18 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh dan Keseharianmu!

679

Manfaat KopiKopi terkenal sebagai minuman yang bisa membuatmu terjaga. Kopi selalu menjadi teman setia setiap Toppers bergadang. Lebih dari itu, kini minum kopi juga menjadi bagian dari gaya hidup. Namun, nggak cuma bantu buat dirimu terjaga, ternyata kopi juga memiliki banyak manfaat, lho.

Manfaat kopi sendiri bervariasi, mulai dari untuk kesehatan hingga kecantikan. Yuk, cari tahu lebih banyak manfaat minum kopi bagi keseharianmu!

Baca juga: Inilah Deretan Minuman Kopi Bagi Para Coffee Lovers

Manfaat Minum Kopi

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

1. Mencegah Diabetes

Kopi mengandung senyawa yang mampu menghambat hIAPP yang merupakan polipeptida pemicu munculnya serat protein abnormal yang memicu Diabetes. Kasus protein tidak normal seperti ini banyak ditemukan pada Diabetes tipe 2. Kromium dan Magnesium dalam kopi juga bisa berperan untuk memperkecil resiko penyakit diabetes tipe 2.

Namun, tentu manfaat kopi ini baru akan terasa untuk Toppers penggemar kopi tanpa gula. Jika Toppers masih menggunakan gula, resiko diabetes tetap akan ada.

2. Baik untuk penderita Parkinson

Parkinson adalah penyakit dimana penderita akan mengalami penurunan kemampuan saraf akibat matinya saraf penghasil dopamin di otak. Parkinson sendiri tidak dapat disembuhkan namun dapat diminimalisir dampaknya. Beberapa penelitian mengungkapkan meminum kopi akan menurunkan resiko Parkinson hingga 50%. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopilah yang dianggap mampu mencegah penyakit parkinson.

3. Menurunkan resiko kanker

Manfaat kopi bagi kesehatan selanjutnya adalah peranan kopi dalam mencegah kanker. Mulai dari kanker prostat hingga kanker usus. Meski belum terbukti 100%, kopi sendiri termasuk bahan alami yang mengandung antioksidan yang memang merupakan zat anti-kanker.

4. Mencegah alzeimer dan demensia

Beberapa penelitian lainnya mengenai kopi juga mengungkapkan bahwa orang yang meminum kopi, khususnya wanita, akan mengalami penurunan resiko Alzheimer dan Demensia bahkan hingga 60%.

5. Menurunkan resiko stroke dan penyakit hati

Terdapat mitos yang mengatakan bahwa mengonsumsi kafein yang terkandung di dalam kopi bisa menimbulkan penyakit hati. Faktanya, kopi justru mampu menjauhkan penyakit hati. Minum kopi mampu mencegah sclerosing cholangitis (PSC), gangguan auto-imun yang bisa menyebabkan sirosis hati, gagal hati, bahkan kanker.

Nggak cuma itu, beberapa peneliti juga mengungkapkan bahwa ortang yang rutin minum kopi memiliki resiko terkenal stroke yang lebih rendah hingga 20%. Namun, untuk yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, mengonsumsi kopi memang harus dibatasi karena bisa memicu meningkatnya tekanan darah, meski dampaknya hanya kecil (sekitar 3-4 mm/Hg).

6. Mencegah gigi berlubang

Manfaat kopi selanjutnya menyangkut kesehatan rongga mulut, khususnya gigi. Mengonsumsi kopi pahit tanpa gula dan susu mampu membunuh bakteri yang tertinggal di gigi sehingga mampu mencegah datangnya gigi berlubang.

7. Baik untuk kesehatan mulut

Karena memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Tidak hanya mencegah gigi berlubang saja, kopi juga bermanfaat menghilangkan plak dan menjauhkanmu dari infeksi gusi. Lebih jauh, manfaat kopi pada kesehatan rongga mulut bahkan bisa sampai menjauhkanmu dari resiko terkena kanker mulut.

8. Mencegah Batu Empedu

Pada tahun 2012, peneliti dari Harvard mengemukakan sebuah fakta bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi setiap hari, memiliki resiko 25% lebih rendah untuk terkena penyakit batu empedu. Hal ini juga berlaku sama dengan pria. Nggak menduga bukan jika manfaat kopi bahkan sampai pada mencegah adanya batu empedu?

9. Meningkatkan Metabolisme

Kandungan kafein dalam kopi mampu merangsang metabolisme tubuh sehingga metabolisme tubuh akan jadi lebih lancar. Untuk orang yang mengalami obesitas, kopi akan membantu memperbesar oksidasi lemak sehingga tentu akan membantu membuang kolesterol dan lemak jahat lebih cepat.

10. Mencegah sakit Encok

Mengonsumsi kopi secara rutin dalam jangka waktu tertentu juga bisa Sebuah studi tahun 2007 pada pria yang berusia lebih dari 40 tahun menghubungkan konsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya risiko encok, kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat.

Scrub kopi

Manfaat Kopi untuk Kecantikan

11. Baik untuk Diet

Dikarenakan kafein memperlancar diet dan juga merangsang pembakaran lemak, kopi termasuk salah satu minuman yang bisa Toppers konsumsi untuk menurunkan berat badan. Bahkan, ada beberapa hipotesa yang mengatakan bahwa mengonsumsi kafein juga dapat menekan nafsu makan. Untuk Toppers yang tertarik memasukkan kopi sebagai menu diet, kopi hijau atau green coffee bisa jadi pilihan yang lebih baik lagi untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

12. Mencegah rambut rontok

Selain membuatmu terjaga, kafein yang dimiliki kopi juga baik untuk kesehatan kepala. Kandungan antioksidan yang dimilikinya akan membantu meminimalisir terjadinya kerontokan rambut. Nggak cuma diminum, untuk menjaga kesehatan rambut, Toppers bisa menggunakan ampas kopi sebagai masker rambut untuk membuat rambut lebih kuat.

13. Baik untuk kulit

Selain untuk masker rambut, ampas kopi juga bisa digunakan sebagai masker wajah dan juga scrub. Secara alami kopi bisa mengangkat sel kulit mati bahkan lebih efektif dula kali lipat daripada masker umumnya. Selain mengangkat sel kulit mati, ampas kopi ini juga akan mencerahkan kembali kulit wajah. Tertarik mencoba?

14. Mengurangi Selulit

Kopi memiliki diuretik yang mampu meminimalkan visibilitas selulit dan menatik sel-sel lemak hingga terjadi penyusutan lemak penyebab selulit. Nggak heran jika ada banyak sekali produk kecantikan anti selulit yan mrngandung kopi dalam komposisinya. Untuk menggunakan scrub anti selulit alami, kamu bisa mencampurkan ampas kopi dan minyak zaitun dan dijadikan scrub, untuk mengurangi selulit.

Baca juga: 16 Manfaat Minum Air Putih Sehari-Hari

Manfaat Kopi lainnya dalam keseharian

15. Memperbaiki mood

Apakah Toppers suka minum kopi sebelum bekerja atau saat sedang bergadang? Sadarkah Toppers jika kopi tidak hanya membuat lebih mudah untuk terjaga, tapi manfaat kopi lain adalah memberikan gairah dan membangkitkan mood? Nggak heran lagi bukan mengapa orang-orang kerap memulai hari dengan secangkir kopi.

16. Meningkatkan energi

Nggak hanya meningkatkan mood, tapi kopi juga bisa mengurangi rasa lelah dan mengubahnya menjadi energi. Hal ini dikarenakan kopi yang mengandung kafein yang merupakan stimulan yang apabila diminum akan merangsang kinerja otak. Rangsangan ini akan meningkatkan energi, fungsi otak, dan juga suasana hati orang yang meminumnya.

17. Meningkatkan performa fisik

Manfaat kopi selanjutnya adalah meningkatkan performa fisik. Hal ini disebabkan kafein  yang mampu meningkatkan tingkat adrenalin dalam darah. Kafein akan menghancurkan sel lemak dan mengubahnya menjadi energi. Bisa disimpulkan efek dari kafein bisa meningkatkan performa fisik 11-12%.

18. Meningkatkan daya ingat

Manfaar kopi terakhir adalah mampu meningkatkan daya ingat atau memori yang Toppers miliki, baik jangka panjang ataupun pendek. Bahkan, pada tahun 2007 sebuah penelitian mengemukakan bahwa wanita berusia diatas 64 tahun yang rutin minum tiga gelas kopi setiap harinya memiliki hasil yang lebih baik pada saat tes memori.

Ternyata banyak sekali bukan manfaat dari minum kopi, Namun, bukan berarti Toppers bisa mengonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak setiap harinya. Minum kopi juga memiliki dampak negatif atau efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Baca juga: Green Coffee, Kopi Hijau Dengan Khasiat Pelangsing

Kopi Hijau

Efek Samping Kopi bagi Kesehatan

  1. Mengonsumsi kopi terlalu banyak bisa mengakibatkan gejala insomnia alias susah tidur. Pada tingkat lanjut bahkan bisa menimbulkan sakit kepala, rasa gugup, hingga emosi yang tidak stabil.
  2. Kopi juga tidak baik untuk wanita hamil karena bisa mengganggu perkembangan janin.
  3. Minum kopi bisa memacu detak jantung sehingga untuk Toppers yang memiliki masalah pada kinerja jantung, meminum kopi tidak direkomendasikan kecuali dalam takaran yang terbatas.
  4. Kopi bersifat asam dan mampu meningkatkan asam lambung, sehingga sangat nggak baik untuk penderita maag.
  5. Terlalu banyak kafein dalam tubuh akan menyebabkan terserapnya mineral dan vitamin sehingga akan membuat daya tahan tubuh menurun.

Baca juga: Kenali Lebih Dekat Kopi Asli Indonesia

Yuk, mulai sekarang lebih bijak mengonsumsi kopi agar manfaat kesehatan dari kopi bisa kita rasakan lebih maksimal.

Bagikan Artikel