11 Manfaat Nangka: Buah Tinggi Protein Pengganti Daging

0
1472
nangka, buah nangka
Sumber Gambar: Washington's Top News (WTOP)

Manfaat buah nangka yang ternyata tinggi kandungan protein. Kerap digunakan sebagai pengganti daging untuk hidangan vegetarian.


Nangka adalah buah pohon tropis yang berasal dari India barat daya. Buah ini masuk ke kategori keluarga tumbuhan Moraceae, bersama mulberry, buah ara, dan sukun.

Buah nangka berukuran besar, dengan daging buah yang tebal dan berwarna kuning serta berbiji dan polong yang dapat dimakan. Dagingnya memiliki rasa manis khas, yang oleh beberapa orang digambarkan sebagai persilangan antara pisang dan nanas.

Karena teksturnya yang berserat, orang sering menggunakan daging nangka sebagai pengganti daging merah dalam masakan vegetarian atau vegan.

Penasaran apa saja kandungan nutrisi, manfaat, serta cara mengonsumsi buah nangka? Tapi, sebelumnya yuk intip fakta menarik dari buah bergizi ini:

  • Buah nangka memiliki umur panjang. Rata-rata umur pohonnya 60 sampai 70 tahun.
  • Satu pohon nangka dewasa bisa menghasilkan sekitar 100 sampai 200 buah dalam setahun.
  • Berasal dari hutan hujan Ghats Barat India, pohon nangka menyebar ke bagian lain dari India, Asia Tenggara, Hindia Timur, dan Filipina.
  • Nangka tidak dapat bertahan hidup di iklim dingin dan pohonnya bisa mati pada suhu di bawah 0° Celsius (C).
  • Setiap bagian dari pohon nangka bermanfaat untuk pengobatan dan kesehatan. Mulai dari kulit kayu, daun, daging buah, kulit dan akarnya.

Baca Juga: Manfaat Alpukat: Buah Protein Tinggi, Teman Diet Alami

Kandungan Buah Nangka

kalori nangka, kandungan buah nangka
Sumber Gambar: Money Inc

Nangka memiliki kandungan nutrisi yang mengesankan. Buah ini mengandung jumlah kalori sedang, menyediakan 155 dalam porsi satu cangkir. Sekitar 92% kalori dari kalorinya berasal dari karbohidrat, sedangkan sisanya berasal dari protein dan sedikit lemak.

Selain itu, nangka mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang kamu butuhkan, serta serat dalam jumlah yang cukup. Berikut ini kandungan nutrisi dalam 165 gram (g) buah nangka:

  • Kalori: 155 kalori
  • Karbohidrat: 40 g
  • Serat: 3 g
  • Protein: 3 g
  • Vitamin A: 10% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin C: 18% dari AKG
  • Riboflavin: 11% dari AKG
  • Magnesium: 15% dari AKG
  • Kalium: 14% dari AKG
  • Tembaga: 15% dari AKG
  • Mangan: 16% dari AKG

Yang membuat buah nangka unik dari buah lainnya adalah kandungan proteinnya. Ini menyediakan lebih dari 3 gram protein per cangkir, dibandingkan dengan 0–1 gram pada jenis buah serupa lainnya, seperti apel dan mangga.

Nangka juga kaya akan beberapa jenis antioksidan, yang kemungkinan membuat buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Semangka: Buah Kaya Kandungan Air yang Menakjubkan

Manfaat/Khasiat Buah Nangka

manfaat buah nangka, khasiat buah nangka
Sumber Gambar: Women’s Health

Seperti buah-buahan lainnya, nangka mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang membantu mencegah dan menangani berbagai masalah kesehatan. Berikut ini khasiat yang dipercaya jika kamu rutin mengonsumsi buah nangka:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam nangka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubih serta membantu mencegah penyakit. 

Makan buah ini juga diklaim bermanfaat untuk mengurangi risiko infeksi virus.

2. Membantu Mengontrol Gula Darah

Nangka memiliki beberapa khasiat yang dapat membantu meneglola gula darah. Buah ini memiliki indeks glikemik (GI) yang cukup rendah.

Diet yang mengandung banyak makanan rendah GI telah terbukti membantu untuk meningkatkan kontrol gula darah.

Selain itu, nangka juga mengandung beberapa protein yang dapat membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang mengonsumsi ekstrak nangka ditemukan memiliki  kadar gula darah yang baik.

3. Membantu Melawan Kanker

Buah nangka mengandung zat yang disebut fitokimia, seperti flavonoid, saponin, dan tanin.

Menurut American Institute for Cancer Research, zat  fitokimia memiliki sifat antioksidan, yang berarti dapat membantu melawan efek radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif yang terjadi secara alami di dalam tubuh dan dapat merusak sel. Kerusakan ini, yang dikenal sebagai stres oksidatif yang mungkin berperan dalam perkembangan beberapa penyakit kronis, termasuk kanker.

Fitokimia juga dapat mencegah pertumbuhan pembuluh darah baru di sekitar sel kanker.

4. Mencegah Masalah Kulit

Buah nangka memberikan beberapa nutrisi dan antioksidan, seperti vitamin C, yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Terdapat bukti anekdotal bahwa mengonsumsinya dapat memperlambat penuaan kulit kamu.

5. Sumber Serat yang Baik

Nangka, terutama bijinya, merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang baik.

Menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam aliran darah, yang dapat membantu mencegah lonjakan glukosa darah setelah makan.

Penelitian menunjukkan bahwa serat makanan juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker usus besar.

alat pemotong buah
Mau memotong buah ataupun sayur lebih cepat dan efisien? Ini solusinya!

Baca Juga: Manfaat Nanas: Buah Tropis Bebas Lemak dan Kolesterol

6. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Nangka merupakan sumber kalium yang baik. Menurut American Heart Association (AHA), makanan kaya kalium bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Kalium menurunkan tekanan darah dengan melawan efek natrium dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah.

AHA merekomendasikan bahwa orang dewasa yang sehat mengonsumsi 4.700 miligram (mg) potasium sehari. Secangkir nangka mentah yang diiris mengandung 739 mg potasium.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Nangka berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung karena kandungan kalium, serat dan antioksidannya.

8. Menurunkan Tingkat Kolesterol Jahat

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa biji nangka dapat membantu mengurangi kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL).

Kolesterol LDL atau kolesterol jahat adalah endapan lilin yang dapat menempel pada dinding bagian dalam arteri. Saat endapan ini menumpuk, mereka dapat membatasi aliran darah, yang dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Sedangkan, kolesterol HDL atau kolesterol baik, membantu menghilangkan kolesterol LDL dari pembuluh darah dan mengirimkannya kembali ke hati.

9. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Nangka mengandung vitamin C untuk membuat protein yang disebut kolagen, yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat, seperti pembuluh darah dan tulang rawan. Kolagen juga penting untuk penyembuhan luka.

Menurut sebuah penelitian pada 2014, nangka mengandung zat antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur yang juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

10. Mendukung Kesehatan Tulang

Untuk menambah asupan kalsium yang baik untuk menunjang kesehatan tulang, makan nangka sangat dianjurkan.

Selain kalsium, nangka mengandung vitamin C dan magnesium yang selanjutnya membantu penyerapan kalsium.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Nangka dapat membantu menurunkan berat badan karena bebas lemak dan rendah kalori.

Hal itu memungkinkan kamu yang sedang diet untuk mengkonsumsinya dengan aman dan nyaman. Serta mendapatkan manfaat penuh dari semua nutrisi lainnya.

Baca Juga: Manfaat Apel: Kunci Sehat, Penyakit ‘Tak Berani’ Mendekat

Cara Konsumsi Buah Nangka

cara konsumsi nangka
Sumber Gambar: Olive Magazine

Daging buah nangka yang masih mentah berwarna hijau dan berubah menjadi kuning saat matang. Daging nangka yang segar dan matang bisa dimakan sendiri atau digunakan dalam berbagai resep, termasuk makanan penutup.

Para vegetarian dan vegan sering kali menggunakan nangka sebagai alternatif daging karena teksturnya. Misalnya, kamu bisa memanfaatkan buah sebagai pengganti daging pada taco dengan cara memasaknya lalu memadukannya dengan sayuran dan bumbu-bumbu.

Selain itu, kamu juga bisa memasukkan nangka ke dalam kari atau sup. Nangka yang matang juga terasa enak jika ditambahkan ke yogurt atau oatmeal.

Biji nangka juga bisa dimakan. Mereka bisa dipanggang atau direbus dan kemudian dikombinasikan dengan bumbu. Kamu bahkan bisa menggunakan bijinya untuk membuat hummus.

Berikut cara menyiapkan nangka mentah yang segar:

  • Potong buah menjadi dua, lalu menjadi potongan kecil, tanpa membuang kulitnya.
  • Rebus potongan hingga dagingnya empuk dan bertekstur berserabut. Ini mungkin memerlukan waktu sekitar 30-60 menit.
  • Kupas kulitnya dan buang bijinya serta polongnya.

Buah nangka tidak mudah dikupas karena getahnya yang lengket. Agar tidak membuat pisau dan tangan kamu lengket, gosok dengan minyak goreng sebelum kamu membelah buah.

Jika kamu tidak ingin mengolah nangka sendiri, carilah nangka kalengan atau siap makan di toko. Kamu juga bisa menemukan nangka kalengan yang sudah diawetkan dengan sirup yang manis untuk dicampurkan pada sop buah atau makanan penutup manis lainnya.

Baca Juga: Manfaat Buah Pepaya: Kaya Vitamin dan Enzim untuk Tubuh

Buah nangka aman dan bergizi bagi kebanyakan orang. Namun, siapa pun yang alergi terhadap getah atau serbuk sari pohon sejenis nangka harus berhati-hati saat makan buah ini.

Beli kebutuhan sayur dan buah harianmu dengan lebih mudah di Tokopedia. Dapatkan juga promo serta penawaran menariknya!


buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

Penulis: Naura Nadira Az-Zahra