• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Blewah: ‘Primadona’ Ramadan yang Istimewa

Share

11 Manfaat Blewah: ‘Primadona’ Ramadan yang Istimewa

Manfaat blewah untuk kesehatan yang menyegarkan luar dan dalam. Simak daftar kandungan dan khasiat buah khas Ramadan ini.


Segarnya buah blewah biasanya dinikmati saat cuaca panas. Gabungan antara segarnya blewah, sirup cocopandan, dan es batu biasanya menjadi menu favorit banyak.

Meminum racikan es blewah membuat siapa pun yang meminumnya merasakan kepuasan dalam melepas dahaga. Apalagi dijadikan takjil saat berbuka puasa di bulan Ramadan.

Tidak hanya dapat memberikan kesegaran, buah blewah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, lho!

Baca Juga: Manfaat Timun Suri: Buah Lembut yang Kaya Khasiat

Kandungan Blewah

kandungan buah blewah
Sumber Gambar: Unsplash/@mathildelangevin

Sebelum mengetahui manfaat blewah, ada baiknya kita cari tahu lebih dalam tentang kandungannya. Ini dia kandungan yang ada pada blewah:

  • Betakaroten
  • Vitamin C
  • Folat
  • Air
  • Serat
  • Potasium
  • Vitamin dan mineral lainnya

Baca Juga: Manfaat Kurma: Buah Nabi dengan Khasiat ‘Suci’

Manfaat/Khasiat Buah Blewah

manfaat blewah, khasiat blewah
Sumber Gambar: Pixabay

Di bulan-bulan biasa, mungkin tak banyak yang mengingatnya. Begitu memasuki bulan puasa, blewah seakan-akan jadi buah ‘primadona’ yang difavoritkan banyak orang. Namun, apa yang bisa blewah beri untuk kesehatan tubuh kita? Berikut daftar khasiatnya:

1. Asupan Vitamin C Harian

Blewah memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Satu cangkir blewah dapat memenuhi asupan vitamin C harian yang disarankan.

Adapun manfaat vitamin C sangat baik untuk mendukung produksi tulang rawan, otot, pembuluh darah, dan kolagen pada tulang.

2. Baik untuk Kesehatan Rambut

Tak hanya kandungan vitamin C yang tinggi, blewah memiliki kandungan vitamin A yang juga dikenal sebagai retinol. Retinol dibutuhkan untuk produksi sebum, senyawa yang menjaga kulit kepala dan rambut kita tetap lembap dan sehat.

Kandungan vitamin C dalam blewah juga berperan dalam memelihara kesehatan rambut. Ini bermanfaat untuk membangun dan memelihara kolagen yang memberikan struktur pada kulit dan rambut.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam buah blewah juga bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Jika kamu menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan, kinerja produk akan lebih baik jika kamu memiliki asupan nutrisi yang baik seperti mengonsumsi buah blewah.

Kamu dapat mengkombinasikan blewah dengan makanan yang memiliki lemak baik seperti alpukat atau minyak zaitun, karena vitamin A dan vitamin C larut dalam lemak.

4. Menghidrasi Tubuh

Tidak hanya memiliki kandungan air yang tinggi, blewah juga kaya akan potasium. Potassium adalah salah satu elektrolit yang hilang saat berkeringat.

Mengonsumsi blewah sebagai makanan setelah berolahraga membantu tubuhmu untuk cepat kembali segar serta mengurangi kemungkinan kram otot dan kelelahan.

5. Menjaga Fungsi Jantung

Kandungan dari potasium membantu menurunkan tekanan darah yang disebabkan oleh natrium. Tak berhenti pada potassium, blewah memiliki kandungan serat yang tinggi.

Mengonsumsi makanan dengan tinggi serat dapat menurunkan kolesterol jahat yang berbahaya bagi jantung.

buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

Baca Juga: Manfaat Nangka: Buah Tinggi Protein Pengganti Daging

6. Membantu Melancarkan Pencernaan

Apakah kamu sering memiliki masalah sembelit? Ada baiknya kamu mengonsumsi blewah karena blewah dapat melancarkan pencernaan.

Buah yang segar ini mengandung serat larut dan tidak larut yang berguna bagi kesehatan usus sehingga dapat mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Dengan saluran pencernaan yang sehat, kamu juga dapat terhindar dari infeksi saluran pencernaan dan sindrom iritasi usus besar, lho!

7. Mengontrol Rasa Lapar

Apakah kamu sedang berusaha menurunkan berat badan? Jika iya, artinya buah ini cocok untuk menemani konsumsi harianmu.

Blewah dapat membantu memuaskan rasa laparmu karena mengandung banyak serat. Buah ini juga tidak mengandung lemak dan kolesterol serta memiliki kalori yang rendah.

Selain itu, rasa manis yang dimiliki blewah memiliki kandungan gula yang rendah sehingga dapat menjadi salah satu pilihan sehat untuk memuaskan keinginan terhadap makanan manis.

8. Mempertahankan Kesehatan Mata

Penurunan kesehatan mata pada orang yang sudah tua disebabkan oleh menipisnya lapisan retinal yang menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya. Risiko ini akan dapat dikurangi jika kamu memakan blewah.

Blewah memiliki kandungan antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein yang terbukti melindungi mata dan menangkal radikal bebas di retina.

9. Mengurangi Risiko Kanker

Jika kamu ingin menjaga kesehatan dan terhindar dari kanker, mengonsumsi blewah juga dapat menjadi salah satu upaya pencegahan.

Hal ini memungkinkan karena blewah mengandung folat atau vitamin B9 yang dapat memberikan perlindungan pada penderita kanker stadium awal dan pada orang dengan kekurangan folat.

10. Mengurangi Gejala Demam

Saat ingin mengirim buah-buahan pada orang yang sedang demam, kamu dapat mempertimbangkan memberi blewah, karena mengonsumsi blewah dapat mempercepat durasi demam.

Hal ini memungkinkan karena karena blewah yang kaya vitamin C dapat membantu mempengaruhi lamanya gejala demam bertahan.

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di saat pandemi, tentunya sangat penting untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Nah, mengonsumsi blewah jadi salah satu caranya karena blewah mengandung betakaroten.

Saat setelah dimakan, beta karoten akan diubah menjadi vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang menyerang sel-sel pada tubuh.

Baca Juga: Manfaat Alpukat: Buah Protein Tinggi, Teman Diet Alami

Cara Mengonsumsi Blewah

blewah, buah blewah
Sumber Gambar: Pixabay

Tentunya, karena menjadi salah satu buah yang menyegarkan. Cara paling nikmat mengonsumsi blewah adalah dengan menjadikannya minuman dingin pelepas dahaga, seperti berikut ice blended blewah berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 200 gram blewah
  • 100 gram melon (optional)
  • 1 sendok teh perasan jeruk nipis
  • Gula pasir secukupnya
  • Nata de coco
  • Es batu secukupnya

Langkah membuat:

  • Blender blewah dan melon hingga merata.
  • Campurkan air perasan jeruk nipis dan aduk.
  • Berikan gula pasir sesuai selera jika jus belum begitu manis.
  • Masukkan ke dalam gelas dan berikan nata de coco sebagai pelengkap.

Baca Juga: Resep Minuman Buka Puasa Sederhana, Praktis dan Segar!

Nah, itu dia manfaat dan khasiat dari blewah yang perlu kamu tahu. Kamu bisa mencicipi blewah dengan sirup atau susu kental manis dengan tambahan es agar semakin segar. Beli sirup favoritmu di Tokopedia dan dapatkan penawaran harga terbaik!


alat pemotong buah
Mau memotong buah ataupun sayur lebih cepat dan efisien? Ini solusinya!

Penulis: Nabila Khaerunnisa

© 2009-2024, PT Tokopedia