11 Manfaat Minyak Kayu Putih: Kulit hingga Pernapasan Sehat

0
1390
minyak kayu putih
Sumber Gambar: Pixabay

Manfaat minyak kayu putih, kandungan di dalamnya bermanfaat bagi pernapasan hingga kesehatan kulit. Bahkan, bisa redakan batuk lho.


Minyak kayu putih merupakan hasil dari destilasi uap ranting dan daun segar pohon kayu putih atau Melaleuca Leucadendra. Hasil dari proses destilasi tersebut akan menghasilkan minyak yang sering kita gunakan sehari-hari.

Kandungan minyak pada kayu putih merupakan salah satu produk kesehatan yang umum ditemukan dan digunakan di kalangan masyarakat Indonesia. Biasanya, penggunaan minyak kayu putih tersebut diusapkan pada area perut dan dada setelah selesai mandi.

Selain itu, kayu putih juga sering dibawa bepergian untuk meredakan mual perjalanan. Untuk menghilangkan rasa mual ini, pengguna dapat mengusapkan minyak kayu putih di sekitar kening dan menghirup aromanya.

Penasaran dengan kandungan, manfaat, serta cara pemakaian minyak kayu putih? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Manfaat Essential Oil/Minyak Atsiri Sesuai Macam Kandungannya

Kandungan Minyak Kayu Putih

khasiat minyak kayu putih
Sumber Gambar: Pixabay

Minyak kayu putih memiliki kandungan sineol yang berasal dari kayu dan daun kayu putih. Menurut Badan Standar Nasional Indonesia (BSNI), kandungan sineol dalam minyak kayu putih harus berkisar antara 50-65% yang menjadi standar penentuan kemurniannya.

Kandungan sineol inilah yang memberikan sensasi hangat dan menenangkan dari minyak kayu putih. Adapun kandungan eucalyptol yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan anti jamur yang dapat berguna untuk melindungi kulit.

Selain itu, minyak kayu putih juga mengandung antioksidan yang tinggi dan fitokimia yang merupakan nutrien turunan dari kayu putih itu sendiri. Berikut adalah kandungan lainnya dari minyak kayu putih:

  • Pinene
  • Myrcene
  • Terpinene
  • Benzene
  • Cineole (sineol)
  • Carene
  • Cyclohexen
  • Methanol
  • Fenchyl alcohol
  • Terpinyl acetate
  • Trans-caryophyllene
  • Humulene

Baca Juga: Merk Essential Oil Terbaik, Buatan Lokal hingga Internasional

Manfaat/Khasiat Minyak Kayu Putih

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, manfaat minyak kayu putih ini membuat banyak orang di Indonesia menggunakannya. Berikut adalah khasiat minyak kayu putih lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan:

1. Baik untuk Pernapasan

minyak kayu putih
Sumber Gambar: Unsplash

Minyak kayu putih memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang mampu memberikan manfaat baik bagi sistem pernapasan kita. Sifat minyak kayu putih ini mampu mengatasi asma, sinusitis, serta gangguan pada pernapasan lainnya dan meredakannya.

Cajuput sebagai kandungan minyak kayu putih mengandung senyawa yang bersifat dekongestan yang mampu membantu mengencerkan dahak atau sinusitis yang terjadi pada sistem pernapasan kita.

2. Mampu Meredakan Batuk

minyak kayu putih
Sumber Gambar: Unsplash

Kandungan cajuput dan sineol pada minyak kayu putih mampu membantu kamu dalam meredakan batuk. Selain mempunyai senyawa yang bersifat dekongestan alami, minyak kayu putih juga mempunyai kandungan yang mampu melegakan saluran pernapasan.

Kedua kandungan tersebut mampu membantu kamu dalam mengencerkan dahak dan meredakan rasa gatal pada tenggorokan.

3. Bermanfaat untuk Kulit

minyak kayu putih
Sumber Gambar: Pixabay

Seperti yang telah disebutkan, minyak kayu putih mampu memberikan sensasi hangat dan menenangkan pada kulit yang dioleskan. Hal ini juga dipengaruhi oleh kandungan zat sineol yang merupakan kandungan utama dari minyak kayu putih.

Meski begitu, kandungan sineol ini membuat beberapa orang mengalami ketidakcocokan ketika menggunakan minyak kayu putih.

4. Merawat Luka

minyak kayu putih
Sumber Gambar: Freepik

Aktivitas antimikroba dalam minyak kayu putih membuktikan ekstrak daun eucalyptus dapat membantu melawan patogen Staphylococcus aureus (S. aureus) dan Escherichia coli (E. coli).

Kandungan antibikroba dari minyak kayu putih tersebut dapat memperkecil risiko luka infeksi yang diakibatkan kedua patogen tersebut.

5. Meredakan Nyeri Otot

kayu putih
Sumber Gambar: Pixabay

Kandungan eucalyptamint yang terdapat pada minyak kayu putih dapat digunakan untuk mengobati nyeri otot dan sendi karena keseleo, radang sendi, memar, dan sakit punggung.

Selain itu, minyak kayu putih memiliki respons fisiologis yang mampu menghilangkan rasa sakit pada otot.

rosehip oil
Ampuh melembapkan, meregenerasi, hingga membuat kulit jadi lebih kenyal dan fleksibel. Cek rosehip oil pilihan di sini!

Baca Juga: Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO): Nutrisi Penuh Luar-Dalam

6. Menjauhkan Serangga

kayu putih
Sumber Gambar: Unsplash

Gangguan serangga seperti nyamuk dapat berakibatkan berbagai penyakit yang tidak kita inginkan.

Sebagai pengusir serangga alami, minyak kayu putih memiliki kandungan eucalyptol yang tidak disukai oleh serangga seperti nyamuk.

7. Meredakan Mual Perjalanan dan Sakit Kepala

kayu putih
Sumber Gambar: Pixabay

Sebelumnya sudah dibahas bahwa kebiasaan orang Indonesia membawa minyak kayu putih ketika bepergian untuk meredakan mual perjalanan dan rasa pusing. Hal tersebut merupakan khasiat minyak kayu putih yang memiliki kandungan sineol.

Kandungan sineol tersebut mampu memberikan rasa hangat dan menenangkan bagi pengguna yang merasakan sakit kepala.

8. Mengurangi Ketombe

kayu putih
Sumber Gambar: Pixabay

Bagi yang mempunyai masalah ketombe pada rambut, bisa juga menggunakan minyak kayu putih untuk mengatasinya. Jamur Malassezia furfur yang merupakan biang masalah penyebab ketombe dapat diatasi dengan menggunakan minyak kayu putih.

Kandungan antijamur yang merupakan khasiat minyak kayu putih ini mampu mengatasi jamur yang menyebabkan ketombe tersebut. Namun perlu diperhatikan pada penggunaannya, pastikan untuk tidak menerapkan minyak kayu putih pada kulit kepala yang terluka.

9. Merawat Kesehatan Gigi

manfaat minyak kayu putih
Sumber Gambar: Unsplash

Sifat antibakteri dan antimikroba yang terdapat dalam minyak kayu putih ini ternyata memiliki peran yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Khasiat minyak kayu putih tersebut dapat mencegah bakteri dan mikroba untuk tumbuh dan merusak gigi dan mulut kita.

10. Meredakan Kulit Berminyak

manfaat minyak kayu putih
Sumber Gambar: Pixabay

Bagi yang memiliki permasalahan wajah berminyak, bisa juga menggunakan minyak kayu putih ini untuk mengurangi kadar minyak pada wajah.

Zat dan sifat astringent dalam eucalyptol yang terdapat pada minyak kayu putih dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat minyak kayu putih
Sumber Gambar: Freepik

Menurut riset dalam BMC Immunology, minyak kayu putih dapat merangsang respon sistem kekebalan tubuh. Secara khusus, peneliti menemukan bahwa minyak kayu putih dapat meningkatkan respon fagositik sistem kekebalan terhadap patogen.

Fagositosis sendiri merupakan proses dimana sistem kekebalan tubuh mengkonsumsi dan menghancurkan partikel asing yang menyerang tubuh kita.

Baca Juga: Manfaat Bio Oil untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Cara Pakai Minyak Kayu Putih

khasiat minyak kayu putih
Sumber Gambar: Unsplash

Mempunyai manfaat dan kandungan yang berkhasiat, pemakaian minyak kayu putih ini cukup sederhana. Memiliki bentuk yang cair dan mudah untuk diratakan pada permukaan kulit, berikut adalah cara pemakaian minyak kayu putih:

  • Untuk Pemakaian pada Kulit

Pemakaian minyak kayu putih yang paling sederhana adalah dengan cara mengambil minyak kayu putih secukupnya dan usapkan pada area permukaan kulit. Catatan, jangan gunakan minyak kayu putih pada luka yang terbuka karena dapat memberikan sensasi perih dan iritasi.

Minyak kayu putih dapat dibalurkan pada bagian perut, dada, hingga leher untuk menghangatkan dan menenangkan. Dapat juga dibalur pada bagian kening untuk menambahkan kehangatan dan meredakan pusing.

Jika kamu mengalami iritasi atau ketidakcocokan seusai penggunaan minyak kayu putih, kamu bisa menghentikan pemakaiannya dan konsultasi pada dokter jika mengalami alergi akibat penggunaan minyak kayu putih.

  • Dengan Cara Dihirup

Jika kamu mengalami hidung mampet, sesak napas, ataupun sinusitis yang mengganggu, kamu bisa menghirup uap dari minyak kayu putih untuk meredakan gangguan pernapasan yang kamu rasakan.

Bisa juga dengan mencampurkan minyak kayu putih dengan air hangat pada baskom dan menghirup uapnya.

Baca Juga: Rangkaian Produk Betadine: Kegunaan, Kandungan dan Harga

Khasiat minyak kayu putih yang berasal dari kandungan didalamnya, membuat minyak kayu putih menjadi produk kesehatan pilihan. Selain memiliki manfaat pada kulit, minyak kayu putih juga memiliki manfaat lainnya seperti untuk pernapasan, meredakan pusing, hingga meredakan nyeri otot.

Selain khasiat dan manfaat minyak kayu putih yang berlimpah, proses pemakaiannya pun cukup mudah untuk diaplikasikan. Hanya dengan membalurkan minyak kayu putih secukupnya dan menghirup uap yang dimilikinya, khasiat minyak kayu putih ini sudah bisa kita rasakan.

Selalu sediakan produk kesehatan seperti minyak kayu putih yang kaya akan manfaat ini. Kamu bisa mendapatkan produk kesehatan dengan mudah dan hemat dengan promo menarik di Tokopedia!


jual aromaterapi
Temukan produk-produk aromatherapy pilihan dan rasakan manfaatnya bagi tubuh!

Penulis: Lazuardi