• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Manfaat Ginseng: Herbal Ternama yang Kaya Guna

Share

10 Manfaat Ginseng: Herbal Ternama yang Kaya Guna

Daftar manfaat ginseng untuk kesehatan tubuh. Tanaman herbal kaya antioksidan, tingkatkan sistem kekebalan hingga cegah penuaan.


Ginseng adalah salah satu jenis tanaman obat herbal yang banyak ditemukan di Asia, seperti Korea, Jepang dan Tiongkok. Dua jenis ginseng yang umum ditemukan, yakni ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Korea (Panax ginseng).

Meski berbeda, secara umum kedua jenis ginseng ini memiliki kandungan aktif yang sama, yaitu ginsenosida dan gintonin. Kedua kandungan tersebut dipercaya menawarkan berbagai manfaat ginseng untuk kesehatan.

Sejak dulu, akar tanaman ini sudah dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Karena mampu mengatasi berbagai penyakit. Simak ulasan lengkap tentang manfaat ginseng hingga kandungan dan cara mengolahnya.

Baca Juga: Manfaat Jahe, Perkuat Imun hingga Obati Batuk

Kandungan Ginseng

kandungan ginseng
Sumber Gambar: Pixabay

Dipercaya menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tentunya tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang melimpah. Di dalam 100 gram (g) teh ginseng, terkandung:

  • Energi: 127 kilojoule (kJ)
  • Air: 92,65 g
  • Lemak: 0,18 g 
  • Karbohidrat: 7,16 g 
  • Gula: 6,87 g 
  • Sukrosa: 0,49 g 
  • Glukosa: 2,79 g 
  • Fruktosa: 3,59 g 
  • Kalsium: 3 miligram (mg)
  • Besi: 0,2 mg
  • Magnesium: 1 mg
  • Kalium: 5 mg
  • Sodium: 2 mg 
  • Zinc: 0,01 mg
  • Mangan 0,12 mg

Selain kandungan di atas, ginseng juga diketahui memiliki kandungan vitamin C 7,7 mg, thiamin 0,04 mg, hingga kafein 4 mg.

Baca Juga: Manfaat Kunyit, Anti Peradangan hingga Perangi Kanker

Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

manfaat ginseng
Sumber Gambar: Exporters India

Senyawa ginsenosida dan gintonin dalam ginseng saling melengkapi untuk memberikan manfaat luar biasa. Berikut sederet khasiat ginseng yang bisa kamu dapatkan:

1. Mencegah Peradangan

Khasiat ginseng yang pertama adalah membantu mencegah dan mengurangi peradangan. Hal ini berkat adanya sifat anti-inflamasi yang terdapat pada senyawa ginsenosida di dalam ginseng.

Sebuah studi menunjukkan bahwa senyawa tersebut memberi efek positif dalam meningkatkan kekebelan tubuh sehingga dapat mengurangi peradangan.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Diketahui bahwa ginseng memiliki kandungan antialergi, antimikroba dan kaya antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dalam melawan berbagai infeksi bakteri. Sehingga sistem kekebalan tubuh pun ikut meningkat.

Tanaman herbal ini juga diyakini dapat meningkatkan efek vaksinasi terhadap berbagai jenis penyakit seperti influenza, rotavirus, hepatitis C, dan lainnya.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat ginseng untuk kesehatan berikutnnya adalah dapat membantu meningkatkan fungsi otak.

Didukung oleh sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa komponen dalam ginseng seperti ginsenosida dan senyawa K berperan penting dalam melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Penelitian lain juga menemukan efek positif pada fungsi dan perilaku otak pada orang penderita penyakit Alzheimer.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Ginseng memberi manfaat dalam mengontrol kadar gula darah pada orang dengan atau tanpa diabetes.

Baik ginseng Amerika maupun Asia telah terbukti dapat meningkatkan fungsi sel pankreas sehingga meningkatkan produksi insulin dan meningkatkan penyerapan gula darah dalam jaringan.

Ginseng merah yang difermantasi diketahui lebih efektif dalam mengontrol kadar gula darah.

Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 2,7 gram ginseng merah yang difermantasi setiap hari efektif menurunkan gula darah dan meningkatkan kadar insulin.

5. Meningkatkan Energi

Mengonsumsi ginseng secara rutin telah terbukti membantu melawan kelelahan dan meningkatkan energi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ginseng Korea mengalami lebih sedikit kelelahan fisik dan mental serta pengurangan stres oksidatif dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Selain itu, lebih dari 155 penelitian menunjukkan bahwa suplemen ginseng tidak hanya membantu mengurangi kelelahan tetapi juga meningkatkan energi dan aktivitas fisik.

jahe merah
Hangatkan dan hilangkan gatal di tenggorokan dengan jahe merah alami berkhasiat!

Baca Juga: Manfaat Kencur, Bumbu Masak Mujarab untuk Kesehatan

6. Mencegah Ejakulasi Dini

Tak banyak yang tahu bahwa ginseng juga memberi manfaat terhadap seksualitas para pria dewasa. Salah satunya adalah mencegah ejakulasi dini.

7. Mencegah Penuaan Dini

Hampir semua orang tahu mengenai manfaat ginseng satu ini, yakni kemampuannya dalam mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Hal ini berkat adanya kandungan antioksidan di dalamnya yang bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, serta mencegah efek negatif dari radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, khasiat ginseng linnya juga mampu merangsang aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam sel-sel kulit tubuh. Dengan begitu akan membantu kulit wajah tampak lebih awet muda dan tetap lembap.

8. Menurunkan Risiko Kanker

Ginseng memang diketahui menyimpan segudang manfaat dalam melawan berbagai jenis penyakit, termasuk membantu mengurangi risiko kanker.

Adanya senyawa ginsenosida di dalam ginseng berkhasiat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan mengurangi peradangan, serta melawan radikal bebas dalam tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ginseng mengalami penurunan risiko kanker seperti kanker mulut, kanker perut, kanker esofagus, kanker paru-paru, dan kanker hati.

Selain itu, juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan penderita kanker dan mengurangi efek samping dari pengobatan kanker.

9. Meringankan Gejala Menopause

Dengan mengonsumsi ginseng korea juga bisa menjadi salah satu terapi alternatif untuk meringankan gejala menopause.

Sebuah studi menjelaskan bahwa wanita menopause yang mengonsumsi ekstrak ginseng mengalami penurunan risiko masalah kesehatan yang berkaitan dengan menopause.

Seperti penurunan hasrat seksual, berkurangnya kepadatan tulang, dan perubahan suasana hati.

10. Membantu Meredakan Stres

Ginseng mampu memengaruhi sistem saraf tubuh, seperti merangsang metabolisme dan meningkatkan tingkat energi.

Hal ini berkat adanya senyawa adaptogen dalam ginseng. Senyawa ini dapat mengganggu kadar hormon yang dihasilkan tubuh ketika stres.

Maka dengan begitu, ginseng dapat membantu meredakan kadar hormon stres dalam tubuh dan membantu menciptakan suasana hati yang lebih baik.

Baca Juga: Manfaat Ginkgo Biloba: Dukung Kesehatan Otak

Cara Mengonsumsi Ginseng

khasiat ginseng
Sumber Gambar: Organic Facts

Sebelum mengonsumsi ginseng, pastikan untuk memilih ginseng yang berkualitas baik supaya bisa mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

Ginseng bisa dikonsumsi menjadi berbagai jenis makanan dan minuman, salah satunya adalah sebagai minuman herbal yang berkhasiat baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah cara mengonsumsi minumal herbal ginseng:

  • Siapkan bahan-bahan yang diperlukan.
  • Cuci ginseng di bawah air mengalir hingga bersih, lalu rendam sebentar untuk memudahkan saat akan dipotong.
  • Siapkan slow cooker, dan masukkan ginseng lalu seduh dengan air mendidih.
  • Nyalakan slow cooker dan tutup selama 3 jam.
  • Sajikan teh ginseng ke dalam gelas, kamu bisa tambahkan gula batu yang sudah dihancurkan untuk menambah rasa manis.

Baca Juga: Manfaat Antioksidan: Zat Ajaib, Perkuat ‘Benteng’ Tubuh

Itu dia Toppers, segudang khasiat ginseng beserta kandungannya yang wajib kamu tahu.

Meski bermanfaat untuk kesehatan, sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan supaya tidak menimbulkan berbagai efek samping berupa kondisi kesehatan seperti pusing, sakit kepala, diare hingga overdosis.

Perlu diketahui juga bahwa wanita yang sedang hamil atau meyusui dan anak-anak tidak dianjurkan untuk mengonsumsi ginseng.

Bagi penderita penyakit kronis yang mengonsumsi obat tertentu juga tidak boleh mengonsumsi ginseng, atau sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter.


jual wedang jahe
Sekarang kamu bisa menikmati kehangatan wedang di rumah. Cari aja di Tokopedia. Yang jual banyak!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono

© 2009-2024, PT Tokopedia