruk nipis bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Karena jeruk nipis memiliki kandungan liminoid yang berperan sebagai penangkal radikal bebas. Sehingga dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker seperti leukimia, kanker lambung dan kanker usus.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia dan telah lama menjadi ancaman nyata.

Penelitian menunjukkan bahwa jeruk nipis dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Dengan vitamin C yang tinggi, buah ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, faktor risiko utama penyakit jantung.

Juga, vitamin C dapat melindungi dari aterosklerosis. Penyakit di mana plak menumpuk di pembuluh darah dalam tubuh, membuatnya menyempit dan menghambat peredaran darah.

4. Menghindari Batu Ginjal

Batu ginjal adalah kristal mineral kecil yang menumpuk di dalam ginjal, sehingga menimbulkan rasa sakit saat kita buang air kecil.

Batu kristal mineral tersebut dapat terbentuk di dalam ginjal ketika urin sangat pekat atau ketika kita memiliki mineral pembentuk batu tingkat tinggi dalam urin, seperti kalsium.

Buah jeruk nipis mengandung asam sitrat tinggi, yang dapat mencegah batu ginjal dengan meningkatkan kadar sitrat dan mengikat mineral pembentuk batu dalam urin.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak buah jeruk memiliki risiko batu ginjal yang jauh lebih rendah dibanding mereka yang tidak.

5. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Zat besi adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh kita.

Kadar zat besi dalam darah yang rendah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Dengan gejala seperti kelelahan, kesulitan bernapas selama berolahraga, pucat, serta kulit dan rambut kering.

Orang yang menjalankan pola makan vegan atau vegetarian berisiko lebih besar mengalami anemia defisiensi zat besi, karena produk nabati mengandung bentuk zat besi yang tidak diserap dengan baik seperti zat besi dari daging dan produk hewani lainnya.

Nah, dengan makanan tinggi vitamin C, seperti jeruk nipis, dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

Sebuah penelitian pada orang yang mengikuti diet vegetarian menemukan bahwa minum segelas air jeruk nipis dan makanan nabati dapat meningkatkan penyerapan zat besi hingga 70%!

alat pemotong buah
Mau memotong buah ataupun sayur lebih cepat dan efisien? Ini solusinya!

Baca Juga: Manfaat Jeruk, Buah Termasyhur yang Penuh Nutrisi

6. Melindungi Sel Tubuh dari Kerusakan

Karena merupakan sumber antioksidan tinggi, kandungan dalam jeruk nipis akan sangat membantu dalam mempertahankan sel tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat menimbulkan kerusakan.

Kerusakan sel tubuh sendiri sangat berkaitan dengan beberapa kondisi masalah kesehatan, seperti sakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker.

Beberapa kandungan yang berperan sebagai antioksidan di dalam jeruk nipis, yaitu seperti flavonoid, limonoid, quercetin hingga asam askorbat.

7. Membantu Membakar Lemak

Manfaat berikutnya dari jeruk nipis adalah untuk membantu pemembakaran lemak dalam tubuh. Jeruk nipis mengandung asam sitrat (citric acid) yang merupakan zat antioksidan. Asam sitrat ini dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak dan mengubahnya menjadi energi.

Selain asam sitrat, vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis juga sangat membantu membakar lemak. Konsumsi jeruk nipis dan olahraga rutin supaya mendapat hasil yang maksimal.

8. Melancarkan Sistem Pencernaan

Asam jeruk nipis bermanfaat membantu air liur memecah makanan agar makanan lebih mudah dicerna. Kandungan flavanoid dalam jeruk nipis juga merangsang sistem sekresi pencernaan dan aktivitas usus, sehingga pencernaan menjadi lebih sehat dan lancar.

9. Menyeimbangkan pH Tubuh

Jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk menyeimbangkan pH Tubuh. pH merupakan keseimbangan antara asam dan basa, ini menjadi hal penting sebagai faktor penentu apakah tubuh kita sehat atau sakit.

Ketika kandungan pH tidak seimbang maka kamu kemungkinan bisa jatuh sakit. Kandungan jeruk nipis akan menyeimbangkan pH dalam tubuh dan membuat kita tetap fit.

10. Mengoptimalkan Kinerja Otak

Jeruk nipis memiliki kandungan magnesium dan potasium tinggi, sehingga jika kamu rutin mengonsumsi jeruk nipis maka dapat membuat kinerja otak menjadi lebih optimal. Jeruk nipis juga bisa mencegah dehidrasi, sehingga meningkatkan fokus.

buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

Baca Juga: Manfaat Buah Kecapi, Buah Menyegarkan yang Terlupakan

11. Mencegah Penuan Dini

Jeruk nipis memiliki kandungan yang dapat mendukung kesehatan kulit, menjaganya tetap kencang dan kuat. Sehingga membantu tetap awet muda.

Dengan kandungan vitamin C melimpah, ini mendukung protein kolagen dalam menghindari kerutan pada kulit. Hal ini membantu mencegah penuaan dini.

Antioksidan dalam jeruk nipis juga berperan dalam memrangi perubahan bentuk kulit yang berkaitan dengan usia. Serta menghindari stres oksidatif yang menyebabkan tanda-tanda penuaan dini.

Penelitan menunjukkan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi vitamin C dari sumber seperti jeruk nipis, cenderung memiliki risiko lebih rendah mengalami kulit keriput dan kering saat tua.

12. Mengobati Peradangan pada Kulit

Selain menutrisi kulit dari dalam, jeruk nipis juga efektif dalam mengatasi peradangan kulit yang diakibatkan oleh luka bakar atau gigitan serangga. Sehingga mengurangi bengkak dan rasa sakit dari luka tersebut.

Jeruk nipis juga bermanfat untuk mengurani jerawat maupun komedo, sehingga kulitmu menjadi lebih segar dan sehat.

13. Menurunkan Gula Darah

Menurut beberapa penelitian, vitamin C dapat membantu menurunkan gula darah di pagi hari dan setelah makan. Termasuk kandungan vitamin C dalam jeruk nipis.

Kesimpulan menunjukkan bahwa vitamin C menawarkan potensi yang sangat baik untuk menjaga kadar gula darah dalam batas wajar.

14. Memberantas Pertumbuhan Kuman

Studi menyebutkan bahwa kandungan limonin yang ditemukan dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah akumulasi bakteri Streptococcus.

Streptococcus adalah jenis bakteri yang bertanggung jawab untuk berbagai infeksi dan kondisi kesehatan, termasuk infeksi pernapasan dan mulut.

Minum air jeruk nipis dapat membantu menghentikan berkembangnya organisme berbahaya ini dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

15. Memperkuat Sendi

Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis juga berjasa dalam mendukung kesehatan sendi dan menjaganya tetap fleksibel. Kandungan jeruk nipis juga dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga, Superfood dengan Kandungan Superior

Tak hanya rasa asam yang khas dan menyegarkan makanan maupun minuman. Kandungan antioksidan tinggi hingga vitamin melimpah dalam jeruk nipis dapat membuat tubuh menjadi segar, fit dan sehat. Bagaimana cara favoritmu mengonsumsi jeruk nipis, Toppers?


produk kesehatan
Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!