• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Kacang Merah: Kaya Protein dan Dukung Diet

15 June 2021
Share
11 Manfaat Kacang Merah: Kaya Protein dan Dukung Diet

Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh. Kaya akan nutrisi penting dan protein, lindungi jantung, hingga baik untuk diet.


Siapa yang tidak tahu kacang merah? Biji-bijian ini banyak disajikan pada berbagai makanan khas Indonesia seperti rendang, sayur kacang, gorengan ketan, hingga topping minuman.

Nah, jika kamu sering memakannya, ada baiknya kamu mengetahui kandungan dan manfaat dari makanan yang satu ini, Toppers.

Tak hanya nikmat dan cocok disajikan dalam berbagai makanan, ternyata kacang merah memiliki kandungan yang kaya nutrisi dan manfaat yang beragam. Simak kandungan kacang merah dan manfaat selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Manfaat Protein: Zat Pembangun dan Sumber Energi

Kandungan Kacang Merah

kacang merah
Sumber Gambar: Pixabay

Kacang merah atau juga disebut dengan red kidney bean memiliki kandungan yang dibutuhkan di setiap konsumsi harian, lho! Kalori kacang merah adalah 332,9 kilokalori (kkal) setiap 100 gram (g).

Terdapat berbagai kandungan kacang merah yang terdiri dari protein, karbohidrat, serat, antioksidan, vitamin C, vitamin B, dan folat.

Ada juga kandungan mineral termasuk kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi dan zinc.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau: Sumber Gizi Lengkap, Mudah Didapat

Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Tubuh

manfaat kacang merah
Sumber Gambar: Unsplash

Dengan kandungan kaya nutrisi, tentunya kacang merah dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Simak daftar manfaat kacang merah selengkapnya:

1. Sumber Protein bagi Vegetarian

Jika kamu seorang vegetarian dan mencari asupan protein yang tinggi, kamu perlu mempertimbangkan konsumsi kacang merah. Kamu akan mendapatkan kurang lebih 20 g protein hanya dengan mengonsumsi 100 g kacang merah.

Angka tersebut merupakan 40% kebutuhan protein harian. Kacang merah juga dapat kamu pilih jika kamu perlu mengurangi makanan berprotein dan tanpa kolesterol seperti daging merah.

Kamu bisa mencampur kacang merah dengan nasi, quinoa, dan kedelai agar asupan gizimu lebih lengkap.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang merah bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah karena terdapat kandungan mineral seperti folat, kalsium, magnesium, dan genkalium yang mampu menekan kadar zat pemicu penyakit jantung koroner di dalam darah.

Kacang merah juga menyehatkan jantung karena mengandung serat larut yang dapat menyeimbangkan kadar kolesterol baik dan kolesterol jahat.

3. Melancarkan Pencernaan

Kacang dapat membantu melancarkan pencernaan karena mengandung serat yang tinggi.

Oleh karena itu, konsumsi kacang merah juga dapat mengurangi risiko penyakit sembelit atau diare. Tak hanya itu, serat juga membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

4. Mengontrol Gula Darah

Tak hanya baik untuk pencernaan, serat dalam kacang merah dapat menjaga glukosa agar tidak dilepas dalam darah terlalu cepat.

Karbohidrat yang terkandung dalam kacang merah merupakan karbohidrat kompleks yang tidak mudah terurai sebagai glukosa sehingga bisa menjaga gula darah tetap stabil.

5. Mencegah Diabetes

Dari kadar gula darah yang terjaga, kamu akan terhindar dari risiko diabetes.

Kacang merah juga bermanfaat untuk mencegah resistensi insulin yang dapat memperburuk kadar gula darah pada pengidap diabetes.

kacang sehat
Ingin ngemil yang sehat? Ini solusinya!

Baca Juga: Manfaat Kacang Tanah: Topping Makanan Sehat, Halau Penyakit

6. Mencegah Penuaan Dini

Kacang merah merupakan salah satu makanan dengan zat antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini karena dapat merusak sel-sel.

Oleh karena itu, konsumsi kacang merah sangat baik untuk peremajaan tubuh.

7. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Lebih dari setengah kebutuhan serat harianmu akan terpenuhi dengan mengonsumsi 100 gram kacang merah. Terpenuhinya asupan serat berpengaruh pada faktor kesehatan lain seperti penurunan risiko kanker.

Tahukah kamu, pola makan yang tinggi serat bisa mencegah kanker, terutama kanker payudara, lho! Selain itu, makanan tinggi serat juga dapat meminimalisir risiko penyakit kanker prostat.

8. Nutrisi untuk Ibu Hamil

 Kacang merah mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil seperti protein, asam folat, dan zat besi. Zat besi dan asam folat dibutuhkan selama masa kehamilan untuk untuk pertumbuhan bayi dan plasenta.

Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan banyak zat besi untuk membentuk sel-sel darah baru karena terdapat peningkatan jumlah sel darah dalam tubuh. Hal ini bertujuan untuk memastikan kecukupan oksigen dalam tubuh serta janin.

Tak hanya itu, kekurangan zat besi saat hamil juga dapat meningkatkan risiko bayi terlahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah.

9. Menurunkan Berat Badan

Apakah kamu ingin menurunkan berat badan? Kamu akan senang karena yang akan kita bahas adalah manfaat kacang merah untuk diet!

Kacang merah menjadi makanan bagi pola makan yang seimbang karena mengandung nutrisi lengkap serta rendah kandungan lemak jenuh dan  gula.

Tak hanya itu, kacang merah memiliki kandungan protein, serat larut, dan karbohidrat kompleks yang tinggi sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

10. Detoksifikasi Hati Alami

Hati adalah salah satu organ yang sangat penting. Dalam kacang merah terdapat mineral bernama molibdenum yang sangat berguna untuk membantu detoksifikasi hati.

Mengonsumsi setengah porsi kacang merah saja sudah memenuhi kebutuhan mineral ini, lho, Toppers!

11. Mencegah Pembentukan Lemak pada Hati

Pembentukan lemak di hati dapat berkembang bersamaan dengan obesitas, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan aspek lain dari sindrom metabolik.

Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat mengganti asupan protein yang berasal dari hewan dengan lemak tinggi dengan kacang-kacangan salah satunya adalah kacang merah.

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Kacang Almond yang Perlu Kamu Tahu

Cara Mengonsumsi Kacang Merah

kacang merah
Sumber Gambar: Pexels

Seperti yang sudah kita tahu, kacang merah cocok digunakan dalam berbagai hidangan. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat mengolahnya.

Kacang merah justru berbahaya untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah karena dapat menjadi racun dalam tubuh. Sehingga perlu tahap pengolahan yang benar sebelum kamu konsumsi.

Kamu bisa mengolahnya terlebih dahulu dengan merebus kacang merah sampai lunak. Selain itu, kamu juga dapat merendamnya terlebih dahulu dan mengganti air rendaman beberapa kali sebelum dimasak.

Baca Juga: Manfaat Tempe: Makanan Murah yang Kaya Gizi

Itulah manfaat kacang merah yang sangat baik untuk kesehatan. Jangan lupa untuk memakan kacang merah hari ini, ya!

Olahan kacang merah apa yang paling kamu suka, Toppers? Apapun bentuk olahannya, kamu bisa menyiapkannya dengan membeli kacang merah langsung di Tokopedia!

makanan sehat
Ingin ngemil tapi tetap sehat? Ini solusinya, Toppers!

Penulis: Nabila Khaerunnisa

© 2009-2023, PT Tokopedia