Hadapi Arus Balik Lebih Lancar dengan Tips Persiapan Wajib Ini!

38
Tips Persiapan Arus Balik Mudik
Sumber gambar: Pexels

Tips Persiapan Arus Balik Mudik – Sama halnya dengan perjalanan pergi mudik, menghadapi arus balik mudik setelah menghabiskan waktu Lebaran bersama keluarga juga membutuhkan persiapan yang cukup matang.

Untuk membuat perjalanan di musim arus balik mudik lebih aman dan tetap lancar sesuai rencana, simak tips persiapan hadapi arus balik mudik Lebaran berikut ini:

Baca juga: Jadwal Beli Tiket Kereta Mudik Lebaran 2019

Persiapan Arus Balik Mudik Lebaran

1. Tetapkan Tanggal Balik Mudik

Persiapan menghadapi arus balik mudik Lebaran yang pertama adalah menentukan tanggal balik yang tepat. Untuk Toppers yang berencana menggunakan transportasi umum seperti kereta api ataupun pesawat, waktu paling tepat untuk melakukan pemesanan tiket adalah tiga bulan sebelum tanggal balik. Tak cuma sekedar untuk mendapatkan harga terbaik, hal ini juga untuk mencegahmu kehabisan tiket mudik Lebaran.

Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, pantau terus informasi arus balik mudik dan berangkatlah sejak subuh untuk mencegah kemacetan.

2. Jika Menggunakan Kendaraan Pribadi, Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Baik dan Layak

Untuk Toppers yang berencana menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor, lakukanlah pengecekan terhadap kondisi kendaraan sebelum digunakan untuk perjalanan arus balik mudik Lebaran.

Pastikan kondisi kendaraan selalu dalam keadaan layak, mulai dari mesin, oli, bahan bakar, rem, dan berbagai komponen penting lainnya untuk menghindari hal-hal tak diinginkan selama perjalanan arus balik mudik.

Saat berkendara, selalu patuhi rambu lalu lintas yang ada dan batasi kecepatan Toppers. Hindari juga mengemudi dalam keadaan mengantuk. Beristirahatlah di rest area jika diperlukan, atau Toppers bisa bergantian mengemudi dengan rekan atau anggota keluarga lainnya.

3. Selalu Siap Sedia Kebutuhan Pokok untuk di Perjalanan: Makanan dan Minuman serta Obat-Obatan

Persiapan arus balik mudik - Makanan dan Minuman
Sumber gambar: Flickr

Perjalanan arus balik mudik Lebaran bisa memakan waktu yang cukup panjang. Untuk itu, selalu bawa kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman secukupnya. Camilan juga bisa Toppers bawa untuk mengusir rasa bosan.

Selain makanan dan minuman, obat-obatan umum seperti obat mabuk darat, obat sakit kepala hingga obat sakit perut juga tak ada salahnya dipersiapkan. Apalagi jika Toppers memiliki obat-obatan pribadi seperti obat maag ataupun asma, pastikan jangan sampai tertinggal, ya!

4. Pastikan Gadget Selalu Dalam Kondisi Siap Sedia

Selain berbagai kebutuhan pokok, barang yang tak kalah penting untuk dibawa saat menempuh arus balik adalah gadget seperti smartphone contohnya. Tak hanya itu, pastikan smartphone juga dalam kondisi prima baik baterai yang penuh serta ketersediaan pulsa ataupun paket data.

Bawa juga charger dan juga power bank bila diperlukan. Hal ini karena pada saat menempuh perjalanan balik mudik, keberadaan gadget bisa membantu banyak hal. Mulai dari berfungsi sebagai GPS, mengecek berita dan info terkini terkait arus balik mudik, menghubungi nomor-nomor penting, atau sekedar pengisi waktu kosong selama perjalanan arus balik mudik Lebaran agar Toppers nggak merasa bosan.

5. Bawalah Barang Seperlunya

Tips menghadapi arus balik mudik yang tak kalah penting dari sekedar menyiapakan kebutuhan di perjalanan adalah mengefisiensikan barang-barang bawaanmu seefisien mungkin.

Selain melelahkan dan merepotkan, membawa terlalu banyak barang dan berlebihan saat hendak menempuh perjalanan arus balik Lebaran juga sangat tidak aman. Selain tentu lebih sulit untuk diawasi, barang yang berlebihan ini mungkin saja mengundang perhatian penjahat.

6. Persiapkan Fisik Toppers

Tak cuma berbagai barang yang perlu Toppers siapi untuk hadapi arus balik mudik Lebaran. Tubuh Toppers juga perlu dipersiapkan agar dapat menikmati perjalanan arus balik mudik dengan lebih nyaman.

Minumlah vitamin sebelum memulai perjalanan balik mudik dan pastikan Toppers sudah mendapat istirahat yang cukup sebelumnya. Jika ditengah perjalanan Toppers merasa sakit atau kurang fit, jangan ragu untuk berhenti sejenak dan mencari puskesmas atau rumah sakit terdekat.

7. Selalu Waspada

Setelah berbagai persiapan hadapi arus balik mudik tersebut, tips terakhir yang wajib Toppers ingat adalah untuk selalu waspada. Hindari menggunakan aksesoris atau pakaian berlebihan yang akan mengundang perhatian orang dan bila perlu beristirahat, pastikan barang-barang yang Toppers bawa berada dijangkauan Toppers yang tak bisa dijangkau orang lain.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, beristirahatlah di rest area yang ramai oleh pemudik lainnya.

Juga, hindari bantuan dari orang-orang yang tak dikenal dan mencurigakan tetapi segeralah hubungi instansi resmi seperti kepolisian, rumah sakit, jasa marga, dan lainnya jika kamu memang tengah memerlukan bantuan.

Baca juga: Mudik Siaga: 10 Item Wajib dibawa Saat Mudik

Dengan persiapan yang matang, tentu menghadapi arus mudik Lebaran tak lagi jadi perkara yang sulit. Sudahkah Toppers rencanakan perjalanan mudik Lebaran tahun ini? Yuk, mulai persiapan mudik dan arus balik untuk momen mudik yang lebih aman dan lancar!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel