Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

15 Sumber Vitamin A: Ikan, Buah Segar hingga Sayuran Sehat

04 February 2021
Share
15 Sumber Vitamin A: Ikan, Buah Segar hingga Sayuran Sehat

Daftar makanan sumber vitamin A yang wajib kamu konsumsi. Agar daya tahan tubuh meningkat, mata sehat hingga atasi peradangan.


Vitamin A adalah vitamin yang dikenal sangat baik untuk kesehatan mata. Namun, selain baik untuk mata, vitamin A juga ternyata kaya akan manfaat lainnya. Vitamin A dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah gejala defisiensi.

Gejala defisiensi biasanya terdiri dari rambut mudah rontok, mata terasa kering, rabun senja, hingga timbul masalah pada kulit. Gejala-gejala ini dapat terjadi karena kurangnya asupan makanan dengan sumber vitamin A.

Untuk memenuhi asupan vitamin A tubuh, kamu perlu mengetahui angka kecukupan gizi (AKG) vitamin A yang dianjurkan setiap harinya untuk dikonsumsi, yaitu 900 mikrogram (mcg) untuk pria, 700 mcg untuk wanita, dan 300-600 mcg untuk anak-anak serta remaja.

Baca Juga: Manfaat Wortel: Sumber Vitamin, Khasiat Tak Main-main

Makanan yang Mengandung Vitamin A

makanan yang mengandung vitamin a
Sumber Gambar: Pixabay

Makanan dengan sumber vitamin A bisa kamu jumpai di makanan sehari-hari, lho. Lalu apa saja sumber makanan yang kaya akan vitamin A? Berikut adalah rekomendasi sumber makanan yang mengandung vitamin A:

1. Hati Sapi

  •  Jumlah vitamin A per 100 gr: 9.442 mcg

Selain kaya akan vitamin A, hati sapi juga kaya akan berbagai vitamin lainnya. Bahkan, kandungan gizi di dalam hati sapi tergolong lengkap. Oleh karena itu, tidak jarang hati sapi disebut sebagai super food.

Hati sapi memiliki manfaat yang dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang, membantu meredakan stres, melindungi tubuh dari penyakit, menjadi sumber protein dan sumber energi bagi tubuh.

2. Cod Liver Oil

  •  Jumlah vitamin A per 100 gr: 30.000 mcg

Cod liver oil atau minyak hati ikan Kod dikenal memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan anak yang lebih optimal. Selain baik untuk kesehatan fisik, minyak ini ternyata juga baik untuk kesehatan mental anak.

Minyak hati ikan Kod memiliki kandungan vitamin A dan D yang sangat tinggi. Oleh karena itu, tak jarang minyak ini dijadikan sebagai suplemen kesehatan. Kandungannya dapat mencegah rakitis, menurunkan risiko diabetes tipe 1, menjaga kesehatan mata, hingga mencegah depresi, lho.

3. Ikan Salmon

  •  Jumlah vitamin A per 100 gr: 149 mcg

Salmon memiliki kandungan omega-3, vitamin A, vitamin D, dan selenium yang sangat tinggi. Oleh karena itu ikan Salmon dikenal dengan manfaatnya yang baik untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

Selain baik untuk otak, Salmon juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan mata, melawan proses peradangan, hingga mencegah penyakit jantung.

4. Mentega

  • Jumlah vitamin A per 100 gr: 684 mcg

Mentega atau butter sering kali dianggap sebagai sumber lemak yang tidak bagi tubuh. Padahal mentega juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Mentega memiliki kandungan karoten yang dapat membantu pertumbuhan sel dan memperbaiki sel pada tubuh kita. Selain itu, mentega juga dapat membantu saluran pencernaan dan menjaga kesehatan tulang, lho.

5. Cream Cheese

  • Jumlah vitamin A per 100 gr: 308 mcg

Cream cheese atau krim keju merupakan sumber vitamin A yang baik bagi tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam cream cheese dapat memberikan perlindungan pada jaringan tubuh, seperti kulit, paru-paru, dan usus.

Selain itu, cream cheese juga mengandung antioksidan seperti karoten, lutein, dan zeaxanthin yang dapat melawan radikal bebas.

makanan sehat
Ingin ngemil tapi tetap sehat? Ini solusinya, Toppers!

Baca Juga: Manfaat Buah Pepaya: Kaya Vitamin dan Enzim untuk Tubuh

Buah yang Mengandung Vitamin A

buah yang mengandung vitamin a
Sumber Gambar: Pixabay

Selain terdapat pada makanan hewani, vitamin A juga dapat kamu temui pada tumbuh-tumbuhan. Berikut adalah buah-buahan yang kaya akan vitamin A:

6. Mangga

  • Jumlah vitamin A per 100 gr: 54 mcg

Selain rasanya yang manis, ternyata mangga memiliki nutrisi yang tinggi. Kandungan vitamin A dalam mangga dapat menjaga jaringan epitel yang ada pada kulit dan rambut.

Selain itu, mangga juga memiliki kandungan vitamin C tinggi. Kombinasi vitamin A dan C pada mangga dapat membantu menghasilkan kolagen pada kulit, lho.

7. Semangka

  • Jumlah vitamin A per 100 gr: 28 mcg

Semangka memiliki berbagai kandungan nutrisi penting yang baik bagi tubuh seperti, vitamin C, vitamin A, kalium, magnesium dan vitamin B (B1, B5, B6).

Selain itu, semangka juga kaya akan antioksidan seperti beta-karoten dan likopen, serta citrulline dan asam amino yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

8. Pepaya

  • Jumlah vitamin A per 100 gr: 47 mcg

Pepaya memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Nutrisi di dalam pepaya dapat membantu menjaga kesehatan mata, meningkatkan kesehatan kuku dan rambut, hingga meningkatkan imunitas tubuh.

Hal ini dikarenakan pepaya memiliki vitamin C, vitamin A, vitamin B1, vitamin B5, vitamin B3, vitamin K, vitamin E, asam folat, magnesium, serat, folat, dan kalsium.

9. Jambu Biji

  • Jumlah vitamin A per 100 gr: 31 mcg

Kandungan nutrisi dalam jambu biji dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan kolesterol, dan menjaga kesehatan mata.

Selain itu, jambu biji juga sering kali digunakan untuk meredakan diare, menyembuhkan luka dalam, hingga membantu meringankan sakit kepala.

10. Markisa

  • Jumlah vitamin A per 100 gr: 64 mcg

Markisa mengandung nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, serat, karbohidrat kompleks, dan kalium yang baik bagi tubuh.

Oleh karena itu, markis memiliki banyak manfaat baik, seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu melawan radikal bebas.

buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

Baca Juga: Manfaat Vitamin A: Ternyata Tak Hanya Baik untuk Mata

Sayur yang Mengandung Vitamin A

sayur yang mengandung vitamin a
Sumber Gambar: Pixabay

Sayuran juga dikenal sebagai sumber vitamin tinggi. Berikut beberapa rekomendasi sayur yang mengandung vitamin A yang bisa kamu konsumsi sehari-hari:

11. Ubi Jalar

  • Jumlah vitamin A per 100 gr: 1.043 mcg

Ubi jalar termasuk ke dalam makanan sehat yang sering dikonsumsi sehari-hari. Hal ini dikarenakan ubi jalar memiliki kandungan vitamin A yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Menurut salah satu sumber, kamu bisa mengurangi berbagai risiko penyakit dengan mengonsumsi ubi jalar secara teratur.

12. Kale

  • Jumlah vitamin A per 100 gr: 380 mcg

Daun kale memiliki banyak kandungan gizi yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk mata, ternyata kale juga memiliki kalsium yang lebih baik dari susu.

13. Wortel

  • Jumlah vitamin A per 100 gr: 852 mcg

Wortel adalah sayuran dengan sumber karotenoid atau beta karoten, serat, kalium, serta antioksidan yang baik untuk tubuh.

Oleh karena itu, wortel sering dijadikan jus untuk membantu menyehatkan mata, menjaga kesehatan kulit, dan memperkuat daya tahan tubuh.

14. Bayam

  • Jumlah vitamin A per 100 gr: 469 mcg

Bayam memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh.

Mengonsumsi bayam dapat membantu kamu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi radang, mencegah anemia, hingga menjaga kesehatan mata.

15. Romaine Lettuce

  • Jumlah vitamin A per 100 gr: 436 mcg

Romaine lettuce atau selada Romain adalah jenis selada yang sering digunakan untuk menjadi pendamping salad dan sandwich.

Tetapi, tahukah kamu ternyata selada Romain kaya akan antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh, lho.

Baca Juga: Suplemen Vitamin A Terbaik: Mata Sehat dan Imun Kuat

Ternyata, banyak sekali ya makanan yang mengandung sumber vitamin A. Kamu bisa menjadikan beberapa rekomendasi makanan di atas sebagai pilihan asupan vitamin A sehari-hari kamu.

Yuk, perhatikan asupan harian kamu agar tubuh tetap sehat dan jauh dari gejala defisiensi vitamin A!

alat pemotong salad
Ingin memotong sayuran dengan lebih praktis dan tanpa pegal? Coba yuk!

Penulis: Nyimas Pamela Anisa Dewi

Share
Rasyahdan Wicaksono BaharRasyahdan Wicaksono Bahar

Related Articles

10 Jenis Obat Tetes Telinga yang Dijual di Apotik Beserta Fungsinya
Kesehatan
10 Jenis Obat Tetes Telinga yang Dijual di Apotik Beserta Fungsinya
© 2009-2023, PT Tokopedia