• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

18 Daftar Negara yang Pernah Juara Asian Games dari Waktu ke Waktu

Share

18 Daftar Negara yang Pernah Juara Asian Games dari Waktu ke Waktu

Daftar Juara Asian Games – Asian Games adalah sebuah pesta olahraga yang diselenggarakan empat tahun sekali antar negara-negara di seantero benua Asia. Ajang olahraga bergengsi ini mulanya diselenggarakan oleh Asian Games Federation (AFG). Namun, sejak 1982 kompetisi ini berada di bawah naungan otoritas Olympic Council of Asia (OCA).

Dalam sejarahnya, kompetisi  ini telah diikuti hampir seluruh negara di benua Asia, dengan jumlah sekitar 46 negara. Asian Games terakhir digelar di Korea Selatan dan yang terbaru diselenggarakan 2018 ini di Jakarta dan Palembang. Pastinya Toppers sudah siap menyambut kemeriahan acaranya kan?

Kamu penasaran dengan para pemenang ajang olahraga paling bergengsi di Asia ini? Nah langsung saja simak lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 9 Dessert Favorit Jakarta yang Wajib Kamu Cicipi

Daftar Juara Asian Games 1951-2018

1. Juara Asian Games 1951

daftar juara piala dunia 1951-2018
Sumber Gambar: Wikipedia

Perhelatan Asian Games pada tahun 1951 ini dimenangi oleh Jepang. Jepang merupakan negara yang berhasil mengumpulkan banyak medali untuk merebut posisi juara umum. Diselenggarakan di New Delhi, India, Asian Games tahun itu merupakan kali pertama acara dilangsungkan. Kemenangan Jepang ini jadi awal manis bagi tim asal negeri Matahari Terbit itu.

2. Juara Asian Games 1954

Pada Asian Games 1954, Jepang sebagai juara umum berhasil mengungguli tim tuan rumah, Filipina, di berada di posisi dua. Perbandingan medali yang diraih juga cukup jauh, yakni jepang total 98 medali dengan 38 emas, 36 perak, dan 24 perunggu, dibandingkan dengan Filipina hanya mendapat total 45 medali.

3. Juara Asian Games 1958

Sebagai tuan rumah, jepang lagi-lagi berhasil membuktikan dirinya dengan menjuarai Asian Games 1958. Bermain di kandang sendiri rupanya membantu semangat para atlet negeri bunga sakura ini untuk menjadi tim pengumpul medali terbanyak, menghantarkannya pada posisi juara umum. Filipina dan Korea Selatan menyusul di posisi dua dan tiga.

4. Juara Asian Games 1962

Meski mulanya diwarnai dengan beberapa masalah, Asian Games 1962 dapat berjalan dengan sukses di Jakarta. Di tahun ini lagi-lagi Jepang menyabet gelar juara umum dengan perolehan medali terbanyak, mengalahkan Indonesia sebagai tuan rumah dengan perbandingan medali 152 dan 51. Meski begitu, Indonesia harus puas mendapatkan gelar juara di cabang olahraga penting seperti sepeda.

5. Juara Asian Games 1966

Asian Games 1966 masih ditandai dengan dominasi negara Asia Timur, dengan posisi pertama diisi Jepang dan kedua Korea Selatan. Performa Korea Selatan juga menjadi sensasi tersendiri karena ini kali pertama Korsel masuk posisi dua. Thailand sebagai tuan rumah menyusul di posisi tiga.

6. Juara Asian Games 1970

Perhelatan Asian Games tahun ini awalnya direncanakan untuk bertempat di Seoul, Korea Selatan namun kemudian panitia memutuskan untuk berpindah ke Bangkok, Thailand. Juara di tahun ini masih tim dari Jepang, dengan perolehan medali berjumlah 144. Menyusul di posisi kedua dan ketiga, Korea Selatan dan tuan rumah Thailand.

sepatu running

Baca Juga: Mengenal Jenis Pempek Asli Palembang Terpopuler

7. Juara Asian Games 1974

daftar juara asian games 1951-2018
Sumber Gambar: Flickr

Pada Asian Games tahun ini, Tiongkok untuk pertama kalinya ikut berkompetisi menggantikan posisi Taiwan. Jepang kembali meraih peringkat peroleh medali terbanyak, disusul tuan rumah Iran dan Tiongkok.

8. Juara Asian Games 1978

Untuk kedua kalinya, Bangkok menjadi tuan rumah Asian Games. Kompas juara Asian Games tahun ini masih mengarah ke kawasan Asia Timur, dengan posisi Jepang yang belum mampu digeser negara lain, disusul pendatang baru Tiongkok di posisi dua dan duo Korea, Utara dan Selatan, di posisi tiga dan empat.

9. Juara Asian Games 1982

Kembalinya Asian Games ke kota tempat pertamanya diselenggarakan, New Delhi, rupanya tidak membawa keberuntungan bagi pemenang sebelumnya, Jepang. Di tahun inilah akhirnya posisi negara asal kuliner sushi ini yang setelah beberapa tahun merajai dapat disingkirkan oleh negeri tetangganya, Tiongkok. Hal ini menandakan era baru masa keemasan Tiongkok di Asian Games hingga tahun-tahun mendatang.

10. Juara Asian Games 1986

Setelah gagal menjadi host di Asian Games 1970, Seoul akhirnya ditetapkan menjadi tuan rumah di tahun ini. Di tahun ini Tiongkok sebagai pemenang sebelumnya kian memantapkan posisi juaranya, dengan perolehan medali total 222. Posisi dua disusul oleh Korea Selatan, dan paling mengagetkan adalah tim dari Jepang yang untuk pertama kalinya berada di posisi tiga.

11. Juara Asian Games 1990

Asian Games 1990 merupakan pertama kalinya bagi ajang olahraga bergengsi ini diselenggarakan di Tiongkok. Beruntung, baru pertama menjadi host, Tiongkok langsung menyabet gelar juara dengan perolehan medali mencapai 341. Mengulang posisi Asian Games sebelumnya, posisi kedua dan ketiga masing-masing ditempati Korea Selatan dan Jepang.

12. Juara Asian Games 1994

Bermain di kandang nampaknya tidak membuat tim Jepang beruntung. Tiongkok masih mendominasi, dengan 266 medali. Tim tuan rumah Jepang hanya mampu mendongkrak posisi 1 tingkat ke peringkat dua, dengan 216 medali, disusul Korea Selatan di posisi tiga.

kacamata anti fog

Baca Juga: Destinasi Wisata Kuliner Palembang Terlezat Favorit!

13. Juara Asian Games 1998

daftar juara asian games 1951-2018
Sumber Gambar: Thai Fussball

Tahun ini menandai keempat kalinya negara Thailand menjadi kota host untuk Asian Games. Soal juara, belum ada yang bisa menggantikan posisi negara asal teh, Tiongkok, di posisi pertama, disusul Korea Selatan dan Jepang.

14. Juara Asian Games 2002

Setelah Seoul, kini Busan menjadi negara kedua di Korea Selatan yang menjadi tuan rumah Asian Games. Tiongkok, seperti sebelumnya, masih menjadi raja kompetisi, dengan total medali 308, diikuti tuan rumah Korea Selatan dengan 260 medali.

15. Juara Asian Games 2006

Asian Games pertama di kawasan Arab ini kembali didominasi oleh negara-negara Asia Timur, dengan Tiongkok, Korea Selatan, dan Jepang masing-masing mengisi posisi pertama, kedua, dan ketiga secara berurutan. Upacara penutupan di Kota Doha dipimpin oleh atlet renang laki-laki Park Tae-hwan.

16. Juara Asian Games 2010

Perhelatan Asian Games ke-16 ini kembali berlangsung di China, tepatnya di kota Guangzhou. Bermain di kandang, negeri tirai bambu itu kembali menjadi juara Asian Games.

17. Juara Asian Games 2014

Di kali ketiganya menjadi tuan rumah Asian Games, Korea Selatan belum mampu merebut gelar juara. Tiongkok sebagai juara bertahan masih mengungguli negara kompetitor lainnya dengan perolehan medali mencapai 345.

18. Juara Asian Games 2018

Pada gelaran Asian Games terbaru ini, akan kah Tiongkok atau Jepang kembali memimpin sebagai negara dengan perolehan medali terbanyak dan menjadi juara? Atau tim Indonesia yang bakal mampu memaksimalkan kesempatan sebagai tuan rumah dan mengharumkan nama bangsa. Kita lihat saja nanti, Toppers.

Baca Juga: Daftar Negara Juara Piala Dunia Lengkap dari Masa ke Masa

Itu dia daftar juara Asian Games dari masa ke masa. Pada Asian Games tahun ini, sudah siapkah kamu mendukung tim Indonesia untuk meraih gelar juara? Jangan lupa untuk lengkapi aksesoris olahraga terlengkap dan termurah di Tokopedia, serta meriahkan pesta olahraga terbesar di Asia ini!

Share

Rasyahdan Wicaksono BaharRasyahdan Wicaksono Bahar

Related Articles

21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Juli 2024
Top List
21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Juli 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia