9 Kreasi Menu Hidangan Olahan Madu yang Siap Manjakan Lidahmu: Lezat dan Sehat

0
321
Hidangan Olahan Madu

Kurangi penggunaan gula pasir dan menggantinya dengan madu! Ini dia 9 hidangan olahan madu yang bisa jadi menu sehari-hari. Cek penjelasannya berikut!


Hidangan Olahan Madu – Bosan dengan makanan yang itu-itu saja? Atau kamu ingin kurangi mengkonsumsi gula pasir dan menggantinya dengan madu? Gampang! Dengan mengkonsumsi madu, dipercaya bisa meningkatkan sistem imun tubuh, membuat kulit tampak sehat, dan juga menghindari timbulnya diabetes pada tubuh.

Rasa manis memang bisa jadi pemicu utama timbulnya diabetes pada tubuh, namun tubuh tetap perlu mengkonsumsi rasa manis yang bisa menambah energi. Untuk itu, kamu bisa menggantinya dengan madu.

Berbagai hidangan lezat dan sehat bisa kamu ciptakan dengan campuran olahan madu. Untuk itu, yuk simak 9 kreasi menu hidangan dengan olahan madu yang siap manjakan lidahmu!

BACA JUGA: 15 Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Segala Sisi Kehidupan

promo waktu indonesia belanja
Temukan Promo Belanja Diskon, Cashback, Promo Pesta Brand Pilihan, Bebas Ongkir & Kejar Diskon di Waktu Indonesia Belanja!

9 Menu Hidangan Olahan Madu

1. Pisang Goreng Madu

Pisang Goreng madu
Sumber: Paleogrubs

Bosan dengan camilan buah pisang atau jus pisang? Kamu bisa kreasikan pisang dengan madu! Cukup belah dua buah pisang, oleskan dengan madu secukupnya hingga merata dan pisang bisa langsung siap dibakar! Kamu juga bisa tambahkan taburan almond atau keju di atasnya untuk mempercantik dan menambah kelezatannya! Cocok jadi pendamping makanan sehabis berolahraga atau untuk sarapan.

2. Chicken Wings Madu

Chicken Wings Madu
Sumber: Foodnetwork

Bahan yang diperlukan untuk membuat chicken wings madu sangatlah mudah. Kamu hanya perlu beli sayap ayam, tepung beras, tepung terigu, garam, madu, saus sambal, saus tomat, bawang putih yang dicincang, minyak goreng, kecap asin, dan juga madu!

Caranya, campurkan tepung terigu, garam, dan tepung beras di satu wadah. Lalu, balurkan sayap ayam ke dalam adonan tersebut dan goreng hingga matang. Nah, untuk sausnya, kamu cukup tumis bawang putih hingga harum, tambahkan saus tomat, saus sambal, kecap asin dan juga madu sesuai selera. Setelah saus mengental kamu bisa langsung campurkan sayap ayam ke dalam sausnya. Chicken wings yang kamu tunggu sudah bisa langsung disantap!

3. Udang Bakar Madu

Udang Bakar Madu
Sumber: Resepkoki.id

Menu selanjutnya adalah udang bakar madu. Kamu hanya memerlukan udang yang sudah dikupas dan dicuci hingga bersih, jeruk nipis, garam, mentega, kecap manis, saus tomat, madu dan saus sambal. Siapkan juga tusuk sate yang bisa mempermudahmu saat membakar udang.

Setelah udang dicuci bersih, berikan perasan air jeruk nipis lalu diamkan selama 10 menit, kemudian cuci udangnya kembali. Siapkan tusuk sate dan bisa langsung tusukkan udang sesuai keinginanmu. Campurkan semua bahan sausnya, yaitu kecap manis, saus tomat, madu, saus sambal, dan garam. Oleskan bumbu saus secara merata pada udang, agar bumbunya meresap ke dalam daging udang kamu bisa diamkan terlebih dahulu selama 30 menit. Sisakan saus untuk dioleskan saat membakar.

Panaskan grilled pan atau alat bakar, oleskan mentega agar tidak lengket. Letakkan udang di atasnya dan oleskan sisa saus ke udang sambil dibakar. Lakukan sampai warna udang menjadi merah gelap. Setelah matang, udang bakar madu siap dihidangkan!

BACA JUGA: 12 Manfaat Madu Hitam, Tingkatkan Imun Hingga Cegah Anemia

4. Ayam Bakar Madu

Ayam Bakar Madu
Sumber: Pinterest

Membuat menu satu ini mungkin lebih banyak membutuhkan bumbu masakan dibandingkan menu-menu sebelumya. Pertama-tama kamu perlu menyiapkan 1 ekor ayam yang bisa kamu potong ke beberapa bagian (sesuai selera). Lalu siapkan juga lengkuas, jahe, asam jawa 1/2 sendok teh, gula jawa 1 sdm, penyedap rasa, garam, madu, dan air.

Lalu, kamu juga memerlukan bawang merah 6 butir, bawang putih 4 siung, kunyit, ketumbar 1/2 sendok teh, dan lada. Langkah pertama, kamu bisa langsung tumis bumbu yang sudah dihaluskan (lengkuas dan jahe), tumis hingga beraroma. Lalu masukkan ayam dan tumis hingga matang dan tambahkan air hingga ayam terendam.

Setelah itu kamu bisa masukkan gula jawa, asam jawa, garam, madu, dan penyedap rasa. Tutup wajan agar ayam metang secara merata dan bumbu meresap. Setelah itu tiriskan.

Nah, untuk bumbu olesannya kamu memerlukan jeruk nipis, margarin, kecap manis, dan madu. Campur dan aduk rata semua bumbu dan oleskan secara merata ke seluruh bagian ayam dan bakar ayam. Lakukan secara berkala hingga ayam berubah warna kecoklatan. Ayam bakar bumbu madu siap dihidangkan!

promo bebas ongkir
Nikmati promo Bebas Ongkir Tokopedia, biar belanja makin hemat!

5. Honey-roasted Root Vegetables

Honey roasted veges
Sumber: carlsbadcravings

Ingin varian camilan sehat? Kamu bisa coba menu satu ini! Banyak sekali pilihan berbagai olahan sayur yang dicampur dengan madu. Seperti kamu bisa gunakan wortel, ubi, kentang, tomat dan sayur lainnya. Cukup potong-potong sayuran berbentuk dadu dan tauangkan madu di atasnya. Lalu panggang sayuran tersebut hingga warna berubah menjadi kecoklatan.

6. Granola Madu

Granola Madu
Sumbar: Love&zest

Bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja? Granola madu bisa jadi pilihan baru! Kamu hanya cukup siapkan granola dengan madu, campur aduk hingga merata, maka menu sarapan bisa langsung kamu santap! Sebenarnya, sereal apapun bisa kamu gunakan untuk menu sederhana ini.

7. Iga Bakar Madu

Iga Bakar Madu
Sumber: Womentalk

Iga bakar juga jadi salah satu menu masakan yang sangat tepat dicampurkan dengan madu. Rasanya yang gurih dan ditambah dengan madu yang manis dan lezat membuat menu ini sangat sempurna untuk disantap dengan nasi hangat dan sambal. Dengan lumuran saus yang merata ke semua bagian iga pastinya akan menambah nafsu makanmu!

8. Honey Lime Tea

Honey Lime Tea
Sumber: Freepik

Minuman segar pastinya cocok untuk cuaca yang panas. Nah, honey lime tea ini cocok sekali disantap untuk menghilangkan dahaga dan rasa gerah. Hanya memerlukan waktu 10 menit saja untuk membuat minuman ini, kamu hanya perlu sediapkan teh seduh, lemon, gula, madu, dan es batu.

Pertama, kamu perlu peras lemon, lalu seduh teh dengan air hangat dan diamkan hingga 3 menit. Campurkan perasan lemon, serta gula, dan madu ke dalam larutan teh. Tambahkan dengan es batu maka honey lime tea sudah siap kamu minum!

BACA JUGA: 10 Manfaat dan Khasiat Ramuan Lemon dan Madu Saat Puasa

9. Roti Bakar Madu

Roti Bakar Madu
Sumber: tandaseru

Menu selanjutnya adalah roti bakar madu. Cara pembuatannya sangatlah mudah Toppers! Cukup siapkan roti tawar, kamu bisa gunakan roti gandum. Panggang roti hingga kecoklatan, kamu bisa tambahkan unsalted butter. Setelah roti kecoklatan kamu bisa tambahkan topping seperti buah. Potong tipis-tipis buah yang kamu inginkan, lalu tuangkan madu di atasnya. Roti bakar madu siap kamu santap!

kejar diskon - flash sale
Temukan barang impianmu dengan diskon menarik di flash sale Kejar Diskon!

Itu dia 9 menu hidangan olahan madu yang bisa kamu jadikan makanan sehari-hari. Pastinya sehat dan menurunkan kadar gula yang berlebih. Konsumsilah makanan yang sehat dan mengandung nutrisi di dalamnya, agar kekebalan tubuhmu tetap terjaga.

Nah, untuk beli madu kamu bisa secara online di Tokopedia. Tak perlu keluar rumah kamu sudah bisa dapatkan madu yang diinginkan! Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dengan mengatur pola makan, istirahat yang cukup, konsumsi vitamin C dan juga olahraga secara teratur!

promo waktu indonesia belanja
Temukan Promo Belanja Diskon, Cashback, Promo Pesta Brand Pilihan, Bebas Ongkir & Kejar Diskon di Waktu Indonesia Belanja!