Mencicipi 9 Kuliner Khas Dayak dari Daratan Kalimantan

0
401
Makanan Tradisional Khas Dayak
Sumber gambar: Sindonews

Makanan Khas Dayak – Dayak merupakan salah satu suku Nusantara yang mendiami daratan Kalimantan dan terkenal akan kebudayaannya yang sangat kaya. Dayak sendiri terdiri dari lebih dari 200 suku bangsa yang membentang dari Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, hingga Malaysia.

Kekayaan budaya yang dimiliki masyarakat Dayak tak hanya bisa dilihat dari kekayaan tradisi, kesenian hingga adat-istiadat, namun juga kekayaan kuliner khas Dayak yang resepnya masih terjaga hingga kini.

Untuk Toppers yang tertarik mencicipi cita rasa asli dari daratan Kalimantan, berikut ragam makanan khas Dayak yang wajib dicoba!

Baca juga: 30 Makanan Khas Sunda Lezat yang Bikin Perut Laper

Makanan Tradisional Khas Dayak

1. Juhu Singkah

Makanan Tradisional Khas Dayak
Sumber gambar: Borneo News

Panganan khas suku Dayak pertama ini memiliki bahan utama yang unik yakni rotan muda. Rotan muda ini kemudian diolah bersama ikan, biasanya ikan Baung, terong asam, dilengkapi rempah-rempah dan juga santan. Sensasi rasa sedikit pahit dari rotan muda yang bercampur dengan cita rasa gurih dan asam membuat makanan khas Dayak satu ini sangat menarik. Umumnya Juhu Singkah paling sedap disajikan panas-panas bersama sepiring nasi hangat.

2. Sayur Umbut Kelapa

Makanan Tradisional Khas Dayak
Sumber gambar: Tempo

Memiliki bahan dasar yang tak kalah unik, kuliner khas Dayak selanjutnya ini memiliki bahan dasar umbut atau bonggol dari pohon kelapa yang masih muda. Setelah pohon kelapa yang masih sangat muda ditebang, bonggolnya kemudian diambil dan dimasak bersama campuran ikan ataupun daging bersama bumbu berkuah. Meskipun tidak mudah ditemukan karena bahan dasar dari masakan Dayak ini susah dicari, Toppers masih bisa menemukan beberapa warung makan yang menjajakan masakan khas Dayak ini di daratan Kalimantan.

3. Kue Dange

Makanan Tradisional Khas Dayak
Sumber gambar: Jurnal Post

Kue Dange merupakan salah satu panganan kue khas Dayak yang sangat populer. Makanan ringan khas Dayak ini dibuat dari olahan parutan kelapa bersama tepung dan juga gula. Bahan-bahan ini kemudian dipanggang dengan cetakan khusus untuk Kue Dange. Makanan khas Dayak satu ini kerap disajikan pada saat acara-acara tertentu, namun Toppers tetap bisa menemukannya dengan mudah untuk dijadikan camilan menemani segelas kopi hitam di sore hari.

4. Kalumpe atau Karuang

Makanan Tradisional Khas Dayak
Sumber gambar: Perpustakaan Digital Budaya Indonesia

Kuliner khas Dayak berbahan dasar daun singkong ini dikenal dengan nama Kalumpe bagi masyarakat Dayak Maanyan, namun di masyarakat Dayak Ngaju lebih dikenal dengan nama Karuang.

Makanan khas Dayak ini diolah dengan menumbuk daun singkong bersama bumbu-bumbu sebelum kemudian dimasak bersama terong kecil atau terong pipit. Umumnya masakan khas Dayak ini disajikan bersama sambal terasi dan juga ikan asin sebagai lauk pendamping nasi.

5. Bangamat atau Paing

Makanan Tradisional Khas Dayak
Sumber gambar: Perpustakaan Digital Budaya Indonesia

Dalam bahasa Dayak Ngaju, kuliner khas Dayak ini dikenal dengan nama Bangamat, namun dalam bahasa Dayak Maanyan disebut Paing. Masakan khas Dayak ini tak kalah unik dengan kuliner-kuliner Dayak sebelumnya karena bahan utamanya berupa kalong atau kelelawar besar.

Setelah kalong dibersihkan, dagingnya kemudian diolah bersama bumbu-bumbu dan terkadang dilengkapi dengan tambahan hati batang pisang atau sulur keladi.

6. Wadi Ikan

Makanan tradisional khas Palangkaraya kalimantan tengah
Sumber gambar: Kompas

Makanan khas Dayak selanjutnya adalah Wadi Ikan yang umumnya terbuat dari daging ikan patin yang kemudian difermentasi dengan berbagai bumbu tradisional sebelum dimasak dengan cara digoreng ataupun dikukus.

Selain menggunakan daging ikan, olahan Wadi khas Dayak juga kerap menggunakan bahan utama daging babi sebagai penggantinya. Sensasi rasa asin dan gurih dari olahan Wadi sangatlah khas dan akan memberikanmu pengalaman berbeda menyantap makanan khas Dayak.

7. Botok Daun Mengkudu

Makanan Tradisional Khas Dayak
Sumber gambar: Sindonews

Masakan khas Dayak selanjutnya adalah Botok Daun Mengkudu. Sesuai dengan namanya, panganan ini merupakan daging ikan tongkol yang diolah dengan cara dibungkus ke dalam daun mengkudu bersama beragam bumbu-bumbu dapur sebelum kemudian dimasak hingga matang. Tak cuma rasanya yang lezat, kuliner Dayak ini terkenal akan aroma lezat yang dihasilkan oleh ragam rempah dan juga daun mengkudu.

8. Keripik Kalakai

Makanan tradisional khas Palangkaraya kalimantan tengah
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Tanaman Kalakai adalah tanaman yang terkenal sebagai warisan leluhur suku Dayak yang dipercaya memiliki manfaat kesehatan untuk menyembuhkan diare, menambah darah, hingga membuat awet muda. Tak heran jika tanaman kalaki kerap digunakan dalam berbagai olahan makanan khas Dayak, salah satunya Keripik Kalakai.

Bahan utama Kalakai dibalut dengan adonan tepung sebelum digoreng hingga renyah. Makanan ringan khas Dayak satu ini terkenal akan rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah sehingga kerap menjadi pilihan oleh-oleh khas Dayak bagi wisatawan yang berkunjung ke daratan Kalimantan.

9. Kue Lepet

Makanan Tradisional Khas Dayak
Sumber gambar: Detik

Kue Lepet adalah panganan khas Dayak selanjutnya yang paling sering hadir sebagai sajian di acara-acara adat seperti pernikahan dan pesta-pesta adat. Terbuat dari bahan dasat parutan kelapa dan gula merah yang dibungkus dengan cara dilipat-lipat dengan daun pisang, Kue Lepet menawarkan cita rasa manis unik khas masakan Dayak.

Baca juga: 12 Kuliner Tradisional Batak dengan Cita Rasa Khas yang Unik

Di balik kekayaan budaya dan adat istiadat yang kaya, ternyata ada banyak kuliner tradisional khas Dayak yang tak kalah menarik, bukan? Ingin mulai perjalanan ke daratan Kalimantan untuk cicipi ragam makanan khas Dayak tersebut? Yuk, segera mulai perencanaanmu dengan aplikasi Tokopedia!

Mulai dari pesan tiket pesawat, kamar hotel, hingga beli perlengkapan traveling dan tiket destinasi wisata bisa Toppers lakukan dengan mudah lewat aplikasi Tokopedia.

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!

Bagikan Artikel