11 Manfaat Bersepeda: Imun Kuat, Langsing hingga Bikin Happy

0
193
manfaat bersepeda, manfaat bersepeda bagi tubuh
Sumber Gambar: Bicycling

Manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh dan mental. Olahraga yang mudah, menyenangkan serta mendatangkan banyak keuntungan.


Akhir-akhir ini, olahraga bersepeda sedang digandrungi banyak kalangan. Terutama anak-anak muda dan seolah menjadi gaya hidup baru yang menjadi rutinitas.

Dalam fase new normal, sepeda dapat menjadi hiburan tersendiri atau pilihan moda transportasi yang lebih aman karena tidak harus berdesak-desakan dengan banyak orang.

Ditambah lagi, bersepeda juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh yang sangat penting untuk dijaga di saat-saat seperti ini agar kamu tidak mudah terserang virus dan penyakit.

Baca Juga: Jenis Sepeda Terpopuler Berdasarkan Kegunaannya

Manfaat Olahraga Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh

manfaat olahraga sepeda, manfaat naik sepeda bagi kesehatan
Sumber Gambar: TrainingPeaks

Nah, ternyata selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, masih banyak lagi lho keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan bersepeda. Baik untuk kesehatan fisik, mental, hingga untuk kebaikan bumi. Penasaran? Yuk, cari tahu manfaat bersepeda berikut ini:

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Olahraga ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi protein esensial dan sitokin (produksi sel imunitas tubuh).

Pada saat-saat seperti ini, menjaga imunitas tubuh dan sistem pernapasan sangat penting agar kamu terhindar dari virus-virus jahat.

Selain dapat perkuat imun tubuh, berolahraga juga memiliki manfaat kesehatan untuk organ pernapasan bagian atas sehingga dapat meminimalisir kamu untuk terserang penyakit flu.

2. Menurunkan Berat Badan dan Menghindari Obesitas

Bersepeda adalah cara yang baik untuk kamu yang ingin mengontrol atau mengurangi berat badan, karena bersepeda dapat meningkatkan laju metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh.

Bersepeda membakar antara 400 sampai 1.000 kalori per jam, tergantung intensitas dan berat badan pesepeda.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Bikin Bahagia

Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau masalah kecemasan. Berfokus pada saat sedang bersepeda dapat membantu mengembangkan konsentrasi dan membantu mengalihkan fokus kamu dari obrolan tentang penyakit mental.

Jika kamu merasa capek atau lesu, naik sepeda setidaknya selama 10 menit dapat melepaskan endorfin, yang akan membantu kamu  merasa lebih baik sekaligus menurunkan tingkat stres.

4. Membantu Pemulihan pada Penderita Kanker

Bersepeda adalah kegiatan yang baik untuk rencana perawatan jika kamu menderita atau sedang dalam pemulihan dari kanker. Bersepeda juga dapat membuat kamu tetap ramping dan bugar, yang dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara.

Penelitian menyebutkan bahwa menjaga tubuh aktif dengan berolahraga dapat membantu mengurangi efek samping pengobatan kanker, termasuk kelelahan, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

5. Meningkatkan Keseimbangan dan Mengurangi Penyakit Artritis

Bersepeda dapat meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan koordinasi. Ini juga dapat membantu mencegah jatuh dan patah tulang.

Mengendarai sepeda adalah bentuk olahraga yang ideal jika kamu mengidap osteoartritis, karena bersepeda adalah olahraga yang berdampak rendah yang hanya memberi sedikit tekanan pada persendian.

jual celana sepeda
Celana khusus ini mampu menyerap keringat. Bersepeda jadi lebih menyenangkan deh!

Baca Juga: Sepeda Balap Terbaik, Kecepatan Tinggi Lebih Efisien

6. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular termasuk stroke, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung.

 Bersepeda secara teratur merangsang dan meningkatkan jantung, paru-paru, dan sirkulasi darah kamu, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Bersepeda dapat memperkuat otot jantung, menurunkan denyut nadi istirahat, dan mengurangi kadar lemak darah.

Sebuah penelitian di Denmark yang dilakukan selama 14 tahun dengan 30.000 orang berusia 20 hingga 93 tahun menemukan bahwa bersepeda secara teratur dapat melindungi dari penyakit jantung.

7. Memperkuat Otot Kaki

Bersepeda meningkatkan fungsi keseluruhan tubuh bagian bawah dan memperkuat otot kaki tanpa membuatnya terlalu tertekan. Bersepeda menargetkan otot pada paha depan, bokong, paha belakang, dan betis.

Untuk membuat kaki kamu lebih kuat, cobalah latihan angkat beban, seperti squat, leg press, dan lunges, beberapa kali seminggu untuk lebih meningkatkan performa bersepeda kamu.

8. Memperkuat Otot Inti dan Memperbaiki Postur Tubuh

Bersepeda juga dapat melatih otot inti, termasuk punggung dan perut. Menjaga tubuh agar tetap tegak dan mempertahankan sepeda pada posisinya membutuhkan sejumlah kekuatan otot inti.

Otot perut dan punggung yang kuat menopang tulang belakang kamu, meningkatkan stabilitas, dan meningkatkan postur tubuh.

9. Meningkatkan Kekuatan Otak

Olahraga seperti bersepeda dapat meningkatkan kekuatan otak dan membantu mencegah Alzheimer pada lansia.

Namun, bukan hanya lansia yang diuntungkan, sebuah studi yang diterbitkan di Pediatrics menunjukkan bahwa bersepeda juga memberikan manfaat untuk otak pada anak-anak.

Olahraga dapat membantu mengendalikan masalah seperti gangguan defisit perhatian pada anak.

10. Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson

Bersepeda dapat melawan banyak penyakit termasuk menangkal penyakit Parkinson. Sebuah studi menemukan bahwa olahraga berat dapat menurunkan risiko penyakit Parkinson pada pria.

Studi tersebut menunjukkan bahwa melakukan lebih dari tiga jam bersepeda dengan kecepatan 10 hingga 12 mil per jam (mph) setiap minggu dapat membantu kamu mengurangi risiko penyakit Parkinson.

11. Ramah Lingkungan

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kamu, bersepeda juga memberikan manfaat untuk bumi.

Bersepeda adalah pengganti yang bagus untuk pilihan transportasi terutama saat kamu ingin pergi ke tempat-tempat yang tidak terlalu jauh.

Dengan menggunakan sepeda, kamu dapat mengurangi jejak karbon dan polusi di udara.

Baca Juga: Sepeda Lipat Terbaik, dari yang Murah hingga High-end

Itu dia Toppers manfaat dari bersepeda. Selain bagus untuk kesehatan mental dan fisik, dengan bersepeda kamu juga akan membantu mengurangi polusi udara, lho.

Sebelum mulai olahraga sepeda, jangan lupa untuk persiapkan dulu peralatan-peralatan olahraga kamu! Temukan segala keperluan bersepeda di Tokopedia!

jual produk olahraga terlengkap
Yuk, terapkan gaya hidup sehat sekarang juga dengan perlengkapan olahraga terbaik dan termurah di sini!

Penulis: Naura Nadira Az-Zahra