• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Kedondong: Rendah Kalori, Kaya Vitamin

Share

11 Manfaat Kedondong: Rendah Kalori, Kaya Vitamin

Manfaat kedondong untuk kesehatan tubuh. Buah rendah kalori dan kaya vitamin A, lancarkan pencernaan serta pertajam penglihatan.


Kedondong merupakan salah satu buah yang umumnya dapat ditemukan di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Teksturnya yang keras dengan rasa asam yang khas, seringkali juga dijadikan pelengkap lalapan atau rujak.

Buah tropis ini tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, namun memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat dari kedondong, berikut ini merupakan beberapa fakta menariknya:

  • Buah berwarna hijau ini dapat tumbuh hingga berukuran 6 cm.
  • Buah yang telah matang memiliki kadar asam lebih rendah dibanding yang setengah matang.
  • Pohon dari buah kedondong bisa mencapai tinggi 25 meter.
  • Dengan kandungan antioksidan yang tinggi didalamnya, kedondong digunakan sebagai pengobatan tradisional di Sri Lanka.

Baca Juga: Manfaat Belimbing Wuluh: ‘Si Mungil’ Ampuh Obati Batuk?

Kandungan Gizi Kedondong

manfaat buah kedondong
Sumber Gambar: Depositphotos

Buah tropis dengan rasa asam manis ini memiliki ukuran yang cukup kecil dan termasuk rendah kalori. Berbagai nutrisi serta vitamin bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah ini.

Untuk 100 gram (g) buah kedondong saja hanya mengandung 40 kalori dengan nutrisi sebagai berikut:

  • Protein dan serat: 1 g
  • Karbohidrat: 12 g
  • Lemak: 0,1 g
  • Vitamin A: 230 International Unit (IU)
  • Vitamin C: 30 miligram (mg)
  • Zat besi: 2,8 mg
  • Kalsium: 15 mg
  • Fosfor: 65 mg

Selain itu, terdapat juga kandungan antioksidan flavonoid dan polifenol yang bersifat anti bakteri, sehingga bisa mencegah penyakit dan menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Jambu Air: Buah Kaya Air dan Vitamin

Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan

manfaat kedondong
Sumber Gambar: Freepik

Penelitian menemukan bahwa kedondong memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, dari meningkatkan fungsi jantung hingga mencegah masalah pencernaan. Simak khasiat selengkapnya:

1. Meningkatkan Fungsi Jantung

Kedondong mengandung antioksidan glikosida yang dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal dan mencegah hipertensi maupun hipotensi, kandungan tersebut turut membantu kelancaran aliran nutrisi melalui pembuluh darah.

Selain itu, buah ini juga dapat mencegah penyumbatan kolesterol LDL pada pembuluh darah, sehingga dapat mencegah penyakit jantung dikemudian hari sekaligus meningkatkan fungsi jantung.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kedondong kaya akan vitamin c serta zat besi. Kandungan ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan bakteri sumber penyakit. Kedondong juga memiliki peran untuk meningkatkan penyerapan zat besi ke dalam aliran darah.

Fungsi tersebut dapat membantu kamu mencegah diri dari anemia serta kelelahan yang berlebihan dan meningkatkan imunitas tubuh.

3. Membantu Atasi Masalah Pencernaan

Kedondong memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bermanfaat bagi pencernaan tubuh. Kandungan antioksidan tersebut termasuk flavonoid, terpenoid dan tanin.

Kandungan tersebut bekerja dengan cara mendorong pencernaan lebih lancar, serta mengobati beberapa keluhan gastrointestinal umum, seperti kembung serta gangguan pencernaan lainnya.

Waktu paling tepat untuk mengonsumsi kedondong adalah sebelum sarapan atau sebelum makan siang berat.

4. Mempertajam Penglihatan

Jumlah vitamin A yang terdapat dalam kedondong dapat membantu meningkatkan serta mempertajam penglihatan bila dikonsumsi secara teratur.

Kedondong dapat dikonsumsi dalam bentuk jus dengan menambahkan madu didalamnya untuk memenuhi kebutuhan vitamin A kamu.

5. Mengobati Infeksi Kulit

Kedondong memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, serta berfungsi sebagai anti bakteri. Buah ini dapat mengatasi kondisi kulit tertentu seperti kekeringan, psoriasis, rosacea dan infeksi kulit lainnya.

Antioksidan didalamnya juga mampu merangsang produksi kolagen dalam kulit untuk membantu proses regenerasi kulit yang telah luka.

buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

Baca Juga: Manfaat Sawo: Buah Manis nan Legit, Kaya Khasiat

6. Mencegah Kolesterol

Kedondong mampu mencegah kolesterol jahat dalam tubuh. kandungan serta yang tinggi didalamnya berfungsi mengurangi kolesterol serta trigliserida dalam darah.

Sehingga kamu bisa mengonsumsi kedondong secara teratur untuk mendapatkan manfaat tersebut.

7. Mengatasi Batuk

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa buah kedondong dapat mengobati batuk secara efektif.

Caranya cukup mudah, yaitu potong kedondong dengan ukuran sedang lalu diblender untuk dikonsumsi 3 kali sehari. Bisa juga merebus 3 lembar daun kedondong dalam segelas air hangat.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dalam 100 gram buah kedondong hanya mengandung 40 kalori, cocok dimasukkan sebagai salah satu menu diet kamu. Selain itu, buah ini juga kaya akan serat, sehingga dapat melancarkan pencernaan kamu.

Pencernaan yang lancar dapat menghindarkan kamu dari gangguan pencernaan, termasuk sembelit dan kembung yang bisa mengganggu program penurunan berat badan.

9. Mencegah Anemia

Seperti yang diketahui, bahwa kedondong memiliki kandungan zat besi serta vitamin B1 yang tinggi. Kandungan tersebut berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah.

Serta membantu dalam proses pengaliran oksigen ke dalam tubuh untuk memperlancar aliran darah. Secara langsung, fungsi tersebut membuat kedondong mampu mencegah anemia.

10. Merawat Kesehatan Kulit

Selain vitamin B1 dan vitamin A, kedondong mengandung vitamin C yang tinggi serta kadar antioksidan yang cukup besar. Kedua kandungan tersebut mampu menjaga kesehatan kulit serta merawat keremajaan kulit dari dalam.

kandungan antioksidan yang tinggi tersebut mampu mencegah paparan radikal bebas, serta berbagai efek buruk lainnya bagi kesehatan kulit kamu.

11. Merawat Kesehatan Organ Reproduksi

Vitamin A yang terdapat dalam kedondong juga berfungsi untuk menjaga serta merawat kesehatan atau kesuburan organ reproduksi. Hal tersebut didukung oleh sebuah penelitian bahwa, kekurangan vitamin A dapat mempengaruhi kualitas sperma dan sel telur.

Sehingga mengonsumsi kedondong secara teratur mampu menjaga serta merawat organ reproduksi dengan baik.

Baca Juga: Manfaat Duku: Obati Cacingan hingga Antimalaria

Cara Mengonsumsi Buah Kedondong

manfaat jus kedondong
Sumber Gambar: Daily News

kedondong tidak hanya disantap sebagai lalapan atau rujak, namun juga bisa disajikan sebagai minuman sehat berupa jus. Vitamin serta nutrisi yang tinggi didalamnya sangat cocok untuk membantu program diet kamu.

Bila kamu penasaran dan tertarik untuk mencoba, kamu bisa mengikuti langkah-langkah membuat jus kedondong berikut ini:

  • Siapkan buah kedondong yang telah dicuci bersih.
  • Potong kedondong dalam beberapa bagian, lalu siapkan  blender dan campurkan buah serta air mineral didalamnya.
  • Siapkan susu kental manis, lalu tuangkan kental manis diatas kedondong yang telah diblender.
  • Kamu juga bisa menambahkan gula pasir bila menyukai dominan rasa manis dibanding asam dan vanili, lalu aduk sampai merata.
  • Jus kedondong segar siap disajikan!

Baca Juga: Manfaat Jambu Biji: Vitaminnya Lebih Banyak dari Jeruk?

Buah kedondong yang kaya manfaat dan nutrisi bisa menjadi pilihan utama untuk menjaga daya tahan tubuh serta mengobati berbagai masalah pencernaan. Konsumsi secara rutin dan rasakan manfaatnya bagi tubuh!

Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai buah-buahan segar lainnya secara mudah dan praktis hanya di Tokopedia!


alat pemotong buah
Mau memotong buah ataupun sayur lebih cepat dan efisien? Ini solusinya!

Penulis: Claudia Angelista Jeheskiel

© 2009-2024, PT Tokopedia